Cara Mengatasi Error 503 Valid RCPT Command Must Precede Data
Blog Tips Keren Cara Mengatasi Error 503 Valid RCPT Command Must Precede Data

Cara Mengatasi Error 503 Valid RCPT Command Must Precede Data

Cara mengatasi error 503 valid rcpt command must precede data perlu anda ketahui jika anda mengalami masalah pada program email yang anda gunakan, khususnya untuk Microsoft Outlook. Masalah error 503 ini sering kali terjadi dan ada beberapa langkah signifikan yang bisa anda terapkan guna mengatasinya. Ada banyak cara yang bisa anda terapkan dalam cara mengatasi error 503 ini. Yang jelas penerapannya juga tidak sesulit yang anda bayangkan. Berikut adalah penjelasan dari IDwebhost mengenai solusi terhadap masalah terkait.

Cara Mengatasi Error 503 Valid RCPT Command Must Precede Data Yang Benar

Cara mengatasi error 503 valid rcpt command must precede data bisa anda atasi tanpa perlu lama-lama lagi. Pada dasarnya masalah ini harus anda atasi dengan segera agar tidak menimbulkan dampak yang lebih signifikan lagi.

Apostrop: Pertama ada kalanya hal tersebut terjadi karena ada kesalahan pada bagian apostrop yang ada didalamnya. Ini adalah sebuah tanda kutip single yang terkadang menjadi pemicu masalah error tersebut muncul. Di sini anda akan melihat ada karakter non alphabet yang menjadikan error ini datang. Jadi anda hanya tinggal menggantinya atau mengeditnya saja supaya email program anda bisa berjalan dengan lancar lagi seperti semula.

 

Cara Mengatasi Error 503 Valid RCPT Command Must Precede Data
idwebhost.com

 

VPN: ada kalanya masalah ini juga datang karena anda masih mengaktifkan VPN di email anda. Jika masalah terus berlanjut maka salah satu jalan yang bisa anda tempuh adalah mematikan VPN yang mengganggu tersebut sehingga proses berkirim pesan via program email terkait sudah bisa anda atasi dengan mudah dan segera. Hal ini akan lebih memudahkan anda untuk mengirim email lagi tanpa mengalami kendala apapun yang signifikan dan bisa mengganggu performa anda nantinya.

Full Mailbox: Masalah yang lainnya adalah karena mailbox sudah melebih kuota yang ada, jadi anda pun harus melakukan beberapa tahapan agar cara mengatasi error 503 valid rcpt command must precede data bisa segera didapatkan dengan mudah. Yang perlu anda lakukan cukup sederhana, yaitu menghilangkan tanda centang atau check pada bagian opsi yang ada didalamnya. Pastikan anda memahami jika tanda check itu kemudian anda hilangkan, maka program email akan secara otomatis mendownload seluruh email, dan data yang ada di server anda juga akan dihapus. Yang harus anda lakukan yakni masuk ke Outlook, kemudian masuk pada bagian Tools – account settings – more settings – advances – uncheck bagian leave a copt of this message on the server. Kemudian tinggal tunggu waktu saja proses berjalan.

Permasalahan Pada Bagian SMTP Port, Server Authentication Dan Lain Sebagainya

Cara mengatasi error 503 valid rcpt command must precede data yang berikutnya adalah terkait dengan masalah pada beberapa baagian yang lebih spesifik lagi. Untuk itu anda harus mengikuti panduan yang ada agar tidak mengalami permasalahn nantinya:

SMTP Port: Permasalahan yang paling awal timbul pada bagian SMTP Port ini. Disini seharusnya anda bisa menggunakan port dengan angka 27 sebagai ganti dari port 25. Jadi kalau masalahnya ternyata ada di kemunculan angka ini, anda harus segera menggantinya dengan angka yang sudah direkomendasikan sebelumnya.

 

Cara Mengatasi Error 503 Valid RCPT Command Must Precede Data
idwebhost.com

 

Server Authentication: seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa mengatasi masalah ini juga mungkin terkait dengan adanya server authentication yang bermasalah. Disini biasanya setup default untuk outgoing server authentication terpasang. Jadi anda hanya tinggal masuk ke bagian outlook, kemudian pilih tools – account settings – more settings – advanced. Kemudian ubahlah bagian outgoing yang tadi dijelaskan ke auto. Disinilah anda bisa membuka kembali more settings kemudian pilih outgoing server. Kemudian lanjut untuk men-check pada bagian my outgoing server uses the same authentication as my incoming server. Jika anda memilih untuk remember your password, maka yang harus anda lakukan nanti tidak perlu memasukan lagi password saat mengirim email. Jadi semua akan bisa berjalan dengan lebih praktis pastinya.

Sender Matching:  Cara mengatasi error 503 valid rcpt command must precede data juga bisa dilakukan dengan cara mengecek ulang alamat email yang anda gunakan. Jadi cek lagi apakah email anda tersebut benar-benar sesuai satu sama lain atau tidak. Jangan mengisi data alamat email yang ada di bagian kategori from dengan alamat email yang berbeda dengan settingan yang anda pasang di outgoing email setting. Kalau sampai tidak ada sender matching atau kesesuaian antara email yang disimpan di sistem, dan email yang anda tulis pada bagian form, sudah pasti hal tersebut akan menyebabkan masalah error ini terjadi secara signifikan.

Permasalahan Pada Bagian Outlook PST Files Dan Mail Screening

Selanjutnya, ada kalanya permasalahan tersebut juga terjadi pada bagian outlook PST Files yang menyebabkan error tersebut terjadi. Hal ini mungkin karena ada file yang corrupt atau rusak pada bagian file outlook PST tersebut. Jika anda masih belum tau apa itu PST, anda harus tau bahwa ini adalah semacam mail archive yang ada didalamnya. Jadi lakukan perbaikan pada satu file atau beberapa file yang ada didalamnya. Setelah itu lihat apakah ada perubahan yang signifikan terjadi didalamnya. Satu haal yang pasti, apabila anda mampu melakukannya dengan benar maka akan semakin banyak manfaat yang akan bisa anda capai dan dapatkan di dalamnya.

 

Cara Mengatasi Error 503 Valid RCPT Command Must Precede Data
idwebhost.com

 

Baca Juga: Ini Dia! 6 Cara Membuat Judul Blog Dengan Baik

Mail Screening juga menjadi langkah atau solusi terakhir yang bisaa anda terapkan dalam cara mengatasi error 503 valid rcpt command must precede data ini. Pada dasarnya semua langkah sudah anda terapkan diatas, tapi tak ada satu pun yang berakhir, maka anda bisa menggunakan program yang bernama Mail Washer atau semacamnya. Ini akan mampu memberikan kepada anda solusi yang tepat sehingga jika ada masalah pada bagian mail anda maka hal tersebut. Tapi ada kalanya ini menjadi pedang bermata dua, program mail screening tersebut malah menjadi penyebab dari timbulnya masalah ini. Jadi yang anda lakukan selanjutnya sebaiknya adalah menon aktifkan program mail screening tersebut jika masalah yang sama masih muncul. Kalau perlu anda juga sebaiknya mematikan program anti virus yang ada didalamnya agar tidak ada lagi masalah yang timbul didalamnya nanti.

Kesimpulan

Ternyata langkah untuk mengatasi masalah error 503 yang muncul tidaklah sulit. Pada dasarnya dengan penerapan yang tepat dan solusi yang signifikan, hal ini akan bisa ditangani dengan segera dan tepat. Jadi anda pun tidak perlu khawatir dan cemas lagi. Problem tersebut akan bisa segera solved dengan sendirinya. Anda pun akan bisa mendapatkan solusi yang terbaik dan menghindarkan dari masalah tersebut nanti muncul lagi di kemudian hari. Anda juga akan mampu untuk mendapatkan berbagai kemudahan yang akan lebih banyak lagi nanti bisa anda peroleh yang ada di dalamnya. Jadi jangan sampai anda melewatkannya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.