Cara Meningkatkan Ukuran File Upload VPS Panel Webuzo

Cara Meningkatkan Ukuran File Upload VPS Panel Webuzo

Ketika mengupload file website, tak jarang ditemui kendala-kendala yang kadang bikin mengelus dada. Salah satunya file gagal terunggah karena ukurannya yang terlalu besar. 

Upload file adalah salah satu hal yang penting dalam website. Umumnya, ada batasan ukuran file yang bisa diupload. Misalnya, Anda ingin mengupload file 100MB, tapi sistem mengizinkan maksimal hanya 25MB. 

Sebagai pemilik website, kamu harus mengetahui masalah ini. Jika kamu menggunakan VPS dan panel Webuzo, harus tahu cara meningkatkan ukuran file upload VPS panel Webuzo

Sebagai salah satu control panel multi user, Webuzo menawarkan banyak kelebihan. Termasuk keleluasaan bagi penggunanya untuk meningkatkan ukuran file upload

Apalagi dikombinasikan dengan hosting VPS, websitemu akan lebih kencang lagi. 

Nah, buat kamu yang ingin punya website cepat dengan sumber daya eksklusif, Hosting VPS IDwebhost adalah pilihan terbaik. 

Cara Meningkatkan Ukuran File Upload VPS 

Lantas, bagaimana cara meningkatkan ukuran file upload VPS panel Webuzo

Buat kamu yang penasaran, berikut adalah cara meningkatkan ukuran file upload di VPS panel Webuzo

Untuk meningkatkan ukuran file upload Webuzo, bisa dilakukan melalui SSH server. Berikut langkah-langkah untuk menaikkan file upload di panel VPS Webuzo. 

Langkah pertama, cek dulu ukuran maksimal file yang dapat diupload. Tujuannya adalah untuk mengetahui besaran file yang sudah diatur sebelumnya. 

Berikut tampilannya: 

Cara Meningkatkan Ukuran File Upload VPS Panel Webuzo

Setelah mengetahui besaran file yang diupload, Anda bisa menambah ukuran file tersebut lewat SSH server VPS Anda. 

Berikut langkah-langkahnya: 

1. Pertama, silakan masuk ke patch Webuzo config dengan command berikut: 

cd /usr/local/webuzo/conf/webuzo/emps/

2. Edit file php.ini menggunakan command 

vi php.ini

Edit dengan menekan huruf i (insert/masuk ke mode pengeditan) pada bagian upload_max_size, upload_max_filesize, post_max_size dan isikan besaran ukuran upload file yang diinginkan. 

Seperti pada contoh di bawah ini, meningkatkan ukuran file upload, dari sebelumnya 50MB menjadi 150MB. 

upload_max_size = 150M

upload_max_filesize = 150M

post_max_size = 150M

Tips: 

Sebelum melakukan pengeditan dan memudahkan value yang dicari, bisa menggunakan command /katayangingindicari

Misalnya, /upload_max_filesize, lalu klik Enter, maka secara otomatis, kursor akan mengarahkan ke value tersebut. 

Contohnya seperti gambar di bawah ini: 

Simpan hasil pengeditan file php.ini dengan menekan tombol escape di keyboard (esc) untuk keluar dari mode pengeditan/insert. Kemudian, tuliskan command wq!, untuk menyimpan hasil pengeditan.  

Silakan restart service Webuzo pada server Anda, agar settingan php.ini terupdate. Caranya, silakan tulis command service webuzo restart

Setelah service Webuzo sudah di-restart, Anda bisa memeriksa kembali besaran file upload di menu File Manage Webuzo

Seperti yang terlihat di bawah ini, ukuran maksimal file upload berubah, dari yang tadinya 50MB menjadi 150MB

Cara Meningkatkan Ukuran File Upload VPS Panel Webuzo

Kelebihan Webuzo 

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan Webuzo. Beberapa kelebihan ini membuat panel Webuzo sangat cocok digunakan sebagai control panel untuk VPS. 

Berikut adalah kelebihan panel Webuzo yang harus Anda tahu: 

1. Mudah Digunakan 

Kelebihan Webuzo yang pertama adalah mudah digunakan. Selain kecepatan dan sumber daya yang digunakan, kemudahan penggunaan juga menjadi alasan mengapa orang menggunakan Webuzo. 

Dan ya, harus diakui, Webuzo banyak digunakan karena kecepatan dan kemudahan penggunaan. Belum lagi dengan Manage VPS IDwebhost, yang membuat pengelolaan hosting menjadi lebih seamless

2. Dukungan Aplikasi Open Source yang Luas 

Jika Anda belum tahu, Webuzo dikembangkan oleh Softaculous. Softaculous adalah salah satu tools auto installer yang paling banyak digunakan. 

Maka tak heran, Webuzo kompatibel dengan banyak aplikasi berbasis open source. Sesuatu yang mungkin jarang ditemui di panel sejenis. 

Hampir semua aplikasi yang terdapat di Softaculous misalnya. Semua dapat berjalan dengan mudah di Webuzo. Dengan banyaknya aplikasi yang kompatibel seperti ini, yang diuntungkan adalah pengguna. 

3. Mudah Kustomisasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Webuzo sangat kompatibel dengan banyak aplikasi open source. Artinya, Webuzo sangat mudah dikustomisasi. 

Webuzo dapat dengan mudah diintegrasikan dengan server menggunakan API Webuzo. Jika merasa kesulitan, jangan ragu untuk meminta bantuan tim support penyedia layanan hosting pilihan Anda. 

Tim support yang baik, tentu saja harus memberikan solusi terbaik untuk pelanggannya, bukan? 

4. Eksklusif 

Seperti hosting VPS terbaik, Webuzo juga menawarkan eksklusivitas untuk para penggunanya. Hal ini bisa dilihat langsung dari deskripsi di halaman utama Webuzo. 

Bahwa Webuzo merupakan single user control panel yang bertujuan untuk mengarahkan penggunanya agar fokus mengembangkan konten website, alih-alih disibukkan dengan perkara maintenance. 

Bagi pengguna, hal ini tentu sangat menyenangkan, ya. Pengguna tak perlu lagi khawatir dengan kemungkinan terjadinya gangguan pada website. 

Ditambah lagi, hosting VPS sangat berbeda dengan shared hosting, keamanan website Anda akan lebih kuat. 

5. Kemudahan Manajemen Aplikasi

Sebagai bagian dari Softaculous, Webuzo sudah dibekali dengan Softaculous auto installer. Keberadaan auto installer akan memudahkan pengguna dalam melakukan instalasi aplikasi. 

Pengguna tinggal duduk manis ketika Webuzo sedang menginstall script atau aplikasi pada server. 

Dan bukan cuma memudahkan instalasi saja. Anda juga bisa melakukan banyak hal lain menggunakan Webuzo. Seperti proses backup, restore, menyunting instalasi, upgrade, dan lain sebagainya. 

6. Manajemen Server yang Andal 

Webuzo memiliki kemampuan manajemen server yang dapat diandalkan. Misalnya, seperti mengatur domain, FTP, dan lain sebagainya. Aktivitas-aktivitas seperti ini, tentu saja sangat menguras pikiran dan tenaga. 

Karena itu, Webuzo menjadi control panel yang multifungsi. Tampilan user interface yang simpel memudahkan untuk melakukan manage domain, routing DNS records, MX records, dan lain sebagainya.

Penutup 

Selain pemilihan control panel, website yang bagus juga ditentukan dari hosting yang digunakan. Bila Anda adalah tipikal pengguna yang senang dengan hal-hal berbau eksklusif, tidak mau berbagi sumber daya dengan pengguna lain, hosting VPS adalah pilihan terbaik. 

Dengan berbagai keunggulannya, tak heran IDwebhost menjadikan Webuzo sebagai salah satu control panel yang bisa Anda pilih. 

Nah, selain bisa memilih control panel, Anda juga bisa memilih sistem operasi yang akan digunakan. Mulai dari Ubuntu, CentOS, Debian, dan AlmaLinux. 

Layanan VPS murah IDwebhost memiliki berbagai fitur terbaik yang Anda butuhkan. Seperti sistem cloud dengan SSD, dedicated control, dedicated IP. 

Dengan dedicated IP, dapat memastikan tingkat kepercayaan mesin pencari. Selain itu, email yang Anda kirim tidak akan masuk ke folder spam. 

Itulah tadi sedikit dari sekian keunggulan Hosting VPS IDwebhost dan Webuzo. Untuk Anda yang mendambakan website yang eksklusif, cepat,dan dapat diandalkan? Hosting VPS IDwebhost jawabannya! 

Tidak percaya, yuk, cari tahu lebih banyak tentang Hosting VPS IDwebhost di sini

 

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019

idwebhost-web-hosting-terbaik

Copyright © 2022 IDwebhost Allright Reserved