Cara Menambahkan Subdomain Webuzo Pada Website Anda
Blog Tips Keren Cara Menambahkan Subdomain Webuzo Pada Website Anda

Cara Menambahkan Subdomain Webuzo Pada Website Anda

Subdomain selama ini selalu menjadi pertimbangan ketika seseorang sedang mencari jasa hosting terbaik untuk websitenya. Sub domain ini memiliki fungsi yang sangat berguna untuk website utama. Subdomain tidak berdiri sendiri, ia adalah bagian dari tak terpisahkan dari domain utama itu sendiri. Sebagai contoh, nama domain Anda adalah idwebhost.com. Selanjutnya bila Anda ingin, Anda bisa menambahkan subdomain, katakanlah untuk menampung semua tulisan, Anda membuat blog.idwebhost.com. Karena sudah memiliki domain idwebhost.com, Anda tak perlu lagi membayar biaya tambahan untuk subdomain tersebut. Menambah subdomain bisa dilakukan di panel kontrol manapun. Salah satunya adalah Webuzo. Lalu bagaimana cara menambahkan subdomain Webuzo. Simak artikel sampai habis, ya, sahabat IDwebhost.

Fungsi Subdomain

Seperti telah disinggung pada bagian atas tulisan ini, subdomain merupakan bagian yang tak terpisahkan dari web utamanya. Meskipun begitu, subdomain memiliki nilai khasnya sendiri bila dibandingkan dengan website utama. Kehadiran subdomain akan memberikan dampak yang signifikan bila Anda mampu menggunakannya dengan baik. Melalui subdomain, situs Anda dapat membuat halaman khusus untuk menjelaskan hal-hal terpisah dari domain utama. Hanya saja, meskipun terpisah, biasanya informasi yang disajikan maih saling berhubungan dengan isi domain utama.

Contohnya, seperti diatas, adalah blog.idwebhost.com. Subdomain tersebut dibuat untuk menyajikan informasi seputar dunia website termutakhir untuk pengungjung dan pembaca setia IDwebhost. Fungsi lain yang juga sangat berguna adalah, Anda bisa berbagi space dengan rekan bisnis, atau mungkin karyawan Anda. Untuk itu, Anda bisa membuat subdomain khusus untuk kebutuhan tersebut. Nantinya masing-masing dari anggota tim atau rekan bisnis Anda akan mempunyai otorisasi yang berbeda dengan yang Anda milliki. Mereka akan memiliki username dan passwordnya sendiri.

Email yang masuk juga dapat diatur sesuai dengan bidang atau  divisi yang terpisah. Misalnya, email yang berhubungan dengan admin akan masuk ke email nama@admin.domainanda.com. Hal yang sama terjadi ketika ada email masuk ke customer service. Email akan masuk cs@domainanda.com. Subdomaain juga berfungsi untuk membantu Anda mengingat alamat website yang terlalu panjang, terutama ketika Anda membuat link afiliasi panjang dengan beragam karakter khusus yang jarang diingat orang.

Persiapan Menambahkan Subdomain di Webuzo

Secara umum, cara menambahkan subdomain Webuzo memiliki kemiripan langkah dengan cara menambah addon domain di Webuzo. Anda hanya perlu menambahkan kata sub, atau blog, dan apapun yang Anda inginkan untuk nama subdomain Anda. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan antara lain:

  • Domain – Mengacu pada subdomain yang ingin Anda tambahkan. Contohnya, forum.idwebhost.com.
  • Perhatikan, apakah ini adalah addon domain atau parked domain. Hapus centang bila Anda ingin menambahkan subdomain sebagai parked domain. Secara default, kotak checkbox akan terisi sebagai addon subdomain.

Cara Menambahkan Subdomain Webuzo

Langkah 1: Login ke panel Webuzo

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum menambah subdomain, tentunya Anda harus login terlebih dahulu di panel Webuzo Anda. Silakan isi kolom username dan password dengan benar. Seperti gambar  di bawah ini.

Cara Menambahkan Subdomain Webuzo

 

Langkah 2: Pilih Menu Enduser Panel.

Setelah berhasil melakukan login, pada dashboard silakan pilih menu Enduser Panel. Dari sana, silakan klik menu Domain.

Cara Menambahkan Subdomain Webuzo

Langkah 3: Klik Submenu Add Domain

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah klik pada submenu Add Domain. Lalu di layar monitor Anda akan tertampil beberapa kolom yang harus Anda isi. Disana terdapat kolom domain, addon domain, dan domain path. Pada kolom domain, silakan masukkan nama domain yang telah anda miliki di Webuzo. Kemudian pada kolom domain path, silakan tambahkan kata “sub” di depan nama domain.

Di bawah kolom Domain Path terdapat dua kotak checkbox “Mail Validation Records” dan “Issue Let’s Encrypt Certificate”. Anda bisa mencentang keduanya jika memang membutuhkan fitur tambahan tersebut. Namun jika tak perlu kedua fitur tersebut, tak mencentangnya pun tidak masalah. Jika semua dirasa telah sesuai dengan keinginan Anda, silakan klik Add Domain.

Tunggulah hingga masa propagasi selesai agar domain dapat mengarah ke setelah sebelumnnya melakukan update nameserver. Untuk bisa melihat subdomain yang baru saja Anda tambahkan, silakan klik Manage Domain. Disana Anda bisa melihat subdomain yang telah Anda tambahkan. Tampilannya seperti pada gabar dibawah.

Cara Menambahkan Subdomain Webuzo

Mengedit Domain

Tak hanya membuat addon domain dan subdomain, Anda juga bisa mengedit domain ata subdomain yang telah dibuat maupun ditambahkan tadi. Caranya sendiri terbilang cukup mudah. Dari Webuzo Enduser Panel, Anda bisa masuk ke Domain>Manage Domain. Pilih opsi edit di depan domain yang ingin Anda edit. Lalu Anda akan ter-direct ke halaman Edit Domain. Dari halaman ini, Anda bisa mengedit beberapa hal:

  • Tipe domain
  • Domain path
  • IP Address
  • Mail Validation records

Anda bisa mengedit kolom manapun sesuai dengan kebutuhan. Namun karena pada artikel kali ini membahas mengenai subdomain, Anda bisa megedit kolom Domain Path. Anda bisa mengubah domain path dan mengarahkannya ke direktori lain.

Mengenal Masa Propagasi

Mungkin selama ini Anda bertanya-tanya, sebenarnya apa yang disebut masa propagasi. Di setiap bidang, Anda akan mudah menemui kata-kata ini. Termasuk untuk Anda yang bergerak di bidang internet networking. Anda akan sangat familiar dengan istilah propagasi. Jadi, apa makna propagasi di dunia internet dan networking?

Cara menambahkan Subdomain Webuzo

Masa propagasi adalah ketika Domain Name Server (DNS) di internet memperbarui seluruh catatan mereka, dalam hal ini tabel DNS di seluruh dunia. Proses propagasi terjadi umumnya setelah pendaftaran domain baru, perubahan nama DNS, atau perubahan DNS tingkat lanjut yang informasinya akan disimpan di internet. Proses propagasi harus diselesaikan agar perubahan yang Anda lakukan dapat dikenali di internet.

Masa propagasi sendiri biasaya memakan waktu antara 12-36 jam. Namun tak menutup kemungkinan masa propagasi selesai sebelum 12 jam, atau bisa saja sampai lebih dari 36 jam. Pada umumnya, banyak jasa hosting yang menargetkan masa propagasi paling lama 24 jam.

Kesimpulan

Selesai. Anda telah menyelesaikan artikel cara menambahkan subdomain di Webuzo. Penggunaan subdomain sangat efektif untuk mengembangkan website Anda. Anda tek perlu membeli domain baru. Pengunannya pun bisa sangat beragam. Anda bisa menggunakannya untuk membuat forum, blog, dan banyak lagi lainnya.

Apabila Anda masih mengalami kesulitan dalam melakukan tips diatas, jangan ragu untuk menuliskannya melalui kolom komentar di bawah. Jika masih membutuhkan artikel tutorial lain, silakan kunjungi blog IDwebhost, the best choice for affordable cost.

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis