Cara Menggunakan GIT Version Control di cPanel
Blog Tips Keren Cara Menggunakan GIT Version Control di cPanel

Cara Menggunakan GIT Version Control di cPanel

Artikel kali ini akan membahas tentang cara menggunakan GIT version control di cPanel. Kami senang mengumumkan bahwa tools kontrol cPanel GitVersion sekarang tersedia di seluruh infrastruktur hosting bersama kami. Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara membuat repositori Git di dalam cPanel Anda dan memberi Anda daftar perintah yang berguna yang dapat Anda gunakan untuk mengelola repositori Anda.

Apakah semua hal Git Anda langsung dari dalam akun hosting Anda? Iya. Dengan cPanel sekarang Anda dapat meng-host repositori pribadi atau publik tanpa membayar biaya premium ke layanan hosting Git pihak ketiga seperti GitHub atau BitBucket.

Sementara Kontrol Versi Git tersedia di semua akun hosting kami, kami akan merekomendasikan paket VPS atau hosting khusus, sehingga Anda dapat melakukan kontrol lebih besar atas hak pengguna shell individu. Ini sangat penting jika Anda berencana meminta pengguna lain mengakses repositori Git anda.

Cara Menggunakan GIT Version Control di cPanel

Apa itu Git Version?

Fitur Kontrol Versi Git ™ memungkinkan Anda untuk meng-host repositori Git dengan mudah di akun cPanel anda. Anda dapat menggunakan Git untuk memelihara set file apa pun (misalnya, file dan aset situs web, proyek pengembangan perangkat lunak, atau file teks sederhana). Untuk informasi lebih lanjut, baca Panduan kami untuk Git – Cara Mengatur dokumentasi Penerapan dan Dokumentasi Git.

Git on the command line

Jika akun cPanel Anda termasuk akses shell, Anda juga dapat menggunakan Git dari baris perintah. Anda harus menggunakan baris perintah untuk melakukan tugas-tugas berikut:

Konfigurasi SSH untuk mengkloning repositori pribadi. Untuk informasi lebih lanjut, baca Panduan kami untuk Git – Mengatur Akses ke dokumentasi Gudang Pribadi.
Penggunaan beberapa repositori jarak jauh. Kami merekomendasikan penggunaan ini hanya untuk pengguna Git tingkat lanjut.
Anda dapat menggunakan antarmuka Terminal cPanel (cPanel >> Home >> Advanced >> Terminal) untuk mengakses baris perintah dari dalam antarmuka cPanel.

Repositories

Tabel Repositori mencantumkan informasi berikut untuk semua repositori Git yang dikelola cPanel akun Anda:

  • Repositori – Nama tampilan repositori.
  • Jalur Repositori – Direktori repositori.

Anda juga dapat melakukan tindakan berikut:

  • Kelola – Klik untuk memperbarui pengaturan cPanel yang dikelola repositori atau menarik atau menggunakan perubahan.
  • Histori – Klik untuk membuka antarmuka Gitweb di tab browser baru. Gitweb memungkinkan Anda untuk menelusuri repositori dan melihat riwayat dan kontennya.
  • Hapus – Klik untuk menghapus manajemen repositori cPanel. Pesan konfirmasi akan muncul. Klik Hapus lagi untuk menghapus repositori.

Buat repositori GIT Version

Untuk membuat repositori baru, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Klik Buat di sudut kanan atas antarmuka. Antarmuka baru akan muncul.
  • Pilih apakah akan mengkloning repositori yang ada, membuat yang baru, atau menambahkan yang sudah ada ke daftar repositori yang dikelola cPanel:
  1. Untuk mengkloning repositori yang ada, pastikan bahwa toggle Clone a Repository diaktifkan. Kemudian, masukkan URL klon untuk repositori yang ingin Anda klon di kotak teks URL Klon
  2. Untuk membuat repositori baru atau menambahkan repositori yang ada ke daftar repositori yang dikelola cPanel, atur toggle Clone a Repository ke nonaktif.
  • Di kotak teks Jalur Repositori, masukkan jalur ke direktori yang akan berisi repositori.
  • Di kotak teks Nama Repositori, masukkan nama tampilan yang diinginkan untuk repositori.
  • Untuk segera membuat repositori lain, pilih kotak centang Buat Lain.
  • Klik Buat, atau klik Kembali ke Daftar Repositori untuk kembali ke daftar repositori

Cara Menggunakan GIT Version Control di cPanel

Verifikasi kunci host SSH GIT Version

Jika anda memasukkan URL klon SSH, ketika anda mengklik Buat, sistem akan secara otomatis memeriksa kunci host SSH publik server jarak jauh. Sistem menyimpan kunci ini di file /home/user/.ssh/known_hosts, di mana pengguna mewakili nama pengguna anda.

  • Jika host jarak jauh tidak terdaftar dengan sistem, klik Simpan dan Lanjutkan untuk menambahkannya ke file (daftarkan itu). Anda dapat mengklik Tampilkan Informasi Identifikasi Host untuk melihat algoritma host dan sidik jari SHA-256 dan MD5.
  • Jika host jarak jauh sudah terdaftar, sistem akan membuat repositori.
  • Jika kunci publik host jarak jauh telah berubah, sistem akan menampilkan peringatan.
  1. Untuk host jarak jauh pihak ketiga, periksa pengumuman tentang pembaruan kunci publik. Sebagian besar perusahaan yang menampung repositori membuat pengumuman tentang perubahan ini.
  2. Untuk host jarak jauh yang anda kontrol, pertimbangkan apakah peristiwa terbaru pada sistem anda telah menyebabkan perubahan pada kunci publik, atau hubungi administrator sistem anda.
    Sistem juga melakukan pemeriksaan ini dan akan meminta verifikasi kunci host yang diubah ketika anda mengubah informasi repositori atau memperbarui repositori.

Pembatasan jalur repositori

Fitur ini memberlakukan beberapa batasan untuk jalur repositori.

Direktori .git

Sistem secara global menolak akses publik ke direktori .git repositori.

Pembatasan karakter

Anda tidak dapat membuat, menghapus, atau melihat repositori dengan jalur yang menyertakan spasi putih atau karakter berikut

Manage Repositories GIT Version

Klik Kelola untuk memodifikasi atau menggunakan repositori. Klik Informasi Dasar untuk melihat informasi repositori, atau klik Tarik atau Terapkan untuk menarik atau menggunakan perubahan.

  • Jalur Repositori – Direktori repositori. Klik untuk membuka direktori repositori di antarmuka File Manager cPanel (cPanel >> Home >> File >> File Manager) di tab browser baru.
  • Nama Repositori – Nama tampilan repositori. Untuk memodifikasi nama ini, masukkan nama baru dan klik Perbarui.
  • Checked-Out Branch – Cabang lokal yang saat ini check-out. Untuk memeriksa cabang lain, pilih cabang yang diinginkan dan klik Perbarui.
  1. Jika Anda memilih cabang yang berbeda, sistem akan secara otomatis menarik perubahan dari repositori jarak jauh ketika memeriksa cabang itu.
  2. Jika repositori adalah repositori kosong, sistem tidak akan menampilkan informasi ini.
  • Cabang Checked-Out Saat Ini – Cabang lokal yang saat ini check-out. Klik untuk membuka antarmuka Gitweb di tab browser baru.
  • Komit HEAD – Bagian antarmuka ini menampilkan informasi tentang komit HEAD cabang aktif (komit terbaru ke cabang). Jika repositori tidak menyertakan komit untuk cabang saat ini atau repositori kosong, sistem tidak akan menampilkan informasi HEAD Commit. Klik Riwayat untuk membuka antarmuka Gitweb di tab browser baru.
  1. Commit – Nilai SHA-1 untuk commit HEAD.
  2. Penulis – Penulis komitmen HEAD.
  3. Tanggal – Tanggal dari komitmen HEAD.
  4. Pesan komit untuk komit HEAD.
  5. Remote URL – URL repositori dari repositori.
  6. URL Klon – URL yang digunakan untuk mengkloning repositori ke lokasi lain (misalnya, komputer lokal Anda, akun cPanel lain, atau akun GitHub). Klik Salin untuk menyalin URL ini ke papan klip anda.

Cara Menggunakan GIT Version Control di cPanel

Penutup

Selamat membaca dan mengembangkan website anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.