Cara Menggunakan Email Hosting Di Perangkat Android
Blog Tips Keren

Cara Menggunakan Email Hosting Di Perangkat Android

Email hosting juga bisa anda gunakan untuk perangkat android. Misalnya anda ingin perangkat android anda menggunakan email domain anda misalnya namaanda@namadomainanda.com, maka berikut adalah panduan yang bisa anda ikuti untuk menerapkannya. Beberapa hal yang anda butuhkan yaitu akun email terlebih dahulu. Buatlah akun email melalui Control Panel jasa hosting domain yang anda gunakan. Dari sini anda bisa memilih Control Panel à Akun Email Anda untuk lebih lengkapnya. Alat selanjutnya yang juga harus anda sediakan tentu saja perangkat android yang akan anda pakai untuk mengakses email domain tersebut. Selanjutnya, jangan lupa untuk mendownload aplikasi penting untuk email hosting ini, yaitu aplikasi Gmail. Biasanya aplikasi ini sudah ada pada bawaan perangkat android yang anda gunakan. Tapi tidak ada salahnya juga untuk mendownloadnya lagi jika anda membutuhkan.

Panduan Menggunakan Email Hosting di Android Anda

 

Cara Menggunakan Email Hosting Di Perangkat Android
idwebhost

Pertama, tahap awal yang harus anda lakukan adalah menambahkan akun email yang anda inginkan. Disini anda bisa masuk pada pengaturan OTHER yang ada didalamnya. Kemudian setelah anda memilih OTHER, maka anda bisa memilih akun email apa yang ingin anda tambahkan. Disini beberapa email yang bisa anda tambahkan ada banyak jenisnya, mulai dari outlook, Hotmail, Live, Yahoo, Google, dan lain sebagainya. Pastikan anda memilih email yang tepat dan sesuai kebutuhan anda saat ini. Jika memang anda ingin menggunakan email untuk domain, maka pilihan yang biasanya dipakai adalah Google Mail.

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memasukan alamat gmail anda tersebut. Kemudian disini ada beberapa pilihan server yang bisa anda gunakan, mulai dari IMAP sampai dengan POP3. Banyak orang yang memilih IMAP karena fitur ini bisa memudahkan pengguna melakukan sinkronisasi terhadap semua email pada berbagai perangkat. Setelah anda memilih jenis server yang digunakan, anda bisa memasukan password akun email anda tersebut. Jika sudah selesai, maka masuk ke tahapan selanjutnya yaitu dengan memilih pilihan Next.

Informasi Tambahan Yang Perlu Anda Masukan

Tahap menggunakan email hosting di android selanjutnya adalah dengan memasukan user name anda. Gunakan user name email hosting anda. Jangan lupa untuk menyimpan user name ini di Notepad supaya anda tidak kesulitan dalam mencarinya lagi di kemudian hari. Selanjutnya, masukan password email akun anda. Untuk pilihan port yang tersedia, ada empat macam yang bisa and agunakan yaitu 110 POP3 tanpa SSL, 143 IMAP tanpa SSL, 993 IMAP tanpa SSL, 995 POP3 tanpa SSL, dan lain sebagainya. Untuk pilihan keamanan atau security-nya, anda bisa menyesuaikan dengan layanan email yang anda gunakan, baik itu SSL atau TLS. Tapi jika memang sejak awal sudah tidak ada sertifikatnya, maka anda bisa memilih saja langsung opsi NONE.

Ada sebuah fitur unik dari email hosting untuk smartphone yang bisa anda gunakan disini. Anda bisa menghapus email hosting anda tersebut melalui aplikasi mail atau server saja. Jadi misalnya anda memilih opsi when I delete from inbox, maka email yang terhapus hanya yang dari Smartphone saja. Yang ada di server akan tetap aman. Caranya adalah dengan memilih opsi NEVER.

Apabila dalam pengaturan email hosting di smartphone, anda disuru memasukan port SMTP secara manual, maka masukan saja secara manual dan pilih jenis keamanan yang digunakan. Sangat disarankan untuk memilih SSLL atau TSL. Kemudian dilanjutkan dengan memilih jenis keamanan STARTTLS. Kemudian cek apakah layanan jasa hosting domain yang anda gunakan sudah terkait dengan port SMTP untuk keamanan lebih lanjut. Apabila semua sudah selesai, maka anda bisa masuk ke tahapan selanjutnya dengan memilih opsi NEXT.

Atur Waktu Sinkronisasi Email

 

Cara Menggunakan Email Hosting Di Perangkat Android
idwebhost

Jangan lupa juga untuk mengatur waktu sinkronisasi terhadap email hosting yang anda gunakan tersebut. Anda bisa memilih angka yang lebih tinggi supaya mengurangi penggunaan baterai secara berlebih. Anda juga bisa mengatur apakah anda akan mendapatkan notifikasi langsung ketika ada email yang masuk. Dengan cara ini maka anda akan selalu bisa terjaga dengan notifikasi email penting yang maksud tersebut. Setelah tahap ini maka email hosting anda tersebut akan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Manfaat Menggunakan Email Hosting di Smartphone

Email hosting yang anda pasang di smartphone akan memberikan manfaat tersendiri, salah satunya adalah memberikan kemudahan kepada anda untuk bisa mengkonfigurasi inbox, sent mail, mengirim pesan, dan lain sebagainya dengan lebih mudah. Dengan adanya manfaat yang sangat luar biasa tersebut, sudah pasti akan semakin banyak yang akan bisa anda peroleh nantinya. Manfaat menggunakan email hosting memang ada banyak sekali. Jadi anda tidak perlu cemas dan khawatir lagi. Disinilah anda akan mampu mendapatkan sendiri banyak manfaat yang jelas dan juga luar biasa.

Email hosting yang terpasang pada smartphone juga akan membantu anda memantau perkembangan dari website yang anda miliki. Hal ini juga akan membantu pemilik web atau pengembang web untuk bisa stay mobile dalam mengecek website tersebut. Jika ada masalah atau ada pembaharuan, maka akan masuk notifikasinya secara langsung dan cepat. Disinilah akan lebih banyak maanfaat yang akan bisa anda dapatkan. Yang tak kalah pentingnya adalah keberadaan dari email hosting tersebut akan sangat penting untuk memudahkan anda mencapai hasil yang lebih baik.

Kesimpulan

 

Cara Menggunakan Email Hosting Di Perangkat Android
idwebhost

Di era yang serba cepat ini, anda perlu mempertimbangkan memilih email hosting yang bisa anda gunakan di smartphone anda. Dengan cara tersebut maka anda akan mampu memaksimalkan fungsi dari smartphone anda untuk pengawasan terhadap setiap aktivitas yang terjadi pada website anda. Hal ini juga sangat penting untuk memudahkan anda dalam mengawasi secara langsung perkembangan dari website yang anda miliki tersebut. Hal ini juga penting bagi para pemilik website yang masih baru. Tentunya pengawasan yang signifikan akan membantu anda mengetahui kondisi web anda secara real time.

Jadi anda bisa sewaktu-waktu melakukan konfigurasi terhadap web dengan lebih mudah. Pemberitahuan yang datang secara real time juga akan bisa memberikan kepada anda keuntungan yang lebih banyak lagi. Jika anda memiliki smartphone, anda perlu tau bahwa email yang anda bisa masukan didalam smartphone tersebut tidak hanya sebatas email pribadi saja. Tapi anda juga bisa menggunakan email hosting dengan fungsinya yang lebih signifikan pastinya. Dengan memanfaatkan email hosting tersebut maka anda pun akan bisa lebih mudah untuk mendapatkan yang anda inginkan. Anda tidak perlu harus ribet membuka laptop atau PC dan membuka email anda via perangkat yang lebih besar.  Karena kalau anda hanya dengan menggunakan smartphone saja semua akan bisa anda dapatkan dengan mudah. Anda akan bisa memaksimalkan potensi dari email yang ada di Smartphone anda tersebut untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.