Cara Menerapkan Guerilla Marketing ke Bisnis
Blog Tips Keren Cara Menerapkan Guerilla Marketing ke Bisnis

Cara Menerapkan Guerilla Marketing ke Bisnis

Apakah Anda akan menjalankan strategi guerilla marketing? Jika iya, maka Anda sudah berada dalam artikel yang tepat. Pada kesempatan kali  ini kita akan membahas tuntas cara menerapkan guerilla marketing ke bisnis, agar bisa diaplikasikan pada bisnis yang sedang Anda bangun saat ini.

Pertama-tama, mari kita kenali apa itu Guerilla marketing atau pemasaran gerilya? Guerilla marketing pertama kali diperkenalkan oleh Jay Conrad Levinson. Prinsip dari model pemasaran ini adalah dengan membidik target semaksimal mungkin menggunakan peluru seminimal mungkin.

Salah satu yang menonjol dalam menjalankan prinsip dari Guerilla marketing adalah seperti melakukan promosi di media-media yang menjangkau banyak viewer, dengan melakukan promosi berupa iklan yang dibuat sekreatif mungkin baik dalam bentuk gambar, atau audio visual.

Guerilla marketing juga menekankan pentingnya melakukan komunikasi yang sporadis dalam kampanye pemasaran produk, namun dengan tetap menggunakan  strategi promosi biaya rendah, walau demikian strategi ini tetap menargetkan hasil yang optimal.

Dalam perkembangannya guerilla marketing, telah menjalar ke ranah online atau populer disebut dengan istilah guerilla digital marketing. Nah seperti apa sih cara menerapkan guerilla marketing ke bisnis  Anda? Simak pembahasan berikut ini:

  1. Cara Menerapkan Guerilla Marketing ke Bisnis Dengan Kenali Audiens Anda

Cara Menerapkan Guerilla Marketing ke Bisnis Dengan Kenali Audiens Anda

Dalam menjalankan strategi guerilla marketing, pertama-tama Anda harus mengenali siapa target audiens pemasaran Anda. Tentu, Anda sudah memiliki data ini dalam rencana bisnis yang pernah Anda buat. Maka Anda bisa menggunakan data tersebut sebagai modal awal mengenali calon audiens Anda.

Akan tetapi, dalam perkembangan pemasaran online, sifat pasar sangat mudah berubah. Maka alangkah baiknya Anda melakukan peninjauan ulang mengenai siapa audiens Anda dalam program promosi guerilla marketing ini. Sebab, mengenali audiens secara tepat adalah langkah utama dalam Guerilla Marketing.

Dengan Anda melakukan update audiens pada periode dan kondisi terkini, maka Anda menjadi tahu apa konten yang tepat untuk mereka dan cara terbaik untuk menyampaikannya. Terutama di media sosial atau internet yang mudah berubah.

Dengan Anda memahami audiens Anda, maka Anda bisa menentukan konten seperti apa yang cocok untuk mereka. Hal ini juga perlu disesuaikan dengan platform yang akan Anda gunakan dalam menjalankan strategi guerilla marketing ke bisnis Anda.

Misalnya Anda akan melakukan promosi menggunakan Instagram, tentu audiens yang ada akan berbeda perlakuan dalam konten dibandingkan mereka pengguna Facebook, Twitter atau  tiktok. Maka penting bagi Anda untuk melakukan riset guna mengetahui audiens Anda sesuai dengan platform yang mereka gunakan.

  1. Sesuaikan Guerilla Marketing dengan Anggaran Bisnis Anda

Dalam menjalankan strategi pemasaran, tentu yang menjadi poin penting adalah kesesuaian strategi yang akan Anda pilih dengan kondisi atau kebutuhan dari bisnis Anda. Ini terkait konten yang nantinya akan Anda buat untuk promosi.

Anda perlu menjawab pertanyaan apakah Anda ingin membuat video marketing yang viral? Ataukah Anda ingin menggunakan sebuah strategi marketing secara sembunyi-sembunyi? Melakukan soft marketing? Atau melakukan hard marketing? Konten bercerita? Atau langsung pada poin produk?

Anda perlu menjawab semua pertanyaan terkait kebutuhan konten dan kesesuaian pada bisnis Anda. Lalu, Anda akan memutuskan jenis strategi guerilla marketing seperti apa yang nantinya akan Anda pilih. Itu pun, Anda harus menyesuaikan kembali dengan jenis bisnis, sumber daya bisnis, kebutuhan bisnis, dan ide kampanye dari bisnis Anda.

Sebagai contoh; ketika bisnis Anda masih dalam tahap berkembang, maka gunakan guerilla marketing dengan anggaran yang tidak terlalu besar. Anda bisa menggunakan iklan di media sosial dengan jangkauan audiens dalam satu area kecil, dan tertarget pada usia dan gender yang memang menjadi target market Anda.

Menggunakan guerilla marketing memang cenderung jauh lebih murah dalam hal biaya iklan. Namun semua kembali lagi pada kemampuan Anda mengelola kampanye iklan Anda. Jika Anda salah dalam menentukan target, salah dalam melakukan strategi pemasaran dan iklan Anda di internet, maka biaya yang Anda gunakan untuk iklan juga akan sia-sia.

Perlu Anda catat baik-baik dalam menjalankan strategi guerilla marketing untuk bisnis Anda adalah, menekan biaya seminimal mungkin, dengan melakukan targeting pasar yang tepat. Sehingga ketika Anda bisa menjangkau 100 orang, paling tidak 20% adalah pasar potensial Anda, dan menjadikan produk Anda laku dalam program iklan tersebut.

  1. Cara Menerapkan Guerilla Marketing Dengan Ide Kreatif dan Pesan Yang Jelas

Ciptakan Ide Kreatif dan Pesan Yang Jelas

Selanjutnya cara menerapkan Guerilla Marketing ke bisnis adalah dengan menciptakan ide kreatif dengan pesan yang jelas. Ini menjadi perhatian penting, jangan sampai kampanye iklan Anda sia-sia karena tidak mampu ditangkap pesannya oleh audiens.

Strategi pemasaran dengan guerilla marketing yang Anda lakukan harus mampu menarik perhatian audiens dengan efek kejutan yang diberikan. Namun jangan sampai justru mereka lupa akan pesan utama dari produk Anda.

Banyak iklan viral namun karena konsepnya atau kontennya yang viral, orang lupa akan produk yang ada dalam iklan. Ini tentu menjadi tidak maksimal, karena orang mengingat konten ‘aktor’ atau alur cerita saja, dan melupakan atau tidak menangkap bahwa ada produk yang ditawarkan dalam iklan viral tersebut.

Oleh karena itu, Anda perlu untuk menghadirkan ide-ide yang segar yang belum pernah digunakan sebelumnya, namun tetap memikirkan pesan agar sampai. Pesan utama yaitu tentang produk Anda. Dengan demikian, harapannya kampanye iklan Anda akan efektif.

Ingat! Salah satu kunci suksesnya kampanye guerilla marketing terletak pada pesan yang ingin Anda sampaikan. Oleh sebab itu pastikan pesan yang ingin Anda sampaikan ke audiens jelas dan singkat, dan melekat pada ingatan mereka tentang kampanye Anda.

  1. Siapkan Call-to-Action Menuju Website Bisnis

Siapkan Call-to-Action Menuju Website Bisnis

Dalam menjalankan guerilla marketing, Anda harus memiliki Call-to-Action. Cara melakukan ini beragam, Anda bisa dengan melakukan giveaway, memberikan kupon diskon atau berbagai penawaran menarik lainnya.

Call to Action ini juga bagian tidak terpisahkan ketika Anda memasang iklan berbayar di media sosial. Call To Action berupa link pembelian, atau link menuju

Untuk mendukung Call to Action Anda bisa menarik audiens Anda menjadi bagian dari Anda dengan mengetahui lebih jauh produk dan bisnis Anda. Maka Anda membutuhkan website bisnis.

Fungsi dari pada website bisnis ini sebagai sumber informasi terkait produk dan bisnis Anda. Selain itu juga menjadi katalog bagi produk, dan media pembelian dari produk Anda.

Saat ini kebutuhan akan website bisnis atau website toko online adalah kebutuhan yang tidak dapat diindahkan oleh pelaku bisnis. Anda bisa memulai membuat website bisnis Anda dengan mengamankan nama bisnis Anda melalui program domain murah yang ada di IDwebhost.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan dukungan website yang optimal dengan menggunakan jasa pembuatan website bisnis dari IDwebhost. tentu saja dengan menggunakan layanan paket hosting murah terbaik yang telah menjadi mitra bisnis pelaku usaha di seluruh Indonesia.

Nah, bagaimana sudah siap untuk menjalankan strategi pemasaran guerilla marketing? Semoga artikel ini bisa memberi gambaran untuk Anda. Terima kasih telah membaca, salam. Ari IDwebhost.