Bagaimana Cara Mengecek Port 21 FTP Dengan Berbagai OS?
Blog Tips Keren Bagaimana Cara Mengecek Port 21 FTP Dengan Berbagai OS?

Bagaimana Cara Mengecek Port 21 FTP Dengan Berbagai OS?

Cara mengecek port 21 FTP berikut ini akan membantu anda untuk mendapatkan kemudahan dalam menemukan solusi yang dibutuhkan. Untuk bisa mengetahui apakah port 21 tersebut sedang dalam status blokir atau tidak, tentu anda bisa melakukannya dengan menggunakan command promt sederhana atau bisa juga dengan menggunakan terminal. Seperti yang anda ketahui bahwa port tersebut dibuat untuk terintegrasi dengan File Transfer protocol. Disini nantinya port tersebut akan bisa dipakai oleh user agar bisa mengakses server yang ada di file transfer protocol itu sendiri. Masalahnya adalah terkadang FTP klien tidak bisa terhubung ke akun FTP yang anda miliki. Jadi anda harus tau bagaimana cara mengecek apakah port tersebut terblokir atau tidak sehingga memastikan aktivitas hosting tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Cara Mengecek Port 21 FTP Melalui Berbagai OS

 

Cara Mengecek Port 21 FTP Diblokir Atau Tidak
idwebhost

 

Tentunya dalam cara mengecek port 21 FTP ini bisa anda terapkan melalui berbagai OS yang ada didalamnya. Anda bisa memilih untuk menggunakan OS Windows, Linux atau Mac. Jadi ini disesuaikan saja sendiri dengan yang anda butuhkan. Jika anda menggunakan Windows maka pakailah command promt. Kalau anda pakai Linux, maka gunakanlah terminal. Kemudian, jika anda memakai MacOS maka yang harus anda pakai juga adalah MacOS itu sendiri. Disinilah semua kemudahan dan keuntungan yang bisa anda dapatkan akan dapat lebih maksimal lagi. Ada beberapa hal yang harus anda laakukan terlebih dahulu. Hal ini supaya memastikan bahwa yang anda lakukan tersebut benar-benar sesuai dengan yang anda butuhkan saat ini.

Windows

Cara mengecek port 21 FTP yang pertama akan dikupas dengan menggunakan Windows. Seperti yang diketahui anda bisa langsung membukanya melalui Windows + R. Disini akan muncul pop up command promt seperti biasanya yaitu yang bertuliskan Run. Kemudian disini anda hanya tinggal memasukan kata kunci yang tepat di bagian open tersebut. Jangan sampai salah dalam melakukan pengejaan pastinya agar hasil yang didapat juga akan akurat. Setelah itu, isikan Run tersebut dengan tulisan CMD atau cmd. Nantinya setelah itu bisa anda pilih OK.

Dari sini anda akan bisa langsung masuk ke halaman command promt ditandai dengan munculnya layar berwarna hitam yang mereka akses dari command itu sendiri. Disini anda akaan mendapatkan kemudahan untuk mengakses administrator C yang anda butuhkan. Setelah itu, supaya tau cara mengecek port 21 FTP yang harus dilakukan adalah dengan mengaktifkan fitur telnet yang ada didalamnya terlebih dahulu. Dengan mengaktifkan fitur tersebut maka anda akan mendapatkan pesan yang ada didalamnya. Kalau masih belum aktif biasanya akan terdapat tulisan telnet is not recognize as an internal or external command.

 

Cara Mengecek Port 21 FTP Diblokir Atau Tidak
idwebhost

 

Jika pesan semacam itu muncul maka yang harus anda lakukan adalah dengan masuk ke Start yang terdapan pada Windows kemudian turn windows feature on off, disini anda harus menekan tombol enter. Lalu anda akan masuk di halaman Telnet Client. Disini itulah yang harus anda centang dan kemudian anda pilih OK. Setelah itu, cara mengecek port 21 FTP akan bisa segera anda terapkan didalamnya.

Linux

Langkah selanjutnya dalam cara mengecek port 21 FTP adalah dengan membuka Terminal yang ada di Linux. Yang harus anda terapkan adalah dengan memasukan tombol CTRL + ALT + T. Disinilah anda akan mampu mendapatkan banyak kemudahan yang bisa anda capai didalamnya. Dari sini anda akan bisa melihat adanya sebuah console atau layar berwarna hitam yang bisa anda maksimalkan fungsinya. Disinilah anda akan mampu mendapatkan semuanya dengan segera. Anda hanya tinggal memasukan perintah selanjutnya untuk menerapkan cara mengecek port 21 FTP tersebut.

Mac OS

Cara mengecek port 21 FTP juga bisa anda lakukan dengan masuk ke Mac OS. Disini yang harus anda lakukan hanya dengan menekan tombol F4. Setelah itu nanti anda tinggal mengetikan kata terminal didalamnya setelah itu tekan ENTER.

Cara Mengecek Port 21 FTP Dengan Memakai Telnet

Cara mengecek port 21 FTP bisa anda lakukan dengan menggunakan telnet. Jadi yang harus anda lakukan pada saat prompt command windows terbuka adalah memasukan kode nama domain websiteanda, kemudian pada bagian akhirnya beri spasi dan tanda 21. Apabila sudah berhasil maka nantinya akan muncul beberapa pesan 220 di bagian bawahnya. Disini anda akan disambut dengan ucapan welcome terlebih dahulu. Kemudian nantinya anda akan bisa mendapatkan informasi apakah status yang ada didalamnya sudah allowed atau tidak. Dari sini anda akan benar-benar mendapatkan semua yang anda butuhkan. Apabila anda menemukan kata-lata allowed didalamnya, maka itu artinya FTP yang anda gunakan dalam kondisi bisa dipakai.

Itulah penerapan dalam cara mengecek port 21 FTP. Jika nantinya muncul pesan bahwa FTP 21 anda diblokir maka anda sebaiknya menghubungi pihak jasa domain hosting yang anda gunakan untuk mendapatkan solusi lebih lanjut. Jika anda bisa melakukan pengaturan sendiri untuk mengubah statusnya menjadi allowed, anda bisa juga melakukannya. Hal tersebut akan memberikan keuntungan yang lebih banyak bagi anda. Dari sini bisa disimpulkan bahwa cara mengecek port 21 FTP memang tidaklah susah.

Baca Juga: Ini Dia! 6 Cara Membuat Judul Blog Dengan Baik

 

Cara Mengecek Port 21 FTP Diblokir Atau Tidak
idwebhost

 

Anda hanya tinggal menerapkan beberapa cara diatas dan kemudian mendapatkan hasil yang anda butuhkan. Satu hal yang pasti, untuk bisa mengakses command semacam ini memang berbeda caranya di setiap OS. Maka sesuaikanlah dengan OS yang anda pergunakan pada saat ini. Dengan demikian, maka anda akan mendapatkan kemudahan itu sendiri. Adanya cara mengecek port 21 FTP ini akan memberikan kemudahan kepada anda untuk menggunakan host FTP pada jaringan dan juga membantu klien untuk bisa mengakses FTP tersebut.

Kesimpulan

Cara mengecek port 21 FTP adalah sebuah cara yang banyak diterapkan dalam dunia hosting domain. Tentu saja pengecekan itu perlu agar anda bisa menerapkan langkah selanjutnya dengan mudah. Satu hal yang pasti, anda harus benar-benar tau bagaimana cara penerapan yang tepat untuk hal ini. Tentu saja akan tersedia banyak sekali benefit atau manfaat yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Banyak sekali hal yang bisa anda dalami dalam pengaturan hosting domain anda. Tentu saja hal tersebut akan mendatangkan kepada anda banyak manfaat yang sangat dahsyat dan luar biasa.

Adanya cara mengecek port 21 FTP yang signifikan akan memberikan kepada anda kemudahan yang butuhkan tersebut. Setiap saat akan selalu ada banyak hal yang bisa anda dapatkan di dalamnya. Dengan cara tersebut maka anda pun akan bebas melakukan pengaturan terhadap hosting terkait kapan saja anda menginginkan. Tentu saja cara mengecek port 21 FTP bukanlah sesuatu yang sulit jika anda terbiasa melakukannya. Adanya informasi ini semoga bisa membantu anda untuk memahami dunia hosting domain.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.