Cara Mengubah Bahasa di WordPress
Blog Tips Keren Cara Mengubah Bahasa di WordPress

Cara Mengubah Bahasa di WordPress

Artikel kali ini akan membahas tentang cara mengubah bahasa di WordPress. Anda telah menginstal WordPress di sistem Anda dan secara default. Itu diinstal dalam bahasa Inggris dan sekarang Anda ingin mengubah bahasa WordPress. Tetapi Anda tidak yakin dengan prosedur untuk melakukannya. Kedengarannya asing? Jika ya adalah jawabannya maka membaca tutorial ini untuk pemula mungkin bisa sangat membantu mengenai cara mengubah bahasa WordPress.

Ketika Anda menginstal WordPress, secara default itu diinstal dalam bahasa Inggris. Namun, itu bisa diubah nanti. Untuk mengubah bahasa default dari Instalasi WordPress cukup sederhana karena memiliki kemampuan bawaan untuk digunakan dalam bahasa apa pun.

WordPress tersedia dalam lebih dari 70 bahasa. Dan terjemahan untuk lebih dari 160 sedang berlangsung. Ingat, mengubah bahasa situs WordPress hanya akan mengubah bahasa untuk dasbor WordPress, itu tidak akan mengubah konten halaman Anda. Itu akan tetap seperti yang tertulis.

Sangat penting bagi Anda untuk memahami perbedaan antara ujung depan dan bahasa ujung belakang. Front-end adalah apa yang akan dilihat pengunjung Anda, sedangkan backend adalah apa yang akan Anda lihat di bagian belakang yaitu di dashboard WordPress atau Admin WordPress.

Bahasa antarmuka dan bahasa blog adalah dua hal berbeda yang harus dijaga. Dan jika Anda membuat situs web untuk klien Anda yang tidak mengerti bahasa Inggris, maka Anda harus mengubah antarmuka ke bahasa asli pengguna sehingga ia dapat menangani situs web dengan baik.

Bahasa blog adalah dialek di mana blog Anda di situs web ditulis. Setiap blog memiliki pengaturan sendiri untuk bahasa. Dan ini membuatnya sangat mudah untuk mengelola blog Anda di situs web. Anda dapat memiliki blog bahasa sehari-hari di situs web Anda. Anda dapat membangun situs Anda dengan pembuat tema WordPress. Bahkan tema WordPress gratis juga tersedia.

Cara mengubah bahasa di WordPress

Cara mengubah Bahasa WordPress di Dasboard

Cara termudah untuk mengubah bahasa WordPress adalah melalui panel admin. Buka menu Pengaturan → Umum → Bahasa Situs → Simpan Perubahan.

di sini ada banyak bahasa untuk dipilih. Dan daftar itu terlalu panjang sehingga tidak bisa sepenuhnya tercantum di sini. Jadi, gulir dan pilih bahasa ibu Anda dan mulai. Mudah bukan?

Ubah Bahasa di WordPress Secara Manual

Menangani hal-hal dalam bahasa ibu Anda cukup sederhana dan memberi Anda kepercayaan diri untuk melakukan hal-hal dengan benar. Tetapi bagaimana jika bahasa daerah yang Anda cari tidak tercantum dalam menu tarik-turun Bahasa Situs? Iya! Ini bisa jadi kemungkinan dialek yang ingin Anda gunakan tidak ada di sini.

Nah, dalam hal ini, Anda dapat menginstal file secara manual dengan bantuan langkah-langkah berikut.

Jangan khawatir! Solusinya cukup sederhana.

WordPress menggunakan sistem gettext untuk terjemahan (lokalisasi dan internasionalisasi). WordPress memiliki 3 jenis file yang digunakan dalam kerangka kerja yang berisi teks yang siap diterjemahkan.

PO (Objek Portabel)
POT (Template Objek Portabel)
MO (Objek Mesin)
Ketiga file tersebut masing-masing berisi teks terjemahan, teks siap terjemahan, dan file yang dapat dibaca mesin.

Untuk mengatur WordPress di bahasa ibu Anda, periksa terlebih dahulu ketersediaan WordPress di Bahasa Anda.

Menemukan dialek yang diinginkan di repositori? Sekarang unduh file .mo. Unggah file ke direktori wp-content / bahasa atau direktori wp-include / languages ​​/.

Sekarang buka wp-config.php di WordPress dan rekatkan kode berikut.

define (‘WPLANG’, ‘es_PE’);
Baris kode ini akan menargetkan negara dan bahasa. Ini menunjukkan bahwa saya menginstal paket bahasa Spanyol dari Peru. Di sini, ‘es’ singkatan dari Espanol dan ‘PE’ memberitahu Anda versi bahasa Spanyol yang mana.

Hit pembaruan dan dasbor WordPress Anda akan terlihat dalam bahasa pilihan Anda. Dan ini cara Anda dapat dengan mudah mengubah bahasa Inggris ke bahasa ibu yang Anda tentukan dalam waktu singkat.

Backend situs web Anda dalam dialek yang Anda kenal sekarang. Selamat! Anda telah belajar Mengganti Bahasa WordPress.

Cara mengubah bahasa di WordPress

Bagaimana mengubah bahasa default di WordPress

Salah satu fitur WordPress yang paling kuat adalah kemampuannya untuk memungkinkan pengguna membuat blog atau mengelola konten dalam bahasa pilihan mereka.

Jika Anda telah menggunakan WordPress untuk sementara dan Anda ingin mengubah bahasa untuk dasbor admin Anda, berikut beberapa langkah mudah:

Unduh File Bahasa

Anda bisa mendapatkan file bahasa yang Anda butuhkan dari WordPress di halaman web Bahasa Anda. File akan memiliki nama seperti dalam contoh berikut:

fr_FR.mo

Dua karakter kecil pertama (‘fr’ untuk Perancis) merujuk pada kode bahasa ISO-639. Ini diikuti oleh kode negara ISO-3166 (_FR untuk Perancis dalam contoh). Jadi, file .mo Prancis akan disebut fr_FR.mo.

File bahasa salinan untuk instalasi WordPress anda

Setelah Anda mengunduh file / mo yang benar ke komputer Anda, salin ke server Anda di direktori ‘wp-content / bahasa’. Anda mungkin perlu membuat direktori ‘bahasa’ jika Anda menginstal WordPress dalam bahasa Inggris.

Modifikasi File WP-CONFIG.PHP

Di direktori root instalasi WordPress Anda ada file bernama ‘wp-config.php’. File ini mencakup semua pengaturan untuk memungkinkan Anda terhubung ke database dan mengelola beberapa item lainnya. Unduh file dan buka di aplikasi Text Editor Anda.

Sunting GARIS BAHASA
Di dalam file ‘wp-config.php’, Anda akan melihat baris-baris berikut:

define ('WPLANG', '');

Anda perlu mengubah ini untuk menggunakan file yang baru saja Anda salin ke server Anda. Jika menggunakan contoh untuk bahasa Prancis di atas, Anda akan mengedit suka agar terlihat seperti berikut:

define ('WPLANG', 'fr_FR');

Simpan file ‘wp-config.php’ dan salin kembali ke server web Anda.

PROFIL PENGGUNA GOTO DAN MENGUBAH BAHASA
Kunjungi Dasbor Admin Anda dengan browser web Anda. Blog Anda sekarang harus ditampilkan dalam bahasa yang Anda inginkan.

Cara mengubah bahasa di WordPress

Kesimpulan

Jadi lain kali Anda ingin mengubah WordPress ke bahasa ibu Anda, Anda tidak harus pergi ke prosedur yang sulit. Cukup ikuti proses yang disebutkan di atas dan Anda baik untuk pergi. Dan mengubah bahasa admin WordPress tidak sulit dan terutama ketika Anda memiliki panduan ini dengan Anda. Saya harap penjelasan di atas tentang cara mengubah bahasa WordPress bermanfaat bagi Anda. Dan semua pertanyaan tentang perubahan bahasa WordPress disambut baik. Karena itu, silakan bagikan pemikiran Anda dalam komentar di bawah. Lihatlah perangkat lunak pembuat situs web WordPress kami.

Selamat membaca dan mengembangkan website anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.