Cara Mendapatkan Uang di Instagram  dengan Cepat & Mudah
Blog Digital Marketing Cara Mendapatkan Uang di Instagram dengan Cepat & Mudah

Cara Mendapatkan Uang di Instagram dengan Cepat & Mudah

Siapa yang tak kenal dengan Instagram hari ini? Tentu, semua orang sudah kenal dengan sosial media yang satu ini. Instagram merupakan salah satu media sosial dengan tingkat pertumbuhan pengguna yang paling pesat. Buktinya, sejak kali pertama dirilis pada tahun 2010, pengguna Instagram kini telah mencapai satu miliar orang. Jumlah yang sangat fantastis, tentu saja. 

Karena itu, tak heran jika kemudian Instagram telah menjelma menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita hari ini. Tak hanya untuk mengupload foto dan video, Kamu bahkan bisa menggunakan Instagram sebagai platform untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dari aplikasi ini, Kamu berpotensi  mendapatkan keuntungan finansial. 

Mengapa Harus Berbisnis di Instagram? 

Pertanyaan yang selanjutnya muncul adalah, mengapa harus berbisnis di Instagram? Jawabannya simpel saja, bahwa Instagram memang salah satu platform terbaik untuk berbisnis saat ini. Ini tak lepas dari jumlah penggunanya yang mencapai 1 milyar orang, seperti yang telah dijelaskan pada awal artikel ini. 

Selain itu, Instagram juga memiliki berbagai fitur yang menunjang kegiatan bisnismu, lebih mudah lagi. Mulai sari shopping post untuk mempercepat transaksi, hingga fitur hashtag yang memudahkan pencarian. 

Baca Juga : 5 Strategi Social Media Marketing Untuk Pemula

Karena jumlah penggunanya yang amat besar, tentu terbayang prospek bisnis dari Instagram jika memang digarap secara serius. Para pelaku usaha bahkan menganggap, Instagram membuat omzet mereka tumbuh subur

Cara Mendapatkan Uang di Instagram

Selain untuk mendapatkan informasi paling up to date dan berbagi momen dengan orang lain, Instagram juga bisa Kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang dan penghasilan tambahan. Berikut in ini adalah cara mendapatkan uang dari Instagram dengan mudah: 

1. Menjual Produk di Instagram

Jualan produk menjadi cara mendapatkan uang di Instagram yang paling umum. Kita dengan mudah bisa menemukan banyak akun yang dibuat khusus untuk berjualan di Instagram. Terlebih lagi, produk yang bisa dijual di Instagram juga sangat bervariasi. Baik produk fisik maupun produk digital. Semua ada. 

Kalau kamu ingin mendapatkan uang di Instagram dengan menjual produk, beberapa hal di bawah ini bisa Kamu jadikan pertimbangan: 

  • Jual produk yang sesuai dengan minat dan kehlian. Hal ini akan memudahkanmu mengeksplorasi ide produk yang diinginkan pasar. 
  • Buat akun Instagram dengan nama yang unik. Dengan membuat nama yang unik, brandmu akan lebih mudah diingat orang. 
  • Isi informasi bio dengan jelas. Pastikan audiens tahu, produk apa yang Kamu jual. 

Bahkan kini, untuk memudahkan penggunanya berjualan, Instagram sudah menyediakan fitur Instagram Shopping. Ini memungkinkan calon pembeli dapat langsung membeli produkmu, tanpa harus berpindah ke aplikasi lainnya. 

2. Menjadi Reviewer Produk

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk, salah satu hal biasanya dilakukan oleh calon konsumen hari ini adalah mencari review atau ulasan tentang produk tersebut. Tujuannya, tak lain agar tidak salah membeli produk. Dan ya, review produk dapat mempengaruhi keputusan seseorang dalam melakukan transaksi. 

Kamu bisa menjadikan review produk sebagai salah satu cara mendapatkan uang di Instagram. Pertanyaannya, bagaimana caranya? Kamu bisa memulainya dengan mengulas produk yang Kamu sukai. Jika bisa melakukannya dengan baik, bukan tidak mungkin brand pemilik produk tersebut rela membayarmu untuk melakukan review. 

Tips untuk menjadi product reviewer: 

  • Menentukan jenis produk yang akan diulas. Dengan fokus ke satu jenis produk, akan membantumu memiliki personal branding yang kuat. 
  • Pelajari produk secara detail. Pastikan Kamu mengenali produk yang akan direview luar dalam. Sehingga, Kamu bisa membuat ulasan yang detail. 
  • Daftra pro dan kontra. Agar ulasan yang Kamu buat seimbang, temukan pro dan kontra dari produk tersebut. 
  • Berikan ulasan yang jujur. Jangan rusak kepercayaan orang dengan menutupi sisi negatif sebuah produk. 
  • Berikan alasan mengapa produk tersebut layak untuk dibeli. Kamu bisa memberikan kesimpulan yang berisi mengapa audiens harus membeli sebuah produk. 

Dengan memberikan ulasan yang berkualitas, akan semakin banyak orang yang terbantu. Dan seiring meningkatkan jumlah follower, semakin terbuka peluang untuk bekerja sama dengan brand untuk melakukan review produk. Sangat menarik, bukan? 

3. Paid Promote

Banyak yang menganggap bahwa paid promote memiliki kesamaan dengan buzzer. Padahal, sejatinya cukup berbeda. Terutama pada cara kerjanya. Menjadi seorang pelaku paid promote, berarti Kamu harus mempromosikan sebuah produk tertentu. Dan untuk bisa menjadi pelaku paid promote, Kamu harus cukup dikenal dan memiliki pengikut yang banyak, yang bisa Kamu pengaruhi.

Selain mendapatkan uang, seorang pelaku paid promote akan mendapatkan produk yang dipromosikannya secara gratis. Berikut ini adalah tips untuk Kamu yang ingin mencoba peruntungan sebagai endorser paid promote: 

  • Menggunakan akun real. Jangan pernah tergiur untuk menggunakan akun bot atau menggunakan followers palsu. Karena kredibilitas akan dipertaruhkan. Menggunakan akun real juga akan membuatmu mendapatkan pengikut yang loyal.
  • Berikan service yang memuaskan. Persaingan di bidang jasa paid promote sangat ketat. Maka dari itu, penting untuk memberikan pelayanan yang memuaskan. Salah satunya dengan rajin merespon interaksi di medsos. 
  • Selektif memilih produk. Pastikan kamu memasarkan produk yang kredibel dan berkualitas baik. Ini penting untuk menjaga kepercayaan followersmu. 

4. Menjual Jasa di Instagram

Selain berjualan barang, sangat jamak ditemui akun-akun Instagram yang menjual jasa di akun mereka. Jasa apa saja sih yang banyak dijual di Instagram? Beberapa jenis jasa yang paling banyak ditemukan di Instagram antara lain: 

  • Jasa desain grafis (desain logo, kartu nama, banner, dan lain sebagainya)

 

 

  • Jasa desain interior
  • Jasa pemasaran online 

Salah satu jasa yang sedang populer di Instagram hari ini adalah jasa admin. Alasannya, akun Instagram untuk bisnis perlu dikelola secara serius. Dan tak banyak yang mampu melakukan hal ini dengan baik. Memang, untuk menjadi admin Instagram memang akan merepotkan. Kamu bisa menggunakan beragam tools Instagram yang akan memudahkanmu. 

5. Jualan Foto di Instagram

Untuk Kamu yang mempunyai hobi fotografi dan percaya diri menunjukkan hasilnya pada banyak orang, jualan foto di Instagram bisa jadi salah satu cara mendapatkan uang di Instagram. Umumnya, para pecinta fotografi akan mencantumkan foto-foto mereka di Instagram, tentu saja dengan mencantumkan watermark terlebih dahulu.

Diantara sekian banyak pengguna Instagram, kemungkinan besar akan ada yang tertarik untuk membeli foto tersebut. Jika ingin mendapatkan foto tersebut tanpa watermark, tentu saja harus membelinya dari Kamu.

Penutup

Ada banyak cara mendapatkan uang di Instagram. Dari sekian cara diatas, manakah cara yang akan kamu pilih?

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting ya IDwebhost.

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis