13 Cara Meningkatkan Traffic Website Dengan Komentar
Blog Digital Marketing 13 Cara Meningkatkan Traffic Website Dengan Komentar

13 Cara Meningkatkan Traffic Website Dengan Komentar

Mendapatkan banyak komentar di blog, tentu menyenangkan rasanya. Sebagai blogger, blog Anda bisa diterima dengan baik oleh pembaca adalah pemicu semangat yang luar biasa. Apresiasi dari pembaca blog bisa menjadi alasan untuk lebih produktif lagi menghasilkan karya. Dalam artikel ini, Kami akan membagikan 13 cara untuk mendapatkan lebih banyak komentar serta meningkatkan traffic website Sahabat IDwebhost.

Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Komentar

1. Menggunakan Hosting Terbaik

Komentar dapat memakan sumber daya yang besar. Setiap kali pengguna mengirimkan komentar di website Anda, server menjalankan skrip PHP. Jika beberapa pengguna mengirimkan komentar pada saat yang sama, ini dapat memperlambat kinerja website. Anda harus memastikan bahwa penyedia hosting WordPress Anda dapat menanganinya. Jika Anda memiliki dengan traffic yang lebih besar, memilih penyedia hosting yang tepat adalah sebuah keharusan. 

2. Tulis konten yang luar biasa

Jika Anda mengharapkan orang untuk berkomentar di blog Anda, maka Anda harus memiliki konten yang menarik perhatian pembaca. Tetapkan apa yang menjadi tujuan Anda dalam membangun sebuah blog, kemudian gunakan konten sebagai media penyampaiannya. Sering-seringlah melakukan riset untuk blog Anda. Misalnya, topik seperti apa yang paling digemari oleh para pengunjung web.

3. Desain Blog untuk Meningkatkan Traffic Website dan Komentar

 

Desain Blog untuk Meningkatkan Traffic Website dan Komentar
Desain Blog untuk Meningkatkan Traffic Website dan Komentar

Desain blog merupakan wadah bagi orang-orang untuk berinteraksi dengan konten Anda. Di seluruh blog ada elemen desain yang dapat mempengaruhi pengunjung merasa nyaman atau tidak saat menjelajahi website. 

Beberapa hal yang bisa Anda terapkan seperti meningkatkan space putih untuk membuat website Anda terlihat lebih bersih, memilih font yang tepat dan masih banyak lagi. Jasa pembuatan website yang bagus, umumnya akan memberikan rekomendasi desain untuk para penggunanya.

4. Gunakan Moderasi Komentar Daripada Captcha

Ada banyak cara untuk mengatasi komentar spam. Salah satunya dengan menggunakan captcha. Namun, CAPTCHA cenderung tidak ramah pengguna. Hal ini membuat pengguna malas berkomentar. Daripada menggunakan CAPTCHA, alternatif terbaik adalah mengaktifkan moderasi komentar di situs Anda dan secara manual menyetujui setiap komentar. Moderasi komentar tidak hanya bisa memblokir spam, namun juga memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi lebih sering dengan pengunjung.

Baca Juga : Panduan Google Tag Manager Untuk Pemula

5. Izinkan Pengguna untuk Berlangganan Komentar

Ketika pengguna meninggalkan komentar, mereka harus menandai tautan untuk kembali dan melihat apakah ada komentar baru pada artikel tersebut. Jika mereka lupa mem-bookmark atau tidak dapat mengingat nama blog Anda, maka mereka mungkin tidak akan pernah kembali lagi.

Anda dapat memberikan kesempatan kepada pengguna untuk berlangganan komentar di posting WordPress Anda. Dengan cara ini mereka bisa mendapatkan notifikasi langsung ketika ada komentar baru. Ini akan secara signifikan meningkatkan traffic website dan jumlah komentar. Pengunjung akan lebih tertarik untuk ikut serta di diskusi website Anda.

6. Memberi tahu Pengguna tentang Balasan ke Komentar Sendiri

Ketika seorang pengguna meninggalkan komentar di situs Anda, tidak ada cara bagi mereka untuk mengetahui apakah ada yang membalas komentar mereka. Mereka harus mem-bookmark halaman dan mengunjunginya nanti. Sebagian besar pengguna tidak akan melakukan itu. 

Anda dapat dengan mudah mengizinkan pengguna untuk berlangganan komentar mereka sendiri. Dengan cara ini mereka tinggal menerima email pemberitahuan ketika seseorang membalas komentar mereka. Namun jika Anda bisa membalas sebagian besar komentar pengunjung situs, maka ini dapat mengembangkan komunitas yang sangat menarik blog Anda.

7. Meningkatkan Traffic Website dengan Menampilkan Komentar Terbaru

Secara default, WordPress menampilkan komentar terbaru di bagian bawah daftar komentar. Sekarang jika Anda memiliki banyak komentar di pos, maka pengguna akan melihat komentar terlama di atas. Ini dapat dengan mudah diubah di WordPress. Cukup buka Pengaturan »Diskusi dan gulir ke bawah ke bagian pengaturan komentar lainnya. Silakan memilih yang lebih baru dari menu drop down.

 

Menampilkan Komentar Terbaru di WordPress
Menampilkan Komentar Terbaru di WordPress

8. Aktifkan Komentar untuk Postingan Lama

Kebanyakan blogger akan mematikan komentar pada postingan lama untuk mengurangi komentar spam. Namun, mungkin ada banyak pengguna yang ingin mengomentari posting tersebut. Karena Anda sudah menggunakan moderasi komentar, Anda dapat dengan aman mengaktifkan komentar pada posting lama. Cukup buka Pengaturan »Diskusi dan gulir ke bawah ke bagian pengaturan komentar lainnya. Hapus centang pada kotak di samping ‘Otomatis tutup komentar pada artikel yang lebih lama dari X hari’.

 

Mengaktifkan Komentar untuk Postingan Lama
Mengaktifkan Komentar untuk Postingan Lama

9. Tampilkan Komentar Terbaru

Ketika pengunjung melihat beranda, mereka tidak tahu apa yang terjadi di bagian komentar blog Anda. Misalnya, mungkin ada perdebatan menarik yang terjadi di pos baru, Anda dapat memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melihat diskusi itu dengan menampilkan komentar terbaru di situs Anda. Cukup buka Appearance »Widget dan tambahkan widget Komentar Terbaru ke bilah sisi homepage.

10. Izinkan Pengguna untuk Memberi Peringkat dan Berbagi Komentar

Sistem komentar WordPress default yang sederhana tidak memiliki elemen sosial, gamification, dan keterlibatan pengguna dari platform diskusi modern. Namun, Anda dapat dengan mudah menambahkan fitur ini di WordPress menggunakan plugin. 

Cukup instal dan aktifkan plugin De: komentar. Setelah aktivasi, plugin akan mengubah sistem komentar WordPress Anda menjadi platform diskusi yang sangat menarik. De: komentar dilengkapi dengan fitur seperti memilih pengunjung yang berhak mendapat penghargaan, berbagi sosial, berlangganan komentar, dan banyak lagi.

11. Beri Tahu Pengunjung Saat Komentar Mereka Disetujui

Ketika seorang pengguna mengirimkan komentar di blog Anda, WordPress menunjukkan kepada mereka bahwa komentar mereka sedang menunggu moderasi. Para pengguna tidak tahu kapan Anda menyetujui komentar mereka atau menghapusnya. Anda meningkatkan tampilan halaman Anda serta keterlibatan pengunjung dengan hanya memberi tahu mereka ketika komentar disetujui. Cukup instal dan aktifkan plugin Komentar Disetujui. Setelah aktivasi, buka Pengaturan »Komentar Disetujui untuk mengkonfigurasi plugin.

12. Buat Kebijakan Komentar

Kebijakan komentar mengontrol percakapan di blog WordPress Anda. Komentar dan bahasa kebijakan Anda tergantung pada bisnis dan kepekaan Anda. Misalnya, blog pribadi memungkinkan bahasa yang lebih berwarna daripada blog bisnis formal. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan ketika menyusun kebijakan Anda termasuk:

  • Apakah Anda mengizinkan pembaca mengirim komentar negatif?
  • Apakah Anda akan membiarkan orang mempromosikan bisnis mereka?
  • Apakah Anda siap untuk mengoreksi tata bahasa dan bahasa?

Kebijakan komentar yang dibuat dengan baik mendorong pembaca untuk terlibat dalam percakapan, dalam kiriman pedoman Anda.

13. Gunakan CTA yang Kuat

Menggunakan CTA atau Call to Action, di akhir posting cenderung berjalan dengan baik. Anda dapat meminta pengguna untuk berlangganan ke blog Anda, membagikannya, atau membeli sesuatu. Gunakan kata kerja perintah yang kuat dan dapat meningkatkan antusias bagi para pembaca.

Penutup

 Mendapatkan banyak komentar di blog adalah kebahagiaan tersendiri di satu sisi. Selain pertanda apresiasi, adanya komentar adalah tanda bahwa konten Anda menarik. Selalu pertahankan kualitas konten Anda agar website Anda semakin ramai. 

Mau punya website aman, cepat, dan andal? Langganan hosting murah IDwebhost sekarang juga. 

 

Alya Nisania

Alya Nisania demikian nama lengkap writer yang memiliki panggilan Alya ini. Meskipun kesehariannya dia menjadi karyawan swasta, tetapi Alya tidak bisa meninggalkan hobi menulis yang menjadi passionnya.