Cara Mengembangkan Usaha Jasa Penerjemah
Blog Bisnis Cara Mengembangkan Usaha Jasa Penerjemah

Cara Mengembangkan Usaha Jasa Penerjemah

Apakah Anda menjalankan usaha penerjemah? Bagaimana perkembangan bidang usaha jasa ini? Tentu semakin beragam tantangan yang dihadapi, terlebih saat ini digitalisasi penerjemah sudah terjadi dengan hadirnya berbagai tools dan aplikasi penerjemah yang menawarkan kemudahan dan kepraktisan. Maka, penting bagi kita pelaku usaha untuk mengembangkan usaha jasa penerjemah kita agar tetap mampu menjawab kebutuhan pasar yang mulai berubah.

Tidak bisa kita pungkiri keberadaan berbagai aplikasi dan tools penerjemah berbasis online atau internet kini menjadi salah satu jalan keluar bagi masyarakat untuk menerjemahkan bahasa. Aplikasi seperti Google Translate yang hadir bisa menerjemahkan hampir ke seluruh bahasa yang ada. Dan dalam perkembangannya, hasil terjemahan aplikasi pun sudah semakin baik.

Nah, bagaimana cara agar usaha jasa penerjemah yang kita jalankan tidak tergulung oleh keberadaan berbagai aplikasi penerjemah yang ada? Kita perlu untuk segera mengembangkan usaha jasa penerjemah yang kita miliki melalui berbagai cara sebagai berikut ini:

1. Kembangkan Kemampuan

Kembangkan Kemampuan Penerjemah

Cara mengembangkan usaha jasa penerjemah yang pertama adalah dengan mengembangkan kemampuan sumber daya manusia atau penerjemah yang kita miliki. Karena aset terpenting dalam usaha jasa ini adalah para penerjemah. Nah, kita perlu untuk terus melakukan kontrol terhadap hasil kualitas terjemahan mereka, dan juga meningkatkan berbagai kemampuan yang mendukung hasil menerjemahkan yang lebih baik. Kemampuan yang perlu dikembangkan adalah sebagai berikut:

Kemampuan Bahasa; Seperti telah kita bahas bahwa kemampuan aplikasi penerjemah bisa menerjemahkan dalam berbagai bahasa. Nah, kita sebagai penyedia jasa penerjemah juga perlu untuk mulai memikirkan kebutuhan penerjemah untuk bahasa lain. Misalnya jika selama ini hanya menyediakan jasa penerjemah Indonesia – Inggris dan sebaliknya, maka kita bisa mulai melirik bahasa lain yang juga mulai banyak kebutuhan penerjemahnya misalnya bahasa Arab, Prancis, Korea, atau bahasa Mandarin.

Kemampuan Menulis; Menerjemahkan dan menuliskan kembali hasil terjemahan bukan persoalan yang mudah, kita perlu memiliki kemampuan menulis yang mumpuni agar hasil terjemahan dapat kita sajikan secara tepat. Jangan sampai hasil terjemahan yang kita hasilkan sama dengan hasil terjemahan mesin, yang sering kali tidak sesuai dengan konteks tulisan, karena tidak memahami kemampuan menuliskan kembali hasil terjemahan.

Kemampuan Proofreading; Berikan hasil yang terbaik untuk pengguna jasa penerjemah kita. Jangan malas untuk melakukan pengecekan kembali hasil menuliskan terjemahan. Pemeriksaan penulisan yang dilakukan antara lain untuk melihat kembali apakah pemilihan kata sudah tepat, atau apakah struktur tulisannya masih sulit dipahami. Maka penting bagi pelaku usaha jasa penerjemah mengembangkan kemampuan proofreading bagi para penerjemah.

Penguasaan Materi; Kemampuan menulis dan menerjemahkan tidak bisa lepas dari kemampuan penguasaan materi yang kita terjemahkan. Sebagai contoh ketika kita menerjemahkan materi ekonomi, maka kita harus menguasai bahasa-bahasa umum dan khusus yang sering muncul dan digunakan dalam bidang ekonomi, begitu juga dalam bidang keilmuan lain. Maka penting bagi penerjemah menguasai satu atau beberapa bidang materi khusus, yang mana menjadi spesialisasi dalam menerjemahkan bidang tersebut.

 

2. Mulai Untuk Memaksimalkan Pemasaran

Strategi Pemasaran Jasa Penerjemah Online

Jangan menunggu pasar mengetahui produk usaha jasa penerjemah yang kita miliki, namun jemput mereka untuk datang dan mengetahui berbagai paket penerjemahan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Maka, kita perlu untuk memaksimalkan strategi pemasaran usaha jasa penerjemah kita. Bagaimana caranya? Sebagai berikut ini:

Evaluasi dan Susun Kembali; perubahan pasar terus terjadi, ini saat yang tepat bagi pelaku usaha untuk melakukan evaluasi pemasaran dan menyusun kembali strategi yang tepat menyesuaikan dengan kondisi pasar saat ini dan melihat proyeksi jangka panjang. Kita mulai benar-benar harus bisa melihat apakah model pemasaran sebelumnya memberikan hasil? Apakah ada yang bisa dipertahankan, atau bisa dilakukan modifikasi?

Maksimalkan Pemasaran Digital; Kita sudah melakukan pemasaran konvensional, berbagai strategi promosi dengan cara langsung, seperti memasang baliho dan menyebar brosur misalnya. Nah, kita bisa mulai melihat juga bagaimana pemasaran digital untuk mengembangkan usaha jasa penerjemahan yang kita jalankan. Mengapa? Karena saat ini pangsa pasar berada dalam dua tempat, yaitu dunia nyata dan dunia maya atau internet.

Jalankan Strategi Sosial Media; Menjadi salah satu kewajiban pelaku usaha untuk hadir di media sosial, namun hadir saja tidak cukup, kita perlu memaksimalkan fungsi sosial media untuk usaha jasa penerjemah yang kita jalankan. Maka, kita perlu untuk menjalankan strategi sosial media yang tepat untuk usaha kita, selengkapnya bisa membaca pembahasan ini: Strategi Sosial Media  Marketing Yang Tepat

Buat Website Usaha Jasa Penerjemah; Saat ini memiliki website bisnis menjadi salah satu kewajiban bagi pelaku usaha, tidak lain karena menjadi representasi dari usaha yang mereka jalankan. Maka, upaya mengembangkan usaha jasa penerjemah bisa dilakukan dengan memulai membuat website bisnis. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan webitse bisnis profesional, dan pastikan  bahwa Anda menggunakan layanan hosting terbaik IDwebost agar website Anda berjalan dengan optimal.

3. Mengembangkan Usaha Jasa Penerjemah Dengan Networking

Bangun Networking Komunitas Penerjemah

Membangun networking yang luas akan menjadi modal utama dan jangka panjang bagi pelaku usaha jasa penerjemah. Maka penting bagi kita untuk membangun networking untuk memperkuat usaha jasa kita. Bagaimana caranya? Sebagai berikut:

Melakukan pendataan kembali kontak yang kita miliki, baik berupa nomor telepon rumah dan kantor, nomor whatsapp, alamat email atau bahkan pertemanan di sosial media.

Lakukan identifikasi terhadap kontak yang kita miliki. Siapa saja yang sudah menggunakan usaha jasa kita. Dan siapa yang belum, kemudian apakah ada yang berpotensi untuk menjadi pengguna jasa penerjemah atau memiliki jaringan untuk menemukan calon pengguna jasa penerjemah kita.

Sapa kembali orang-orang yang berada dalam kontak kita, jika mereka sudah menggunakan jasa kita, maka lakukan up selling kepada mereka. Jika kita memiliki produk baru jangan ragu untuk menawarkan. Minta juga untuk memberikan rekomendasi kepada kontak atau kenalan mereka.

Bangun komunikasi dengan para pengguna jasa penerjemahan kita. Caranya bisa dengan mengirimkan pesan dalam periode tertentu, atau dengan membuat saluran khusus seperti Grup Whatsapp atau Grup Telegram untuk kebutuhan berkomunikasi.

4. Mengembangkan Usaha Jasa Penerjemah Dengan Layanan Lebih

Berikan Layanan Lebih Jasa Penerjemah Online

Kehadiran aplikasi layanan penerjemah bahasa memberikan berbagai kemudahan dan layanan yang lengkap. Karena berbasis teknologi, maka berbagai layanan memang bisa diciptakan, misalnya layanan pengucapan suara dari hasil terjemahan. Atau bisa memberikan pilihan hasil terjemahan lebih dari satu arti dalam waktu bersamaan.

Namun yang namanya aplikasi, bekerja berdasarkan algoritma dan bahasa pemrograman, tentu saja belum bisa menghadirkan keakuratan ketika menerjemahkan satu kalimat atau paragraf panjang. Masih ada kekurangan pada ketepatan struktur bahasa, hal ini menjadikan kebutuhan penerjemah untuk kebutuhan akademis misalnya tidak dapat dilakukan hanya bermodal aplikasi penerjemah online.

Maka kita bisa memberikan layanan lebih dalam upaya mengembangkan usaha jasa penerjemahan yang kita jalankan, paling sederhana adalah layanan yang berkaitan dengan hasil, seperti layanan proofreading gratis misalnya, atau layanan pengecekan struktur bahasa, atau layanan tata letak dokumen agar sesuai standar yang berlaku.

Pada dasarnya memberikan layanan lebih dalam sebuah usaha jasa menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Tidak jarang layanan yang memberikan kecepatan  dalam menjawab pesan, dapat berpengaruh dalam pasar menentukan pilihan. Maka kembali lagi, pentingnya sebuah usaha untuk hadir dalam berbagai media digital seperti halnya website yang bisa menjadi tempat menyampaikan berbagai informasi terkait usaha yang kita jalankan.

Saat ini pasar akan mencari informasi melalui mesin pencari Google, kemudian menemukan informasi yang mereka butuhkan, nah jangan sampai kata kunci “jasa penerjemah” di kota Anda tidak masuk menjadi saluran pemasaran Anda karena Anda tidak memiliki website. Membuat website itu murah, silakan saja buktikan dengan memulai memilik domain murah IDwebhost dan dapatkan berbagai penawaran menarik. Demikian pembahasan kita kali ini. Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/idweb01/public_html/blog/wp-includes/functions.php on line 4609