Cara Menghilangkan Index.php di CodeIgniter
Blog Website Development Cara Menghilangkan Index.php di CodeIgniter

Cara Menghilangkan Index.php di CodeIgniter

Cara menghilangkan index.php di CodeIgniter dapat menjadi solusi bagi pengembang website menggunakan codeigniter agar struktur URLnya terlihat lebih rapi.

CodeIgniter juga menjadi salah satu web framework berbasis PHP yang menerapkan model MVC (Model-View-Controller) agar dapat membangun sebuah aplikasi website yang dinamis menggunakan PHP. 

CodeIgniter ini juga telah memudahkan para developer dalam membangun sebuah aplikasi berbasis website dengan cara yang cepat dibandingkan dengan membuatnya dari awal. 

Cara penggunaan dari CodeIgniter ini juga terbilang mudah. Oleh karena itu banyak yang menggunakan framework ini sebagai tahap pembelajaran pemrograman PHP. Tapi, ketika mengakses suatu URL/function penulisannya yang cukup panjang mungkin agak kurang dipandang nyaman. Hal ini dikarenakan pad Application Flow Chart dari CodeIgniter itu sendiri.

Sebagai sebuah framework, CodeIgniter juga mempunyai kelebihan dalam hal library dan package yang terbilang cukup lengkap. Artinya, Anda dapat mudah saat merancang sebuah website. Jadi Anda tidak perlu melakukan coding semuanya dari awal. Anda dapat menggunakan library yang disediakan.

Selain itu, karena bersifat open source, Anda juga dapat mengembangkan framework ini sesuai dengan kebutuhan. Hal ini juga dapat membuat semakin banyak developer yang menggunakan CodeIgniter.

Dalam pembahasan pada artikel ini lebih membahas bagaimana cara menghilangkan index.php dari URL untuk mengkases suatu Function. 

Contohnya, jika Anda memiliki suatu Function yang terdapat pada source CodeIgniter benama “idwebhostapp”, Controller bernama “Admin”, dan nama Function “Beranda” maka untuk mengakses Function tersebut perlu dituliskan seperti di bawah ini :

http://localhost/idwebhostapp/index.php/Admin/Beranda.

Jika index.php tersebut sengaja dihapus dan tanpa pengaturan khusus, maka bisa dipastikan ketika mengakses dengan URL http://localhost/idwebhostapp/Admin/Beranda maka akan terdapat pesan error yang muncul yaitu “Object Not Found!”.

Hal ini dikarenakan Application Flow Chart tersebut yang memiliki fungsi sebagai Front Controller. Jika Anda ingin menghilangkan index.php tersebut, maka Anda dapat menggunakan beberapa code yang disimpan dengan nama .htaccess dan beberapa konfigurasi pada CodeIgniter.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya, Anda dapat mempelajarinya seperti pada pembahasan di bawah ini.

 

Isi Artikel

 

1. Apa itu Index.php?

2. Kenapa Index.php perlu dihilangkan pada Codeigniter ?

3. Cara Menghilangkan Index.php di Codeigniter

4. Kesimpulan

 

Apa itu Index.php?

 

apa-itu-index-php

File index,php pada codeigniter berfungsi sebagai file pertama pada program yang dapat dibaca oleh program.

Jadi secara default sebuah controller yang diakses pada bagian browser akan berupaya mencari file index.php agar dapat dieksekusi. Jika file index.php pada controller tidak ditemukan, maka biasanya akan terjadi error page 404.

 

Kenapa Index.php perlu dihilangkan pada Codeigniter ?

 

kenapa-index-php-perlu-dihilangkan-pada-codeigniter

Kenapa index.php pada url perlu untuk dihilangkan?. Hal ini dikarenakan agar struktur url terlihat tersusun lebih rapi dan juga mudah dalam pengaksesan. Jika index.php tidak dihilangkan, maka pada bagian url akan tertampil seperti ini :

http://localhost/tutorialcontoh/index.php/home/artikel

Tapi jika Anda menghilangkan url index.php nya maka akan terlihat seperti ini :

http://localhost/tutorialcontoh/home/artikel

Terlihat lebih enak dilihat bukan? Nah sekarang sudah siap untuk menghilangkan index.php pada codeigniter Anda? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

 

Cara Menghilangkan Index.php di Codeigniter

 

cara-menghilangkan-index-php-di-codeigniter-mudah

Sebelum melakukan proses menghilangkan index.php codeigniter, Anda perlu memahami cara kerja codeigniter terlebih dahulu. Hal ini supaya dapat mempermudah Anda dalam mengikuti tutorial ini.

Nah, untuk menghilangkan index.php codeigniter, Anda dapat melakukannya dengan tiga cara ini, yaitu :

1. Mengedit File config.php

Langkah pertama, Anda dapat membuka project codeigniter Anda. Caranya, Anda dapat masuk ke cPanel hosting Anda terlebih dahulu. Kemudian pilih fitur File Manager, dan masuklah ke bagian direktori public_html.

Pada bagian folder application, Anda dapat masuk ke bagian folder config. Kemudian Anda dapat mencari file config.php.

Untuk melakukan pengeditan, Anda dapat mengklik kanan pada file, kemudian pilih Edit. Selanjutnya Anda dapat menggulirkan scroll ke bawah. Kemudian Anda dapat mencari bagian index_page.

Selanjutnya Anda dapat mengedit pada bagian index_page untuk menghilangkan index.php yang berada diantara tanda petik tunggal. Contohnya akan seperti dibawah ini :

$config[‘index_page’] = ‘ ‘;

 

2. Membuat File .htaccess

Langkah selanjutnya Anda dapat membuat file .htaccess pada direktori root yang ada dalam codeigniter. Caranya, Anda dapat klik fitur pada bagian tambah file di sisi kiri atas File Manager.

Anda dapat memberi nama file dengan .htaccess.  Lalu upayakan agar dapat mengawali namanya dengan tanda titik ‘.’ dan juga upayakan jangan menggunakan ekstensi apapun. Hal ini dikarenakan .htaccess adalah file yang tidak memiliki ekstensi. Jika Anda sudah mengerjakan pada tahap ini, maka Anda dapat klik Create New File.

Kemudian jika Anda tidak melihat file yang baru saja dibuat di direktori pada root Anda maka tidak perlu khawatir. Hal ini karena file atau folder yang diawali dengan tanda titik dapat tersembunyi. Jadi, Anda perlu melakukan sedikit pengaturan pada File Manager agar dapat menampilkan file.

Jika file .htaccess telah muncul, Anda dapat memulai melakukan pengeditan dengan cara memasukkan kode sesuai di bawah ini.

RewriteEngine On 

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f 

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d 

RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]

Setelahnya jangan lupa Anda perlu menyimpan file tersebut dengan meng-klik tombol Save Changes.

 

3. Melakukan Testing

Untuk memastikan apakah url Anda telah dapat diakses tanpa menggunakan index.php atau belum, Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara membuat controller baru.

Contohnya Anda dapat menerapkan kode di bawah ini. Pada contoh dibawah ini  Anda dapat membuat controller dengan memberi nama yaitu Hapus.php.  Tujuannya adalah agar dapat mengarahkan tampilan ke view yang telah dibuat. Anda bisa mengganti nama file pada view dengan menyesuaikan nama file Anda.

 

<?php 

defined(‘BASEPATH’) OR exit(‘No direct script access allowed’); 

class Hapus extends CI_Controller { public function index(){ 

$this->load->view(‘hapusfile_indexphp_CI’); 

}

 

Setelah membuat controller, Anda dapat mendaftarkannya ke bagian route.php supaya rutenya bisa terbaca. Anda dapat membuka folder config, kemudian edit pada bagian file routes.php. Lalu tambahkan route baru seperti ini :

$route[‘deafult_controller’] = ‘welcome’;

$route[‘404_override’] = ‘ ‘;

$route[‘translate_uri_dashes’] = FALSE;

$route[‘artikel’] = ‘hapus’;

‘artikel’ adalah nama route Anda yang dapat diakses pada url, sedangkan ‘hapus’ adalah nama controller yang telah Anda buat sebelumnya.

Sampai disini, semua langkah telah selesai. Anda pun bisa langsung mengakses alamat website tanpa menggunakan index.php.

 

Kesimpulan

Codeigniter menjadi salah satu framework PHP yang populer dalam pengembangan website.  Fitur dan fungsinya dapat bekerja dengan baik.

URL codeigniter juga dibentuk agar dapat mendukung SEO dan juga human friendly. Namun secara default, codeigniter menambahkan index.php pada urlnya. Hal ini dapat Anda perbaiki dengan cara menghilangkan index.php codeigniter seperti pada penjelasan di atas.

Semoga bermanfaat

Jika Anda ingin mendapatkan info seputar bisnis secara gratis, Anda bisa terus update informasi di blog IDwebhost dan dapatkan topik pembahasan yang ingin Anda cari.

Lalu tidak lupa juga,IDwebhost yang memberikan harga terjangkau dan performa baik pada layanan hosting dan domain untuk kebutuhan website Anda. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.