Cara Memunculkan Iklan di Youtube | Tips Dunia Digital

18 Agu 2019
Cara Memunculkan Iklan di Youtube | Tips Dunia Digital campaign-unlimited

Youtube merupakan media sosial yang cukup digemari. Banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa kita nikmati dari platform untuk menonton berbagai macam video ini. Namun bukan hanya bisa dinikmati, karena nyatanya Youtube juga bisa menjadi media bagi anda untuk mendapatkan uang loh. Ingin tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube? Kamu perlu melihat secara lengkap artikel ini.

Apakah Anda salah satu yang tertarik dengan cara menghasilkan uang dari YouTube channel Anda? Jika iya, menjadi Youtuber merupakan salah satu profesi yang menghasilkan cukup banyak loh. Apakah anda tahu Awkarin? Sosok Awkarin yang pernah ramai diperbincangkan karena mengumbar kisah asmaranya di YouTube, menangis “bombay” di sepanjang tayangan, dan jumlah viewer atau penonton videonya (yang mungkin Anda anggap tidak peduli itu) kini telah sangat banyak dan angkanya fantastis! Dan dibalik angka penonton itu, tentu ada uang yang dihasilkan

Mari beralih ke YouTuber lain yang meraih sukses dan telah terkenal di dunia internasional yaitu Casey Neistat. Laki – laki berumur 36 tahun ini adalah YouTuber terkenal yang tidak menjual sensasi dari drama kehidupan pribadinya. Namun lebih tepatnya, Neistat membuat sensasi yang sangat berbeda dari YouTuber dalam negeri seperti yang kami sebutkan sebelumnya.

Pada bulan Februari 2010, Casey Neistat membuat chanel pribadi yang belum terverifikasi di YouTube. Video pertamanya adalah tentang kabel rem darurat di mobil kereta. Ia kemudian merilis sebuah film pendek dengan durasi 6 menit yang terkait dengan situs internet Chatroulette. Selanjut nya, dia merilis sebuah video yang berisi tentang kritik New York City Police Department (NYPD) karena ada masalah soal tiket pengendara sepeda di New York City.

Cara Menghasilkan Uang Youtube
idwebhost

Lalu di Maret 2015, Neistat mulai melakukan posting video secara rutin dalam setiap hari. Dia membuat vlog dengan judul “The Vice President, Outer Space & the Baby” dirilis pada bulan Mei 2015. Kemudian, di tahun selanjutnya, pada bulan Januari 2016, Neistat bersama semua rekan nya melakukan syuting sebuah video di jalanan kosong, di New York City. Video berjudul ‘Snowboarding with the NYPD’ ini menayangkan tentang Neistat yang ditarik dengan tali di jalanan.

Video dengan durasi 2 menit 41 detik itu menjadi sangat viral di internet dan akibatnya Neistat mendapatkan banyak publisitas. Kemudian, di bulan September 2016, Neistat menerbitkan sebuah vlog tentang pengalamannya di kursi kelas satu Emirates. Video ini sekali lagi mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat. Perjalanan vlog berlanjut dan tidak lama kemudian jumlah customer nya meningkat hingga jutaan orang.

Sampai saat ini ia telah membuat puluhan iklan dan film pendek yang telah ditonton milyaran orang di seluruh dunia. Dia juga sudah mengerjakan iklan bagi berbagai merek terkenal seperti Nike, Google, Mercedes-Benz, dan J.Crew. Bukan hanya ini, dia juga adalah seorang co-founder aplikasi multimedia yang bernama ‘Beme’. Oke, cukup dulu pembahasan tentang YouTuber sukses dan inspiratifnya. Jadi semakin tertarik untuk beralih profesi menjadi Youtuber? Berikut ini merupakan cara menghasilkan uang dari Youtube.

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

1. Membuat channel Youtube

Merupakan cara pertama untuk menghasilkan uang dari youtube yang tidak boleh anda lewatkan. Jadi, buat akun Youtube terlebih dahulu, lalu buat channel anda. Coba mulai pikirkan nama yang unik dan menarik bagi saluran Youtube anda dan bagaimana konsep yang anda inginkan untuk dijalani, bagaimana temanya atau  karakter channel anda dibandingkan dengan saluran yang memiliki tema sejenis.

2. Monetisasi Channel Youtube

Selanjutnya Coba anda sign in ke akun YouTube Anda, pilih menu “account information” yang ada di sebelah kanan atas lalu klik “Creator Studio”. Selanjutnya, pada menu yang terletak di sebelah kiri, pilih “Channel” lalu klik “Status and features”. Kemudian, pilih “Enable Monetisation”. Dan terakhir anda hanya tinggal setujui agreement yang ada.

3. Connect Channel Youtube anda ke Google Adsense

Setelah mengaktifkan monetisasi di YouTube channel Anda, Lalu Anda harus melakukan associate dan approved AdSense account Anda ke YouTube account Anda. Setelah itu, akan tersedia fitur YouTube Analytic yang bisa Anda gunakan untuk melakukan track penghasilan Anda, yang dimana akan bisa terbayar hanya jika Anda melengkapi atau megikuti Youtube payment treshold yang ada.

Cara Menghasilkan Uang Youtube
idwebhost

4. Mengoptimalkan Fungsi Monetisasi di Channel Youtube Anda

Untuk mengoptimalkan channel YouTube Anda, beberapa kriteria berikut ini harus Anda penuhi diantaranya adalah:

  • Video harus user-friendly atau nyaman untuk penonton
  • Kontennya harus lah karya original hasil kreativitas Anda sendiri agar bisa di-promote
  • Copyrighted videos yang Anda plagiasi dari internet tidak akan menghasilkan apa-apa jadi lebih baik jangan melakukan plagiat dari karya orang lain
  • Video Anda harus mematuhi Terms of Service dan Community Guidelines yang telah dibuat dari pihak YouTube
  • Sekalinya video Anda diaktifkan fungsi monetisasinya, beberapa iklan akan muncul di video Anda berikutnya

5. Melaksanakan Conversion Rate ke Product Page

Merupakan cara menghasilkan uang dari Youtube yang kelima. Jadi, jika Anda bertanggung jawab untuk suatu perusahaan atau bisnis tertentu Anda bisa menjadikan saluran YouTube Anda sebagai suatu kesempatan untuk meningkatkan conversion rate Anda.

Coba buatlah konten yang menunjukkan betapa bagus dan menariknya produk yang ingin ditonjolkan melalui soft promotion. Lalu buatlah link pada product page di kolom deskripsi YouTube video Anda. Hal ini biasanya dilakukan para vlogger yang ingin menjual sesuatu secara halus. Contohnya, di video musik biasanya banyak dilakukan pada shoot produk-produk tertentu yang akan dipakai oleh bintang utama atau penyanyinya.

6. Menjual video di website penjualan video

Anda juga bisa menjual video Anda melalui website komersial yang merupakan sarana untuk Anda para pembuat video untuk menjual hasil karya Anda. Jadi di YouTube, Anda bisa mengupload tayangan seperti teaser dan mengarahkan penonton Anda untuk membayar jika ingin menonton versi lengkapnya.

7. Mengarahkan Traffic untuk Afiliasi Link

Afiliasi marketing jelas adalah peluang untuk menghasilkan uang secara online yang cukup populer. Masalahnya adalah bahwa begitu banyak pemasar afiliasi yang tidak mengemukakan bagaimana rincinya upaya yang diperlukan untuk menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Cara Menghasilkan Uang Youtube
idwebhost

Namun dibandingkan mengandalkan blog yang ada untuk mengarahkan orang ke affiliate link, Anda bisa mencoba untuk membuat saluran YouTube yang keren dan menggunakannya sebagai katalis yang dapat mengarahkan ke affiliate link tadi. Seiring dengan perkembangan niche visual yang makin bertumbuh, di mana orang-orang mulai malas membaca teks yang panjang-panjang, Anda juga bisa mengembangkan bisnis Anda lebih pesat lagi.

Nah itulah dia beberapa cara  menghasilkan uang dari Youtube yang mungkin bisa anda coba pakai. Ada beberapa tipe video yang cukup diminati di Youtube seperti video tutorial, unboxing, list, cover lagu, ilustrasi hingga voice over.

Selain menggunakan cara diatas, anda juga menggunakan domain dan hosting murah di IDwebhost agar channel Youtube anda menjadi lebih baik lagi.