Bagaimana Cara Menghubungkan Domain ke Shopify?
Blog Tips Keren Bagaimana Cara Menghubungkan Domain ke Shopify?

Bagaimana Cara Menghubungkan Domain ke Shopify?

Bagaimana cara menghubungkan domain ke Shopify?. Shopify adalah platform e-commerce yang mempunyai layanan yang lengkap. Salah satu yang menjadi keunggulan Shopify adalah mempunyai kemudahan untuk international shipping. Tak heran, dengan fitur tersebut, pengguna Shopify sangat banyak, hingga ke penjuru dunia.

Sebagai sebuah platform, Shopify menawarkan solusi lengkap yang sangat penting bagi platform website toko online. Tak hanya itu, fitur yang diberikannya pun akan memudahkan penggunanya untuk membuat dan mengoperasikan situs website e-commerce melalui berbagai fitur eksklusifnya.

Hal ini akan memberikan kebebasan bagi Anda untuk mengatur produk, menyesuaikan etalase, menentukan metode pembayaran, menanggapi pertanyaan pelanggan, hingga melacak pesanan. Semua bisa dilakukan dengan beberapa klik. Tak hanya itu, Shopify juga menawarkan fleksibiltas bila Anda menginginkan intergrasi dengan website yang sudah Anda miliki, atau menghubungkannya dengan nama domain yang telah daftarkan pada penydia domain yang lain.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara menghubungkan domain domain ke Shopify.

Cara Menghubungkan Domain ke Shopify

cara menghubungkan domain ke shopify

Untuk menghubungkan domain ke Shopify, yang perlu Anda lakukan adalah mempunyai domain terlebih dahulu. Akan sangat baik jika sebelumnya Anda telah memiliki doman. Namun jika Anda belum mempunayai domain untuk toko online Anda, jangan kahawatir. Anda bisa mendapatkan domain untuk toko online Anda hanya di IDwebhost. Untuk melakukan pemesanan, Anda bisa melakukannya disini.

Jika Anda sudah mempunyai domain, ada tiga langkah yang harus Anda lakukan jika ingin menghubungkan domain ke Shopify. Berikut ini adalah cara atau langkah-langkah menghubungkan domain ke Shopify:

Langkah 1: Menambahkan Domain ke Shopify

Langkah pertama untuk menghubungkan domain ke Shopify adalah menambahkan domain yang telah Anda miliki sebelumnya di platform Shopify Anda. Berikut ini adalah langkah yang harus Anda lakukan sebagai identifikasi yang menjadikan Shopify sebagai pemilik domain Anda.

  • Setelah login ke akun Shopify, dari halaman admin, silakan untuk menuju halaman Online Store, kemudian klik Domain.
  • Dari halaman Domain, silakan klik “Connect existing domain”.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan nama domain yang ingin Anda hubungkan ke Shopify. Misalnya, jogja-konveksi.fashion
  • Jika sudah, klik “Next”.

Jika langkah ini sudah Anda lakukan, selanjutnya adalah melakukan setup domain Anda untuk dihubungkan ke Shopify.

Langkah 2: Menghubungkan Domain ke Shopify

cara menghubungkan domain ke shopify

Langkah kedua adalah menghububungkan domain yang sudah ada ke Shopify Anda. Jika Anda membeli domain dari pihak ketiga, atau bukan dari Shopify, silakan ikuti langkah berikut.

  • Menghubungkan A Record ke alamat IP Shopify, yaitu 23.227.38.65. Anda bisa mengkopinya.
  • CNAME record juga harus dihubungkan ke shops.myshopify.com. Copy.

Ada catatan yang harus Anda perhatikan. Mengedit domain setting bisa mengakibatkan efek lain, seperti forward email. Silakan hubungi penyedia domain Anda untuk mengetahui apakah perubahan yang diakibatkan setting DNS. Anda hanya bisa memiliki satu A Record yang terkait dengan domain utama Anda. Jika domain Anda sudah dikaitkan dengan A Record saat mengedit pengaturan DNS untuk mengarahkan A Record ke alamat IP Shopify, maka Anda harus menghapus A Record yang lama.

Berikut ini adalah cara menghapus A Record yang lama:

  • Login ke akun yang Anda miliki pada penyedia domain.
  • Masuk ke DNS Settings. Carilah domain management area, DNS configuration, atau semacamnya.
  • Edit A Record yang telah dihubungkan ke alamat IP Shopify, 23.227.38.65. Copy.

Panel pengaturan domain mungkin menampilkan menu drop down atau bidang yang dapat diedit, Anda mungkin harus mencentang kotak atau mengedit tabel. Maka Anda harus memilih ikon @ atau A record. Kemudian memasukkan alamat IP Shopify 23.227.38.65. salin sebagai tujuan A record.

  • Simpan A Record. Caranya klik Save, Save Zone File, atau Add Record.
  • Temukan CNAME record pada pengaturan DNS Anda.
  • Rubah www CNAME record yang dihubungkan ke shops.myshopify.com, kemudian copy. Seringkali Anda hanya perlu memberikan awalan tanpa dot (.), tetapi beberapa penydia domain memerlukan seluruh subdomain.

Gunakan entry yang ada sebagai panduan, atau bisa juga mengikuti instruksi dari penyedia domain Anda. CNAME records harus selalu mengarah ke nama domain, bukan ke alamat IP.

  • Simpan CNAME Record, klik “Save”.

Langkah 3: Verifikasi sambungan di Shopify

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah melakukan verifikasi sambungan di halaman admin Shopify. Klik verify connection pada halaman admin Shopify Anda untuk mengkonfirmasi bahwa domain Anda telah tersambung ke toko online Anda.

Proses ini akan memakan waktu sekitar 48 jam untuk menghubungkan domain Anda ke Shopify. Jika dalam proses ini terdapat kendala, jangan ragu untuk menghubungi penyedia layanan domain Anda.

Keuntungan Menggunakan Shopify

Berikut ini adalah beberapa kelebihan Shopify yang perlu Anda tahu:

  • Mudah digunakan

Dengan Shopify, Anda tak perlu mempunyai keahlian pemrograman tingkat tinggi. Anda tinggal melakukan drag and drop sesuai dengan kebutuhan. Shopify builder memberikan kemudahan bagi Anda dalam membuat website e-commerce seseuai keinginan.

  • Pilihan tema yang banyak

cara menghubungkan domain ke shopify

Di Shopify tersedia banyak sekali tema yang bisa Anda gunakan. Jadi, Anda hanya tinggal fokus pada penjualan toko online Anda.

  • Unlimited product

Inilah yang membuat Shopify berbeda. Shopify tidak memberikan Batasan jumlah produk. Sebagai pengguna, Anda bebas melakukan upload produk yang banyak. Ini cocok bagi toko online yang mempunyai banyak kategori, tanpa khawatir dengan kapasitas hosting yang Anda miliki.

  • Fitur akun staf

Akun staf memudahkan Anda sebagai pemilik untuk berkomunikasi langsung dengan staff.

  • Fitur manual oder

Tak hanya otomatis order, manual order juga dibutuhkan terutama oleh toko online yang menjual barang kustom, yang mengharuskan pembeli memberikan deskripsi lengkap kepada penjual secara langsung.

  • Discount code

Menggunakan Shopify, Anda bisa membuat kupon diskon dengan mudah. Adanya diskon akan menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian.

Kesimpulan

Bisa dibilang, Shopify adalah platform e-commerce dengan pengguna yang banyak, karena itulah ia sangat populer. Shopify adalah CMS toko online premium yang bisa Anda nikmati dengan maksimal saat mulai berlangganan. Menggunakan Shopify untuk membangun toko online juga cukup mudah dan cepat. sudah selayaknya untuk memaksimalkan berbagai fitur yang ada di dalamnya, dan buatlah toko online Anda sendiri sekarang.

Demikianlah artikel cara menghubungkan domain ke Shopify. Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar tema tersebut, atau tentang layanan IDwebhost lainnya, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis