Cara Menentukan Nama Produk Yang Memikat Pasar
Blog Tips Keren Cara Menentukan Nama Produk Yang Memikat Pasar

Cara Menentukan Nama Produk Yang Memikat Pasar

Artikel kali ini akan membahas tentang cara menentukan nama produk yang memikat pasar. Sekarang ada begitu banyak merek baru bermunculan yang sangat sulit untuk datang dengan nama baru yang memenuhi semua kriteria anda, tetapi juga sudah tersedia. Ketika muncul dengan nama produk baru, Anda perlu meneliti, merencanakan, dan bertukar pikiran, lalu menguji sebelum Anda meluncurkan.

Karena tidak sembarang nama akan digunakan. Nama produk anda harus sesuai dengan payung nama merek anda yang lebih luas sambil menceritakan kisah uniknya sendiri kepada konsumen. Itu juga harus mudah diingat, dapat ditemukan (terutama di sosial media), unik, dapat dimengerti, dan relevan.

Cara menentukan nama produk yang memikat pasar

Apa yang membuat nama produk bagus dan bagaimana anda tahu kapan anda menemukannya?

Berikut panduan kami untuk memilih nama yang hebat, menyempurnakan ide-ide anda dan menghindari kesalahan penamaan produk umum.

Tidak ada pertanyaan bahwa nama produk dapat membuat atau merusak peluncuran. Tidak peduli seberapa inovatif penawaran baru Anda, nama produk yang kikuk atau membingungkan dapat membuat pelanggan potensial tidak senang. Dan sementara itu tidak akan membuat produk yang biasa-biasa saja menjadi lebih baik, nama yang hebat adalah bagian besar dari apa yang membuat produk yang baik berhasil.

Nama yang tepat dapat:

  1. Buat produk anda lebih berkesan
  2. Memberikan informasi tentang fitur dan manfaat
  3. Menghasilkan sentimen positif terhadap merek anda
  4. Membantu anda menonjol dari pesaing
  5. Buat platform untuk mengembangkan dan memperluas jangkauan produk anda

Menentukan nama produk harus dimiliki

  • Sinergi merek: Pastikan nama produk anda selaras dengan identitas merek anda dan strategi keseluruhan.
  • Resonansi: Nama produk Anda harus beresonansi dengan pelanggan ideal anda, membangkitkan perasaan, persepsi atau kesan yang diinginkan.
  • Skalabilitas: Pikirkan jangka panjang. Apakah anda melihat ini sebagai produk yang berdiri sendiri atau jika berhasil, dapatkah itu tumbuh menjadi lini produk yang lebih besar? Jika anda membayangkan yang terakhir, anda ingin mempertimbangkannya saat memilih nama.
  • Visibilitas: Jika orang tidak dapat dengan mudah menemukan dan mencari produk anda secara online, anggap sudah mati pada saat kedatangan.
  • Kekhasan: Persaingan akan sengit. Anda menginginkan nama yang akan membuat produk anda menonjol dari keramaian.
  • Panjang Umur: Jangan tergoda untuk menggunakan mode terbaru sebagai inspirasi untuk nama produk baru anda. Tanyakan kepada diri sendiri, “akankah nama ini masuk akal bagi orang-orang dalam 20 tahun?”
  • Kesederhanaan: Terkadang, kami salah mengeja sesuatu dan Google mengetahui apa yang kami maksud dan mengarahkan kami ke arah yang benar. Tetapi apakah anda benar-benar ingin membiarkannya terjadi secara kebetulan? Pastikan nama produk anda tidak terlalu sulit untuk dieja atau diucapkan; jika tidak, orang akan kesulitan menemukannya dan membicarakannya. Buat itu mudah bagi audiens anda.

Cara menentukan nama produk yang memikat pasar

Peran menentukan nama produk anda

Nama produk Anda seharusnya terdengar keren (walaupun tidak sakit), tugas utamanya adalah memandu pelanggan ideal Anda untuk membelinya, dengan menunjukkan kepada mereka mengapa itu pilihan yang tepat bagi mereka.

Jika Anda berada di pasar untuk laptop baru dan karena Anda membawanya di ransel Anda sepanjang hari, menjadi ringan adalah fitur yang paling penting bagi Anda, apakah Anda akan memilih MacBook Pro atau MacBook Air? Ada pemenang yang jelas di sini.

Nama produk Anda juga harus menanamkan kepercayaan pada merek Anda. Ini dicapai dengan konsistensi. Jika semua nama produk Anda terdengar seperti iPhone, iPad, iTunes, dan Anda tiba-tiba meluncurkan layanan musik baru yang disebut “Streamy,” itu akan terdengar acak dan berpotensi menyebabkan pelanggan Anda kehilangan kepercayaan pada merek.

Terakhir, nama produk Anda harus membantu merek Anda menghasilkan buzz. Anda ingin nama Anda menjadi orang yang mengubah item umum menjadi sesuatu yang spesifik. Pikirkan merek yang telah membuat tanda. Berapa banyak dari kita yang meminta tisu, bahkan jika kita mencari tisu wajah merek generik?

Cara menentukan nama produk

  • Lihatlah merek anda dan produk yang ada

Produk baru Anda akan duduk berdampingan dengan orang lain dalam jangkauan anda, baik sekarang atau di masa depan. Sehingga anda memerlukan nama yang akan bekerja selaras dengan merek anda yang ada dan bahasa pemasaran Anda. Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana Anda diterima oleh pelanggan. Bayangkan merek dan nama produk anda ditulis dalam katalog atau di situs ulasan. Mereka harus bekerja sama dan memberikan kesan kohesi dan perencanaan strategis.

  • Evaluasi nama produk pesaing anda

Seperti langkah 1, ini tentang menempatkan produk baru Anda dalam konteks dengan apa yang sudah ada di sana. Tetapi alih-alih menyesuaikan dengan merek dan lini produk Anda sendiri, tujuan Anda adalah untuk memperkuat persepsi Anda menawarkan sesuatu yang segar dan berbeda dari pesaing Anda. Cari tren bagaimana pesaing Anda memberi nama produk mereka, dan putuskan apakah Anda ingin membidik wilayah yang sama sekali baru dengan membandingkannya, atau mendukung apa yang sudah ada di sana untuk memanfaatkan pengakuan di antara pelanggan potensial.

  • Munculkan ide

Ini bagian yang menyenangkan! Anda memiliki banyak pilihan di sini – Anda dapat mengambil ide rute tradisional dan bertukar pikiran menggunakan papan tulis atau flipchart. Bekerja sebagai tim adalah cara yang bagus untuk melakukan ini. Tangkap sebanyak mungkin ide, berhati-hatilah agar tidak teralihkan ke dalam diskusi atau kritik pada tahap ini. Menempatkan temuan Anda dari langkah 1 dan langkah 2 di atas proyektor atau layar dapat membantu memicu ide.

Pilihan lain adalah menggunakan generator nama online. Layanan ini mengambil masukan dari Anda tentang produk dan merek Anda dan menghasilkan banyak nama potensial, semuanya dihasilkan secara otomatis. Mayoritas tidak akan cocok untuk Anda, tetapi Anda mungkin menemukan beberapa permata di sana untuk ditambahkan ke daftar pengujian Anda.

  • Uji ide anda

Setelah anda memiliki beberapa nama calon produk 15 adalah angka maksimum yang bagus untuk dibidik penting untuk melakukan beberapa analisis kualitatif untuk mengetahui bagaimana audiens target Anda meresponsnya. Mendapatkan umpan balik dari berbagai macam orang adalah langkah kunci dalam proses penamaan produk, dan dapat menghemat banyak langkah tambahan di masa depan. Saat merancang survei pengujian nama produk Anda, sebaiknya tanyakan tentang:

  1. menarik
  2. kepercayaan
  3. relevansi
  4. kreativitas

Cara menentukan nama produk yang memikat pasar

Kesimpulan

Hasil anda harus menunjukkan kepada Anda nama-nama teratas secara keseluruhan dan di setiap kategori. Analisis anda atas nama-nama individu akan mencakup sentimen, serta data penting tentang kemungkinan konsumen membeli produk anda.

Selamat membaca dan mengembangkan website anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.