Cara Mengganti File Index Dengan .htaccess
Blog Tips Keren Cara Mengganti File Index Dengan .htaccess

Cara Mengganti File Index Dengan .htaccess

Cara mengganti file index dengan .htaccess bisa anda terapkan dengan metode yang mudah. Dalam hal ini, ada banyak penerapan yang bisa dilakukan dalam rangka mendapatkan hasil yang anda inginkan. Bagi anda yang menggunakan website berbasis Apache Web Server, tentunya ini adalah sebuah metode yang penting untuk anda terapkan didalamnya. Dari sini anda akan bisa melihat bahwa banyak sekali manfaat yang akan bisa anda dapatkan. Anda perlu tahu bagaimana metode memanfaatkan halaman index untuk memunculkan informasi yang anda butuhkan. Dalam hal ini, apabila anda ingin mencari halaman www[cot]contoh[dot]about, maka web server tersebut pasti awalnya akan mencari file yang bernama index html. Akan tetap, anda kini akan bisa menyederhanakannya dengan mudah jika tahu cara mengganti file index dengan .htaccess.

Baca Juga: Tips Menciptakan Konten Marketing Bisnis B2B

Dengan penerapan cara mengganti file index dengan .htaccess ini, maka anda pun akan lebih mudah dalam mencari file index[dot]html tersebut pada folder about dengan metode yang signifikan. Dalam hal ini memang ada banyak sekali yang akan bisa anda peroleh didalamnya. Pada saat anda mengganti nama file index itu sendiri, anda memerlukan yang namanya rule directory index yang tersedia pada bagian file.htaccess yang anda miliki. Tentu untuk bisa menerapkan ini semua dengan mudah, maka yang anda butuhkan adalah Contol Panel hosting atau FTP. Di sinilah anda akan bisa mendapatkan semuanya dengan lebih gampang dan cepat.

Mencari dan Membuat File .htaccess

 

Cara Mengganti File Index Dengan .htaccess
idwebhost.com

 

Dalam cara mengganti file index dengan .htaccess ini, tahap awal yang bisa anda lakukan adalah melakukan pencarian terlebih dahulu terhadap file .htaccess tersebut. Kemudian, pada tahap selanjutnya, anda bisa memulai melakukannya di bagian File Manager yang ada pada Control Panel akun hosting yang anda miliki. Di sini anda juga bisa memakai aplikasi FTP yang disebut sebagai FileZilla. Dengan penerapan metode yang tepat, sudah pasti akan lebih banyak hasil yang bisa anda dapatkan didalamnya. Yang perlu anda lakukan hanyalah dengan mengedit file dengan format .htaccess itu sendiri.

Jika belum punya, maka yang harus anda lakukan adalah membuat file yang baru. Dari cara ini, sudah pasti anda akan bisa melakukannya dengan cara mengarahkan kursos anda dan kemudian klik kanan untuk memilih menu edit yang terdapat pada dropdown itu sendiri. Di sini anda akan bisa melakukan pencarian signifikan. Tapi jika file .htaccess tersebut tidak ada maka anda bisa membuatnya sendiri pada area kosong yang sudah tersedia di File Manager. Kemudian, untuk bisa menerapkannya, anda bisa memilih sendiri pada menu New File yang ada didalamnya.

Isi Dengan Nama File Yang Diinginkan

Cara mengganti file index dengan .htaccess tahap berikutnya adalah dengan mengisi nama file tersebut sesuai dengan yang diinginkan. Dalam hal ini, anda nantinya akan bisa melihat jendela baru yang mana bisa anda isi dengan pilihan .htaccesss sebagai namanya. Jika sudah, maka anda bisa tinggal menyimpannya saja. Dari sini anda bisa memilih Create untuk menyimpan file terkait. Jika sudah, maka anda bisa melakukan pengeditan dan juga menambahkan kode yang anda inginkan untuk melakukannya lebih lanjut.

Editing File .htaccess

 

Cara Mengganti File Index Dengan .htaccess
idwebhost.com

 

Tahap berikutnya dalam hal ini adalah melakukan editing terhadap file .htaccess yang bisa anda lakukan didalamnya. Untuk melakukan editing, anda bisa tinggal paste saja sejumlah kode yang signifikan. Misalnya jika anda ingin mengatur halaman index, maka kode yang bisa anda pasang adalah: directoryindex example[dot.html.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan dan membuat halaman bertajuk first.html yang tersedia untuk halaman index folder itu sendiri. Di sini nantinya kode yang bisa anda tuliskan adalah sebagai berikut: directoryindex first.html. Anda juga bisa menciptakan lebih dari 1 file konfigurasi yang anda buat didalamnya. Di sinilah file index tersebut nantinya bisa anda baca, periksa dengan baik dari kiri ke kanan.

Contohnya apabila anda menambahkan index.html dan index.php. Dalam hal ini, anda harus memeriksa terlebih dahulu apakah server yang tersedia dalam first.html atau tidak. Jika tidak ada, maka anda bisa berlanjut ke bagian index.htm dan seterusnya. Di sinilah anda juga bisa memvariasikan kegunaan dari html itu sendiri, yaitu dengan menciptakan halaman sementara bila website terjadi error, yaitu dengan menciptakan halaman sebagai berikut: directoryindex index.php page-down.php. Dengan cara ini maka anda bisa memaksimalkan fungsinya dengan baik. Apabila sudah selesai melakukan semuanya, maka jangan lupa untuk menyimpan kembali perubahan yang anda lakukan tersebut.

Keuntungan Menerapkan Cara Mengganti File Index Dengan .htaccess

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda terima dengan menggunakan cara mengganti file index dengan .htaccess tersebut. Dalam hal ini memang ada banyak sekali manfaat yang bisa anda peroleh. Ini tentu saja akan memberikan kepada anda keutamaan pada saat anda mampu melakukannya dengan baik. Adanya proses yang tepat dan signifikan akan mampu memudahkan anda dalam memperoleh semuanya dengan baik. Di sinilah anda akan bisa memahami sendiri bahwa ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan untuk mengembangkan website anda.

 

Cara Mengganti File Index Dengan .htaccess
idwebhost.com

 

  • Adanya cara mengganti file index dengan .htaccess ini akan memberikan kemudahan bagi anda dalam mencari file yang spesifik. Tentu saja untuk mencari file yang spesifik tersebut ada banyak sekali metodenya. Di sinilah .htaccess bisa menjadi solusi signifikan.
  • Penerapan cara mengganti file index dengan .htaccess ini juga cukup sederhana. Sehingga pada saat anda sudah menerapkannya, maka anda akan bisa melihat sebuah perubahan besar dalam website yang anda miliki dan sistem kerja yang ada didalamnya.
  • Yang tak kalah pentingnya dalam cara mengganti file index dengan .htaccess ini adalah mampu menyuguhkan sebuah manfaat yang tepat dan terbaik. Ini juga akan bisa anda rasakan manfaatnya dalam jangka panjang. Ketika website anda memiliki tata kelola yang baik, maka anda pun bisa lebih mudah dalam mengembangkan semuanya.
  • Dalam cara mengganti file index dengan .htaccess ini, anda juga akan memperoleh kemudahan untuk bisa menikmati aneka kemudahan dari fitur yang bisa anda sematkan didalamnya. Sebagaimana diketahui .htaccess memberikan banyak sekali fitur istimewa. Jadi sangat disayangkan jika anda tidak mencobanya.

Kesimpulan

Cara mengganti file index dengan .htaccess bisa anda terapkan dengan metode yang tepat di atas. Inilah waktunya bagi anda untuk memahami arti penting dari menggunakan dan mengaplikasikan pilihan file yang tepat dan spesifik itu sendiri. Ada banyak memang yang akan bisa anda capai dan itulah yang akan membuat anda menjadi lebih baik lagi. Dalam hal ini, metode yang bisa diterapkan untuk mencapai hasil lebih baik tentu akan bisa anda dapatkan dengan mudah. Kini anda akan mampu dan bisa membuat webiste yang terdepan dengan fitur terupdate.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.