Cara Menempatkan Kode Iklan Google Adsense ke Website
Blog Tutorial Cara Menempatkan Kode Iklan Google Adsense ke Website

Cara Menempatkan Kode Iklan Google Adsense ke Website

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Google Adsense, layanan monetisasi yang ditawarkan oleh Google. Sudah banyak kisah sukses blogger yang melakukan monetisasi konten website mereka dengan menjadi mitra Google Adsense. Nah, dalam pembahasan kali ini kita akan mengetahui bagaimana cara menempatkan kode iklan Google Adsense ke website kita.

Penempatan kode iklan menjadi penting ketika kita memilih melakukan monetisasi website. Ini akan berpengaruh pada pendapatan dan juga tampilan dari website kita. Jika kita menempatkan dengan kurang tepat, maka tampilan website akan kurang nyaman bagi pembaca.

Namun, selain itu penempatan yang tidak sesuai juga akan memberi dampak pada pendapatan iklan itu sendiri. Maka  menjadi penting untuk memberikan penempatan yang terbaik dari kode iklan kita. Tujuannya, agar website tetap nyaman bagi pengunjung dan dapat memberikan pendapatan dari iklan yang masuk.

Mengapa Memilih Google Adsense

Mengapa Memilih Google Adsense

AdSense menjadi layanan iklan milik Google yang memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan pada blog maupun website yang Anda miliki. Ketika Anda mendaftarkan website Anda menjadi mitra Google Adsense, maka hal yang Anda tunggu-tunggu adalah kabar penerimaan dari Google Adsense. Nah, jika sudah diterima, maka selanjutnya adalah menempatkan kode Adsense di website kita, termasuk kemudian meletakkan kode iklan yang sesuai.

Mengapa orang memilih Google Adsense? Banyak alasan, namun pada dasarnya AdSense memiliki banyak pengguna salah satunya adalah karena layanan iklan ini paling mudah digunakan, di samping memberikan komisi yang cukup besar dibandingkan dengan layanan lain. Selain itu karena menjadi pionir monetisasi bagi konten kreator. Tidak hanya Adsense website, namun juga Andsense Youtube.

Dengan Anda menggunakan Google AdSense, maka website Anda dapat menampilkan iklan berupa teks, video, maupun gambar. Cara kerjanya pun cukup sederhana, Anda sebagai pemilik blog akan mendapatkan bayaran tiap kali iklan dalam blog Anda diklik oleh pengunjung. Anda bisa melihat laporan ini di laman Google Adsense Anda.

Cara Menempatkan Kode Adsense ke website

Setelah Anda mendaftar dan diterima dalam program Adsense, maka Anda  langkah selanjutnya adalah melakukan penempatan kode Adsense ke website Anda. Caranya sangat mudah Anda tinggal menyalin kode AdSense dari halaman Iklan di akun AdSense ke website Anda. Kemudian Anda membuat kode Adsense untuk iklan.

Cara membuat kode iklan AdSense ada dua cara yaitu menggunakan iklan Otomatis atau unit iklan. Iklan Otomatis, Anda hanya memerlukan kode AdSense, tetapi untuk unit iklan, Anda memerlukan kode AdSense ditambah kode unit iklan.

Cara mendapatkan dan menyalin kode untuk iklan Otomatis

Bagaimana cara mendapatkan kode iklan otomatis? Pertama, Anda harus menyiapkan iklan Otomatis untuk seluruh situs terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa mendapatkan kode AdSense dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Login ke akun AdSense.
2. Klik Iklan lalu Ringkasan.
3. Klik Dapatkan kode.
4. Klik Salin cuplikan kode.
5. Setelah Anda menyalin kode AdSense, langkah selanjutnya adalah menempelkannya di antara tag <head> dan </head> pada halaman. Pelajari lokasi untuk menempatkan kode AdSense pada HTML.

Cara mendapatkan dan menyalin kode untuk unit iklan

Bagaimana cara membuat  kode untuk unit iklan? Pertama, Anda harus membuat unit iklan terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa mendapatkan kode AdSense dan kode unit iklan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Login ke akun AdSense.
2. Klik Iklan lalu Ringkasan.
3. Klik Menurut unit iklan.
4. Di tabel “Unit iklan yang ada”, temukan unit iklan yang kodenya ingin Anda dapatkan.
5. Arahkan kursor ke unit iklan, lalu klik Dapatkan kode Sematkan.
6. Salin semua kode unit iklan.
7. Setelah menyalin kode unit iklan, langkah selanjutnya adalah menempelkannya ke HTML halaman Anda. Pelajari lokasi untuk menempatkan kode unit iklan pada HTML.

Cara Menempatkan Kode Iklan Google Adsense ke Website Dengan Plugin

Di atas adalah cara yang umum dilakukan untuk menempatkan kode Google Adsense secara manual tanpa bantuan plugin! Umummya dilakukan dengan melakuakn penyuntingan tempalte, utamanya yang berbasis blogspot. Nah bagi Anda pengguna wordpress Anda bisa memanfaatkan plugin untuk menempatkan kode iklan Google Adsense ke website Anda.

Ada banyak plugin yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu Anda dalam menempatkan kode iklan secara tepat dan mudah. Google sendiri memiliki plugin resmi untuk Google Adsense, Anda bisa memilih plugin yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda sebagai berikut ini:

Menggunakan Plugin Site Kit by Google AdSense

Menggunakan Plugin Site Kit by Google AdSense

Plugin Google Adsense ini menyatu dalam Plugin bernama Site Kit, yang mana dalam site kit ini terdapat berbagai pilihan optimasi atau sinkronisasi dengan produk Google mulai dari Google Analytics, Search Console, dan Adsense.

Anda tinggal menginstal Site Kit dan kemudian melakukan pengaturan pada bagian menu Adsense.Ini merupakan plugin yang dibuat oleh Google sehingga sangat mudah dalam integrasi dengan Akun Adsense Anda.

Kelebihan:

  • Dapat dengan mudah menambahkan Adsense ke website WordPress
  • Menyesuaikan dengan layout mobile
  • Mempercepat pengaturan iklan
  • Terintegrasi degan produk Google yang lain dalam satu plugin.

Cara Instal dan Pengaturan Kode Adsense:

  • Masuk Ke WordPress Anda
  • Add Plugin
  • Cari Site Kit dan Instal
  • Integrasikan Akun dengan Login di SIte Kit
  • Pilih Adsense dan Integrasikan
  • Selesai

Menggunakan Plugin Ad Injection

Menggunakan Plugin Ad Injection

Kemudian jika Anda tidak ingin Plugin Site Kit karena tidak hanya berisi Adsense, maka Anda bisa memanfaatkan Plugin Ad Injection. Ini adalah salah satu plugin pilihan yang dapat Anda gunakan untuk mengintegrasikan iklan Adsense pada blog WordPress.

Bagi Anda yang bekerja sama iklan tidak hanya dengan Adsense maka Plugin ini menjadi tepat. Karena, plugin ini tidak hanya untuk memasang Adsense tapi dapat juga digunakan untuk memasang iklan dari layanan lain. Selain itu, Anda juga dapat mengatur iklan agar tampil berdasarkan panjang postingan, umur atau alamat IP dari visitor yang Anda kehendaki.

Kelebihan:

  • Memungkinkan Anda secara otomatis memasang iklan tanpa memodifikasi postingan.
  • Memungkinkan Anda melakukan pengetesan dengan memasang berbagai ukuran iklan pada tempat yang sama.
  • Selain itu dapat digunakan untuk memasang sosial plugin lainnya.

Cara Instal dan Pengaturan Kode Adsense

  • Masuk Ke WordPress Anda
  • Add Plugin
  • Cari Ad Ijection
  • Lakukan Pengaturan Ad Injection (ikuti perintah yang ada)
  • Selesai

Menggunakan Plugin Ad Inserter

Menggunakan Plugin Ad Inserter

Terakhir Anda bisa menggunakan Ad inserter. Ini adalah plugin yang banyak pengguna menilai mampu bekerja dengan baik dalam urusan memasang iklan Adsense di blog WordPress.  Pilihannya sangat banyak, dan mudah dalam integrasi iklan.

Keuntungan

  • Dapat dengan mudah menampilkan iklan di berbagai lokasi web.
  • Memiliki fitur untuk memilih menampilkan iklan pada lokasi tertentu secara otomatis oleh plugin.
  • Terdapat 16 kolom untuk kode iklan
  • Anda bisa memakai plugin versi premium untuk banyak keuntungan yang lain.

Cara Instal dan Pengaturan Kode Adsense

  • Masuk Ke WordPress Anda
  • Add Plugin
  • Cari Ad Inserter
  • Lakukan Pengaturan Ad Inserter (ikuti perintah yang ada) integrasi iklan otomatis dilakukan
  • Selesai

Kesimpulan Cara Menempatkan Kode Iklan Google AdSense

Memasang iklan Adsense  untuk website kita memang akan memberikan keuntungan, namun perlu menjadi perhatian juga, bahwa kenyamanan dari pengunjung tetap yang utama. Jangan sampai Anda meletakkan iklan tidak beraturan dan mengganggu pembaca Anda. Apa lagi jika Anda membangun website untuk branding diri atau brand Anda. Akan sangat tidak nyaman jika bertebaran iklan.

Maka, bagi Anda pelaku usaha, pengelola website toko online, tentu akan tidak menarik website Anda jika terdapat iklan, karena website Anda sejatinya adalah etalase produk. Iklan yang baik adalah iklan dari produk Anda sendiri, jika Anda menggunakan iklan adsense, bisa jadi yang memasang iklan justru pesaing Anda.

Kemudian banyak juga website yang ketika dipasang Adsense menjadi lebih lambat, hal ini karena adanya kebutuhan memuat iklan ke halaman website Anda. Namun, ini bisa Anda selesaikan dengan menggunakan layanan hosting yang tepat. Mengapa? Karena performa dari website Anda salah satunya ditentukan oleh pilihan paket hosting Anda.

Tenang, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mendapatkan hosting terbaik, karena saat ini telah hadir paket hosting murah IDwebhost. Anda juga bisa mendapatkan domain murah untuk kebutuhan membangun website idaman Anda. Semua ini hadir untuk mendukung pelaku digital seperti Anda. Tunggu apa lagi, cek IDwebhost sekarang dan dapatkan berbagai promo menarik!

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Cara Menempatkan Kode Iklan Google AdSense ke Website, semoga pembahasan ini dapat memberikan gambaran dan memudahkan Anda dalam memasang kode adsense website Anda. Perbaharui terus informasi seputar teknologi dan digital marketing, hanya di blog Idwebhost! Terima kasih telah membaca. Salam Ari IDwebhost.