Cara Mengatasi Warning SSL pada Thunderbird
Blog Tutorial Cara Mengatasi Warning SSL pada Thunderbird

Cara Mengatasi Warning SSL pada Thunderbird

Thunderbird menjadi salah satu aplikasi email yang cukup populer, baik untuk kebutuhan personal atau pun bisnis. Ini tidak lain karena Thunderbird menawarkan berbagai fitur yang dapat memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan komunikasi melalui email, terlebih bagi bisnis untuk kegiatan email marketing. Akan tetapi, tidak jarang Aplikasi ini mengalami kendala, salah satu yang sering terjadi adalah muncul warning SLL. Nah, kita akan membahas bagaimana Mengatasi Warning SSL pada Thunderbird dalam artikel kali ini.

Sebagian dari Anda mungkin pernah atau saat ini sedang mengalami kendala warning SSL Thunderbird. Error yang terjadi karena adanya  masalah pada SSL ini tidak harus membuat Anda bingung atau takut, karena kondisi email Anda masih aman. Namun ada baiknya, Anda mengetahui penyebab warning SSL email thunderbird Anda, agar Anda bisa melakukan antisipasi di kemudian hari nanti jika ada masalah serupa kembali terjadi.

Penyebab Warning SSL

Penyebab Warning SSL

Pada dasarnya Warning SSL adalah bentuk pemberitahuan atau pesan yang akan muncul di browser thunderbird Anda, jika ternyata ada masalah dengan enkripsi dan protokol autentikasi. Protokol tersebut bertugas untuk memastikan bahwa tidak ada yang dapat menguping komunikasi pengguna dengan server Web, atau dengan kata lain tidak ada orang yang bisa melakukan peretasan atas email Anda.

Maka, ketika server tidak dapat diautentikasi, atau enkripsi yang melindungi komunikasi sedang tidak memadai, ada kecurigaan keamanan atas protokol dan enkripsi yang digunakan. Maka, browser akan memperingatkan pengguna bahwa ada sesuatu yang tidak beres terkait jalur komunikasi, dan memberi saran untuk tidak melakukan saat ini guna menghindari peretasan.

Sering kali, Warning SSL ini terjadi karena Anda menggunakan location/host yang sebenarnya tidak memiliki sertificate SSL. Anda menggunakan port SSL dari domain bisnis untuk email Anda misalnya “mail.namabisnis.id” Akan tetapi host tersebut tidak Anda pasang SSL atau belum memiliki SSL.

Karena tidak adanya SSL pada host yang Anda pilih atau gunakan untuk email Thunderbird Anda, maka secara ketat keamanan yang dimiliki oleh Thunderbird akan menolak atau memberikan pesan warning SSL. Ini tidak lain demi keamanan data Anda.

Cara Mengatasi Warning SSL pada Thunderbird

Ini Cara Mengatasi Warning SSL pada Thunderbird

Karena kita telah mengetahui apa yang menjadi  penyebab error pada Thunderbird kita, maka kita sekarang bisa melakukan perbaikan sesuai penyebab dari pesan error tersebut. Jelas, bahwa kondisi warning SSL ini adalah terkait keamanan, atau security pada thunderbird. Maka, yang bisa kita lakukan agar email Thunderbird kita kembali normal adalah sebagai berikut:

  1. Silakan Masuk Ke Thunderbird Anda, lalu lakukan confirm security exception
  2. Setelah itu pilih Add security extention dan lakukan confirm security exception
  3. Coba akses kembali Thunderbird Anda, maka akan berjalan normal kembali.

Pada dasarnya, mengatasi masalah warning SSL pada thunderbird hanya perlu melakukan hanya perlu melakukan confirm security exception dan menambahnya security exceptionnya. Setelah itu Thunderbird akan kembali normal dan bisa Anda gunakan lagi.

Keamanan Server Email

Keamanan Server Email

Penting menjadi perhatian kita sebagai pengguna email untuk bisnis adalah  keamanan server khususnya email. Mengapa? Karena server email ini sangat rentan mengalami serangan spam atau percobaan peretasan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu berbagai upaya penyempurnaan keamanan server email terus dilakukan oleh penyedia layanan  atau aplikasi email, tidak terkecuali thunderbird. Misalnya, Anda perlu untuk melakukan konfigurasi email client menggunakan SSL dan TLS port 465 dan 587 agar lebih aman dalam menggunakan komunikasi via email.

Konfigurasi email client menggunakan SSL dan TLS port 465 dan 587

  1. Klik Tools – Account Settings
  2. Klik Outgoing Server (SMTP)
  3. Klik email server yang digunakan dan klik Edit
  4. Connection Security pilih STTLS masukan port 587 atau pilih SSL/TLS, masukan Port 465, Klik Ok. coba kirim email, bila ada popup warning klik confirm security exception permanen diperhatikan juga SMTP authentication:
  5. Ulangi langkan 1 sampai 3
  6. Pilih ‘Connection Security’ ke ‘STARTTLS’
  7. Pilih ‘Authentication Method’ ke ‘Normal Password’
  8. Masukan username email contoh info@namabisnissaya.com (harus lengkap)

Keamanan server ini juga bergantung pada layanan server atau hosting email yang Anda gunakan. Jika Anda pelaku bisnis profesional, tentu Anda sudah sangat memahami bagaimana pentingnya memilih penyedia layanan server hosting ini. Anda akan sepakat dengan ratusan ribu pelaku usaha Indonesia yang mempercayakan server email mereka dengan berlangganan hosting murah yang ada di IDwebhost.

Mengapa penting menggunakan layanan super hosting murah seperti IDwebhost? Karena layanan yang diberikan prima untuk mendukung kebutuhan bisnis, selain itu ada tim teknisi yang siap membantu jika terjadi kendala pada layanan. Pada sektor keamanan, sudah tentu IDwebhost memberikan keamanan terbaik untuk server penggunanya.

Buat E-mail Lebih Mudah Dengan Thunderbird

Buat E-mail Lebih Mudah Dengan Thunderbird

Sebagai aplikasi surel/e-mail gratis, Thunderbird menawarkan kemudahan dalam penggunaan. Aplikasi ini sangat mudah diatur dan disesuaikan dengan keinginan pengguna. Berbagai fasilitas kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan oleh Thunderbird di antaranya sebagai berikut:

Dapat Disesuaikan Dengan Kebutuhan Anda: Thunderbird memungkinkan sebuah email agar lebih baik untuk Anda. Aplikasi ini menyatukan kecepatan, privasi, dan teknologi terbaru dalam satu kemudahan. Menggunakan Thunderbird berarti fokus pada hal yang penting dan lupakan kompleksitas.

Aman dan Privat: Jika soal keamanan dan privatisasi adalah yang terpenting, maka Anda akan mendapatkan di Thunderbird. Dengan adanya fitur keamanan dan privasi, seperti Do Not Track dan pemblokiran konten jarak jauh, akan bekerja bersama untuk memastikan keselamatan dan privasi Anda.

Berbagai Ekstensi Kustomisasi: Anda bisa leluasa menambahkan ekstensi sesuai kebutuhan email bisnis Anda. Dengan adanya pengaya (Ekstensi & Tema) dan lebih banyak fitur lainnya, maka Anda dapat mengubah tampilan dan nuansa Thunderbird dalam sekejap sesuai yang Anda inginkan.

Begitu penting kepemilikan email bisnis dalam memasuki peluang bisnis digital saat ini. Email adalah alat komunikasi bisnis yang masih ampuh, bahkan 30% dari saluran pemasaran online bersumber dari strategi email marketing. Nah, jangan sampai Anda tidak mengambil peluang 30% ini untuk bisnis Anda.

Apa pun pilihan aplikasi untuk email bisnis Anda, jangan lupakan infrastruktur pendukungnya, seperti hosting yang tepat dan nama domain bisnis yang sesuai (Anda bisa mendapatkan nama domain murah untuk bisnis Anda khusus hari ini di IDwebhost!). Ini menjadi penting, agar proses Go Digital perusahaan Anda dapat berjalan sesuai dengan perencanaan Anda. Jangan sampai, persoalan infrastruktur digital ini menjadi kendala perusahaan Anda kemudian hari.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Cara Mengatasi Warning SSL pada Thunderbird, semoga pembahasan ini dapat bermanfaat dan memberikan gambaran pada Anda bagaimana pentingnya keamanan email bisnis Anda, dan betapa pentingnya memiliki email bisnis untuk kemajuan bisnis Anda. Terima kasih telah membaca. Salam. Ari IDwebhost.