Cara Mencegah Serangan SPAM ke Email Anda
Blog Tips Keren

Cara Mencegah Serangan SPAM ke Email Anda

Serangan SPAM tentunya sangat mengganggu para pemilik email. Pasalnya, mereka akan mendapatkan banyak email yang entah dari siapa datangnya. Para pengirimnya biasanya akan menawarkan produk atau jasa tertentu. Para pemilik situs yang menggunakan jasa domain hosting pun biasanya mendapatkan spam yang sama di email pribadi mereka. Hal ini mungkin sudah bisa. Tapi bagaimana jika yang dikirimnya tersebut adalah sebuah virus atau malware? Hal ini tentunya akan sangat mengerikan karena bisa memberikan kerusakan yang parah pada PC atau Laptop yang digunakan. Parahnya lagi, banyak juga beberapa serangan SPAM tersebut yang berisikan malware yang bisa menyusup ke komputer dan mencuri data penggunanya. Beberapa waktu lalu bahkan sempat dikejutkan dengan adanya virus Ransomware yang mengunci data di komputer penggunanya. Untuk bisa mendapatkan datanya kembali, para pemilik komputer tersebut harus menyetorkan sejumlah dana atau uang tebusan. Dari sini bisa dilihat betapa bahayanya serangan SPAM yang tidak dikenal tersebut.

Meskipun demikian, serangan SPAM ini masih bisa dicegah dengan sejumlah cara. Dengan melakukan pencegahan, maka anda akan bisa melindungi komputer dari email sampah tersebut. Apalagi jika dilihat dari sisi kerugiannya, SPAM hanya akan membuat inbox kita penuh. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu pengguna dalam menyortir mana email yang sebenarnya lebih penting. Perlu diketahui juga bahwa spam tersebut biasanya tidak dikirim secara manual oleh pengirimnya. Melainkan mereka menggunakan software tertentu untuk mengirimkan spam tersebut. Tentu saja tujuannya juga beragam. Ada yang bertujuan promosi semata, memperkenalkan perusahaan, atau bahkan mengirimkan virus. Berikut adalah beberapa langkah mencegah spam yang bisa anda lakukan.

Tips Mencegah Serangan SPAM Terampuh

Cara Mencegah Serangan SPAM ke Email Anda
idwebhost

Meskipun spam adalah email yang akan terus ada sampai kapanpun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik email untuk melindungi akun tersebut dari spam. Setidaknya pencegahan ini perlu dilakukan sebagai upaya untuk melindungi keamanan dan privasi anda.

Jangan Membalas Email Orang Tak Dikenal

Pernahkah anda tiba-tiba mendapatkan email dari orang yang tak dikenal? Terkadang mereka juga menggunakan bahasa asing yang tidak kita pahami. Mereka juga menawarkan sejumlah produk tertentu yang sangat jauh dari apa yang dibutuhkan saaj ini. Jika sudah demikian, ini artinya anda telah mendapatkan sebuah email spam. Solusi yang paling tepat saat mengalami hal ini adalah tidak membalas atau merespon email tersebut. Bahkan kalau perlu, anda bisa langsung hapus atau DELETE saja spam tersebut karena berpotensi hanya membuat inbox semakin penuh.

Jangan Memamerkan Email Pribadi di Blog/Website/Social Media

Banyak orang yang dengan mudah mendapatkan alamat email pribadi anda via blog, website atau social media yang anda buat. Jika sudah demikian, alangkah baiknya untuk menonaktifkan tampilan email tersebut. Di dunia internet, semua orang bisa mencari apa saja dengan mudah, termasuk para pengirim spam itu sendiri. Mereka akan tau alamat email anda dan mengirimkan ribuan spam secara beruntun setiap harinya. Karena itulah sangat penting bagi anda untuk menerapkan pencegahan sejak dini. Hal ini akan memudahkan anda untuk bisa tenang dalam menghadapi inbox yang masuk di email setiap harinya tanpa cemas adanya serangan SPAM.

Buatlah Email Lebih Dari Satu

Cara Mencegah Serangan SPAM ke Email Anda
idwebhost

Email utama sebaiknya hanya dikhususkan untuk privasi anda. Sementara anda bisa membuat email cadangan apabila anda ingin berinteraksi di dunia maya. Terkadang anda harus memasukan email untuk bisa mendapatkan akses di situs tertentu. Disinilah anda sebaiknya memasukan email cadangan, bukan email utama anda. Jadi jika suatu ketika ada serangan SPAM, maka yang email sampah tersebut akan masuk ke alamat cadangan anda, bukan alamat yang utama.

Gunakan Software Anti Spam

Untuk anda yang ingin memberantas serangan SPAM tersebut dengan lebih cepat, anda tak perlu khawatir karena kini ada begitu banyak software yang bisa dipakai untuk mengatasi serangan tersebut. Dengan menggunakan software yang mumpuni, maka serangan spam ini akan bisa diberantas dengan segera. Silahkan pilih sendiri mana software anti spam yang anda inginkan di internet.

Aktifkan Fitur Anti Spam di Email Anda

Sejumlah layanan mail seperti Google memberikan anda fitur Anti Spam. Inilah yang bisa langsung anda aktifkan untuk mencegah adanya serangan dari SPAM tersebut. Anda tidak akan pernah tau kapan anda bisa mendapatkan serangan semacam ini. Jika sudah ada fitur yang tersedia sebaiknya anda memakainya dengan segera. Dengan menggunakan cara ini maka spam tersebut tidak akan serta merta masuk ke inbox melainkan di filter terlebih dahulu melalui inbox khusus spam. Disnilah anda bisa melakukan pengecekan nanti.

Gunakan [at] Saat Melampirkan Email Di Website

Cara Mencegah Serangan SPAM ke Email Anda
idwebhost

Fitur SPAM biasanya bekerja secara otomatis saat ada sebuah website yang melampirkan alamat email dengan menggunakan ekstensi @. Oleh karena itu anda bisa mengganti ekstensi @ di email anda dengan tulisan [at]. Contohnya jangan menggunakan namaemailanda@email.com, melainkan pakai saja namaanda [at] email.com. Dengan menggunakan cara ini maka anda akan tercegah dari email SPAM yang bekerja dengan sendirinya saat melihat ekstensi email tersebut.

Selalu Mengikuti Perkembangan SPAM di Internet

Anda bisa berkunjung ke situs terkenal seperti spamhaus untuk mendapatkan informasi terkini mengenai perkembangan SPAM yang ada saat ini serta bagaimana cara mencegahnya. Teknologi semakin canggih dan pastinya berbagai cara dilakukan untuk mengatasi masalah yang sudah ada. Para pengirim spam juga melakukan hal yang sama dan terus berinovasi untuk mengirimkan email junk tersebut kepada siapa saja yang tidak dikenal.

Hubungi Tim Khusus Penanggulangan SPAM

Jika serangan SPAM kian merajalela dan menimbulkan ancaman seperti mengirimkan malware, virus dan adware, alangkah baiknya jika anda menghubungi tim khusus yang menanggulangi masalah SPAM ini. Dengan berkunjung ke situs khusus maka anda akan bisa mendapatkan solusi yang terbaik untuk masalah yang dihadapi. Pihak penanggulangan SPAM akan bekerja dengan cepat dalam mengatasi masalah yang satu ini.

Baca Juga: Ini Dia Cara Setting Email Ms Outlook 2010 di IDwebhost

Tak bisa dipungkiri bahwa spam tersebut memang dikirimkan dengan berbagai tujuan. Jadi anda harus benar-benar melakukan yang terbaik dalam rangka mencegah hal ini kian parah. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan semua fasilitas dan fitur yang ada didalam pencegahan SPAM. Anda tidak perlu khawatir karena mail yang masuk ke folder SPAM akan terhapus dalam kurun waktu 30 hari. Hal tersebut bekerja secara otomatis untuk memberikan kenyamanan kepada anda. Fitur blokir spam juga tidak hanya tersedia untuk laptop atau PC saja, tapi juga tersedia untuk gadget. Anda tinggal memanfaatkan saja fungsinya yang tersedia. Untuk beberapa perangkat software seperti outlook yang menerima email secara langsung, anda juga bisa mendapatkan fasilitas anti spam yang tersemat didalamnya. Yang jelas, menanggulangi spam harus dilakukan sejak dini untuk mencegah serangan dari hacker dan lain sebagainya yang tidak diinginkan. Saatnya melindungi email anda dari ancaman spam yang semakin besar saat ini.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.