Kenali Kelebihan dan Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Shorts!

7 Feb 2024
Kenali Kelebihan dan Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Shorts! campaign-unlimited

Melansir dari Google, mulai dari 1 Februari 2023, YouTube Shorts secara resmi tersedia untuk dimonetisasi. Ini tentunya merupakan kabar baik, terutama bagi para YouTube content creator. Tapi, bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts? Apakah sama seperti cara monetisasi pada video berdurasi panjang di YouTube?

Jika kamu ingin menggunakan kesempatan ini untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, sebaiknya kamu ikuti artikel kami ini sampai selesai ya. Kami akan jelaskan cara menggunakan YouTube Shorts agar bisa memberikan penghasilan. Mari kita menuju ke pembahasannya langsung!

Apa Itu YouTube Shorts?

YouTube Shorts adalah konten video YouTube dengan format vertikal yang berdurasi maksimal 60 detik. Sejak awal kemunculannya, YouTube telah menyebutkan akan adanya monetisasi. Wajar saja jika hingga kini banyak creator yang tertarik untuk tahu cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts.

Fitur ini memungkinkan creator untuk membuat konten mikro menggunakan alat pembuat video di YouTube. Kamu dapat menggunakan aplikasi YouTube langsung untuk membuat dan mengedit konten YouTube Shorts. Tidak seperti story Instagram atau story Facebook, video YouTube Shorts bisa tersimpan di channel creator selamanya, layaknya Instagram Reels.

Penonton dapat menggunakan perangkat seluler maupun desktop untuk melihat video Shorts. Akan tetapi, untuk memposting video Shorts, kamu hanya dapat menggunakan aplikasi YouTube dari perangkat seluler saja.

Hal yang menarik adalah, Shorts sebenarnya merupakan sebuah fitur sekaligus algoritma baru dari YouTube. Sama seperti IG Reels, video Shorts dapat meningkatkan visibilitas secara signifikan. Bukan hanya visibilitas pada video Shorts, namun juga termasuk dengan visisbilitas channel.

Usai adanya kabar YouTube Shorts dapat dimonetisasi, tentu saja semakin banyak creator yang tertarik. Selain bisa mengoptimalkan jumlah tayangan channel, Shorts juga memungkinkan creator untuk mendapatkan pendapatan. Namun, sama halnya seperti program mitra YouTube sebelumnya, creator perlu memenuhi sejumlah persyaratan untuk bisa melakukan monetisasi.

Kelebihan YouTube Shorts

Sebelum beranjak ke pembahasan cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts, sebaiknya kamu mengenali kelebihannya terlebih dahulu. Sebagai fitur terbaru dari YouTube, video Shorts memiliki sejumlah kelebihan, yang bisa menguntungkan bagi creator. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Durasi yang singkat. Berbeda dengan video YouTube pada umumnya, video Shorts hanya dapat memiliki durasi maksimal 60 detik. Walaupun cukup pendek, video singkat ini justru lebih mudah mendapatkan jumlah viewers yang banyak.
  • Menyediakan fitur editing langsung di aplikasi. Dengan YouTube Shorts, creator dapat mengambil gambar, mengedit, dan menambahkan teks langsung di aplikasi YouTube. Selain praktis, fitur YouTube Shorts ini tentu menguntungkan bagi creator.
  • Format video yang mendukung multi-platform. YouTube Shorts menggunakan format video vertikal yang sama dengan format video IG Reels, IG Story, TikTok, dan Story Facebook. Artinya, video YouTube Shorts dapat digunakan di multi-platform tanpa perlu disesuaikan ulang formatnya.
  • Memiliki fitur Video Search Engine. Video Shorts dapat menemukan audiens yang sesuai. Kamu dapat menggunakan kata kunci yang relevan pada judul video Shorts, sehingga audiens bisa menemukan video sesuai minatnya dengan mudah. Dengan begitu, kamu dapat melakukan praktik content placement dengan baik.
  • Mempunyai fitur Content Library. Tidak perlu khawatir jika view video Shortsmu menurun. Video Shorts tidak akan tenggelam apabila jumlah penontonmu menurun. YouTube Shorts akan tetap menampilkan videomu tanpa batas waktu tertentu.
  • Menawarkan koleksi musik yang lengkap. Dengan YouTube Shorts kamu bukan hanya bisa mengedit langsung dari aplikasi YouTube mobile saja, tapi juga dapat menambahkan musik. YouTube telah bekerja sama dengan artis, label, dan publisher musik untuk menyediakan lebih dari 100.000 pilihan lagu. Hebatnya lagi, jumlah ini akan terus bertambah dan diperbarui.

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Shorts

Nah, akhirnya tiba juga pada pembahasan yang telah kamu tunggu-tunggu. Pada dasarnya, ada beberapa cara menggunakan YouTube Shorts untuk mendapatkan penghasilan. Mari simak penjelasan selengkapnya berikut!

1. Bergabung dengan YouTube Partner Program

Cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts yang pertama adalah dengan bergabung ke YouTube Partner Program. Ini adalah program monetisasi video Shorts dengan placement iklan Google AdSense. Untuk dapat mendaftarkan diri dalam program ini, setidaknya kamu perlu memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Channel harus memiliki 1.000 subscriber dengan total 10 juta viewers dalam 90 hari terakhir.
  • Harus berlokasi di negara yang terdaftar dalam program YouTube Partner Program.
  • Pengguna setidaknya berusia 13 tahun ke atas.
  • Secara aktif mengunggah video original dalam 180 hari terakhir.
  • Wajib mematuhi YouTube Community Guidelines.
  • Tidak mengunggah konten yang mengandung unsur kekerasan, bersifat dewasa, berupa ujaran kebencian, atau kejadian sensitif.
  • Konten video sifatnya harus original dan bukan cuplikan dari konten lain.
  • Tidak menggunakan bot untuk meningkatkan jumlah viewers.

2. Bekerja Sama dengan Brand

Cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts lain yang bisa kamu lakukan adalah melakukan kerja sama dengan brand. Sebenarnya, konsep kerja sama ini sama dengan endorsement di Instagram atau TikTok.

Kamu dapat menawarkan berbagai jenis kerja sama dengan brand. Misalnya seperti product placement, event collaboration, brand ambassadorship, sponsored content, atau affiliate marketing.

Akan tetapi, untuk bisa melakukan kerja sama ini setidaknya kamu perlu meningkatkan jumlah followers dan viewers channel YouTubemu. Kamu bisa mulai bekerja sama dengan brand jika sudah menjadi Nano atau Mikro influencer. Selain itu, pastikan kamu memiliki target audiens yang sama dengan brand tersebut.

3. Menawarkan Produk atau Jasa

Terakhir, kamu dapat mendapatkan penghasilan dari YouTube Shorts dengan memasarkan produk atau jasa. Antarmuka Shorts yang lebih mudah dinavigasi dan durasinya yang singkat, dapat membantumu untuk memasarkan produk atau jasa secara lebih efektif.

Kamu bisa membuat konten video yang sesuai dengan kriteria target audiensmu. Bangunlah engagement yang baik antara konten-konten video Shorts dengan audiens. Unggahlah video berkualitas dengan ide-ide yang segar. Dengan begitu, audiens akan semakin penasaran dan tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Kesimpulan

Demikian ulasan kami tentang cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts, yang bisa kamu coba. Pastikan untuk mengunggah video-video dengan ide original dan bersifat menghibur, secara konsisten. Dengan begitu kamu dapat terus mengembangkan channel secara berkelanjutan.

Sedikit tips dari kami, untuk mengoptimalkan publikasi video Shorts, kamu dapat membagikannya ke platform media sosial lainnya. Misalnya dengan mengunggah link video ke TikTok atau Instagram. Cara ini dapat memperluas jangkauan audiensmu.

Masih banyak cara untuk mendapatkan penghasilan secara online. Salah satunya adalah dengan mengikuti program afiliasi hosting IDwebhost! Dengan menjadi mitra afiliasi kami, kamu bisa gajian Rp 20 juta tiap bulan lho!

Tanpa biaya pendaftaran, kamu bisa mendaftarkan diri dan otomatis mendapatkan saldo awal sebesar Rp 100.000! Dapatkan komisi sebesar 70% untuk setiap penjualan produk hosting kami. Tunggu apalagi? Ayo gabung sekarang dan dapatkan komisi puluhan juta rupiah!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022