Cara Mendapatkan Uang dari TikTok yang Jitu dan Perlu Kamu Tahu

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok yang Jitu dan Perlu Kamu Tahu campaign-unlimited

Cara mendapatkan uang dari TikTok? Bagaimana caranya? Pada kesempatan ini IDwebhost akan mengulas mengenai cara mendapatkan uang dari TikTok secara lengkap. Yuk simak! 

Mungkin kamu sudah familiar dengan keseruan konten TikTok yang ada di mana-mana. Namun nyatanya TikTok tidak hanya untuk hiburan dan seru-seruan saja. Kamu juga bisa menghasilkan uang dari TikTok!!

Ada beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa dipelajari. Ingin tahu caranya? Langsung simak caranya berikut ini!

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Berikut adalah cara-cara mendapatkan uang dari TikTok yang harus kamu tahu:

1. Menjalankan Misi TikTok

cara-mendapatkan-uang-dari-tiktok

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan mengikuti misi. Misi tersebut perlu diselesaikan agar dapat mendapatkan hadiah. Hadiah yang akan didapat berupa koin TikTok yang nantinya dapat dikonversikan menjadi uang.

Menurut ketentuan TikTok, 10 koin TikTok bernilai Rp1. Jadi jika kamu berhasil mengumpulkan 25.000 koin, maka jumlah uang yang didapat nantinya bisa sebesar Rp2.500. Dengan menjalankan misi, menghabiskan waktu senggang dengan bermain  TikTok juga dapat berpotensi untuk menghasilkan uang tambahan.

Ada dua misi yang biasa diadakan TikTok untuk para penggunanya. Simak penjelasan berikut ya!

Mengundang Teman

Misi pertama adalah mengundang teman agar bergabung sebagai pengguna baru TikTok. Cara yang umum diterapkan beberapa aplikasi lain juga berlaku di TikTok.  Berikut cara mengundang teman untuk menggunakan TikTok:

  • Buka aplikasi TikTok
  • Buka profile dengan klik menu ‘Me’ pada bagian kanan bawah
  • Klik logo koin pada sisi kiri atas profil
  • Bagikan link undangan ke teman-teman yang ingin diundang, klik ‘Undang
  • Arahkan teman agar mengunduh TikTok menggunakan link yang kamu kirimkan.
  • Teman dapat memasukkan kode undangan darimu.

Menonton Video

Cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya adalah dengan menonton video. TikTok mengadakan misi menonton video selama periode waktu tertentu agar bisa mendapat hadiah koin. Koin ini yang nantinya dapat dikonversikan menjadi uang.

Misi yang harus diselesaikan adalah dengan menonton video selama 30 menit untuk mendapatkan 7000 koin. Untuk memulainya, ikuti langkahnya berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok
  • Klik logo hadiah di halaman TikTokmu.
  • Scroll ke bagian bawah di bagian “Cara lain untuk mendapatkan poin”, klik tombol warna merah. Lalu mulailah menonton video.

2. Melalui Donasi atau Payout Coins

cara-mendapatkan-uang-dari-tiktok

Selain menyelesaikan misi, salah satu cara lain agar bisa mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan melakukan live streaming. Dari live streaming, kamu berpeluang untuk mendapat Payout Coins atau donasi dari penonton.

Ketika sedang live, penonton bisa memberikan gift berupa sticker yang nantinya dapat dikonversi menjadi uang ketika jumlah yang terkumpul sudah memenuhi persyaratan dari TikTok.

Donasi berupa sticker tersebut umum diberikan sebagai apresiasi dari penonton kepada kreator yang sedang melakukan siaran langsung. Penonton juga harus merogoh kantong untuk bisa memberikan sticker tersebut.

Sayangnya, tidak semua kreator TikTok dapat melakukan live. Fitur live di TikTok hanya tersedia pada akun dengan jumlah followers minimal 1000. Juga terdapat batasan umur minimal 16 tahun agar seorang kreator TikTok dapat melakukan siaran langsung.

3. TikTok Marketing

cara-mendapatkan-uang-dari-tiktok

Selain monetisasi hadiah di TikTok seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu juga bisa mendapatkan uang dari TikTok dengan cara memasarkan produk melalui TikTok. Cara ini biasa digunakan sebuah brand agar dapat menarik pelanggan via TikTok. Jika  mempunyai usaha atau bisnis online, ini adalah salah satu cara yang wajib dipertimbangkan.

Kamu dapat melakukan TikTok marketing dengan cara membuat iklan di TikTok Ads. Sama halnya seperti Facebook Ads dan Instagram Ads, algoritma TikTok memungkinkan iklan yang kamu buat agar dapat dilihat oleh target audiens yang diinginkan. TikTok merekam riwayat video yang ditonton tiap penggunanya sehingga bisa menyajikan iklan yang lebih personal.

Baca Juga: Cara Menggunakan DNS Google Untuk Windows dan Android

4. Melalui Sponsored Post

Bila akun TikTok milikmu memiliki  jumlah followers yang banyak, kamu dapat memanfaatkan cara ini agar dapat memperoleh uang. Sponsored post atau postingan bersponsor adalah cara mempromosikan sebuah brand dari postingan konten. Biasanya, sponsored post dapat dilakukan oleh seleb TikTok atau content creator.

Apakah 1000 followers tiktok dapat uang?

Jawabannya, bisa saja. Brand akan memilih content creator yang tepat dengan cara mempertimbangkan banyak hal. Seperti engagement rate , jumlah followers, like atau jumlah penayangan di TikTok.

Seorang seleb Tik Tok perlu untuk memikirkan cara supaya akunnya dilirik agensi atau brand agar dapat bekerja sama. Misalnya dengan memfokuskan konten pada niche yang spesifik.

5. Influencer Marketing

Jika kamu jago di bidang content marketing dan mengetahui bagaimana influencer marketing bekerja, cara ini bisa dipertimbangkan untuk dapat uang dari TikTok. Influencer marketing pada dasarnya menjembatani para influencer atau content creator dengan brand yang berkeinginan untuk bekerja sama.

Kamu akan berperan sebagai perantara yang mengelola hubungan kerja sama antara influencer dengan brand. Bisa dibilang seperti agensi influencer yang khusus dalam menangani TikTok.

Peluang bisnis ini cukup potensial karena dapat menghasilkan pendapatan yang tinggi. Konten-konten video pendek di TikTok memiliki potensi viral bila dibandingkan dengan platform media sosial lainnya saat ini.

6. Jasa Admin TikTok

Cara mendapatkan uang dari TikTok berikutnya yaitu dengan cara menawarkan jasa sebagai pengelola akun. Jasa ini cukup banyak ditemui di berbagai media sosial.

Beberapa agensi digital umumnya menyediakan jasa mengelola akun media sosial bagi brand atau perusahaan. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebagai cara mendapat uang dari TikTok.

Umumnya, pengguna jasa pengelola akun menginginkan supaya brand atau produk yang mereka jual dapat dikenal luas sehingga mendapat lebih banyak penjualan.

7. Jual Produk di TikTok

Kalau kamu sedang menjalankan usaha, tidak ada salahnya untuk mencoba jualan produk di TikTok. Kini, TikTok tak ubahnya seperti media hiburan yang disukai banyak orang.  Tidak sedikit perusahaan juga kini merambah ke TikTok untuk mempromosikan barang yang dijual.

Jangan lupa tunjukkan kreativitasmu saat membuat konten pemasaran. Membuat konten di TikTok sedikit berbeda dengan media sosial lainnya.

Konten di TikTok berbentuk video-video pendek berdurasi sekitar 15 – 60 detik saja. Anda harus pintar-pintar dalam membuat  konten agar penonton tertarik mencari tahu dan membeli produk Anda.

8. Menjadi Influencer TikTok

Jika Anda mempunyai hobi membuat konten video di TikTok, ini adalah pilihan yang paling cocok untuk Anda. Walau bukan hal yang mudah, siapa saja punya peluang dapat sukses menjadi influencer TikTok.

Contohnya Addison Rae, remaja asal Amerika yang kini bisa berhasil menjadi TikTok-er dengan penghasilan tertinggi menurut Forbes.

Aktif di TikTok sejak 2019, penghasilannya bisa mencapai 5 juta dollar AS atau setara Rp73,5 miliar dalam satu tahun. Di akun TikToknya ia kerapkali membagikan hal seputar tentang makeup dan dance.

Untuk jadi influencer TikTok yang sukses, Anda harus mempunyai banyak followers.

Baca Juga: CroxyProxy: Pengertian, Keamanan, dan Cara Kerjanya

Kesimpulan

Nah itu dia penjelasan mengenai cara mendapatkan uang dari TikTok dan informasi bermanfaat lainnya untuk mengembangkan akun TikTok Anda. 

Selain menjalankan misi, beberapa cara memperoleh uang dari TikTok adalah dengan melakukan TikTok marketing, menjual produk, jasa pengelola akun, dan jadi influencer TikTok. Anda juga dapat mengikuti tips di atas supaya followers TikTok Anda bisa bertambah banyak. 

Untuk mendapatkan uang lebih optimal dari TikTok, Anda juga bisa mengoptimalkannya dengan website. Membuat website di IDwebhost sangat mudah, lho. Dapatkan teknologi terbaik dengan harga yang terjangkau. Dapatkan juga promo-promo menarik untuk teknologi hosting terbaik.

Gunakan layanan IDwebhost, agar website Anda makin jos. Web hosting, ya IDwebhost!

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019