Memahami Cara Menggunakan Tinyurl: Short Link Generator untuk Kebutuhan Branding

12 Feb 2024
Memahami Cara Menggunakan Tinyurl: Short Link Generator untuk Kebutuhan Branding campaign-unlimited

URL dapat membantu berbagai kegiatan operasional bisnis, seperti membagikan katalog online maupun mengirimkan formulir membership. Akan tetapi, untuk melakukan hal ini URL yang terlalu panjang akan merepotkan pengguna. Oleh sebab itu kamu perlu mengetahui cara menggunakan Tinyurl.

Sudah pernah dengar sebelumnya? Tinyurl adalah salah satu generator penyingkat link URL. Selain bisa memudahkan pengguna, link yang pendek juga dapat membuat brandmu lebih mudah diingat. Di artikel ini kami akan mengupas tuntas tentang Tinyurl lengkap dengan cara membuatnya. Mari kita menuju ke pembahasannya!

Apa Itu Tinyurl?

Sebelum membahas cara menggunakan Tinyurl, mari ketahui pengertiannya terlebih dahulu. Tinyurl adalah sebuah platform online yang menyediakan alat untuk mempersingkat link URL. Umumnya, link halaman website memiliki jumlah karakter yang banyak, sehingga tampak panjang dan rumit.

Bagi sebagian orang, tampilan link URL tidak nyaman dilihat dan menyulitkan. Pada beberapa platform tidak jarang terdapat pembatasan karakter link. Jadi, jika kamu ingin memasukkan link tapi terlalu panjang, maka kamu akan kesulitan.

Di sisi lain, link URL yang lebih singkat juga dapat memudahkan pengguna untuk mengetahui isi dari link. Seperti yang kita ketahui, kini sudah banyak modus kejahatan yang menggunakan link untuk mencuri informasi korbannya.

Hal ini tentu saja membuat banyak orang menjadi berpikir ulang untuk masuk ke link yang tidak diketahui. Untuk itu, digunakanlah link shortener untuk memperpendek dan memberikan deskripsi terkait isi link URL.

Bagi pemilik bisnis, link URL yang lebih panjang juga akan menguntungkan. Selain dapat membangun reputasi karena adanya kepercayaan dari masyarakat, brand atau bisnis juga dapat lebih mudah diingat. Mempersingkat link URL bisa jadi pilihan tepat bagi bisnis yang ingin meningkatkan brand awareness.

Tinyurl merupakan salah satu pelopor alat penyingkat link URL. Situs ini sudah ada dan banyak digunakan sejak tahun 2002. Bersama situs lain seperti, bit.ly ,Rebrandly, dan bl.ink, Tinyurl turut melengkapi daftar situs shortlink andalan warganet.

Fungsi Tinyurl

Lalu, bagaimana cara menggunakan Tinyurl? Cara menggunakan ini tidak bisa terlepas dari fungsinya. Selain dapat digunakan untuk mempersingkat link URL, Tinyurl juga mempunyai banyak fungsi lainnya sebagai berikut:

  • Mempersingkat link – Tinyurl dapat mempersingkat link URL yang panjang menjadi lebih singkat dan mudah diingat.
  • Kustomisasi link – Tinyurl dapat membantumu untuk menyesuaikan link dengan nama bisnis atau brand, serta memberikan deskripsi kontennya.
  • Mengelola link – Jika kamu terlibat dalam kampanye, Tinyurl dapat membantumu untuk mengelola berbagai link dan memonitor traffic-nya.
  • Kustomisasi domain – Selain bisa digunakan untuk melakukan kustomisasi link, kamu juga dapat menggunakan Tinyurl untuk kustomisasi domain. Akan tetapi untuk melakukan fungsi ini kamu perlu melakukan pembelian.

Cara Kerja Tinyurl

Bagaimana Tinyurl bekerja? Apakah menyingkat link dapat memberikan perubahan permalink? Atau dapat mempengaruhi performa website di Search Engine Result Page? Mempersingkat link URL menggunakan Tinyurl praktis dan aman.

Pada dasarnya, Tinyurl mengubah link panjang menjadi link pendek dengan memberikan pengidentifikasi unik. Jadi, saat kamu akan mengirimkan link URL untuk diperpendek, Tinyurl akan menyimpan data link asli dalam databasenya.

Selanjutnya, link tersebut akan dipersingkat menggunakan kustomisasi domain dan deskripsi yang kamu masukkan. Di dalamnya, Tinyurl menyertakan pengidentifikasi unik guna mengarahkan pengguna yang melakukan klik link baru untuk diarahkan menuju link lama atau aslinya.

Alhasil, saat seseorang klik link kamu, ia akan secara otomatis diarahkan menuju halaman yang kamu maksud. Proses ini hanya memakan waktu dalam milidetik saja, sehingga terlihat seperti proses instan.

Cara Membuat Tinyurl

Nah, akhirnya tiba di pembahasan cara menggunakan Tinyurl. Untuk membuat link di Tinyurl, pastikan kamu sudah mempersiapkan link aslinya terlebih dahulu. Selanjutnya, mari ikuti langkah-langkah yang kami rangkumkan di bawah ini!

Pertama-tama, siapkan link yang ingin kamu persingkat terlebih dahulu. Kamu bisa mempersingkat link dari berbagai platform. Mulai dari link media sosial, forum online, hingga katalog e-commerce, hingga website. Pastikan untuk mencatat atau menyalin link tersebut sebelum mengunjungi situs Tinyurl.

Usai mempersiapkan link, selanjutnya bukalah browser pada perangkat. Pada tahapan ini, kamu bisa langsung melakukan generate link baru. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka website Tinyurl melalui browser.
  • Kemudian, ambil salinan link yang ingin dipersingkat.
  • Masukkan link tersebut pada kolom “Enter long link here”.
  • Lalu, pada kolom di bawah tulisan Customize your link, pilihlah domain yang akan digunakan. Untuk pengguna gratis, kamu dapat menggunakan domain tinyurl.com.
  • Lanjutkan dengan memasukkan deskripsi link pada kolom “Enter alias”. Kamu bisa menuliskan deskripsi sesuai dengan isi konten dalam link dengan minimal 5 karakter. Misalnya seperti formulir rekrutmen BUMN atau katalog paket hosting IDwebhost.
  • Jika sudah, klik Shorten URL untuk membuat link yang baru.

3. Ambil dan Bagikan Hasil

Usai klik Shorten URL, kamu akan mendapatkan hasil link URL yang baru. Link barumu akan memiliki format: https://tinyurl.com/deskripsimu. Cara menggunakan Tinyurl selanjutnya adalah mengambil dan membagikan hasilnya. Untuk langsung menyalin link baru, kamu dapat klik tombol Copy.

Sementara, jika kamu ingin membagikannya langsung ke media sosial, kamu dapat klik tombol Share. Fitur ini menyediakan opsi berbagi link ke berbagai plaform, termasuk Twitter, Facebook, LinkedIn, WhatsApp, dan email.

Selain dapat disimpan dalam bentuk link biasa, kamu juga bisa menyimpan link baru dalam bentuk barcode. Untuk menyimpannya klik tombol QR Code dan pilih salah satu opsi. Kamu bisa menyimpan barcode dalam format SVG, PNG, atau PNG 1200.

Setelah menyimpan link, kamu dapat mengelola link-link yang sudah kamu buat. Untuk masuk ke menu pengelolaan link URL, klik tombol My URLs. Di dalamnya kamu akan ditampilkan daftar link yang sudah kamu buat menggunakan Tinyurl.

Kamu bisa menyimpan ulang link yang sudah kamu buat dari daftar ini. Selain itu, kamu juga bisa membagikan langsung link dalam daftar ini ke berbagai media sosial dan platform online. Akan tetapi untuk menggunakan fitur Rename, kamu perlu melakukan login dan pembuatan akun.

Perlu diketahui juga bahwa daftar ini disimpan dengan mengandalkan caching browser. Artinya, jika kamu tidak melakukan login akun, daftar ini dapat sewaktu-waktu hilang dan tidak bisa kamu akses kembali.

Oleh sebab itu, apabila kamu tidak ingin login akun, kamu bisa langsung menyimpan seluruh link yang sudah dibuat. Namun, jika kamu ingin menggunakan seluruh fiturnya dengan optimal, maka gunakan Tinyurl dengan login akun dan lakukan purchase plan untuk kinerja terbaiknya.

Demikian penjelasan kami tentang cara menggunakan Tinyurl, yang dapat bermanfaat bagi bisnis atau brandmu. Kamu bisa menyimpan dan mengelola seluruh linkmu menggunakan Linktree, agar lebih mudah diakses pengguna.

Untuk praktik branding terbaik, jangan lewatkan untuk membeli domain hosting yang sesuai dengan bisnismu. Kabar baiknya, IDwebhost menyediakan berbagai pilihan paket domain dengan harga paling murah se-Indonesia. Ada promo menarik setiap harinya lho, ayo cek sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022