Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen dan Sementara
Blog Digital Marketing Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen dan Sementara

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen dan Sementara

Bagi sebagian orang, bergaul di media sosial, seperti Instagram adalah hal yang menyenangkan. Banyak orang yang mendapatkan hal-hal baru, di Instagram. Mulai dari mendapatkan teman baru sampai mendapatkan pekerjaan. Namun, seperti kata orang, sosial media kadang juga menjadi tempat yang keras. Buktinya, ada banyak kasus percobaan bunuh diri karena mendapat perundungan di sana. Dan karena sebagai media sosial yang menitikberatkan pada visual, aplikasi berbagi foto video milik Facebook ini menjadi tempat untuk pamer. Banyak hal, terutama yang berkaitan dengan pencapaian hidup. Hal-hal inilah yang membuat akhirnya banyak orang yang kelelahan karena ritme kehidupan yang cepat lagi keras di Instagram. 

Maka tak heran bila akhirnya banyak pengguna yang memilih beristirahat, atau malah berhenti total menggunakan Instagram. Dan salah satu cara yang banyak dipilih orang untuk rehat dan atau berhenti dari Instagram adalah menghapus akun. Mengapa harus menghapus akun, kan bisa saja cukup di-uninstall? 

Bagi sebagian orang, sekadar uninstall bukanlah penyelesaian masalah. Ketika tergoda untuk kembali, cukup mengunduhnya di toko aplikasi dan Instagram siap digunakan lagi. Sedangkan jika menghapus akun, setidaknya akan membutuhkan usaha agar akun bisa aktif kembali. Karena itu, menghapus akun banyak menjadi pilihan. 

Menghapus Akun Instagram Sebagai Detoksifikasi

Bagi yang sudah merasa lelah dengan Instagram, berhenti sejenak atau selama mungkin untuk keluar dari hiruk pikuk dan riuh rendah media sosial. Hal ini dikenal sebagai social media detox. Social media detox, secara sederhana adalah upaya penyembuhan diri dengan cara menjauh dari media sosial. Gunanya untuk menenangkan diri dan pikiran karena paparan negatif sosial media. Pada artikel kali ini, Kami akan berbagi dengan Sahabat IDwebhost tentang cara menghapus akun Instagram untuk social media detox. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Cara Menghapus Akun Instagram

Sebelum memutuskan untuk menghapus akun Instagram, sebaiknya kamu memastikan bahwa kamu telah mengingat baik-baik email dan password akun yang akan dihapus. Siapa tahu, nantinya ketika akan kembali lagi, kamu tidak kerepotan karena tidak ingat password yang digunakan. 

Baca Juga: Tips SEO: Strategi Konten Visual Marketing 2021

Selain itu, mencadangkan foto dan video yang telah diposting juga bisa menjadi perhatian sebelum menghapus akun. Setelah yakin, barulah kamu bisa langsung menghapus akun Instagram. Ada dua cara yang bisa dipilih ketika akan menghapus akun Instagram. Yaitu menghapus akun Instagram sementara dan permanen. Berikut ini adalah penjelasan lengkap keduanya. 

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen

Jika Kamu merasa sudah yakin untuk menjauh sejauh-jauhnya dari kehidupan media sosial, menghapus akun Instagram secara permanen bisa menjadi pilihan. Pilihan ini akan mengakibatkan akunmu terhapus permanen, kemudian data-datamu, seperti foto-foto dan video, berikut daftar pengikutmu juga akan terhapus. Bahkan semua akun yang menandai akunmu di foto mereka. 

Ketika sudah merasa yakin, berikut adalah cara menghapus akun Instagram secara permanen: 

  • Langkah pertama adalah link untuk menghapus Instagram dari komputermu.
  • Kemudian, login pada akun Instagram yang akan dihapus secara permanen. 
  • Kamu akan dimintai alasan mengapa ingin menghapus akun Instagram pada opsi “Why are you deleting your account?”. Misalnya mengkhawatirkan keamanan data, hingga masalah anxiety
  •  Bacalah kembali konsekuensi yang akan terjadi setelah akunmu resmi terhapus. 
  • Setelah menentukan alasan, kamu diminta untuk mengetikkan ulang password. Lalu klik “Permanently Delete My Account”. 
  • Kamu akan diarahkan ke halaman login Instagram. Selesai, dan akunmu telah terhapus selamanya. 

Kurang lebih, seperti itulah tadi cara menghapus akun Instagram secara permanen. Jika ingin menghapus akun Instagram secara temporer, alias hanya deaktivasi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

Cara Menghapus Akun Instagram Sementara (Deaktivasi)

Jika menghapus akun Instagram secara permanen dirasa terlalu ekstrim, maka menghapus akun Instagram secara sementara, atau deaktivasi bisa menjadi pilihan. Selain sebagai cara untuk keluar dari kejenuhan, deaktivasi Instagram bisa menjadi pilihan ketika kamu ingin fokus, misalnya ketika akan menghadapi ujian, atau hal-hal penting lainnya. 

Menutup akun Instagram secara sementara, tidak serta merta menghapus konten yang telah diunggah, termasuk komentar dan like yang pernah didapatkan. Berikut ini adalah cara menutup akun Instagram sementara: 

  • Langkah pertama, dari browser, silakan klik tautan Deactivate Instagram Acoount. Mengakses dari browser akan memudahkanmu ketika akan login.
  • Setelah berhasil masuk ke halaman tersebut, kamu akan diminta untuk login ke akun yang ingin dinonaktifkan sementara waktu. 
  • Kemudian, baca baik-baik instruksi dan risiko yang ada di halaman tersebut. Intinya, opsi ini mengizinkan pengguna untuk mengakses kembali akunnya, kapanpun mereka mau. Semua yang ada di akunmu tidak akan berubah. 
  • Selanjutnya kamu akan dimintai alasan mengapa ingin menonaktifkan akun Instagram. Dari sepuluh alasan yang ditampilkan, kamu cukup memilih satu alasan saja. Misalnya, terlalu sibuk. 
  • Jika sudah menentukan alasan untuk menutup akun sementara waktu, silakan ketik ulang password di kolom yang tersedia. Kemudian klik “Temporarily Delete My Account”. 
  • Selesai, dan kamu akan segera dialihkan ke halaman login Instagram. 

Cara Menghapus Akun Instagram Menggunakan Aplikasi

Selain dari browser, ada cara lain untuk menghapus akun Instagram. Yaitu menghapusnya dari aplikasi mobile yang terinstal di handphonemu. Hanya saja, ini bukan berarti kamu bisa segera menghapus akun via aplikasi. Instagram hanya menyediakan kemudahan bagi penggunanya untuk mengakses halaman penghapus akun. Berikut cara menghapus akun Instagram dari aplikasi: 

  • Dari halaman feed, silakan klik profil yang terletak di halaman kanan bawah. 
  • Setelah itu, klik ikon hamburger (≡) di pojok kanan atas halaman profil. 
  • Pilih menu Settings yang di terdapat di bagian paling bawah. 
  • Pilih Help > Help Center. 
  • Kamu akan diarahkan ke laman instagram.com, kemudian silakan pilih “Mengelola Akun Anda”. 
  • Di halaman selanjutnya, silakan pilih opsi “Hapus Akun Anda”. 
  • Tentukan pertanyaan yang ingin diajukan, lalu ikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh Instagram. 

Di era teknologi canggih seperti sekarang, sah-sah saja rasanya jika ada orang yang memilih membatasi atau bahkan menutup diri dari pergaulan di media sosial. Apalagi belakangan ini, isu kesehatan mental karena penggunaan sosial media banyak dibicarakan orang. 

Penutup

Itulah tadi cara menghapus akun Instagram. Baik secara permanen maupun hanya sementara. Membatasi pergaulan di dunia maya memang tidak mudah. Namun demikian, jangan jadikan hal ini sebagai halangan untuk mengembangkan bisnismu di jagat maya, karena bagaimanapun, internet adalah masa depan. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting ya IDwebhost.

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis