Cara Menggunakan DNS Google untuk Windows dan Android
Blog Tips Keren

Cara Menggunakan DNS Google untuk Windows dan Android

Cara menggunakan DNS Google perlu kita pelajari karena terkadang ada bug dan error yang bisa terjadi pada website. Salah satunya adalah domain yang mendadak gagal diakses karena adanya kesalahan dalam koneksi atau ISP yang ada didalamnya. Bisa jadi dalam ISP user tidak bisa diakses, tapi jika memakai koneksi internet yang berbeda ternyata web tersebut malah bisa dibuka dengan mudah. Dari sinilah perlu sekali untuk mempelajari cara menggunakan DNS Google yang tepat. Dengan belajar mengenai proses pengaturan DNS yang tepat, anda akan bisa mengakses situs domain anda dengan mudah. Tetapi, perlu anda pahami pula bahwa website anda tidak sepenuhnya bisa diakses meskipun anda telah menggunakan DNS Google tersebut. Kenapa demikian? Karena ada banyak faktor lain selain ISP yang bisa membuat domain gagal diakses. Bisa jadi ada faktor lain yang membuat web tersebut tidak bisa diakses dengan cara biasa.

Bagi anda yang menggunakan sistem operasi Windows atau Mac, anda kini akan dengan mudah mengakses domain situs yang anda inginkan dengan menerapkan cara menggunakan DNS Google yang tepat. Berikut adalah panduan yang bisa anda ikuti untuk melakukannya:

Cara Menggunakan DNS Google Melalui Windows 7

Cara Menggunakan DNS Google
idwebhost

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah masuk ke control panel terlebih dahulu. Anda bisa memilih Start à Control Panel. Cara lain bisa masuk ke menu search dan ketik kata control panel. Setelah masuk ke halaman panel, anda bisa menuju ke langkah selanjutnya, yakni memilih Network and Internet. Selanjutnya bisa anda lanjutkan di bagian Network and Sharing Center.

Langkah kedua, anda bisa masuk ke bagian change adapter settings. Kemudian, pilih mana koneksi internet yang anda gunakan. Anda kemungkinan menggunakan internet dari berbagai tempat misalnya Wi-Fi bebas, tathering, modem, internet kabel, dan lain sebagainya. Anda tinggal set saja mana jaringan internet yang biasanya anda gunakan. Setelah itu arahkan kursor mouse anda ke jaringan tersebut kemudian pilih menu Properties.

Langkah ketiga, setelah masuk di halaman properties, anda bisa memilih Internet Protocol Version 4 atau disingkat sebagai TCP/IPv4. Lalu sekali lagi, anda pilih properties. Tugas anda disini sederhana saja, yaitu mengubah settingan DNS yang ada didalamnya menjadi 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Setelah anda mengubahnya di angka yang disediakan, silahkan memilih menu OK.

Terakhir, setelah selesai semua langkah diatas, anda tinggal melakukan trial atau percobaan. Silahkan membuka situs yang awalnya tidak bisa diakses tersebut. Apabila masalah yang sama masih terjadi, anda tak perlu cemas. Karena solusinya bisa anda terapkan dengan menghubungi pihak ISP yang anda gunakan. Atau anda juga bisa menemukan informasi tentang DNS Google tersebut melalui halaman resmi Google dan mendapatkan solusi di forum tepat yang anda butuhkan.

Panduan Membersihkan Cache DNS

Cara Menggunakan DNS Google
idwebhost

Ada kalanya selain menerapkan cara menggunakan DNS Google diatas, anda juga harus membersihkan cache anda terlebih dahulu. Setelah cache bersih, anda bisa mencoba cara menggunakan DNS Google supaya bisa mengakse situs yang dikehendaki. Ada kalanya masalah error yang terjadi saat membuka website dipicu oleh cache yang terlalu banyak. Hal inilah yang kemudian menghambat request server ketika memanggil sebuah web ditampilkan di browser. Masalah ini tentu akan menghambat pekerjaan anda, terutama jika anda hendak mendapatkan informasi secepat mungkin.

Baca Juga: Review Fitur Keamanan Lengkap IDwebhost

Cara untuk membersihkan cache tersebut tentunya sangat mudah, semudah cara menggunakan DNS Google diatas. Disini yang harus anda lakukan hanyalah membuka file CMD atau Command Prompt. Silahkan anda menuju ke Menu Start dan ketikan kata cmd dengan huruf kecil atau huruf besar semua. Nantinya jika muncuk jendela command prompt, langsung pilih OK atau klik kiri saja ke icon CMD yang muncul.

Setelah itu, disini anda tinggal mengetikan perintah: ipconfig /flushdns. Setelah itu tekan enter. Setelah tahap ini anda lakukan, maka anda bisa langsung bisa mengaktifkan atau menggunakan DNS Google yang anda kehendaki.

Cara Menggunakan DNS Google di Android

Cara menggunakan DNS Google untuk gadget android juga perlu anda ketahui. Pasalnya, anda tidak hanya melulu mengkonfigurasi DNS untuk laptop atau PC saja. Terkadang anda juga perlu untuk mengkonfigurasi DNS yang ada di Android anda. Dengan cara inilah maka anda akan bisa mendapatkan solusi pada saat kesulitan membuka sebuah situs yang anda inginkan via gadget atau smartphone. Padahal awalnya semua normal-normal saja dan anda bisa membuka situs tersebut. Namun, tiba-tiba situs terkait sudah tidak bisa digunakan lagi. Fungsi DNS ibarat telepon. Dimana dalam DNS tersebut membuat banyak kontak yang ada didalamnya. Jika anda tidak berhasil menemukan kontak yang dimaksud, sudah pasti anda tidak akan bisa menghubungi, melakukan request atau melakukan panggilan, bukan?

Dari sinilah DNS biasanya diaatur secara default pada saat anda memakai perangkat besar seperti laptop/PC. Begitu juga dengan perangkat smartphone yang anda gunakan. Terkadang ada banyak hal yang terjadi sehingga membuat anda tidak bisa melakukan panggilan atau request untuk membuka situs tertentu. Dari sinilah cara menggunakan DNS Google menjadi penting karena anda perlu akses internet DNS dari pihak ketiga supaya bisa membuka situs yang anda inginkan. Dengan adanya DNS yang anda ambil dari pihak ketiga tersebut, biasanya hal ini bisa memberikan solusi signifikan. Solusi tersebut yakni mendapatkan kecepatan akses menuju domain ke alamat IP yang anda miliki. Jika proses penerjemahannya semakin cepat, maka membuka situs pun juga akan bisa lebih cepat dari sebelumnya.

Cara menggunakan DNS Google bisa anda terapkan dengan memasukan angka DNS 1 dan DNS 2, yakni 8.8.8.8 dan juga 8.8.4.4. Kemudian pada bagian OpenDNS, anda bisa memasukan pula angka DNS 1 dan DNS 2 yang tersedia, yakni dengan angka 208.67.222.222 dan angka 208.67.220.220. Bisa dikatakan bahwa DNS pihak ketiga memang lebih handal dibandingkan dengan DNS server yang ada di ISP. Berikut adalah cara menggunakan DNS Google di gadget android yang bisa anda terapkan.

Cara Set DNS Gadget Android

Cara Menggunakan DNS Google
idwebhost

Pertama, anda hanya tinggal masuk ke menu utama atau home screen dari gadget android yang anda punya. Kemudian, disini silahkan masuk ke menu setting atau setelan. Yang harus anda lakukan selanjutnya adalah memilih menu Wi-Fi yang tersedia pada menu. Kemudian nanti akan muncul banyak jaringan tersedia.

Kedua, Silahkan pilih mana jaringan yang anda terhubung biasanya, kemudian pilih Modify. Pada beberapa perangkat anda juga harus memilih menu Advance atau Lanjutan untuk pengaturan lebih lanjut.

Ketiga, Setelah masuk ke menu penyesuaian DNS di smartphone atau android, anda tinggal mengganti saja alamat DHCP atau IP yang ada didalamnyaa. Nantinya usai anda merubahnya akan muncul opsi setting DNS yang bisa anda masukan. Selanjutnya, anda hanya tinggal menambahkan angka DNS server yang anda ingin gunakan.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.