Cara Mengatasi Mercusuar Pada Website
Blog Tips Keren Cara Mengatasi Mercusuar Pada Website

Cara Mengatasi Mercusuar Pada Website

Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara mengatasi mercusuar. Mungkin diantara Anda sudah pernah mengalaminya ketika sedang mengakses sebuah website kemudian muncul halaman mercusuar info. Sering kali, untuk tampilan mercusuar website adalah sebuah tampilan error yang disebabkan oleh pengguna koneksi provider internet tertentu kepunyaan Telkom contohnya speedy atau indihome. Berbeda dengan network error yang seringkali dialami oleh para pengguna koneksi. Sebenarnya ada beberapa kasus atau kejadian beberapa pengguna malah terbuka mercusuar.info. Hal tersebut disebabkan oleh permasalahan pada routing yang terjadi pada DNS pihak Telkom. Website Anda tidak mengalami down atau server down hanya saja jalur akses yang digunakan untuk menuju website Anda sedang mengalami kesalahan.

Penyebab Cara Mengatasi Mercusuar

Cara Mengatasi Mercusuar

Saat ini website sudah menjadi salah satu faktor branding yang paling penting dari sebuah produk tertentu. Selain itu, website juga menjadi salah satu representasi yang dimiliki dari sebuah produk. Yang intinya adalah sebaik apapun kualitas produk yang Anda punya, orang-orang akan lebih cenderung memandang sebelah mata, jika Anda belum mempunyai sebuah website. Sudah bukan menjadi rahasia umum jika sering terjadi kesalahan pada website. Jika Anda adalah pemilik website tersebut, mungkin akan mengalami kepanikan. Apalagi jika jasa pembuat website ternyata susah untuk dihubungi.

Sebenarnya, secara prinsip kendala yang terjadi jika mengalami kegagalan dalam akses website terangkum dalam beberapa faktor. Ada juga yang terakses ke halaman mercusuar sehingga perlu tahu bagaimana cara mengatasi mercusuar. Secara garis besar, jika mengalami kendala akses pada website, disebabkan oleh faktor berikut  :

  1. Masalah konektivitas

Seringkali, masalah koneksi menjadi faktor yang paling umum dan juga paling banyak terjadi. Indikasi utamanya adalah ketika Anda tidak dapat mengakses website dan tertera pesan bahwa “The Site Can’t be Reached”. Nah, ketika Anda menjumpai pesan tersebut, cobalah untuk mengakses kembali website tersebut dengan menggunakan koneksi yang berbeda. Anda juga bisa menggunakan koneksi selular dari ponsel Android.

Jika akses yang berbeda ternyata sukses, dapat dipastikan bahwa terdapat masalah dengan koneksi sebelumnya. Anda langsung bisa menghubungi layanan hosting yang Anda gunakan agar dapat melakukan analisa dan juga memberikan solusi terbaiknya. Untuk kasus yang paling sering terjadi adalah IP koneksi internet Anda dalam status terblokir pada farewell server yang disebabkan beberapa hal. Tidak hanya itu, dapat juga terjadi karena adanya masalah interkoneksi yang bersumber dari ISP (Internet Service Provider) yang Anda gunakan dengan server hosting kepunyaan Anda.

  1. Masalah domain

Cara Mengatasi Mercusuar

Sebenarnya, masalah “The Site Can’t be Reached” tidak hanya disebabkan oleh adanya masalah pada koneksi internet saja. Namun, pesan error tersebut juga dapat disebabkan karena domain yang Anda gunakan sedang bermasalah. Tidak hanya muncul pesan “The Site Can’t be Reached”, adanya permasalah pada domain juga bisa memunculkan pesan “this domain name expired” dan disusul dengan muncul tampilan halaman mercusuar. Untuk lebih spesifik, masalah yang terjadi pada domain adalah adanya konfigurasi DNS yang belum benar, domain tersuspend, masa aktif domain habis atau expired. Untuk masalah yang terjadi pada domain, Anda dapat menghubungi layanan yang menyediakan domain tentunya agar dapat dilakukan pengecekan dan diberikan solusi secara lengkap. Sedangkan untuk problem solving untuk masalah domain ini membutuhkan waktu propagasi selama 1 sampai 24 jam atau bahkan bisa lebih. Yang biasanya diperuntuukan untuk kasus perpanjangan masa aktif domain yang sudah terlanjur habis.

  1. Masalah pada Skrip Website

Pesan “Internet Server Error 500” merupakan sebuah pesan error yang sangat umum dijumpai yang menandakan bahwa sedang terdapat masalah pada skrip website milik Anda. Jika Anda tidak mengetahui masalah tersebut, Anda dapat segera menghubungi technical support dari jasa penyedia layanan hosting yang Anda gunakan. Tentunya, mereka akan membantu untuk menganalisa penyebab error kemudian menjelaskan secara detail kepada Anda untuk selanjutnya akan dibantu secara maksimal agar website Anda dapat tampil kembali dengan benar.

Cara Mengatasi Mercusuar Ketika Mengakses Website

Cara Mengatasi Mercusuar

Tampilan mercusuar yang Anda lihat biasanya dialami oleh pengguna koneksi internet dari Telkom speedy ataupun indihome. Nah, untuk pengguna internet lainnya akan muncul pesan “network error”. Error tersebut biasanya disebabkan oleh adanya gangguan DNS yang terjadi pada koneksi yang digunakan. Berikut ini merupakan cara mengatasi mercusuar pada website Anda:

  1. Cara Mengatasi Mercusuar Clear Cache DNS

Cache merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk menyimpan berkas dalam bentuk statis yang nantinya akan dimuat jika pengguna mengunjunginya atau mengeksekusinya. Sehingga, jika pengguna pernah melakukan kunjungan pada suatu situs dan terindikasi error kemudian dialihan ke mercusuar, maka selamanya akan seperti itu. Cara tersebut merupakan cara yang paling sederhana dengan cara meghapus cache pada DNS. Anda bia mengklik tombol start yang terdapat pada windows dan ketikkan CMD kemudian tekan enter. Selanjutnya, pada CMD, Anda dapat mengetik ipconfig/flushdns kemudian tekan enter. Selanjutnya Anda dapat mereload browser yang juga clear chace maupun cookies yang terdapat pada website Anda terlebih dahulu. Apabila masih terjadi kendala Anda dapat melakukan cara yang kedua.

  1. Cara Mengatasi Mercusuar Menggunakan VPN

Dengan menggunakan VPN, nantinya akan bisa memperbaiki DNS yang semula error karena yang membuat beberapa pengguna yang mengakses website dialihkan ke halaman mercusuar. Anda juga dapat menggunakan browser extension yang terdapat pada browser chrome untuk mendapatkan VPN secara gratis.

  1. Cara Mengatasi Mercusuar Mengganti Koneksi Internet

Anda juga bisa mencoba dengan mengakses website yang Anda gunakan dengan memakai koneksi internet selain dari Telkom.

  1. Periksa Domain dan Server Website

Cara Mengatasi Mercusuar

Sebenarnya, yang paling penting adalah dengan melakukan checking pada domain tersebut. Agar Anda juga dapat mengetahui apakah masih akti atau bisa saja pengguna lupa belum melakukan renew sehingga mengakibatkan domain tersebut kadaluarsa dan tidak dapat digunakan kembali. Jika domain yang Anda periksa masih aktif, bisa jadi karena server dari website tersebut sedang mengalami down atau ada yang bermasalah untuk sebagian ISP. Atau bisa jadi karena adanya pemblokiran secara otomatis yang terjadi pada sistem dan yang lain. Anda juga dapat mengkonsultasikan masalah ini dengan customer service dari adanya layanan server.

  1. Cara Mengatasi Mercusuar Alihkan Mercusuar Khusus Halaman yang Error

Beberapa masalah ini terjadi hanya jika pemilik website belum penah membuah sebuah halaman error (kode 404). Sehingga setiap kali melakukan kunjungi halaman yang tidak pernah ada, akan langsung dialihkan ke halaman mercusuar. Untuk solusinya sangat mudah, Anda dapat membuat sebuah halaman error 404 pada website yang Anda kunjungi.

Dengan menggunakan kelima cara diatas, harapannya dapat menyelesaikan permasalahan Anda dalam cara mengatasi mercusuar. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.