Cara Menjadi Web Desainer Hebat. Begini Tipsnya!

9 Feb 2021
Cara Menjadi Web Desainer Hebat. Begini Tipsnya! campaign-unlimited

Siapa yang memiliki peran dalam menyajikan sebuah website yang dapat Anda akses dengan nyaman dan mudah? Itu adalah tugas dan peran dari seorang web desainer. Apakah Anda tertarik menjadi seorang web desainer? Bagaimana cara menjadi web desainer hebat? Mari kita basah dalam artikel kali ini.

Perkembangan teknologi dan informatika seperti sekarang ini, menjadikan kebutuhan akan sebuah website menjadi primer. baik itu bagi Anda yang menjalankan untuk kebutuhan bisnis yaitu website bisnis atau pun untuk kebutuhan personal dan pribadi sebagai website portofolio atau pun website blog pribadi.

Dari kebutuhan website yang sederhana sampai kemudian website yang lebih rumit, semua kini sudah menjadi kebutuhan. Dan disinilah pentingnya kehadiran seorang web desainer. Mereka yang akan membantu Anda dan bisnis Anda untuk mendapatkan website yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Penggunaan website di Indonesia kini terus berkembang pesat, terlebih dengan era jual beli yang kini melalui online. Website saat ini tidak hanya dipakai oleh perusahaan saja, tetapi juga personal bisnis. Pelaku bisnis kecil pun  memulai usaha dengan memanfaatkan website.

Dengan semakin banyaknya kebutuhan akan sebuah website, maka kebutuhan akan jasa pembuatan website pun meningkat. Maka menjadi penting tugas atau ketersediaan tenaga dan jasa web desainer.

Karena tidak banyak orang yang bisa membuat website sesuai kebutuhan, maka ini adalah peluang besar bagi Anda yang ingin menjadi seorang webdesigner hebat. Bagaimana cara menjadi seorang web desainer hebat, berikut tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Tingkatkan Kemampuan dan Ikuti Perkembangan Teknologi

Tingkatkan Kemampuan dan Ikuti Perkembangan Teknologi

Tentu Anda sudah memiliki bekal dasar dalam mendesain sebuah website. Anda sudah memiliki pengalaman atau sudah belajar baik melalui kursus, pelatihan atau pun sekolah. Ini bekal yang baik. Namun itu belum cukup, karena bekal dasar ini akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi.

Anda harus terus belajar web desain! Ini menjadi hal yang mutlak bagi Anda yang memang ingin menjadi seorang web desainer. Anda bisa mencari universitas yang berkaitan atau mengikuti kursus untuk terus mengasah kemampuan dan meningkatkan pengetahuan web desainer Anda.

Menjadi seorang web desainer memang tak mudah. Anda harus memiliki pengetahuan tentang teknologi web secara luas. Anda bisa dikatakan sebagai web desainer yang baik jika sudah mengerti HTML, CSS masalah grafis, perancangan tata letak, isu-isu media, kompatibilitas browser, dan isu lain seputar web lain.

Itu hanya sebagai dasar. Dalam praktiknya Anda akan menemukan banyak kebutuhan yang diminta oleh klien Anda. Maka, Anda harus terus mengasah kemampuan, meningkatkan kemampuan dan mengikuti perkembangan teknologi khususnya dunia website.

Jangan sampai, ketika Anda mendapatkan pekerjaan terkait web desainer, Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan atau permintaan klien karena kemampuan Anda mengenai isu-isu web sudah tidak lagi relevan. Maka menjadi penting untuk terus berlatih.

  1. Cara Menjadi Web Desainer Hebat Dengan Kemampuan SEO

Bekali Kemampuan SEO

Saat ini kebutuhan akan SEO menjadi sangat penting, utamanya bagi website yang menjalankan strategi pemasaran melalui SEO Google atau mesin pencari lain. Maka, sebagai seorang web desainer, Anda perlu membekali diri dengan kemampuan SEO.

Sering kali antara kemampuan SEO dan kemampuan pembangunan atau web desainer terpisah. Banyak web desainer yang tidak menguasai SEO, dan tentu sebaliknya mereka para ahli SEO tidak memahami bagaimana pembuatan atau pembangunan sebuah website.

Maka, Anda akan memiliki nilai lebih ketika Anda bisa memadukan kedua keahlian ini dalam diri Anda. jasa yang Anda tawarkan sebagai seorang web desainer yang menguasai SEO tentu akan lebih menarik, karena klien akan mendapatkan gambaran bagaimana pemasaran dari website mereka  nantinya.

SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan meningkatkan jumlah dan kualitas trafik kunjungan. Ini sangat penting bagi sebuah website, terlebih ketika tujuan dari website untuk memasarkan sebuah produk.

Ketika Anda sebagai seorang web desainer mampu menerapkan SEO pada website yang Anda buat, kemudian mampu menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas pada mesin pencari. Tentu jasa Anda akan sangat menarik bagi calon klien.

Sehingga sebagai calon web desainer hebat, Anda diwajibkan untuk belajar SEO karena penting untuk pemasaran website. Paling tidak, Anda harus memiliki website bisnis yang memang mampu bersaing dalam mesin pencari, sebagai bukti kemampuan SEO Anda.

  1. Cara Menjadi Web Desainer Hebat Dengan Memiliki Portofolio

Cara Menjadi Web Desainer Hebat Dengan Memiliki Portofolio

Anda harus membuat portofolio yang bagus terkait pekerjaan web desainer yang telah Anda kerjakan. Ingat dalam dunia kreatif, bukan sekedar kata-kata yang dibutuhkan, tetapi bukti alias portofolio, terlebih bicara website toko online.

Klien tentu akan menanyakan portofolio Anda sebelum mereka benar-benar menggunakan jasa Anda. Maka pastikan Anda memiliki website portofolio yang menarik dan mencerminkan keahlian Anda sebagai seorang web desainer.

Jangan sampai Anda seorang web desainer namun website Anda justru tidak meyakinkan jika Anda bisa membuat sebuah website untuk kebutuhan klien. Website portofolio ini membuktikan bahwa Anda bisa bahkan berkompeten di bidangnya, sehingga klien percaya untuk mempekerjakan Anda.

Itu mengapa, kembali pada poin nomor dua, penting bagi Anda memahami SEO. Ini juga berkaitan dengan portofolio Anda agar mudah ditemukan oleh calon klien. Jika website Anda saja tidak pernah muncul dalam mesin pencari, bagaimana klien Anda akan sampai pada Anda.

  1. Kemampuan Membaca Kebutuhan Klien

Kemampuan Membaca Kebutuhan Klien

Klien memiliki kebutuhan yang beragam, selain itu tentu saja kebutuhan mereka perlu untuk menyesuaikan dengan biaya yang ada. Namun sering kali, klien meminta sesuatu yang lebih besar dari biaya yang mereka miliki.

Anda sebagai seorang web desainer harus bisa menangkan kebutuhan semacam ini. Misalnya mereka ingin biaya domain yang murah, atau membutuhkan layanan hosting murah dari IDwebhost. Anda harus bisa memberikan jawaban atas kebutuhan itu, dan tentu saja dengan memilih layanan domain dan hosting yang terpercaya.

Ingat! Seorang web desainer yang baik harus mendengarkan apa permintaan klien. Anda harus bisa mengetahui apa yang dibutuhkan klien dan memberikan saran-saran yang baik untuk memenuhi keinginan klien dalam sebuah desain website.

Selain itu, Anda juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Anda harus bisa menjelaskan terminologi tentang website kepada klien dengan bahasa yang mudah dimengerti atau bahasa sehari-hari.

Nah, apakah Anda sudah siap menjadi seorang web desainer hebat? Jika Anda menerapkan empat cara di atas dalam menjalani profesi ini, maka Anda akan menjadi seorang web desainer hebat pada akhirnya nanti. Dan ingat, untuk kebutuhan website percayakan pada penyedia layanan yang terpercaya seperti IDwebhost yang memiliki layanan prima untuk berbagai kebutuhan website Anda.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Cara Menjadi Web desainer Hebat semoga bisa menjadi referensi dan mengantarkan Anda menjadi seorang web desainer hebat. Terima kasih telah membaca. Salam Ari IDwebhost.

Penulis
Member since 2 Jul 2013