Cara Mengoptimalkan Content Marketing Untuk Pencapaian Bisnis
Blog Digital Marketing Cara Mengoptimalkan Content Marketing Untuk Pencapaian Bisnis

Cara Mengoptimalkan Content Marketing Untuk Pencapaian Bisnis

Apakah Anda sudah menjalankan berbagai strategi content marketing, namun bisnis Anda tidak berkembang dengan optimal? Mungkin ini saat yang tepat bagi Anda untuk kembali melakukan evaluasi dari content marketing yang Anda buat.  Bisa jadi selama ini telah terjadi kekeliruan dalam pembuatan content bisnis Anda. Seperti apa cara mengoptimalkan content marketing untuk pencapaian bisnis?

Saat ini bisnis online menjadi pilihan dalam menjalankan strategi pemasaran. Tidak lain karena infrastruktur yang sudah memadai untuk terjadinya model pasar online. Nah, bagi Anda yang memasuki bisnis online, Anda perlu memahami cara bagaimana mengembangkan bisnis kamu, yaitu dengan pembuatan konten pemasaran, atau biasa kita sebut dengan content marketing.

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah melakukan strategi website marketing, yaitu dengan memperkaya isi konten di dalam situs website bisnis / website toko online Anda. Yang mana konten-konten yang Anda buat ini menerapkan optimasi SEO dengan menarget kata kunci komersial, sehingga akan memunculkan produk Anda dalam mesin pencari seperti halnya Google.

Keberadaan konten menjadi sangat penting dalam dunia marketing online. Konten menjadi media penyampai pesan kepada audiens. Tanpa kemampuan membuat content marketing, maka berbagai pengetahuan Anda mengenai strategi sosial media marketing, website marketing, optimasi SEO, SEM dan strategi promosi lainnya tidak akan berguna.

Konten menjadi kunci penting! Silakan Anda bayangkan, jika Anda hanya membuat akun bisnis di Facebook dan Anda tidak merilis konten secara teratur.  Sudah dapat Anda tebak, akun bisnis tersebut menjadi sia-sia. Begitu pun dengan keberadaan website atau blog bisnis. Sebaik apa pun website Anda, jika tidak memiliki konten yang teratur, maka akan tidak berguna.

Namun patut Anda ingat, konten bukan sembarang konten! Konten yang baik akan memberikan hasil yang baik! Maka dari itu, jika selama ini Anda sudah membuat konten namun belum memberikan hasil yang optimal, bisa jadi ada yang keliru dari konten Anda. Mari kita simak kembali, Cara Mengoptimalkan Content Marketing Untuk Pencapaian Bisnis, sebagai berikut:

1. Content Marketing Untuk Manusia Bukan Robot Mesin Pencari

Content Marketing Untuk Manusia Bukan Robot Mesin Pencari

Pertama-tama Anda harus menyadari bahwa konten adalah ‘ide murni Anda’ artinya apa? Semua orang  merasa bisa membuat konten, namun  tidak semua orang memiliki kemampuan membuat konten yang  orisinal. Banyak orang yang hanya meniru, atau bahkan melakukan plagiat dari konten orang lain.

Tidak sedikit yang terjebak pada pemenuhan kuantitas konten, lalu melupakan poin penting dari konten adalah kualitas. Banyak orang sibuk memikirkan algoritma, sehingga konten yang mereka buat, cenderung memenuhi kebutuhan robot mesin pencari. Dan ini, menjadikan konten tidak ramah pembaca, karena memang tidak menitik beratkan konten untuk manusia, namun untuk mesin pencari.

Apa yang terjadi? Konten mungkin dengan mudah diindeks oleh mesin pencari,  secara mesin masuk dalam berbagai penilaian kelayakan konten, misalnya menggunakan alat bantu SEO seperti Yoast SEO. Namun lupa, bahwa yang akan menjadi target konten sesungguhnya adalah manusia.

Mungkin Anda pernah melakukan pencarian dengan kunci tertentu, lalu mendapatkan sebuah konten artikel, namun Anda tidak dapat memahami isi artikel tersebut. Apa yang Anda lakukan? Apakah Anda akan memaksakan terus membaca? Apakah Anda akan tertarik dengan artikel lainnya di website tersebut? Jelas saja tidak.

Anda akan dengan mudah meninggalkan website tersebut, dan Anda memiliki kesan tidak baik dengan  website tersebut. Anda tidak nyaman, dan tidak mendapatkan jawaban dari apa yang Anda cari. Bayangkan website yang di maksud adalah website Anda? Maka Anda kehilangan calon pelanggan potensial yang bisa jadi sangat membutuhkan produk Anda, namun belum sempat mendapatkan informasi produk Anda, orang tersebut sudah ‘tidak nyaman’ atau bahkan tidak percaya dengan website Anda.

Apa persoalannya? Konten! Yang kita layani algoritma, yang kita layani robot. Kita lupa, yang akan melakukan pembelian, yang menjadi target dari produk kita adalah manusia. Maka, konten yang baik, adalah konten yang memahami manusia. Jadi, cara mengoptimalkan content marketing yang pertama dan penting bagi bisnis Anda adalah membuat konten yang mampu memahami dan dipahami oleh manusia.

2. Identifikasi Audiens dan Sasaran Penjualan Produk

Identifikasi Audiens dan Sasaran Penjualan Produk

Cara mengoptimalkan content marketing bisnis selanjutnya adalah dengan melakukan identifikasi audiens dan sasaran penjualan. Siapa audeins Anda?  Coba Anda cek kembali data saluran digital marketing Anda, misalnya siapa saja yang menjadi pengunjung webiste Anda, lihat detail data yang bisa Anda analisis. Mulai dari daerah, usia, jenis kelamin, dan berbagai informasi lainnya.

Kemudian lihat kembali apa yang menjadi sasaran penjualan produk Anda? Apakah target pasar Anda ini sudah sesuai dengan audiens Anda? Jika ternyata tidak sesuai maka perlu melakukan evaluasi ulang dari content marketing yang telah Anda kerjakan selama ini. Karena jika Anda teruskan, ya hasilnya akan tetap tidak optimal, karena memang tidak sesuai antara audiens dan target pasar Anda.

Content marketing yang baik, dapat Anda buat dengan memikirkan terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan atau target konten. Apakah sekedar untuk menggiring minat audiens agar tertarik dengan produk yang Anda jual atau hanya sekedar untuk memberikan edukasi kepada para audiens. Maka, Anda harus menyusun dengan baik sehingga tidak salah dalam menyampaikan suatu konten.

Kemampuan Anda dalam mengidentifikasi audiens dan target pasar, akan memudahkan Anda dalam membuat dan mengatur jenis konten yang tepat sesuai dengan sasaran penjualan yang Anda inginkan. Contoh, Anda akan menjual produk A yang mana targetnya usia 17-25, dan jenis kelamin perempuan. Maka, konten Anda harus Anda buat untuk audiens dengan kriteria tersebut, dan ini Anda perlu melakukan riset konten terlebih dahulu sebelum menulis atau membuat konten.

3. Publikasi Content Marketing dan Evaluasi

Publikasi Content Marketing dan Evaluasi

Anda telah menerpakan dua cara di atas dengan baik. Konten telah Anda buat sesuai dengan pembaca Anda yaitu manusia, dan Anda telah melakukan riset kebutuhan konten dengan memperhatikan audiens dan target pasar Anda. Maka, selanjutnya adalah melakukan publikasi content ke saluran pemasaran Anda.

Ke mana Anda bisa menyebarluaskan konten Anda? Pilihannya sangat banyak, namun semua membutuhkan keberadaan website sebagai media peletakan konten. Maka, Anda perlu untuk mempersiapkan sebuah website bisnis yang baik. Anda bisa memanfaatkan dengan memilih nama domain bisnis yang sesuai dengan bran atau merek Anda. Kebutuhan ini bisa Anda dapatkan dengan layanan domain murah IDwebhsot.

Selain itu, Anda juga memerlukan hosting yang berkualitas ketika membuat website bisnis. Hosting yang berkualitas akan memberikan kecepatan yang prima. Ingat! Kecepatan sebuah website menjadi salah satu poin apakah seseorang merasa nyaman atau tidak mengunjungi sebuah website. Untuk itu Anda bisa menggunakan layanan hosting murah dari IDwebhost.

Nah, sekarang Anda sudah siap dengan website dan konten artikel. Nah, konten artikel Anda ini bisa Anda jadikan sebagai konten email marketing, konten sosial media marketing, strategi direk link dan lain sebagainya. Tinggal menyesuaikan dengan saluran pemasaran yang saat ini Anda miliki dan kembangkan.

Terpenting setelah Anda melakukan publikasi dan menyebarluaskan adalah Anda melakukan evaluasi hasil. Ini bisa Anda buat secara periode, mungkin mingguan atau bulanan. Jadi satu konten yang Anda buat, bisa Anda lihat apakah menarik pengunjung, menjadi dasar munculnya ketertarikan, sampai pada terjadinya pembelian? Apakah berjalan optimal atau tidak.

Evaluasi hasil dalam content markteing akan sangat berguna dalam membuat konten-konten selanjutnya. Jangan sampai Anda hanya membuat konten yang sama secara terus menerus, sama dalam artian tidak ada peningkatan dari sisi kualitas atau kebutuhan yang sebenarnya diinginkan oleh audiens dan konsumen Anda.

Kesimpulan Cara Mengoptimalkan Content Marketing

Kesimpulan Cara Mengoptimalkan Content Marketing

Bagi pelaku bisnis, dalam era serba online seperti saat ini, melakukan strategi marketing yang tepat menjadi kewajiban. Perlu adanya pengoptimalan content marketing untuk situs website bisnis. Secara garis besar terdapat tiga cara penting dalam mengoptimalkan content marketing yaitu: menulis untuk manusia, identifikasi dan riset pasar, kemudian publikasi dan evaluasi.

Nah, dari tiga hal tersebut mana yang saat ini perlu Anda lakukan lebih optimal? Ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk menyusun kembali rencana konten Anda. Tidak ada kata terlambat! Dalam dunia digital marketing bisnis, semua bergerak cepat, kebutuhan manusia pun demikian. Maka lakukan sesegera mungkin, jangan sampai pesaing Anda yang mendapatkan terlebih dahulu.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai cara mengoptimalkan content marketing untuk pencapaian bisnis. Semoga pembahasan ini bisa memberikan gambaran dan menjadi sumber referensi bagi Anda. Perbaharui pengetahuan Anda seputar Digital Marketing hanya di Blog IDwebhost. Terima kasih telah membaca. Salam. Ari IDwebhost.