Cara Mengatasi Login Error phpMyAdmin
Blog Tutorial Cara Mengatasi Login Error phpMyAdmin

Cara Mengatasi Login Error phpMyAdmin

Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami gagal login saat mencoba akses phpmyadmin di cpanel? Atau saat ini Anda sedang mengalami kendala login error phpMyadmin? Anda sudah mencoba menggunakan password dari akun data base untuk melakukan login? Cara ini tentu tidak akan bisa, karena akses phpmyadmin di cpanel sendiri memang harus langsung dari cpanel. Lantas bagaimana Cara Mengatasi Login Error phpMyAdmin?

Sebagai tambahan informasi phpMyAdmin merupakan software gratis berbasis scripting language PHP yang mana bertujuan untuk memberi kemudahan bagi kita dalam mengelola database MySQL. Jika kita tidak menggunakan phpMyAdmin, maka  kita perlu menggunakan terminal untuk mengelola database, tentu saja hal ini akan rumit dan menyita waktu serta tenaga kita. Dengan adanya phpMyAdmin Anda tidak perlu lagi susah payah dalam mengelola database MySQL, karena phpMyAdmin memiliki user interface grafis yang mudah digunakan.

Selain itu phpMyAdmin telah mendukung banyak operasional MySQL, MariaDB, dan Drizzle, dengan hal ini Anda bisa menggunakan untuk mengelola database, columns, tables, indexes, users, Anda juga bisa meng-execute SQL statement apa pun secara langsung, dan masih banyak fungsi/perintah lain yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengatasi Login Error phpMyAdmin: Error 1045 (28000)

Cara Mengatasi error 1045 phpmyadmin

Pesan error di atas biasanya terjadi pada PhpMyAdmin pada debian 9. Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya.

Pada dasarnya PhpMyadmin pada debian 9 tidak bisa langsung digunakan, hal ini berbeda dengan pendahulunya atau Operating Sistem Linux lainnya. Pada Debian 9 untuk dapat menggunakan phpMyAdmin kita harus melakukan langkah setting tambahan agar dapat login ke phpMyAdmin.

Contoh Tulisan Error yang muncul adalah: error 1045 (28000): access denied for user ‘root’@’localhost’ using password yes

Cara Mengatasi error 1045 dengan melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Ketik command di bawah, lalu enter

mysql -u root -p mysql

  1. Setelah itu, Anda akan masuk ke command MariaDB [mysql], ketikan query seperti di bawah ini.

UPDATE user SET plugin=” WHERE user=’root’;

  1. Ketik query di bawah ini,

flush privileges;

  1. Ketik query di bawah ini untuk keluar dari mysql.

exit;

  1. Buka file konfigurasi dengan perintah di bawah supaya bisa masuk tanpa password pada phpMyAdmin.

nano /etc/phpmyadmin/config.inc.php

  1. Setelah terbuka, ctrl+w untuk mencari kalimat yang diinginkan. Lalu, ketik kalimat yang ingin dicari:

AllowNoPassword

Tekan enter. Jika sudah ketemu, hapus tanda // sebelum $cfg istilahnya sih, uncomment. Setelah itu simpan.

  1. Sekarang coba login phpmyadmin dengan cara menulis username saja tanpa password. Jika phpMyAdmin Anda menyimpan data-data penting dan kredensial. Kami merekomendasikan untuk memberi password login.
  2. Memberi Pasword Login, dengan cara:

mysql_secure_instalation

  1. Tekan enter dan buat password baru.
  2. Masalah teratasi.

Cara Mengatasi Tidak Dapat Login PHPMyadmin di Cpanel

Cara Mengatasi Tidak Dapat Login PHPMyadmin di Cpanel

Erro phpMyAdmin tidak selalu datang dari dalam atau internal, namun juga karena faktor di luar. Ketika Anda melakukan update versi WHM/cpanel atau karena terjadi kendala dari server, bisa juga mengakibatkan akses ke phpmyadmin membutuhkan username dan password.

Ketika Anda menghadapi kendala phpMyAdmin membutuhkan username dan pasword, atau c panel Anda muncul permintaan pasword. Anda tidak perlu panik, ini hal yang biasa terjadi. Cara mengatasi hal ini, silakan untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini sebelum Anda memutuskan untuk menghubungi support dari layanan hosting yang Anda gunakan.

Cara Mengatasi Tidak Dapat Login PHPMyadmin di Cpanel

  • Silakan Anda untuk mengakses cpanel Anda melalui link namadomainAnda.com/cpanel atau sesuai dengan panduan login cpanel dari penyedia hosting yang Anda gunakan.
  • Silakan Anda cari menu “Password & Security” dan klik menu tersebut.
  • Silakan Anda masukan password lama dan baru cpanel, kemudian Anda klik tombol “Change your password now!”
  • Silakan Anda lakukan logout dari cpanel dan tunggu beberapa saat, kemudian kembali login. Sekarang coba Anda akses phpmyadmin kembali.
  • Masalah Teratasi.

Meminta Bantuan Penyedia Layanan Mengatasi Login Error phpMyAdmin

Meminta Bantuan Penyedia Layanan Mengatasi Login Error phpMyAdmin

Sebenarnya untuk cara di atas sudah dapat bekerja dengan baik. Akan tetapi mungkin sebagian dari Anda belum memahami bahasa perintah command, atau sudah melakukan langkah demi langkah namun masih mengalami kendala. Maka ada baiknya Anda untuk menghubungi penyedia layanan Anda.

Error phpMyAdmin gagal login ke cpanel ini juga tidak bisa Anda lakukan perbaiki jika password lama login ke cpanel lupa. Satu-satunya cara yang mudah untuk mengatasi hal tersebut adalah mencoba meminta panduan dari support hosting, lalu minta reset password cpanel terlebih dahulu. Setelah itu Anda akan mendapatkan pasword baru yang kemudian bisa Anda ubah sesuai keinginan Anda.

Sehingga bagi Anda yang tidak terbiasa atau belum terbiasa dengan langkah-langkah di atas. Tidak apa-apa, Anda tetap dapat mengakses phpMyAdmin Anda dan mengatasi error yang terjadi, yaitu dengan meminta bantuan dari penyedia layanan hosting yang Anda gunakan.

Bagi Anda pengguna layanan hosting murah terbaik di Indonesia IDwebhost, Anda bisa langsung menghubungi tim support hosting kami, yang mana siap melayani 24/7 secara penuh. Jangan ragu untuk menyampaikan error atau masalah yang Anda hadapi seputar hosting atau layanan yang Anda gunakan.

Fitur-Fitur phpMyAdmin

Fitur-Fitur phpMyAdmin

PhpMyAdmin memiliki berbagai fitur yang dapat membantu kita dalam mengembangkan website. Bagi Anda yang mengelola webiste dan berurusan dengan data, seperti misalnya website toko online, maka Anda akan dimudahkan dengan berbagai fitur phpMyAdmin. Salah satu kegunaan yang dimiliki phpMyAdmin adalah kemudahan dalam membuat database sebuah website. Hal ini karena phpMyAdmin merupakan salah satu fitur yang telah melekat di cPanel, sehingga Anda bisa langsung mengaksesnya melalui cPanel website Anda.

Berikut adalah beberapa fitur phpMyAdmin yang membuat software satu ini banyak digunakan:

  1. phpMyAdmin memiliki interface yang sangat user-friendly dan intuitif. Ini menjadikannya mudah dipelajari. Tidak heran jika Anda dapat mempelajari dan membiasakan diri dengan fitur-fiturnya dengan mudah dan cepat.
  2. phpMyAdmin memperbolehkan Anda sebagai user untuk memanfaatkan berbagai fungsi MySQL, termasuk mengelola database, menjalankan queries MySQL, mengeksekusi statement MySQL, mengelola user dan permission dan masih banyak lagi.
  3. Anda juga bisa mengimport dan mengexport data dari dan ke berbagai format melalui phpMyAdmin.
  4. Keberadaan pre-defined fuctions, Anda bisa mengubah format data-data yang sudah tersimpan
  5. phpMyAdmin juga bisa membuat graphics database dalam bentuk PDF, bersamaan dengan beberapa queries yang kompleks dibantu dengan query-by-example.
  6. phpMyAdmin juga berfungsi untuk melakukan pencarian pada database.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Cara Mengatasi Login Error phpMyAdmin. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan dapat membantu Anda.  Jangan lupa kunjungi IDwebhost untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik, diskon hosting, domain murah, setiap harinya. Anda juga dapat membaca berbagai artikel menarik seputar teknologi hanya di blog IDwebhost. Terima kasih, salam. Ari IDwebhost.