Cara Mengedit Video Tiktok Untuk Pemula
Blog Tutorial Cara Mengedit Video Tiktok Untuk Pemula

Cara Mengedit Video Tiktok Untuk Pemula

Tiktok menjadi salah satu aplikasi yang viral di tahun 2020. Banyak video hasil kreator tiktok yang kini menyedot perhatian pengguna internet. Tidak heran jika kemudian orang ramai bermain tiktok. Apakah Anda salah satu yang juga sedang mencoba bermain tiktok? Mari ikuti cara mengedit video tiktok untuk pemula, agar Anda bisa menghasilkan video terbaik di aplikasi tiktok.

Dibutuhkan keterampilan dalam membuat sebuah konten, apalagi konten dalam bentuk video. Tidak terkecuali bagi Anda yang akan membuat konten untuk aplikasi tiktok. Syarat dasar yang harus Anda miliki mengenai pengambilan video menjadi wajib hukumnya.

Mungkin sebagian besar dari kita menganggap proses pembuatan sebuah konten video itu mudah. Namun ternyata, tidak cukup untuk satu kali pembuatan, para konten kreator sudah wajar hukumnya jika mengambil ulang beberapa video, sampai kemudian menemukan video tiktok terbaik.

Untuk Anda yang masih pemula, baru akan menggunakan aplikasi tiktok.  Jangan khawatir Anda bisa mengikuti tahap demi tahap berikut ini untuk mendapatkan cara mengedit video tiktok untuk pemula:

1. Unduh Dan Daftar Akun Tiktok Sebelum Mengedit Video Tiktok

Unduh dan Daftar Aplikasi Editing Video tiktok

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi tiktok lalu mendaftar akun tiktok. Jika Anda sudah melakukan hal ini, silakan langsung menuju cara mengedit video tiktok selanjutnya.

Tiktok tersedia untuk pengguna IOS dan Android, Anda  bisa mengunduh aplikasi ini melalui layanan aplikasi resmi sesuai dengan gawai yang Anda gunakan. Kamu bisa mengunduh melalui App Store atau pun Google Play. Tidak sedikit smartphone yang dari pabriknya sudah memiliki aplikasi tiktok.

Setelah Anda mendownload, silakan untuk melakukan pendaftaran.  Syarat pendaftaran pun sangat mudah. Anda bisa menggunakan email yang sudah Anda miliki. Silakan isi pengaturan akun Anda. Lalu lakukan verifikasi email dan akun tiktok Anda siap untuk Anda gunakan.

2. Memilih Musik dan Contoh Gerakan Yang Kamu Inginkan

Memilih video dan musik di tiktok

Anda bisa menjelajah terlebih dahulu di aplikasi tiktok, melihat berbagai musik yang tersedia. Banyak sekali musik-musik viral dan populer yang telah tersedia di aplikasi tiktok. Mulai dari musik pop, dance, sampai musik-musik IDM yang kekinian.

Anda perlu cermat dalam memilih musik untuk kemudian Anda sesuaikan dengan  rencana atau ide video Anda nanti.  Misalnya jika tujuan Anda untuk melakukan strategi digital marketing dengan video tiktok, tentu saja Anda harus memilih musik yang bisa mendukung rencana promosi produk Anda.

Dalam memilih musik, Anda juga bisa sekaligus melihat contoh gerakan yang tersedia atau telah dibuat pengguna tiktok lain dari musik tersebut. Umumnya di  tiktok musik dan gerakan berupa dance modern atau tarian modern yang sederhana.

Setelah Anda menentukan musik apa yang cocok dengan ide video  Anda, kemudian Anda sudah melihat berbagai contoh gerakan yang tersedia. Maka Anda bisa melanjutkan cara membuat video tiktok ke langkah selanjutnya.

3. Membuat Video Versi Anda Atau Mengikuti Gerakan Versi Orang Lain

Membuat Video tiktok

Setelah Anda mendapatkan pilihan musik juga memiliki contoh gerakan dari video yang telah dibuat pengguna tiktok lain. Kini saatnya Anda membuat video versi Anda sendiri. Sebenarnya, dalam proses pembuatan video tiktok, Anda bebas melakukan kreativitas Anda dalam membuat video.

Maka, penting bagi Anda untuk bisa menuangkan terlebih dahulu rencana atau ide video Anda. Misalnya ketika Anda ingin menggunakan tiktok sebagai bagian dari saluran promosi produk Anda. Maka Anda perlu membuat video yang memang memiliki ciri khusus tentang produk Anda.

Anda bisa meniru dan mengamati berbagai model iklan di tiktok. Video  sederhana yang menjelaskan sebuah produk yang mana dikemas dengan cara yang menyenangkan, adalah menjadi ciri video promosi di tiktok.

Namun jika tujuan Anda adalah untuk bermain tiktok semata, maka Anda bisa melakukan berbagai versi video Anda dengan cara meniru gerakan versi orang lain. Banyak sekali tarian atau gerakan dalam video tiktok yang kemudian viral dan kemudian diikuti oleh banyak pengguna lain.

Sebagai catatan, bahwa dalam membuat video untuk tiktok Anda bisa langsung merekam secara langsung video Anda menggunakan aplikasi tiktok. Atau Anda merekam terlebih dahulu  video Anda menggunakan kamera video Anda, lalu kemudian memasukkan hasil rekaman Anda ke aplikasi tiktok.

4. Saatnya Melakukan Editing Video Anda

Berbagai efek video terbaik tiktok

Setelah Anda membuat video baik secara langsung di aplikasi tiktok atau pun membuat video secara terpisah dari aplikasi tiktok. Langkah selanjutnya adalah Anda perlu untuk melakukan video editing  terhadap hasil rekaman video Anda.

Silakan Anda klik pada bagian editing di aplikasi tiktok, silakan Anda lihat berbagai menu yang tersedia. Mulai dari menu audio atau musik, menu efek video, sampai menu menambahkan stiker dan tulisan. Berbagai menu yang tersedia akan memudahkan kamu dalam membuat video yang menarik.

Salah satu yang membuat aplikasi tiktok sangat menarik adalah berbagai efek video yang tersedia. Efek yang rumit, keren, bahkan profesional tersedia dalam aplikasi tiktok. Tinggal bagaimana Anda bisa memanfaatkan dengan baik ketersediaan efek dan berbagai menu yang ada.

Silakan Anda melakukan berbagai penyesuaian dalam editing, seperti menyesuaikan latar musik yang cocok, menambahkan stiker, dan memberi keterangan berupa teks. Dan terpenting tentu saja memilih efek yang tepat, mengatur timer dan speed control  yang pas juga patut Anda pertimbangkan dalam mengedit video tiktok.

5. Beri Judul dan Keterangan Lalu Publish Video Anda

Publish Agar Viral Video Tiktok

Setelah video Anda siap, proses editing dirasa cukup dan Anda sudah merasa pas untuk dilakukan publikasi. Maka selanjutnya Anda perlu untuk memberi judul dan keterangan pada video hasil kreasi Anda di aplikasi tiktok.

Pemberian judul dan keterangan ini penting. Anda bisa menjalankan strategi  pembuatan caption dalam hal ini. Karena bagaimana pun penting sebuah judul dari video agar calon atau pengguna lain memahami apa isi dari video yang Anda bagikan. Jangan lupa sertakan tak atau tagar yang sesuai dan tertarget.

Setelah Anda melakukan publish atau menerbitkan video Anda di aplikasi tiktok. Langkah selanjutnya adalah Anda memantau perkembangan dari video Anda. Cobalah jalin interaksi dengan pengguna lain. Sebarkan video Anda agar semakin banyak orang yang melihat.

Kesimpulan Cara Mengedit Video Tiktok

Kehadiran tiktok memudahkan Anda dalam membuat berbagai konten video. Aplikasi ini juga memudahkan dalam kebutuhan pembuatan konten baik untuk sekedar hiburan, individu dan juga untuk tujuan bisnis atau pemasaran produk.

Ketika Anda menjalankan tiktok untuk bisnis, tidak ada salahnya video tiktok Anda untuk Anda masukan dalam program biaya iklan Anda. Saat ini tiktok sudah memiliki layanan pemasangan iklan. Yang mana ini sangat mendukung bagi pelaku usaha seperti Anda.

Menjadi penting juga bagi Anda sebagai pelaku bisnis, untuk meletakan alamat website Anda pada profil tiktok dan deskripsi video tiktok Anda. Mungkin saja mereka yang melihat video Anda akan melihat Anda lebih mendalam, mempelajari atau mencari tahu tentang Anda. Dengan adanya website bisnis atau website toko online, maka kemungkinan Anda mendapatkan lead dari tiktok akan terbuka lebar.

Maka, apa pun strategi Anda termasuk menggunakan tiktok, jangan lupa bahwa penting bagi Anda memiliki sebuah website bisnis. Untuk kebutuhan website bisnis ini, Anda juga perlu melihat secara teliti penyedia layanan website Anda,  khususnya layanan hosting murah. Jangan sampai Anda mendapatkan harga yang murah namun kualitas kurang baik.

Mengapa kualitas hosting menjadi penting? Karena jangan sampai website Anda  lemot atau bahkan tidak bisa diakses hanya gara-gara kemampuan hosting yang Anda gunakan tidak cukup untuk website Anda. Maka dari itu, sudah saatnya Anda melihat berbagai paket hosting IDwebhost, yang sudah menjadi solusi website di Indonesia selama ini.

Selain itu di IDwebhost Anda juga bisa mendapatkan diskon domain setiap bulannya. Tunggu apa lagi silakan cek domain murah IDwebhost dan mulai membuat website bisnis Anda.  Demikian pembahasan kali ini mengenai cara membuat  video tiktok untuk pemula. Semoga bermanfaat. Salam. Ari IDwebhost.