Cara Migrasi Blogspot ke WordPress, Ini Tutorialnya
Blog WordPress Expert Cara Migrasi Blogspot ke WordPress, Ini Tutorialnya

Cara Migrasi Blogspot ke WordPress, Ini Tutorialnya

Seiring populerrnya WordPress di kalangan blogger barur, saat ini begitu banyak orang yang ingin tahu cara migrasi blogspot ke WordPress. Bukan tanpa alasan mengapa orang-orang ingin pindah ke WordPress. Salah satu alasannya, banyak plug-in yang bisa ditemukan ketika menggunakan WordPress.

Misalnya saat Anda ingin membuat sebuah blog, tentu akan dihadapkan dengan beberapa adanya pilihan platform yang ada di blog. Contohnya, seorang guru yang memberikan tugas kepada murid untuk membuat sebuah blog dengan menggunakan platform yang gratis dari Google yang biasa digunakan, yaitu Blogspot. Dengan berjalannya waktu, konten yang terdapat dalam sebuah blog menjadi semakin banyak. Anda pun akan semakin fokus untuk meningkatkan beberapa fitur dan tampilan pada blog.

Daftar Isi

Cara Migrasi Blogspot ke WordPress

1. Cara Migrasi Blogspot ke WordPress, Blogspot Bukan Milik Sendiri
2. WordPress Adalah Nama Domain Anda Sendiri
3. Menggunakan WordPress Sangat Mudah Bekreasi
4. Ruang Penyimpanan
5. Maintenance atau Support

Cara Memindahkan Blogspot ke WordPress

1. Mulai Install WordPress
2. Melakukan Ekspor Data Pada Blog
3. Mulai Impor Data Pada Blog
4. Lakukan Upload dan Impor File

Cara Migrasi Blogspot ke WordPress Tanpa Merusak PageRank

1. Cara Migrasi Blogspot ke WordPress ; Setting Permalink
2. Cara Migrasi Blogspot ke WordPress ; Setting Redirection
3. Lanjutan Setting Redirection

Alasan Migrasi Blogspot ke WordPress

cara migrasi blogspot ke wordpress

Dibawah ini, akan dijelaskan mengenai perbedaan antara WordPress dan Blogspot yang perlu Anda ketahui.

1. Blogspot tidak dimiliki sendiri

Semua pengguna blogspot tentu akan dibayangi beberapa anggapan mengenai suatu hal, bahwa platform yang satu ini bisa ditutup kapan saja oleh Google. Namun, Google sebagai pihak yang memiliki platform ini tentu tidak juga akan begitu saja menghapusnya.

Tapi memang, Google memiliki peraturannya sendiri yang berkaitan dengan Blogspot. Misalnya, jika suatu saat Anda secara sengaja ataupun tidak sengaja melanggar ketentuan dari Google, maka blog milik Anda akan ditangguhkan secara sepihak oleh Google. Sehingga dengan alasan inilah yang membuat blogger harus migrasi blogspot ke wordpress.

2. WordPress Dapat Menggunakan Nama domain Anda Sendiri

Bisa Anda bayangkan, bangg nya mempunyai sebuah website yang menggunakan nama sendiri. Jika menggunakan WordPress, Anda bisa melakukannya. Cara migrasi Blogspot ke WordPress menjadi lebih mudah dengan melakukan registrasi terlebih dulu menggunakan nama domain yang diinginkan. Berbeda jika Anda menggunakan Blogspot, nama website Anda nantinya akan menjadi namadomainmu[dot]blogspot[dot]com.

Baca Juga : Google Analytics vs Universal Analytics, Apa Bedanya?

3. WordPress Memberikan Kebebasan Berkreasi

Template yang disedikan oleh Blogspot bisa dibilang sangat terbatas. Selain itu, di platform ini juga tidak tersedia plugin. Dengan menggunakan WordPress, tentunya Anda akan bebas melakukan kreasi apa saja. Sehingga dapat membuat website sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Apalagi wordPress menyediakan template desain dan juga plugin dalam jumlah yang banyak.

4. Ruang Penyimpanan

Jika menggunakan Blogspot, Anda akan diberikan kapasitas penyimpanan sebesar 15 Gb saja. Berbeda dengan wordPress, Anda dapat dengan bebas untuk menentukan besaran kapasitas penyimpanan pada tempat Anda menyewa hosting. Salah satu tempat penyewaan hosting termurah, Anda bisa langsung menghubungi IDwebhost.

5. Maintenance Dan Support

Hosting yang digunakan oleh Blogspot adalah Google, maka Anda tidak perlu melakukan banyak maintenance. Beda halnya dengan WordPress, Anda akan dapat melakukan beberapa konfigurasi, install plugin dan juga dapat menyesuaikan sendiri dengan apa yang Anda butuhkan.

Cara Migrasi Blogspot ke WordPress

cara migrasi blogspot ke wordpress

Berikut ini merupakan tutorial cara migrasi dari Blogspot ke WordPress  yang bisa Anda simak dan praktikkan.

1. Mulai Install WordPress

Sebelumnya, Anda dapat memilh penyedia hosting terlebih dahulu. Tentunya yang menawarkan beberapa layanan WordPress Hosting seperti IDWebhost. Kemudian, Anda dapat melakukan instalasi WordPress pada hosting Anda.

2. Melakukan Export Data pada Blog

Lakukan export XML pada blogspot Anda. Hal tersebut bertujuang agar dapat memindahkan seluruh data yang ada pada blogspot milik Anda dan kemudian memback-up di perangkat yang Anda gunakan. Caranya cukup mudah dengan melakukan login dashboard Blogspot kemudian pilih setting, pilih other, dan klik Export blog yang terdapat pada bagian bawah Blog Tools.

3. Mulai Import Data Blog ke WordPress

Setelah semua data pada blogspot Anda secara berhasil di download, yang perlu Anda lakukan kemudian adalah melakukan import pada file XML ke dalam WordPress yang Anda gunakan dengan melakukan login melalui http://namadomainAnda/wp-admin. Anda juga harus memastikan bahwa domain dan juga hosting yang Anda gunakan sudah aktif dan sudah ter-install secara benar di WordPress Anda.

Selanjutnya klik Install pada dashboard WordPress Anda. Pilih pada menu tools, kemudian import. Selanjutnya Anda dapat melakukan klik pada blogger dan klik tombol pada Install Now.

Baca Juga : Tren dan Tips Strategi SEO 2021

4. Lakukan Upload dan Import File

Anda dapat melakukan klik pada tombol Run Importer, selanjutnya lakukan upload data untuk backup XML dengan memilih Choose File. Selanjutnya, Anda dapat mengambil data XML yang sudah berhasil di download. Kemudian klik pada pilihan Upload file and import. Pada tahap inilah nantinya akan dimulai untuk melakukan pemasangan plugin yang nantinya dapat mengimport postingan milik Anda.

Cara Migrasi Blogspot ke WordPress Tanpa Merusak Rank Page

cara migrasi blogspot ke wordpress

Akan sangat disayangkan ketika Anda nantinya kehilangan ranking teratas di halaman pencarian Google dengan alasan migrasi blogspot ke wordpress. Sebenarnya, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

Setelah Anda berhasil berpindah dari WordPress yang harus dipastikan adalah tidak kehilangan Google ranking. Anda dapat melakukan pengaturan permalink dan juga pengaturan redirection pada WordPress. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan agar rangking website tidak turun setelah melakukan migrasi.

Lakukan setting permalink ketika Anda sudah berhasil melakukan migrasi blogspot ke wordpress. Permalink disini adalah struktur SEO. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengaturan agar dapat sesuai dengan struktur SEO yang ada pada blogspot yang Anda gunakan sebelumnya.

Caranya cukup mudah dengan masuk ke dalam menu setting kemudian pilih permalink. Selanjutnya pilihlah Custom Structure dan tambah kode berikut /%year%/%monthnum%/%postname%.html. Jangan lupa klik save.

2. Cara Migrasi Blogspot ke WordPress; Setting Redirection

Langkah yang paling penting agar dapat menjaga website milik Anda tidak kehilangan Rank Page ketika memindahkan blogger ke wordpress adalah dengan melakukan pengaturan redirection. Cara memindahkan blogspot ke wordpress, perlu melakukan instalasi dan juga mengaktifkan plugin Blogger to WordPress Redirection. Setelah melakukan install plugin, kemudian maasuk pada Tools pilih pada Blogger To WordPress Redirection dan klik Start Configuration. Plugin yang baru di install akan secara otomatis mendeteksi URL blog milik Anda. Klik pada Get Code agar bisa mendapatkan kode Redirection.

cara migrasi blogspot ke wordpress

Kode yang Anda dapatkan selanjutnya digunakan untuk redirection user dari blogger milik Anda ke situs WordPress baru yang Anda miliki. Selanjutnya, salin kode agar dapat dimasukkan ke dalam template Blogger yang ada.

3. Lanjutan Setting Redirection

Ketika kode yang sudah didapatkan dimasukan kedalam template Blogger, kemudian Anda masuk dalam dashboard Blogger. Pilihlah pada menu Tema, Scroll sampai pada bagian bawah dan pilihlah kembali ke template klasik.

Klik pada button Kembali ke template klasik nantinya akan muncul tampilan yang dilengkapi dengan tampilan editor HTML. Masukkan script yang telah disalin dari plugin Blogger to WordPress Redirection yang digunakan sebagai pengganti script yang terdapat pada halaman editor HTML Blogger milik Anda. Klik simpan tema.

Kembali pada halaman WordPress, masuklah kedalam halaman Blogger to WordPress Redirection kemudian klik Verify Configuration.

Penutup

Selanjutnya, blogspot Anda sudah resmi pindah ke WordPress yang baru. Setelah Anda mengetahui cara memindahkan blogspot ke wordpress. Anda juga mengetahui bagaimana caranya mempertahakan agar semua trafiic yang sudah Anda miliki tidak hilang ketika berpindah ke wordpress. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDwebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.