Cara Menginstal Sertifikat SSL Di Apache2
Blog Tips Keren Cara Menginstal Sertifikat SSL Di Apache2

Cara Menginstal Sertifikat SSL Di Apache2

Cara menginstal sertifikat SSL di Apache2 bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan atau diterapkan. Terlebih lagi, jika anda sudah tahu bagaimana cara melakukan itu semua dengan gampang. Pada penerapannya, semuanya itu akan mampu dan sanggup anda lakukan apabila tahu dan paham betul bagaimana cara melakukan itu semua dengan tepat dan signifikan di dalamnya. Apache2 memang banyak dipakai untuk penggunaan sertifikat SSL itu sendiri. Bagi anda yang menginginkan layanan domain hosting terbaik, silahkan mencoba IDwebhost.com.

Agar anda tidak sampai salah langkah maka beberapa langkah perlu dilakukan, antara lain adalah sebagai berikut ini:

1. Buat File Certificate Signing Request Terlebih Dahulu

Tahapan awalnya dalam cara menginstal sertifikat SSL di Apache2 yang bisa anda lakukan adalah dengan menciptakan File Certificate Signing Request terlebih dahulu. Dalam tahapan awal, nantinya ini akan mampu memberikan kepada anda berbagai kemudahan dan juga keunggulan yang anda butuhkan di dalamnya itu sendiri. Semuanya akan mampu menghadirkan kepada anda hasil terbaik yang ada di dalamnya itu sendiri.

2. Berikan File .CSR Kepada Klien Supaya Bisa Memproses Sertifikat SSL

Cara Menginstal Sertifikat SSL Di Apache2
idwebhost.com

Setelah penerapan yang satu ini, maka tahapan yang bisa anda lakukan di dalamnya adalah dengan memulai untuk memberikan File .CSR terkait kepada klien. Hal ini bertujuan untuk memungkinkan mereka dalam memproses sertifikat SSL yang diinginkan itu sendiri. Ada berbagai poin penting yang perlu diketahui dalam hal ini. Untuk penerapannya bisa dengan menggunakan versi yang trial atau gratisan.

3. Apabila Webserver Belum Mendukung SNI, Pilih IP Dedicated Khusus

Dalam tahapan yang lebih lanjut cara menginstal sertifikat SSL di Apache2 ini, anda bisa melihat ada ketentuan khusus yang harus anda pahami di dalamnya. Jika webserver terkait itu sendiri belum mendukung SNI, maka yang perlu anda lakukan adalah dengan memilih yang namanya IP Dedicated khusus. Di sinilah semuanya itu akan mampu mendatangkan dan menghadirkan kepada anda segalanya yang anda butuhkan untuk tahapan lebih lanjut itu sendiri.

4. Tutup Apache Dengan Setup Apache2 Supaya Sertifikat SSL Terpasang

Apabila sudah, maka langkah penerapan yang harus anda lakukan adalah dengan menutup Apache yang ada di dalamnya dengan Setup Apache2 yang sudah bersertifikat SSL itu sendiri dan pastinya sudah terpasang di dalamnya. Dengan adanya penerapan inilah maka akan lebih banyak lagi hal signifikan yang akan bisa anda lakukan dan dapatkan di dalamnya. Ini semua akan mempermudah anda untuk bisa mendapatkan hasil terbaik.

5. Jika webserver Belum Mendukung SNI, Pada Baris Pertama Gunakan Kode Ini

Cara Menginstal Sertifikat SSL Di Apache2
idwebhost.com

Ada beberapa kode yang bisa anda terapkan dalam cara menginstal sertifikat SSL di Apache2 tersebut. Hal ini akan memungkinkan bagi anda mendapatkan hal yang diinginkan. Asalkan anda tahu bagaimana cara melakukannya. Pada baris pertamanya, gunakan saja kode berikut ini:

<VirtualHost 1.2.3.4:443>

menjadi

NameVirtualHost 1.2.3.5:443

<VirtualHost 1.2.3.5:443>

Dengan penerapan tersebut, sudah pasti hal ini akan memungkinkan bagi anda untuk mampu mendapatkan hasil dan segalanya yang anda butuhkan di dalamnya untuk penerapan jangka panjang.

6. Taruh File .CRT ke Directory Apache2

Lalu yang juta tak kalah pentingnya dalam penerapan ini adalah meletakan File .CRT yang terdapat di dalamnya pada directory yang terdapat di Apache2. Dalam tahapan inilah semuanya akan bisa anda lakukan dengan penerapan yang tepat dan signifikan. Dari sinilah, semuanya akan bisa anda terapkan atau implementasikan itu sendiri dengan metode yang akan memudahkan bagi anda untuk bisa menerapkan dan melakukan itu semua sekarang juga.

7. Aktifkan Site Dan Reload Apache-Nya

Dalam tahapan langkah berikutnya cara menginstal sertifikat SSL di Apache2 yang bisa anda lakukan adalah dengan mengaktifkan Site dan Reload pada bagian Apache yang terdapat di dalamnya. Di sinilah semuanya itu akan mampu anda capai dan peroleh di dalamnya dengan mudah dan terbaik pastinya. Dalam tahapan yang lebih lanjut, hal ini juga akan mendatangkan kepada anda semuanya dengan mudah dan terbaik itu sendiri. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan lagi dalam penggunaanya.

8. Apabila Gagal Start, Matikan Dulu Apache2 Dan Ulangi Lagi

Cara Menginstal Sertifikat SSL Di Apache2
idwebhost.com

Dalam beberapa kasus ketika menerapkan cara menginstal sertifikat SSL di Apache2 ini, anda akan melihat adanya kemungkinan bahwa proses yang dilakukan akan mengalami kegagalan. Karena itulah, anda bisa mencoba untuk melakukan sesuatu dalam rangka mengatasi hal tersebut dengan mudah dan signifikan. Beberapa langkah yang bisa anda lakukan adalah dengan mematikan terlebih dahulu Apache yang ada di dalamnya, kemudian mengatur ulang lagi semuanya yang ada di dalamnya.

9. Arahkan A Record Ke IP 1.2.3.4.5

Lalu dalam cara dan penerapan selanjutnya yang bisa dilakukan di sini adalah dengan mengarahkan A Record ke IP 1.2.3.4.5. Sesuai dengan instruksi di atas, maka anda pun akan bisa menerapkan cara menginstal sertifikat SSL di Apache2 yang terbaik dan mudah sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Di sinilah semuanya itu akan mampu mendatangkan dan menghadirkan kepada anda hasil terbaik yang anda butuhkan dan inginkan di dalamnya. Sehingga pada tahapan lebih lanjut akan lebih banyak lagi manfaat yang bisa anda capai tersebut.

Dengan adanya metode yang tepat dalam hal ini, sudah pasti tidak ada yang perlu anda cemaskan dan bingungkan lagi dalam penerapannya. Semua itu akan mampu menghadirkan kepada anda sesuatu yang tepat dan juga terbaik itu sendiri. Dalam langkah jangka panjang, anda akan bisa melihat bahwa semuanya yang dibutuhkan tersebut akan mampu diterapkan langkah-langkahnya dengan mudah.

Peran SSL Dalam Website

Sebagaimana diketahui, penerapan cara menginstal sertifikat SSL di Apache2 ini juga amat sangat penting bagi anda yang memiliki website. Dengan adanya langkah yang tepat tersebut, sudah pasti untuk jangka panjang itu sendiri, akan lebih banyak lagi manfaat yang akan bisa anda rasakan dan dapatkan di dalamnya. Inilah yang kemudian akan menghadirkan kepada anda keamanan yang lebih baik dan juga maksimal itu sendiri. Memang hal ini amat penting bagi pemilik website.  Poin pentingnya adalah sebagai berikut:

  • SSL akan memberikan kepada anda kemudahan dan keuntungan untuk mendapatkan website dengan sistem keamanan yang mumpuni.
  • Satu hal yang jelas dengan adanya penerapan SSL ini akan membuat situs yang dimiliki terlihat lebih high profile.
  • Tak hanya itu saja, dengan mengaplikasikan cara menginstal sertifikat SSL di Apache2 tersebut, sudah pasti akan lebih banyak keuntungan dan manfaat itu sendiri yang nantinya akan mampu diperoleh di dalamnya.

Untuk tahapan yang lebih baik, sudah pasti cara menginstal sertifikat SSL di Apache2 tersebut adalah sebuah solusi signifikan yang bisa anda coba dari sekarang. Jadi tidak perlu menunggu waktu lama lagi dalam penggunaanya itu semua. Sehingga untuk jangka panjang pun anda akan bisa melihat manfaatnya tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Sitemap Di WordPress Dengan Mudah

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.