Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Website Lambat
Blog Website Development Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Website Lambat

Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Website Lambat

Sahabat IDwebhost pernah tidak mengalami saat mengakses suatu website ternyata terus loading tidak kunjung terbuka bagaimana perasaan sahabat pasti kesal juga kan?. Kalau sudah lama tidak terbuka padahal lagi butuh informasi tersebut, akhirnya langsung tutup dan cari artikel website yang lain. Dari sini kita pasti tahu bahwa kecepatan loading website ternyata sangat penting. Selain itu ternyata kecepatan load website juga mempengaruhi mesin pencari bahkan juga pada peringkat website.

Para webmaster pastinya sudah paham tentang kecepatan loading website ini juga berpengaruh pada SERP (Search Engine Result Page). Sejak 2010 kemarin bahkan Google memberikan pernyataan bahwa akan memprioritaskan website yang memiliki kecepatan akses yang baik untuk peringkat atas hasil pencarian. Nah pastinya semakin baik dan cepat website akan memiliki peluang besar mendapatkan peringkat atas hasil pencarian.

Pengertian Kecepatan Loading Website

Kecepatan loading website sendiri adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan pada sebuah halaman situs agar sepenuhnya terbuka atau dimuat pada browser. Ada beberapa tingkatan kecepatan yang bisa menjadi patokan untuk website Anda sebagai berikut:

  • Jika dibawah 1 detik = A
  • 1-3 detik =B
  • 3-7 detik = C
  • 7 detik keatas = D

Semakin cepat akses loading website Anda maka akan semakin baik pula kualitas website Anda. untuk cek dan mengetahui berapa kecepatan loading website, Anda bisa menggunakan tools yang bisa digunakan secara gratis seperti GTMetrix, Google Page Speed Insights , Pingdom, dan WebPageTest.

Mempercepat Loading Website -Hasil Gtmatrix IDwebhost

Jika kita Amati dari hasil score diatas yang telah dicek dengan GTMetrix mendapatkan load time 2.3 second artinya blog IDwebhost memiliki kecepatan akses yang baik.

Nah jika sebuah website memiliki kecepatan yang diatas 7 detik sudah dipastikan akan mendapatkan dampak yang negatif misalnya saja:

  • Peringkat website yang menurun
  • Trafik pengunjung yang akan terus berkurang
  • Sulit untuk optimasi SEO

Bagaimana Cara Mempercepat Loading Website?

Untuk mempercepat website sendiri sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan baik itu dari kualitas hosting, plugin, optimasi gambar dan lain sebagainya. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat loading website sebagai berikut:

Menggunakan GZIP Compression

1. Menggunakan GZIP Compression

Untuk bisa mengkompres ukuran file-file website Anda termasuk CSS, HTML, JavaScript, dan XML agar lebih optimal maka GZIP Compression. Anda bisa mengubah dan menambahkan baris kode pada .htaccess dengan masuk di cPanel. Namun jika masih kesulitan Anda bisa menggunakan plugin pada WordPres dengan nama Check and Enable GZIP Compression.

Mengoptimalkan Gambar

2. Mengoptimalkan Gambar

Dengan disk space dari hosting Anda pastinya bisa mengunduh banyak gambar dengan sesuka hati. Memang benar gambar menjadi salah satu elemen penting yang ditampilkan pada website. Namun demikian perlu diingat bahwa saat seseorang pengunjungng mengakses mereka akan memuat gambar yang akan ditampilkan juga. Gambar dengan ukuran yang terlalu besar maka akan membutuhkan waktu yang la juga saat pengunjung mengakses halaman tersebut. Nah bagi pemilik website optimasi gambar harus diperhatikan.

Cara optimasi gambar bisa menggunakan tool online untuk mengkompres gambar agar ukuran lebih kecil Anda bisa menggunakan tool online seperti TinyJPG dan lain sebagainya. Nah jika sudah terlanjur terupload pada hosting Anda tidak perlu cemas gunakanlah tool sebagai berikut:

  • Imagify
  • Smush
  • EWWW Image Optimizer

Menggunakan Plugin Caching

3. Menggunakan Plugin Caching

Caching sendiri adalah proses penyimpanan data dari halaman website secara sementara pada web browser untuk nantinya bisa diakses lebih cepat saat kembali mengunjungi website tersebut. Biasanya saat pertama kali pengunjung mengakses suatu halaman pertama kali akan sedikit lama dibandingkan setelah beberapa kali mengakses pada website yang sama. Hal ini dikarenakan adanya sistem Caching.

Untuk bisa menggunakannya sangat mudah Anda cukup menginstal plugin pada WordPres sebagai berikut:

  • LiteSpeed Cache
  • W3 Total Cache
  • WP Rocket
  • WP Super Cache
  • WP Fastest Cache
  • Hyper Cache

Mengoptimalkan code html, javascript, css

4. Mengoptimalkan code html, javascript, css

Jika Anda sudah paham bahasa pemrograman web maka mengoptimalkan kode-kode website memungkinkan untuk Anda namun jika belum pastinya sangat sulit. Nan tenang saja ada plugin yang bisa membantu mengoptimalkan code html, javascript, css website Anda dengan menggunakan plugin Autoptimize. Plugin ini akan mengoptimalkan struktur kode pada website Anda menjadi lebih ringan.

Selektif dalam memilih plugin

5. Selektif dalam memilih plugin

Plugin pada WordPress memang menjadi tool yang bermanfaat untuk mengoptimalkan website bahkan ada ribuan plugin yang bisa di instal dengan gratis. Namun dari sekian banyak sebenarnya hanya beberapa yang benar-benar bermanfaat untuk kebutuhan website Anda. Nah untuk itu pada saat memilih plugin ini adabaiknya untuk mempertimbangakn dari kegunaan dan manfaat plugin tersebut. Jangan sampai malah membebani kinerja website yang Anda miliki.

Jika sudah terlanjur menginstal plugin-plugin yang banyak maka ada baiknya untuk segera menguranginya. Disini bukan masalah plugin gratis yang bisa di instal dengan sesuka hati namun yang paling penting adalah apakah memiliki efek yang signifikan pada website Anda.

Apakah Anda sudah terlanjur menginstal banyak plugin pada website Anda? Jika iya coba instal plugin Performance Profiler disitu akan menampilkan plugin-plugin mana yang malah membebankan website Anda. Analisis dan hapuslah plugin yang tidak banyak membantu atau tidak bermanfaat.

Memilih penyedia layanan web hosting terbaik

6. Memilih penyedia layanan web hosting terbaik

Jika berbicara tentang website maka tidak akan bisa terlepas dari hosting. Dengan hosting terbaik maka website pun akan memiliki performa yang terbaik juga. IDwebhost sendiri telah dilengkapi dengan Web Accelerator dimana setiap server sudah menggunakan teknologi Litespeed web accelerator yang akan membuat website Anda memiliki kecepatan berkali-kali lipat.

Baca juga: Tools Untuk Cek Kecepatan Website

IDwebhost layanan hosting murah terbaik

IDwebhost layanan hosting murah terbaik

Sejak tahun 2004 t IDwebhost terkenal dengan harga yang murah dengan kualitas terbaik dan fitur teknologi yang lengkap. Bahkan sampai dipercaya 100 ribu lebih pelanggan yang telah menggunakan layanan web hosting terbaik di Indonesia ini. Akses web 40x lebih cepat dan load time yang teruji dengan dukungan hardware berkualitas no 1 dan juga dukungan teknologi software yang terus terupdate.

Fitur-Fitur IDwebhost untuk mengoptimalkan website Anda

Fitur-Fitur IDwebhost untuk mengoptimalkan website Anda

Dengan membeli hosting murah di IDwebhost Anda akan mendapatkan berbagai fitur unggul yang akan memberikan performa dan keamanan website Anda. Bahkan IDwebhost memberikan jaminan 30 hari uang Anda akan kembali jika tidak puas dengan layanan yang tersedia. Berikut Fitur-fitur yang Anda dapatkan dari IDwebhost:

  • Domain Gratis
  • SSL Gratis
  • Web Accelerator
  • Free Website Builder
  • Gratis 300 Premium Website Template
  • Free Unlimited Bandwidth
  • Free WordPress Cache
  • Teknologi Hosting Tercanggih
  • 90+ One Click Software Install
  • Garansi Keamanan
  • Manajemen Hosting Lengkap
  • Multiple Datacenter
  • Unlimited Database
  • Email Tanpa Batas

Nah kabar baiknya dengan menggunakan hosting murah dan terbaik dari IDwebhost akan menikmati kecanggihan dan fitur lengkap yang bisa untuk memaksimalkan performa website Anda. Anda akan langsung mendapatkan berbagai fitur lengkap yang bisa langsung dipakai untuk website Anda.

Demikian pembahasan kali ini tentang cara meningkatkan kecepatan waktu loading website yang lambat. Mudah-mudahan memberikan informasi yang bermanfaat alam sukses untuk kita semua.