Pengertian dan Cara Menghindari Clickbait
Blog Tips Keren Pengertian dan Cara Menghindari Clickbait

Pengertian dan Cara Menghindari Clickbait

Di dalam sebuah pengelolaan suatu website, sudah pasti ingin mempunyai banyak visitor atau pengunjung. Di mulai dari caranya yang paling umum digunakan atau yang bisa juga dengan menggunakan cara yang tidak biasa tetapi bisa membuat orang mudah percaya. Salah satu yang biasa digunakan dengan menggunakan clickbait. Banyak orang yang masih asing dengan istilah tersebut bahkan tidak tau cara menghindari clickbait.

Pengertian Clickbait

Clickbait merupakan sebuah cara yang biasanya dipakai oleh penyedia konten yang bertujuan untuk menarik banyak visitor atau pengujung. Caranya adalah dengan membuat sebuah judul yang unik dan juga menarik. Judul yang unik tentunya merupakan judul yang sangat jarang ditemui. Judul tersebut nantinya akan bisa merangsang pembaca agar mengetahui jauh lebih dalam lagi. Sehingga nantinya mereka akan membaca artikel tersebut sampai habis. Bahkan ada pula yang melakukan share secara langsung tanpa mengetahui isi artikel tersebut.

Judul sebuah click biat memang membuat netizen untuk segera mengklik tombol like dan juga share tanpa membuka isi beritanya. Judul pada click bait memang sering mempunyai judul yang ketika dibaca dapat membuat dahi mengernyit. Tetapi tidak jarang hal tersebut malah sukses dalam membuat pembaca agar segera meng-klik artikel berita tersebut.

Cara Menghindari Clickbait

Clickbait memang sangat sering dikaitkan dengan pembuatan sebuah judul yang sangat unik, kontroversi dan juga menarik. Tujuan utama dari sebuah clickbait yang sering dilakukan oleh pembuat konten adalah untuk mendapatkan viewer atau pun penonton agar mau merasa penasaran dan membaca berita tersebut lebih dalam lagi. Sudah banyak pula penyedia konten yang membuat judul artikel tersebut dengan clickbait dan sering kali mempunyai isi konten yang tidak mempunyai relevansinya sama sekali. Hal tersebut tentu dapat membuat semakin banyak berita hoax yang sangat beredar cepat di internet. Berikut ini merupakan cara menghindari clickbait

Cara Menghindari Clickbait

Selalu Perhatikan Judul Konten

Seperti yang Anda tahu, cara kerja clickbait adalah dengan memberikan judul yang bisa menarik perhatian dari pembaca untuk segera melakukan klik pada konten tersebut. Cara agar tidak terjebak dalam konten clickbait adalah dengan memperhatikan judul dari sebuah konten terlebih dahulu. Permainan kata yang ada di judul konten memang seringkali digunakan oleh pembuatan konten. Dengan tujuan agar menarik perhatian dan mendapatkan viewer dengan jumlah yang cukup banyak. Tentunya dengan mengandung kata yang terdapat unsur ajak dan juga melebih-lebihkan sangat patut untuk Anda perhatikan. Karena hal tersebut bisa berupa clickbait saja. Ketika Anda menemukan judul yang aneh, maka sebaiknya Anda segera mencari terlebih dahulu di google agar bisa memastikan jika berita tersebut benar atau tidak.

Perhatikan Kredibilitas Sumber

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghindari clickbait adalah dengan cara mengikuti sumber yang telah dipercaya oleh orang banyak. Atau Anda juga bisa mencari sumber maupun creator yang memang bisa dipercaya untuk kontennya. Dengan demikian, Anda tidak lagi mendapatkan konten yang isinya adalah clickbait. Tidak hanya itu, dengan tidak lagi mengunjungi situs atau website yang berisi tentang clickbait juga bisa membuat creator menjadi jera karena sudah menggunakan clickbait. Nantinya, Anda juga tidak dapat dengan mudahnya menyebarkan berita yang belum pasti kebenarannya akibat dari clickbait yang sudah menjebak Anda sebelumnya. Hal tersebut dapat menyebabkan konflik dan juga kesalah pahaman terkait berita yang sudah beredar di internet.     

Wajib Mengetahui Isi Konten

Agar bisa mengetahui apakah berita yang sedang And abaca mengandung clickbait ataukah tidak, maka Anda diwajibkan untuk membaca isi konten tersebut. Maka dengan demikian, Anda sendiri juga langsung bisa meyimpulkan apakah konten yang sedang And abaca termasuk clickbait atau tidak. Jika nantinya terbukti clickbait atau isi yang tidak sesuai dengan judul, maka Anda jangan lagi untuk mengujungi situs tersebut.

Cara Menghindari Clickbait

Keuntungan Menggunakan Clickbait

Sebenarnya, apa saja keuntungan jika kita menggunakan atau membuat sebuah judul clickbait. Berikut ini merupakan keuntungan ketika meggunakan judul konten clickbait

Pageview Menjadi Meningkat

Keunggulan dari menggunakan judul clickbait adalah pageview atau traffic website Anda akan mengalami peningkatan. Hal tersebut dikarenakan aka nada banyak sekali orang yang nantinya akan mengklik konten ataupun artikel yang Anda buat. Jika ada banyak sekali yang mengklik artikel yang Anda buat tentu saja berdampak pada traffic atau pageview website yang akan semakin banyak pula.

Bisa Meningkatkan Brand Awarness

Ketika menggunakan judul yang menarik ataupun judul clickbait tentu saja nantinya akan banyak orang yang akan memulai untuk menyebarkan informasi mengenai website yang akan Anda kelola. Bisa melalui berbagai platform media sosial yang digunakan. Tetapi, yang paling penting adalah ketika Anda harus membuat judul yang menarik dan mempunyai kesan clickbait. Tetapi, isi dan konten yang Anda buat harus bisa disesuaikan dengan judul yang Anda pakai.

Kekurangan Meggunakan Judul Clickbait

Bounce Rate Akan Mengalami Peningkatan

Dampak positif yang bisa dirasakan ketika menggunakan clickbait adalah pageviews atau traffic website Anda akan mengalami peningkatan. Tetapi, dibagi pageviews yang meningkat, terdapat dampak negative dari peningkatan traffic tersebut, yaitu bounce rate yang juga mengalami peningkatan. Bounce rate adalah sebuah presentase orang yang akan mengklik pada tombol kembali setelah membuka website. Atau konten artikel yang Anda buat. Bounce rate juga menjadi indicator keberhasilan dari sebuah strategi digital marketing. Sehingga, Anda juga harus mengusahakan untuk mempunyai website dengan nilai bounce rate yang rendah.

Cara Menghindari Clickbait

Tingkat Kredibilitas Menjadi Berkurang

Kekurangan lain jika menggunakan judul clickbait adalah kredibilitas sebuah website akan menjadi berkurang. Tentu saja karena terlalu banyak orang kecewa terhadap konten yang Anda buat. Sehingga berdampak pada kredibilitas website yang menurun. Banyak orang yang trauma dan tidak lagi mau membuka website setelah tahu website yang kita buat sering mengalami clickbait. Sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan clickbait agar kredibilitas website Anda menjadi lebih stabil.

Kesimpulan

Jika Anda sebagai penyedia konten, maka untuk penggunaan judul yang clickbait sangat bisa dipertimbangkan. Karena hal tersebut harus dipertanggung jawabkan. Apalagi, clickbait yang baik adalah yang mempunyai keselarasan dengan isi artikel yang sudah dibuat. Oleh karena itu, Anda juga harus bisa menghindari penggunaan judul yang dapat memberikan dan juga menimbulkan efek yang buruk dan bisa merugikan orang lain. Karena jika hal itu terjad, maka sudah bisa dipastikan konten Anda akan sepi terhadap pengunung. Karena pengunjung atau pembaca Anda sering merasa tertipu. Jika Anda adalah seorang pembaca, maka harus bisa membedakan judul mana yang sesuai dengan isi atau judul mana yang tidak mempunyai kesesuaian. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.