Cara Mengatasi Lupa Password Gmail
Blog Tips Keren

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail

Cara mengatasi lupa password Gmail kini bisa anda temukan dan dapatkan dengan mudah. Dalam hal ini, anda akan melihat bahwa banyak sekali hal yang bisa memicu lupa tersebut. Di sisi lain, anda pun juga berupaya membuat sebuah password yang susah ditebak agar lebih aman. Tapi ini terkadang bisa menjadi senjata makan tuan ketika anda akhirnya jadi lupa dengan password tersebut. Alih-alih mendapatkan solusi, yang ada malah anda sendiri yang nantinya malah kesulitan. Jika sudah demikian, maka jalan terbaik mengatasinya adalah dengan mencoba untuk mengetahui cara mengatasi lupa password Gmail. Dengan adanya penerapan yang tepat, maka password anda akan kembali dipulihkan dengan mudah. Mungkin ini juga bisa menjadi pelajaran bagi anda supaya di lain waktu sebaiknya anda menyimpan password anda tersebut sebelum semuanya terlambat.

Anda juga tak perlu panik, karena raksasa mesin pencari Google selaku pemilik dari Gmail ini pastinya juga telah menyediakan cara mengatasi lupa password Gmail yang tepat didalamnya. Hasilnya tentu saja akan memberikan kemudahan kepada anda untuk bisa keluar dari masalah yang berkepanjangan tersebut. Anda pun juga tidak perlu kesulitan lagi dalam menerapkannya nanti. Inilah yang pastinya akan bisa anda capai dan dapatkan didalanya.

Panduan Cara Mengatasi Lupa Password Gmail

 

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail
idwebhost.com

 

Berikut adalah beberapa hal tentang cara mengatasi lupa password Gmail yang bsia anda mulai. Dalam hal ini, sebaiknya anda mencoba menerapkan beberapa langkah yang tepat terlebih dahulu:

  • Pastikan bahwa akun anda sudah memiliki alamat email kedua yang nantinya bisa digunakan sebagai sarana verifikasi yang anda butuhkan didalamnya. Dengan cara tersebut, maka proses ini akan bisa berjalan dengan signifikan sebagaimana yang anda butuhkan didalamnya.
  • Kemudian, hal lain yang juga sebaiknya anda perhatikan dalam cara mengatasi lupa password Gmail adalah ketika anda memastikan bahwa anda belum login sama sekali ke akun anda dalam kurun waktu 5 hari.

Apabila sudah menerapkan dua hal di atas, maka kini anda sudah siap untuk berlanjut ke langkah selanjutnya. Dalam hal ini, cara mengatasi lupa password Gmail yang diterapkan adalah masuk saja ke halaman login Gmail yang anda sediakan seperti biasanya. Dari sini anda nanti akan dimintai untuk memasukan alamat email pada kolom yang telah disediakan. Di sinilah anda hanya tinggal memasukan email tersebut. Kemudian, pilih Forgot Password.

Gmail Akan Memberikan Pertanyaan Kepada Anda

Setelah penerapan cara mengatasi lupa password Gmail di atas, maka anda akan mendapatkan pertanyaan langsung dari Gmail yang ingin memastikan bahwa anda adalah identitas asli dari pemilik email terkait. Dari sini beberapa hal yang bisa anda lakukan antara lain:

  • Apabila anda memasukan jawaban anda, jangan lupa memasukannya dan kemudian tinggal langsung saja megeklik Next.
  • Jika sudah, maka anda bisa menggunakan email kedua yang nantinya berisikan nomor telepon yang anda miliki. Di sinilah anda sebaiknya melakukan proses verifikasi yang dibutuhkan.

Beberapa pertanyaan ini memang cukup krusial mengingat anda adalah pemilik akun tersebut. Jadi jika anda sudah bisa menjawabnya, maka nantinya akan muncul halaman baru yang anda butuhkan, yaitu Account Recovery. Pada pilihan yang baru ini anda bisa tinggal memasukan saja urutan yang anda ingat didalamnya.

  • Anda kemungkinan akan ditanyai mengenai Password sebelumnya yang anda inginkan. Jadi pastikan anda mengingat-ingat lagi dengan betul apa password terakhir yang sekiranya anda pergunakan didalamnya.
  • Verifikasi dengan kode akan dilakukan menjadi sebuah langkah 2 step authentication pada akun Gmail yang anda miliki. Jika anda memilih 2 step authentication, maka di sini anda harus memasukan kode yang bisa anda dapatkan dari beberapa cara, yakni dengan SMS yang didapatkan dari Google. Kemudian, memakai aplikasi Google Authenticator, atau melakukan Back Up Codes dari Google. Silahkan memilih mana yang paling signifikan menurut anda. Tentu bisa juga menggunakan opsi ke satu jika anda menginginkannya.

Jika Anda Melakukan Autentikasi Dari Nomor Telepon

 

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail
idwbhost.com

 

Apabila anda melakukan autentikasi dengan menggunakan nomor telepon cara mengatasi lupa password Gmail maka di sinilah anda harus tahu berapa nomor HP yang anda pergunakan dan masukan ketika pertama kali mendaftar di Gmail itu sendiri. Biasanya nanti nomor tersebut akan dimintai langsung ketika anda melakukan Registrasi. Kalau anda masih menggunakan nomor anda saat ini, maka itu bagus. Kenapa? Karena dari sini cara mengatasi lupa password Gmail akan bisa segera anda tuntaskan dengan mudah.

Anda hanya tinggal memasukan saja nomor HP yang terhubung dengan Gmail tersebut. Kemudian, dalam sekejap anda akan bisa mendapatkan informasi yang anda butuhkan didalamnya. Pada dasarnya nanti anda akan dikirim kode verifikasi yang bisa akan anda peroleh dengan mudah melalui SMS itu sendiri.

Jika Anda Menggunakan Alamat Email Kedua

Nah, ada satu lagi dari cara mengatasi lupa password Gmail yang signifikan, yakni bagaimana jika anda menggunakan alamat email kedua? Di sini anda hanya tinggal memasukannya saja. Pada tahap recovery ini, anda akan langsung ditanyai oleh pihak Gmail mengenai Email kedua yang anda pergunakan sebagai recovery tersebut. Jika anda sudah memilikinya, maka code akan dikirimkan langsung dari email tersebut. Jadi di sinilah anda akan bisa mendapatkan semua yang anda butuhkan. Nantinya tinggal memasukan kode tersebut saja, dan anda bisa mengatasi masalah lupa password ini dengan segera.

Jika Anda Menggunakan Security Question

Hal selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan adalah ketika anda menggunakan Security Question yang ada didalamnya. Dari sini anda akan dipandu untuk menjawab pertanyaan keamanan yang diajukan oleh Gmail kepada anda. Setelah itu, anda pun tinggal menjawabnya saja. Biasanya pertanyaan keamanan ini juga akan bisa anda dapatkan ketika anda mendaftar pertama kali di Gmail itu sendiri. Dari sini anda hanya tinggal menjawabnya saja sesuai dengan pertanyaan yang tertera tersebut.

Cara Menjawab Pertanyaan Kapan Membuat Akun Gmail Tersebut

 

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail
idwebhost.com

 

Google juga akan meminta anda untuk memasukan bulan dan tahun dibuatnya Gmail atau Google tersebut. Apabila anda telah menggunakannya dalam kurun waktu lima hari, tapi belum memasukan email kedua, maka sebaiknya anda tunggu saja sampai 5 hari tersebut berlalu.

Baca Juga: Tips Ampuh untuk Membangun Bisnis Online Bagi Pemula

Kesimpulan

Kini anda sudah tahu penerapan cara mengatasi lupa password Gmail yang bisa anda lakukan. Dalam hal ini, anda bisa mencoba untuk melakukannya dari sekarang. Dengan demikian, anda pun akan mampu memperoleh keuntungan yang lebih baik lagi nantinya. Dimana anda akan bisa dengan mudah mengatasi masalah Password yang bermasalah itu sendiri. Tidak ada yang sulit dalam mengganti password tersebut selama anda tahu dan memahami bagaimana cara melakukan semua itu dengan tepat dan baik didalamnya. Di sinilah semua itu akan bisa anda terapkan dengan signifikan itu sendiri.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.