Cara Menggunakan Tiktok Untuk Promosi Bisnis di 2021
Blog Digital Marketing Cara Menggunakan Tiktok Untuk Promosi Bisnis di 2021

Cara Menggunakan Tiktok Untuk Promosi Bisnis di 2021

Cara menggunakan TikTok untuk promosi bisnis dapat dilakukan asalkan Anda mengenal terlebih dahulu bagaimana pola bermain menggunakan TikTok . Karena platform TikTok ini merupakan platform yang mengusung konten dengan cara berbeda, maka pendekatan marketingnya pun akan lebih baik berbeda. Hal yang membuat berbeda pada platform TikTok ini adalah unsur muatan konten-konten pada TikTok memang ditujukan untuk kesenangan. Inilah alasannya mengapa platform ini sangat digemari dan menjadi tren di sepanjang tahun 2020 ini. Nah bagaimana cara menggunakan TikTok untuk jualan atau promosi bisnis agar bisa menjangkau market di TikTok? Simak ulasannya di bawah ini:

Daftar Isi

1. Apa itu TikTok ?

2. Siapa Pengguna TikTok?

3. Bagaimana Pemilik Bisnis Menggunakan TikTok?

4. Cara Menggunakan TikTok Untuk Promosi Bisnis

4.1. Hashtag Challenges
4.2. User Generated Content
4.3. Traditional Influencer Marketing
4.4. TikTok Advertising

5. Kesimpulan

Apa itu TikTok ?

 

apa itu tiktok
apa itu tiktok

 

TikTok adalah aplikasi yang mendorong penggunanya untuk mengupload video pendek. Sebagian besar video-video yang ada di TikTok diiringi dengan musik sebagai latar belakang sehingga membuat konten video menjadi lebih terkesan santai dan fun. TikTok juga sebagian diisi dengan konten-konten yang menunjukan akan minat sesuatu, keahlian dalam bidang tertentu dsb.

Lalu, TikTok ini lebih banyak diisi dengan video yang berdurasi 15 detik meskipun Anda dapat membuat dan membagikan video dengan durasi 60 detik. Karena konten-konten yang ada dalam TikTok, kebanyakan TikTok ini digunakan oleh orang dengan usia anak-anak hingga remaja dari usia 13-24 tahun.

Satu hal yang menjadi perubahan yang besar dalam pertumbuhan popularitas platform ini adalah jenis videonya sekarang semakin beragam. Video yang awalnya kebanyakan berisi musik sekarang sudah banyak para influencer atau ahli dibidang tertentu yang membuat TikTok untuk memamerkan keahlian mereka seperti penari, ahli kecantikan, penggemar kerajinan tangan dan lain sebagainya. Terlebih, sekarang orang-orang juga mulai suka membagikan video-video dari TikTok ke sosial media. Hal ini dapat membuat video-video yang dibuat dengan TikTok semakin banyak di minati banyak orang.

Siapa Pengguna TikTok?

 

siapa pengguna tiktok
siapa pengguna tiktok

 

TikTok sekarang masih sangat disukai oleh orang-orang yang lebih muda dengan 66% penggunanya di bawah 30 tahun.  Kemudian TikTok menjadi  daya tarik di sejumlah negara besar di dunia seperti Amerika Serikat, India, Cina dsb,

Bagaimana Pemilik Bisnis Menggunakan TikTok?

 

Bagaimana Pemilik Bisnis menggunakan TikTok
Bagaimana Pemilik Bisnis menggunakan TikTok

Dengan market TikTok yang kebanyakan didominasi oleh anak-anak muda dengan konten-konten ringan, pemilik bisnis juga bisa masuk ke dalam market TikTok yang dapat menguntungkan dalam mempromosikan bisnisnya. Berikut tiga cara dalam memasarkan TikTok yang dapat digunakan oleh Anda sebagai pebisnis dalam melakukan strategi marketing :

  • Anda dapat membuat channel TikTok tersendiri dan mengupload video dengan penyesuaian konten yang relevan.
  • Anda dapat bekerja dengan influencer untuk menyebarkan konten ke audiens pada TikTok agar lebih luas.
  • Anda dapat menggunakan fitur periklanan yang ada di TikTok di masa awal-awal pembuatan Channel TikTok Anda agar dapat mendapatkan target market yang lebih luas.

Sebagian besar para pemilik bisnis menggunakan poin 2 di atas yaitu dengan bekerja sama bersama influencer. Caranya adalah dengan membuat konten di channel TikTok pemilik bisnis kemudian diisi dengan konten oleh influencer tsb. Alhasil pemilik bisnis dapat menjangkau target market audiens baru dari follower TikTok influencer tersebut atau orang-orang yang mengenal influencer tsb.

Cara Menggunakan TikTok Untuk Promosi Bisnis

 

cara menggunakan tiktok untuk bisnis
cara menggunakan tiktok untuk bisnis

1. Hashtag Challenges

Challenges adalah suatu bentuk tantangan yang dibuat oleh pembuat konten TikTok kepada pengguna-pengguna TikTok untuk mengikuti ajakan menciptakan konten yang sama secara bersama-sama atau untuk berlomba-lomba mengalahkan keahlian si pembuat konten tsb. Banyak pengguna TikTok yang menerima tantangan lalu mengupload videonya. Biasanya agar lebih mudah ditemukan video challenge tsb, si penantang membuat hashtag khusus. Nah, di sinilah strategi dalam mempromosikan bisnis dalam TikTok dengan membuat suatu konten berupa tantangan yang dilengkapi dengan hashtag khusus.

Jadi  jika semakin banyak pengguna TikTok yang tertarik dalam tantangan konten video Anda, maka mereka dapat membuat konten seperti pada tantangan di Video Anda. Secara tidak langsung mereka telah mempromosikan bisnis Anda. Hasilnya orang-orang akan semakin banyak tahu tentang informasi yang disampaikan. Contohnya jika Anda adalah pebisnis dari minuman boba. Anda dapat membuat suatu tantangan seperti membuat dance unik ketika pengguna TikTok habis selesai minuman boba menjadi lebih segar dan lebih aktif kembali dengan ditunjukkan dengan dance.

2. User Generated Content

TikTok bisa dikatakan sebuah platform yang disebut User Generated Konten, apa itu? User Generated Content adalah Konten yang dihasilkan user atau pengguna. Nah, TikTok telah digunakan berbagai kalangan influencer sehingga mendorong pengikutnya untuk membuat konten di TikTok. Para Generasi Z yaitu orang-orang yang berusia kisaran 1996-2015, menyukai sesuatu hal yang ‘imersif’. Imersif merupakan suatu hal yang membuat mengaburkan batasan antara dunia nyata dengan dunia digital alhasil penggunanya dapat merasakan keadaan yang terasa seperti dunia nyata.

Untuk itulah, jika Anda dapat menemukan cara untuk mendorong orang-orang untuk berbagi video tentang diri mereka sendiri menggunakan atau berinteraksi dengan produk Anda, bisnis Anda pun akan dapat dengan mudah menjangkau market di TikTok dan mendapat dukungan yang tinggi.

3. Traditional Influencer Marketing

Semua teknik pemasaran yang Anda tahu di Youtube, juga berfungsi di TikTok. Jadi, jika produk Anda sesuai dengan para influencer di TikTok, maka promosi bisnis menggunakan TikTok memiliki peluang keberhasilan yang tinggi. Dalam banyak hal, Anda perlu menyerahkan promosi bisnis Anda kepada influencer di TikTok untuk membuat konten. Hal ini agar para influencer di TikTok tahu bagaimana membuat konten dengan muatan produk dari bisnis Anda bisa disesuaikan dengan para follower mereka.

Seperti pada umumnya, kunci kesuksesan dalam strategi influencer marketing adalah menetapkan tujuan yang tepat. Influencer TikTok yang masih mudah dalam menyiarkan konten yang mengandung produk Anda haruslah tetap membuat konten itu tampak natural dan bukan seperti tampak di paksa atau di endorse. Hal ini agar tujuan influencer marketing Anda bisa berhasil meraih perhatian di follower-follower pada influencer tsb. Jadi para ‘TikTokers’ lebih tertarik pada suatu konten yang masih original dan menampilkan kesenangan terlepas dari kualitas video yang dibuat oleh pembuat konten tsb.

4. TikTok Advertising

TikTok akhirnya mengeluarkan fitur periklanan mereka. Hal ini tentu bisa menjadi kabar gembira para pebisnis yang kesusahan menjangkau market TikTok. Dengan fitur iklan di TikTok, pebisnis menjadi lebih mudah untuk mempromosikan bisnis mereka di platform ini. Nah sebagai referensi untuk Anda dalam beriklan di TikTok, berikut cara memasang TikTok Ads :

  • Kunjungi website TikTok Ads, lalu klik Create an Ad Button.
  • Buat campaign TikTok Ads
  • Tetapkan penempatan TikTok Ads, detail, dan target market
  • Tentukan anggaran dan jadwal iklan

Kesimpulan

TikTok menjadi aplikasi yang sedang tren di sepanjang tahun 2020 ini, jadi Anda perlu memperhitungkan menggunakan TikTok untuk menaikkan market lebih banyak lagi di 2021. Muatan konten-kontennya yang ringan dan fun menjadikan platform yang yang banyak digunakan oleh muda-mudi. Ditambah lagi dengan hadirnya TikTok Ads, membuat para pebisnis yang ingin menjangkau market di TikTok menjadi lebih mudah.

Untuk Anda yang ingin menjangkau market di TikTok, Anda perlu benar-benar memahami terlebih dahulu cara kerja platform ini. Anda dapat menerapkan strategi marketing di TikTok yaitu hashtag challenges, user generated content, traditional influencer marketing, dan TikTok Advertising seperti penjelasan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus ikut perkembangan informasi seputar bisnis online di blog IDwebhost

Sebagai tambahan, jika Anda membutuhkan hosting untuk kebutuhan dalam pembuatan website yang berisi informasi atau kegiatan marketing online, Anda dapat menggunakan jasa layanan hosting dan domain dari IDwebhost karena ada potongan diskon di beberapa paket hosting murah yang bisa Anda coba. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.