Bagaimana Cara Mengubah URL HTTP ke HTTPS?
Blog Tutorial Bagaimana Cara Mengubah URL HTTP ke HTTPS?

Bagaimana Cara Mengubah URL HTTP ke HTTPS?

Keamanan website menjadi salah satu hal yang penting. Tidak hanya bagi pengelola website namun juga pengunjung website. Itu sebabnya mulai orang beralih atau mengubah url http ke https untuk website mereka.

HTTPS menjamin keamanan dalam proses pertukaran data di banding HTTP. Karenanya sebuah website sebaiknya mengubah url http ke http. Bagaimana cara melakukan perubahan ini?  Mari ikuti panduan berikut ini.

Pastikan Hosting Sudah Menginstal SSL

Pastikan Hosting Sudah Menginstal SSL

Sebelum kita lanjut pada tahapan mengubah URL HTTP ke HTTPS kita perlu melihat terlebih dahulu apakah hosting yang kita gunakan sudah menggunakan atau menginstal SLL untuk domain website kita? Jika belum maka kita perlu melakukan instalasi SLL terlebih dahulu.

SLL adalah kependekan dari Secure Socket Layer secara umum juga disebut dengan TLS. Fungsinya untuk mengenkripsi lalu lintas internet dan verifikasi identitas server. Sebagai contoh ketika Anda mengunjungi sebuah website yang berawalan HTTPS, maka website tersebut tentu sudah menggunakan SSL/TLS.

Apakah SLL/TLS ini berbayar? Iya, SLL dan TLS ini berbayar dan memiliki harga yang beragam. Namun Anda jangan khawatir karena ada penyedia layanan hosting yang memberikan SLL gratis untuk Anda. Salah satunya adalah Paket Hosting Murah IDwebhost.

Paket Hosting berkualitas dari IDwebhost berupaya memberikan keamanan maksimum bagi pengguna layanan, sehingga dalam paket telah disediakan berbagai tools yang akan meningkatkan keamanan website Anda, seperti halnya layanan gratis SLL/TLS.

Apa saja keuntungan Anda ketika menggunakan SSL Let’s Encrypt:

  1. SLL akan meningkatkan kepercayaan dari pengunjung website Anda. Apalagi jika website Anda adalah website toko online yang mana akan ada login pengguna dan transaksi. Keberadaan SLL akan menjadikan mereka percaya dan aman dalam bertansaksi.
  2. Dengan menggunakan SSL maka dapat membantu memperkuat keamanan dan kerahasiaan data pribadi, seperti data kartu kredit dan kata sandi, dan data pribadi lain.
  3. Menggunakan SSL akan menjadikan website lebih baik dan meningkatkan ranking SEO yang lebih baik dari pada website yang tidak diamankan dengan SSL.

Bagaimana cara melakukan instalasi SLL untuk website Anda? Silakan membaca artikel berikut: Cara Menginstal SLL Website Lengkap. 

Cara Mengubah HTTP ke HTTPS Melalui htaccess

Cara Mengubah HTTP ke HTTPS Melalui htaccess

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan dalam mengubah HTTP ke HTTPS adalah melalui htaccess. Cara ini menjadi cara yang paling umum dipilih para pengelola website dengan berbagai CMS website. Bagaimana caranya? Berikut langkah demi langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Sialan masuk ke akun c panel atau plesk Anda
  2. Silakan menuju file manajer website Anda
  3. Silakan gunakan script redirect http ke https di dalam file .htaccess. File .htaccess bisa Anda lihat di File Manager > public_html > .htaccess.
  4. Ketika file .htaccess tidak terlihat, Anda bisa aktifkan fitur show hidden files, caranya menuju menu Settings di sebelah kanan atas File Manager, setelah itu klik menu settings klik kotak kecil pada Show Hidden Files (dotfiles).
  5. Ketika file .htaccess sudah terlihat silakan Anda klik kanan pada file .htaccess kemudian pilih Edit, atau bisa juga dengan cara klik file dan pilih menu edit di bagian menu atas.
  6. Maka file .htaccess akan terbuka, isikan script di bawah ini. Skrip diletakan di baris paling atas, setelah mengisi script tersebut jangan lupa klik Save Changes.
RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule (.*) https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [R,L]
  1. Silakan melakukan pengecekan URL website Anda, selang beberapa menit akan ada perubahan dari URL HTTP ke HTTPS.

Cara Mengubah URL Http ke https Dengan Plugin

Cara Mengubah URL Http ke https Dengan Plugin

Vagi Pengguna CMS wordpress Anda bisa memanfaatkan keberadaan plugin untuk membantu Anda mengubah URL HTTP ke HTTPS. Namun tentu saja Anda perlu untuk memastikan bahwa Anda telah menginstal SLL.

Salah satu plugin yang bisa Anda manfaatkan untuk mengubah URL website Anda dari HTTP ke HTTPS adalah Plugin Really Simple SLL. Plugin ini bersifat gratis, Anda dapat mengunduhnya melalui halaman resmi berikut ini: Plugin Really Simple SLL

Berikut adalah panduan instalasi dan penggunaan Plugin Really Simple SLL:

  1. Silakan Login ke Dashboard admin wordpress website, cari menu Plugins > Add New.
  2. Setelah itu ketikan really simple ssl di kolom sebelah kanan Keyword, setelah itu klik Install Now dan di tunggu sampai selesai. Jika sudah selesai klik Activate.
  3. Setelah plugin aktif, Anda bisa lakukan setting melalui menu Settings > SSL lakukan setting sesuai kebutuhan.
  4. Silakan cek beberapa menit kemudian, apakah URL Anda sudah berubah dari HTTP ke HTTPS.

Mengubah URL Http ke https Untuk Enkripsi Data Dengan SSL

Protokol Secure Socket Layer (SSL) adalah protokol kriptografi yang mana berfungsi dalam menyediakan sambungan internet yang aman. URL HTTPS bekerja dengan protokol SSL untuk melakukan enkripsi data. Dengan demikian maka, HTTPS dapat menyediakan pertukaran data yang jauh lebih aman dari HTTP.

Tidak hanya bekerja dengan SSL, HTTPS juga bekerja dengan satu protokol lagi yang memiliki fungsi atau kegunaan sama, yaitu Transport Layer Security (TLS). Dengan adanya TLS ini maka URL HTTPS akan terjaga dan aman di bandingkan URL HTTP.

Pada dasarnya keberadaan HTTPS dalam melakukan kerja dengan SLL dan TLS adalah untuk menjadi fasilitas utama untuk dalam melakukan enkripsi komunikasi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan koneksi yang aman antara server dan pengguna pada website.

Tidak hanya itu, keberadaan SLL ini juga penting bagi pengelola website agar terhindar dari penyadapan atau pencurian data pengguna. Bagi pengelola website yang bersifat member seperti halnya website toko online, atau website sekolah, website lembaga dan website bisnis, sangat penting untuk menjamin keamanan data pengguna.

Kita tentu pernah mendengar bagaimana pencurian data pengguna sebuah website. Apa saja data yang bisa dicuri dan harus kita amankan? Data-data tersebut seperti password, transaksi keuangan, informasi kartu kredit, dan data pribadi lainnya.

Keamanan Website Adalah Kunci

Keamanan Website dengan HTTPS

Dengan kita mengubah URL HTTP ke HTTPS yang mana HTTPS ini menggunakan SSL, harapannya semua data pengguna atau data website yang terlibat dalam proses pertukaran data akan dienkripsi sehingga keamanannya akan terjamin. Namun jangan sampai Anda lupa, bahwa yang namanya dunia peretasan akan selalu berkembang.

Maka untuk lebih meningkatkan keamanan dari website yang Anda kelola, Anda perlu mencari penyedia layanan domain dan hosting terbaik, yang memberikan keamanan prima untuk kebutuhan website Anda. Salah satu cara menjari penyedia layanan yang prima dan menjamin keamanan adalah dengan melihat bagaimana kemampuan penyedia layanan dalam memberi dukungan dan bantuan kepada para penggunanya.

Setiap pengelola website tidak ingin websitenya mengalami masalah keamanan, namun ketika itu terjadi. Anda perlu memiliki penyedia layanan domain dan hosting yang mampu membantu Anda. Berbicara penyedia layanan yang selalu siap sedia membantu persoalan penggunanya, ya jelas layanan Domain dan Hosting IDwebhost.

Selain memberikan layanan domain murah dan paket hosting berkualitas, IDwebhost juga didukung dengan tenaga ahli yang siap membantu persoalan keamanan website Anda. Sehingga persoalan keamanan bisa teratasi dengan segera. Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Cara Mengubah URL Http ke https. Semoga bermanfaat. Salam. Ari IDwebhost.