Cara Menentukan Nama Produk Yang Memikat Pasar

Cara Menentukan Nama Produk Yang Memikat Pasar campaign-unlimited

Artikel kali ini akan membahas tentang cara menentukan nama produk yang memikat pasar. Sekarang ada begitu banyak merek baru bermunculan yang sangat sulit untuk datang dengan nama baru yang memenuhi semua kriteria, tetapi juga sudah tersedia. Ketika muncul dengan nama produk baru, kamu perlu meneliti, merencanakan, dan bertukar pikiran, lalu menguji sebelum diluncurkan.

Karena tidak sembarang nama akan digunakan. Nama produk harus sesuai dengan payung nama merek yang lebih luas sambil menceritakan kisah uniknya sendiri kepada konsumen. Itu juga harus mudah diingat, dapat ditemukan (terutama di sosial media), unik, dapat dimengerti, dan relevan.

Cara menentukan nama produk yang memikat pasar

Apa yang membuat nama produk bagus dan bagaimana cara menemukannya?

Berikut panduan kami untuk memilih nama yang hebat, menyempurnakan ide-ide dan menghindari kesalahan penamaan produk umum.

Tidak ada pertanyaan bahwa nama produk dapat membuat atau merusak peluncuran. Tidak peduli seberapa inovatif penawaran baru, nama produk yang kikuk atau membingungkan dapat membuat pelanggan potensial tidak senang. Dan sementara itu tidak akan membuat produk yang biasa-biasa saja menjadi lebih baik, nama yang hebat adalah bagian besar dari apa yang membuat produk yang baik berhasil.

Nama yang tepat dapat:

  1. Buat produk lebih berkesan
  2. Memberikan informasi tentang fitur dan manfaat
  3. Menghasilkan sentimen positif terhadap merek
  4. Membantu menonjol dari pesaing
  5. Buat platform untuk mengembangkan dan memperluas jangkauan produk

Menentukan nama produk harus dimiliki

  • Sinergi merek: Pastikan nama produk selaras dengan identitas merek dan strategi keseluruhan.
  • Resonansi: Nama produk harus beresonansi dengan pelanggan ideal, membangkitkan perasaan, persepsi atau kesan yang diinginkan.
  • Skalabilitas: Pikirkan jangka panjang. Apakah kamu melihat ini sebagai produk yang berdiri sendiri atau jika berhasil, dapatkah itu tumbuh menjadi lini produk yang lebih besar? Jika membayangkan yang terakhir, kamu ingin mempertimbangkannya saat memilih nama.
  • Visibilitas: Jika orang tidak dapat dengan mudah menemukan dan mencari produk secara online, anggap sudah mati pada saat kedatangan.
  • Kekhasan: Persaingan akan sengit. Kamu membutuhkan nama yang akan membuat produk menonjol dari keramaian.
  • Panjang Umur: Jangan tergoda untuk menggunakan mode terbaru sebagai inspirasi untuk nama produk baru. Tanyakan kepada diri sendiri, “akankah nama ini masuk akal bagi orang-orang dalam 20 tahun?”
  • Kesederhanaan: Terkadang, kami salah mengeja sesuatu dan Google mengetahui apa yang kami maksud dan mengarahkan kami ke arah yang benar. Tetapi apakah kamu benar-benar ingin membiarkannya terjadi secara kebetulan? Pastikan nama produk tidak terlalu sulit untuk dieja atau diucapkan; jika tidak, orang akan kesulitan menemukannya dan membicarakannya. Buat itu mudah bagi audiens.
Cara menentukan nama produk yang memikat pasar

Peran menentukan nama produk

Nama produk seharusnya terdengar keren. Fungs utamanya adalah memandu pelanggan untuk membelinya, dengan menunjukkan kepada mereka mengapa itu pilihan yang tepat bagi mereka.

Nama produk juga harus menanamkan kepercayaan pada merek. Ini dicapai dengan konsistensi. Jika semua nama produk terdengar seperti iPhone, iPad, iTunes, dan kamu tiba-tiba meluncurkan layanan musik baru yang disebut “Streamy,” itu akan terdengar acak dan berpotensi menyebabkan pelanggan kehilangan kepercayaan pada merek.

Cara menentukan nama produk

  • Lihatlah merekmu dan produk yang ada

Produk baru akan duduk berdampingan dengan orang lain dalam jangkauan, baik sekarang atau di masa depan. Sehingga kamu memerlukan nama yang akan bekerja selaras dengan merek yang ada dan bahasa pemasaran. Kamu juga harus mempertimbangkan bagaimana produk diterima oleh pelanggan. Bayangkan merek dan nama produk ditulis dalam katalog atau di situs ulasan. Mereka harus bekerja sama dan memberikan kesan kohesi dan perencanaan strategis.

  • Evaluasi nama produk pesaing

Seperti langkah 1, ini tentang menempatkan produk baru dalam konteks dengan apa yang sudah ada di sana. Tetapi alih-alih menyesuaikan dengan merek dan lini produk sendiri, tujuanmu adalah untuk memperkuat persepsi menawarkan sesuatu yang segar dan berbeda dari pesaing.

Cari tren bagaimana pesaing memberi nama produk mereka, dan putuskan apakah kamu ingin membidik wilayah yang sama sekali baru dengan membandingkannya, atau mendukung apa yang sudah ada di sana untuk memanfaatkan pengakuan di antara pelanggan potensial.

  • Munculkan ide

Ini bagian yang menyenangkan! kamu memiliki banyak pilihan di sini – kamu bisa menggunakan ide rute tradisional dan bertukar pikiran menggunakan papan tulis atau flipchart. Bekerja sebagai tim adalah cara yang bagus untuk melakukan ini. Tangkap sebanyak mungkin ide, berhati-hatilah agar tidak teralihkan ke dalam diskusi atau kritik pada tahap ini. Menempatkan temuanmu dari langkah 1 dan langkah 2 di atas proyektor atau layar dapat membantu memicu ide.

Pilihan lain adalah menggunakan generator nama online. Layanan ini mengambil masukan darimu tentang produk dan merek dan menghasilkan banyak nama potensial, semuanya dihasilkan secara otomatis. Mayoritas tidak akan cocok untuk semua orang, tetapi kamu mungkin menemukan beberapa permata di sana untuk ditambahkan ke daftar pengujian.

  • Uji ide

Setelah memiliki beberapa nama calon produk, 15 adalah angka maksimum yang bagus untuk dibidik penting untuk melakukan beberapa analisis kualitatif untuk mengetahui bagaimana audiens target meresponsnya. Mendapatkan umpan balik dari berbagai macam orang adalah langkah kunci dalam proses penamaan produk, dan dapat menghemat banyak langkah tambahan di masa depan. Saat merancang survei pengujian nama produk, sebaiknya tanyakan tentang:

  1. menarik
  2. kepercayaan
  3. relevansi
  4. kreativitas
Cara menentukan nama produk yang memikat pasar

Kesimpulan

Hasil ini harus menunjukkan kepadamu nama-nama teratas secara keseluruhan dan di setiap kategori. Analisis atas nama-nama individu akan mencakup sentimen, serta data penting tentang kemungkinan konsumen membeli produk.

Selamat membaca dan mengembangkan website! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.

IDwebhost merupakan penyedia layanan Jasa Pembuatan Website ternama di Indonesia yang menawarkan berbagai pilihan paket Jasa Pembuatan Website yang sesuai dengan kebutuhan. IDwebhost memiliki tim profesional yang berpengalaman dalam membuat website profesional.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019