Perhatikan! Begini Cara Menentukan Kata Kunci yang Tepat untuk Meningkatkan Peringkat Pencarian

14 Mar 2024
Perhatikan! Begini Cara Menentukan Kata Kunci yang Tepat untuk Meningkatkan Peringkat Pencarian campaign-unlimited

Apakah kamu merasa sudah memposting konten berkualitas, namun jumlah pengunjung masih tidak meningkat? Boleh jadi ini disebabkan oleh peringkat website yang stuck. Untuk mendapatkan peringkat atas di SERP, kamu perlu mengetahui bagaimana cara menentukan kata kunci yang tepat.

Kata kunci adalah aspek penting yang menentukan keberhasilan praktik SEO. Oleh karena itu, riset keyword menjadi langkah utama yang harus dilakukan sebelum kamu melakukan langkah optimasi lainnya.

Di artikel ini, kami akan mengajak kamu untuk memahami lebih dalam tentang riset kata kunci untuk meningkatkan visibilitas website. Mari menuju ke pembahasan selengkapnya!   

Fungsi Kata Kunci

cara menentukan kata kunci

Sebelum melangkah ke cara menentukan kata kunci yang tepat, ketahui terlebih dahulu apa kegunaan kata kunci pada mesin pencarian. Singkatnya, kata kunci merupakan frasa atau istilah yang digunakan oleh pengguna untuk mencari informasi tertentu menggunakan mesin pencari.

Dengan kata kunci, mesin pencari dapat mencari dan menampilkan informasi sesuai dengan instruksi user. Semakin berkualitas kata kunci, maka semakin relevan hasil yang ditampilkan mesin pencari. Ini berkaitan dengan bagaimana SEO bekerja mengoptimasi performa situs. Adapun 5 cara kerja SEO secara urut, meliputi:

  • Crawling
  • Indexing
  • Ranking
  • Calculating relevancy
  • Retrieving result

SEO bekerja dimulai dari melepaskan robot (crawler) untuk menemukan konten baru dan mengumpulkan detail dari setiap halaman website. Dari sini bisa diketahui bahwa kata kunci punya peran penting agar website dan kontennya dapat diidentifikasi oleh search engine.

Bagaimana Cara Melakukan Riset Kata Kunci pada Mesin Pencarian?

Cara menentukan kata kunci yang tepat diawali dengan riset keyword yang mendalam. Riset ini melibatkan serangkaian tahapan, termasuk menentukan tujuan dan target audiens. Dengan mengetahui siapa audiens yang ditargetkan, kamu bisa menyesuaikan topik dan konten yang relevan.

Dalam contoh ini, kamu bisa menggunakan mesin pencari Google untuk melakukan riset keyword. Berikut adalah beberapa fitur yang bisa kamu gunakan:

1. Google Search Suggestion

Riset kata kunci dapat memanfaatkan saran pencarian yang diberikan oleh mesin pencari. Saat kamu menuliskan kata kunci tertentu di kolom pencarian, biasanya kamu akan mendapatkan drop down list. Inilah yang disebut saran pencarian.

Google memberikan saran kata kunci menurut kalimat atau frasa yang kamu tuliskan pada kolom pencarian. Saran ini merupakan kata kunci yang banyak digunakan oleh pengguna untuk melakukan pencarian informasi yang kamu maksud.

Catat apa saja saran kata kunci yang diberikan oleh Google. Kamu bisa menggunakannya sebagai daftar pilihanmu untuk menyeleksi keyword yang tepat guna mengoptimasi konten dan situs.

2. People Also Ask

Hasil pencarian biasanya dilengkapi dengan kolom ‘People Also Ask’. Ini merupakan kumpulan pertanyaan yang diajukan oleh pengguna untuk melakukan pencarian informasi terkait. Dari daftar ini kamu juga bisa mengumpulkan kata kunci potensial untuk membangun strategi SEO website.

Di bagian akhir halaman hasil pencarian ditampilkan bagian ‘Related Searches’. Ini adalah kata kunci lain yang masih terhubung dengan topik terkait. Kata kunci ini didapatkan dari kebiasaan pengguna dalam menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi.

Misalnya, kamu melakukan pencarian tentang hosting website. Maka, Related Searches akan menampilkan referensi pencarian dengan kata kunci lain yang sudah pernah dilakukan pengguna lain. Beberapa di antaranya, seperti ‘hosting website gratis’, ‘hosting adalah’, ‘hosting murah’, dan lainnya.

Tips Memilih Kata Kunci yang Tepat

mesin pencarian

Lalu, bagaimana cara memilih kata kunci yang tepat? Pada dasarnya, untuk mengetahui mana keyword yang tepat, kamu perlu memperhatikan metrik dari kata kunci. Lebih lengkapnya lagi, ikuti tips memilih kata kunci yang berkualitas di bawah ini!

1. Perhatikan Volume Pencarian

Volume pencarian adalah salah satu metrik penting dalam cara menentukan kata kunci yang tepat. Melalui metrik ini, kamu bisa mengetahui berapa banyak pencarian yang dilakukan menggunakan sebuah kata kunci.

Logikanya, semakin besar volume pencarian maka semakin populer kata kunci tersebut. Kamu bisa menggunakan alat bantu gratis untuk memeriksa Search Volume (SV) kata kunci. Misalnya, seperti Ahrefs keyword generator, SEMrush Keyword Magic Tool, atau lainnya.

2. Ketahui Persaingan Kata Kunci

Cara menentukan kata kunci yang tepat juga melibatkan riset kompetitor, lho. Kenali terlebih dahulu seberapa tinggi tingkat persaingan kata kunci. Ini bisa kamu ketahui dari metrik Keyword Difficulty (KD). Biasanya metrik ini juga disediakan oleh alat riset keyword bersamaan dengan metrik Search Volume.

Kata kunci dengan KD yang tinggi berarti memiliki tingkat persaingan yang sulit. Kamu mungkin perlu bersaing dengan website atau brand-brand besar untuk bisa menampilkan konten dengan kata kunci yang dipilih di halaman pertama hasil pencarian. Alternatifnya, pilihlah keyword dengan KD yang sedang atau rendah saja.

3. Kenali Kompetitor di SERP

Coba lakukan pencarian dengan kata kunci yang menurutmu potensial. Ini akan menunjukkan website-website apa saja yang menggunakan kata kunci tersebut. Selain itu, periksa juga tipe konten seperti apa yang menggunakan kata kunci tersebut.

Dari sini, kamu bisa mendapatkan referensi website dan jenis konten yang harus dibuat. Alhasil, kamu bisa menampilkan konten di SERP dan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

4. Sesuaikan Konten dengan Search Intent Pengguna

search intent

Banyak pemilik website yang masih belum menyadari akan poin ini. Setiap pengguna melakukan pencarian dengan niatan yang berbeda-beda. Katakanlah seorang pengguna melakukan pencarian dengan keyword ‘Cara menjahit celana jeans’. Ekspektasi dari pencarian ini adalah konten yang berisi tutorial.

Berbeda lagi dengan niatan pengguna yang melakukan pencarian dengan keyword ‘Resto murah Jakarta’. Ekspektasi yang diharapkan adalah referensi restoran di area Jakarta. Pengguna yang melakukan pencarian dengan tag lokasi biasanya merupakan calon pembeli potensial.

Sesuaikan pilihan kata kunci dan isi konten dengan niatan pengguna. Cobalah untuk melihat dari kacamata pengguna atau calon pembeli. Cari tahu apa ekspektasi yang diharapkan dari melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu.

Itulah sedikit pembahasan tentang riset keyword dan tips cara menentukan kata kunci yang tepat. Pastikan untuk melakukan riset yang mendalam terkait target audiens, terlebih lagi dalam hal search intent, kebiasaan, dan minat pengguna. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.

Cari hosting murah tapi berkualitas? Hosting Unlimited Idwebhost adalah solusinya! IDwebhost menyediakan layanan web hosting unlimited dengan kecepatan tanpa batas. Yuk, pastikan strategi SEO kamu maksimal dengan dukungan website yang cepat dan responsif. Pelajar lebih lanjut!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022