Cara Ampuh Menghilangkan Malware di PC atau Laptop

Cara Ampuh Menghilangkan Malware di PC atau Laptop campaign-unlimited

Untuk Anda yang mempunyai computer atau laptop, salah satu hal yang paling membahyakan adalah terjadinya serangan malware. Apalagi di era internet saat ini. Dimana laptop atau komputer Anda sering terhubung dengan dunia maya, masuknya malware yang menyusup dari jaringan internet adalah bahaya laten yang sangat mungkin terjadi. Masuknya malware ke komputer tentu sangat membahayakan. Selain bisa merusak, terkadang ada juga malware yang memang dibuat khusus untuk mencuri data pada laptop yang disusupinya. Nah, Sahabat IDwebhost, artikel ini akan secara khusus membahas cara menghilangkan malware dari laptop dan PC. Tunggu apalagi, simak artikel sampai habis ya, Sahabat semuanya.

Malware Adalah?

Malware atau malicious software adalah istilah umum yang menjelaskan program atau kode jahat dalam bentuk apapun yang membahayakan system. Secara umum, malware memiliki sifat mengganggu, memusuhi, dan berusaha untuk melakukan serangan, merusak, atau menonaktifkan komputer, system komputer dan perangkat seluler. Seringkali malware melakukannya dengan mengambil control perangkat secara parsial atau terpisah. Dan hal ini sangat mengganggu fungsi komputer secara normal.

cara menghilangkan malware

Banyak ahli yang berpendapat bahwa malware adalah cara yang illegal untuk mendapatkan keuntungan. Meskipun kita tahu bahwa malware tidak merusak perangkat fisik suatu system atau jaringan, malware dapat mencuri, mengenkripsi, dan menghapus data Anda.tak hanya itu, malware juga mampu mengubah atau membajak fungsi computer inti, dan memata-matai komputer penggunanya tanpa sepengetahuan atau izin pemiliknya.

Serangan malware ini bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan menimpa siapa saja. Entah itu pada perusahaan besar di kota metropolitan, hingga mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di kos-kosan. Semua bisa kena.

Ciri-Ciri PC atau Laptop yang Terinfeksi Malware

Karena keberadannya tak kasat mata bukan berarti Anda sebagai pengguna tidak bisa mengenali keberadaan malware yang sedang bersemayam di laptop Anda. Umumnya, saat sebuah perangkat terinfeksi malware, akan ada beberapa keanehan-keanehan perilaku perangkat yang mencurugakan, yang bahkan tidak pernah terjadi sebelumnya. Berikut ini adalah ciri-ciri komputer atau laptop yang menunjukkan gejala terinfeksi malware:

Perangkat Terasa Lambat

Salah satu efek utama malware adalah kemampuannya memperlambat system operasi komputer Anda. Komputer terasa lambat dan sangat berat, bahkan untuk membuka folder atau aplikasi yang sebenarnya tak membutuhkan kecepatan luar biasa.

cara menghilangkan malware

Munculnya Iklan yang Tiba-Tiba

SELAMAT, ANDA MEMENANGKAN SATU UNIT SEPEDA MOTOR! Apakah Anda pernah mendapati kemunculan pop up iklan yangmemberitahukan bahwa Anda memenangkan sesuatu? Apapun hadiah gratis yang dijanjikan, jangan sekalipun mengklik iklan tersebut.

Iklan pop up adalah salah satu ciri-ciri atau tanda khas bahwa sebuah perangkat sedang disusupi malware. Misalkan saat Anda sedang browsing kemudian muncul pop up iklan yang kadang tidak bisa di close. Atau sudah di close tapi kemudian muncul lagi dan lagi. Umumnya ini disebut dengan adware.

Sistem Berulangkali Crash

Ciri-ciri lain yang menunjukkan adanya serangan malware adalah perangkat yang sering crash, freeze, hingga menampilkan blue screen pada layer. Anda harus waspada, karena kemungkinan malware telah menyusup di perangkat Anda.

Beranda Browser Berubah Tanpa Sepengetahuan Anda

Salah satu hal yang paling lumrah ditemui saat sebuah perangkat terserang malware. Yang berkaitan dengan hal ini biasanya adalah Anda mengklik tautan yang mengirimkan Anda ke website yang tak diinginkan.

Keanehan Bilah Ekstensi

Secara tak terduga ada ekstensi baru yang terinstal di browser padahal Anda tak pernah merasa menginstallnya.

cara menghilangkan malware

Antivirus Berhenti Bekerja

Serangan malware juga bisa mengakibatkan antivirus yang Anda gunakan menjadi tidak berfungsi. Dan antivirus umumnya adalah hal pertama yang diserang oleh malware pertama kali saat melakukan infeksi.

Adanya Ransomware

Bisa dibilang, ransomware adalah jenis serangan malware yang paling berbahaya. Ini karena malware tersebut akan memberi tahu bahwa ia memiliki data-data pribadi Anda dan menuntut uang tebusan untuk mengembalikan data pribadi Anda. Bahkan meskipun Anda telah memberikan terbusan, bukan berarti si pengirim malware melepaskan korbannya begitu saja. Sangat menakutkan, bukan?

Cara Ampuh Menghilangkan Malware di PC atau Laptop

Jika komputer atau laptop Anda terkena serangan malware, jangan langsung panik dulu. Berikut ini adalah cara untuk membantu Sahabat IDwebhost bagaimana cara paling ampuh menghilangkan malware di computer maupun laptop. Berikut caranya:

Lakukan Backup Setiap Saat

Langkah pertama yang harus dilakukan sebagai cara menghilangkan malware dari PC dan laptop adalah melakukan backup setiap saat. Mengap demikian? Karena kita tak pernah tahu, kapan malware akan menyerang. Maka sebagai langkah antisipasi untuk menghindari kemungkinan terburuk, alangkah baiknya untuk melakukan backup file-file penting ke perangkat eksternal ataupun menggunaan penyimpanan awan.

Disconnect Internet

Jika saat sedang asyik berselancar Anda curiga pada adanya serangan malware, disconnect internet bisa menjadi langkah terbaik yang Anda lakukan. Sebentar saja, tak usah lama-lama. Selain mengurangi kemungkinan serangan malware, hal ini juga untuk menghindari transmisi data dari komputer ke pihak lain melalui koneksi internet.

Karena harus diingat, internet adalah gerbang utama masuknya malware ke suatu perangkat.

Mengaktifkan Safe Mode

Safe mode adalah pilihan wajib yang dijalankan Windows yang digunakan ketika ingin memperbaiki kerusakan yang terjadi di perangkat. Dan hal ini bisa Anda lakukan saat terjadinya serangan malware. Ingat ya, segera beralih ke safe mode.

Hapus Temporary File

Salah satu penyebab adanya malware yang menyusup ke perangkat kita adalah karena malas menghapus temporary files. Saat ingin melakukan scanning secara menyeluruh, maka yang Anda lakukan adalah dengan menhapus temporary files secara menyeluruh. Dengan begitu, malware akan ikut terhapus.

Jika Anda adalah pengguna system operasi Windows 10, untuk menghapus temporary files Anda bisa menggunakan fitur Disk Cleanup.

Melakukan Scan Perangkat Menggunakan Software Anti Malware

Jika laptop atau personal computer Anda telah dilengkapi dengan perangkat anti malware, berarti ini adalah modal yang sangat positif. Jadi, Anda tinggal melakukan scan perangkat secara menyeluruh menggunakan software tersebut. Hemat waktu dan tak memerlukan usaha yang lebih.

Melakukan Reset Browser

cara menghilangkan malware

Tentunya kita semua sudah tahu, bahwa malware paling cepat menyebar melalui jaringan internet. Dan salah satu cara menghilangkan malware dari PC dan laptop adalah dengan melakukan reset browser. Anda cukup mengclose browser dan kemudian membersihkan historinya.

Kesimpulan

Malware memang menjadi salah satu bahaya yang selalu mengintai setiap pengguna komputer dan laptop yang terhubung dengan dunia maya. Ada banyak cara mengatasi malware. Dengan artikel cara menghilangkan malware ini kami berharap Anda, Sahabat IDwebhost lebih aware dengan keamanan perangkat Anda. Dan tentunya Anda tahu bagaimana cara menghapus virus malware.

Sekian artikel kali ini. Jika Anda masih memiliki pertanyaan atau saran seputar layanan IDwebhost, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019