Bagaimana Cara Menambahkan Akun Email Pada Gmail
Blog Tips Keren Bagaimana Cara Menambahkan Akun Email Pada Gmail

Bagaimana Cara Menambahkan Akun Email Pada Gmail

Mempelajari cara menambahkan akun email pada gmail sangatlah penting khususnya bagi Anda yang memiliki banyak akun email. Email atau surat elektronik tetap jadi media komunikasi yang populer di tengah-tengah gencarnya himpitan situs-situs jejaring sosial. Apalagi sederet aplikasi pesan pun kini dibekali kemampuan yang sama dengan email, misalnya dalam mengirim dokumen, foto bahkan video. Email tak bisa tergantikan begitu saja, khususnya di kalangan profesional. Anda yang tak bisa lepas dari email tentu menginginkan cara untuk mengakses sekian banyak email dengan mudah.

Cara menambahkan account email pada gmail nantinya akan memudahkan Anda dalam mengelola akun gmail. Ini sangat penting dilakukan khususnya bagi Anda yang memiliki bisnis online. Perkembangan teknologi saat ini secara tidak langsung telah memaksa para penggunanya untuk memahami apa itu email. Email juga sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok jika Anda menggunakan perangkat pintar (Smartphone).

Memiliki dua atau lebih akun email adalah hal yang wajar, terutama karena tuntutan pekerjaan. Di sisi lain, mempunyai beberapa email bisa sangat menyusahkan karena harus mengunduh beberapa aplikasi dalam satu perangkat agar nantinya tidak terlewatkan jika ada email penting. Untuk menghindari masalah pelik itu, ada cara yang bisa Anda lakukan, yakni menambahkan akun email di aplikasi gmail.

Cara menambahkan akun email
Cara menambahkan akun email

Sekilas tentang Email

Email saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok di hampir segala aspek kehidupan. Mulai dari pendaftaran akun media sosial, layanan yang dimiliki fitur pada HP hingga pendaftaran ke sebuah organisasi atau pekerjaan, semuanya membutuhkan email. Tanpa adanya email, Anda tidak dapat mengakses fasilitas atau fitur yang ditawarkan oleh layanan internet.

Email atau yang sekarang ini lebih populer dengan istilah surel merupakan layanan perpesanan online yang bisa digunakan untuk mengirimkan pesan jarak jauh yang dikirimkan melalui jaringan internet. Selain mengirimkan pesan dalam bentuk teks, Anda juga bisa mengirimkan lampiran berupa foto, surat atau dokumen hingga video berdurasi panjang hanya dengan menyertakan link ke layanan penyimpanan dokumen. Salah satu layanan paling mutakhir saat ini yang digunakan oleh mayoritas pengguna email adalah Google (gmail).

Google ternyata tidak hanya berfungsi sebagai mesin pencari dan memberikan layanan perpesanan online. Di sini google juga akan memudahkan para pengguna ketika menambahkan lampiran ke email melalui google drive. Tak hanya itu saja, engguna juga akan semakin dimudahkan dengan dihadirkannya fitur-fitur lain, seperti video call melalui Google Duo atau Google Hangouts, penerjemahan melalui Google Translate, petunjuk arah menggunakan Google Maps, bahkan hingga pengaturan kalender, kontak, dan akses ke media hiburan seperti video, musik, atau buku.

Cara menambahkan akun email
Cara menambahkan akun email

Bagaimana cara menambahkan account email pada gmail?

Agar semakin mudah dalam mengelola akun email, maka ada cara menambahkan akun email ke gmail. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menambahkan akun email di aplikasi Gmail lewat smartphone Anda. Akun yang ditambahkan pun tidak melulu harus akun Google, akun Yahoo pun bisa.

Berikut cara mudah menambahkan akun email pada gmail

Langkah pertama

Yang Anda lakukan adalah masuk ke aplikasi Gmail di smartphone. Kemudian ketuk bagian ikon menu yang digambarkan dengan simbol tiga garis putih (ujung kiri atas). Setelah opsi menu muncul, kemudian geser layar ke bagian bawah hingga bertemu dengan opsi ‘Setting’. Ketuk atau tap opsi tersebut.

Langkah kedua

Pada bagian setting, Anda akan melihat beberapa opsi dan akun yang sudah terdaftar di Gmail. Kemudian, arahkan pandangan Anda ke opsi paling bawah, ‘Add Account’, lalu tap opsi itu untuk menambah akun email di Gmail. Setelah itu Anda akan diminta untuk memilih jenis akun email yang akan ditambahkan. Ini bisa akun Google (pilihan atas) dan akun email dari penyedia layanan lain, seperti Yahoo, Microsoft, dan lain-lain (opsi bawah). Menambah akun yahoo tentunya lebih mudah. Jika akun Yahoo sudah dimasukkan, maka Anda tinggal mengetuk ‘Next’ di bagian kanan bawah dengan layar smartphone.

Langkah ketiga

Pada bagian ini Anda akan dituntun untuk melakukan sinkronisasi antara akun Yahoo dengan Gmail. Dan hal pertama adalah masuk ke akun Yahoo Anda, jadi pastikan Anda sudah mengingat atau menuliskan password akun Yahoo Anda sebelumnya.

Ketika password yang Anda masukkan sudah cocok, maka Gmail akan meminta izin untuk mengakses akun Yahoo. Untuk mengecek apa saja yang akan diakses oleh Gmail, maka Anda bisa melihat detailnya dengan mengetuk tanda panah ke bawah di ujung kanan bagian ‘Yahoo! Mail’ dan ‘Profiles’. Jika semuanya sudah cocok, maka Anda tinggal klik Agree.

Langkah keempat

Yang harus Anda lalukan di sini adalah menentukan proses sinkronisasi akun Yahoo di aplikasi Gmail yang meliputi frekuensi sinkronisasi (15 menit-1 jam), hingga soal notifikasi email Yahoo yang bisa ditampilkan di Gmail. Hal penting yang harus Anda lakukan di sini adalah sebaiknya Anda menghilangkan centang di bagian terakhir (otomatis download file lampiran saat ada Wi-Fi). Dengan begitu, jika ada file yang mencurigakan, smartphone Anda tidak langsung mengunduhnya. Ini juga untuk keamanan juga.

Alasan mengapa sebuah bisnis harus menggunakan alamat email profesional

Meski tidak ada yang mengharuskan Anda menggunakan alamat email profesional di dalam bisnis, Namun jika ingin mendapatkan citra yang baik bagi bisnis dan brand Anda, maka Anda harus menggunakan alamat email profesional.

Berikut alasan mengapa sebuah bisnis harus menggunakan alamat email profesional

1.Mudah dikelola

Bisnis memang penuh dengan dinamika. Salah satunya adalah keluar masuknya karyawan atau tim. Pada berberapa bisnis atau perusahaan, setiap karyawan mempunyai email. Sehingga dengan adanya email profesional ini Anda bisa dengan mudah membuat alamat email untuk karyawan baru ataupun dengan mudah juga menghapus alamat email dari karyawan yang keluar.

2.lebih leluasa membackup data di email

Fitur backup ini digunakan jika email Anda tidak sengaja terhapus dan Anda ingin mengembalikannya. Dengan email profesional Anda bisa membackup semua email Anda termasuk email tim Anda dan merestorenya secara bersamaan jika terjadi kesalahan. Namun jika Anda menggunakan email gratisan, maka Anda hanya bisa melakukan backup email untuk satu akun saja.

3.Privasi lebih terjamin dan bebas iklan

Pernahkah Anda melihat iklan di saat Anda mengakses email di Gmail ataupun Yahoo? Dan saat Anda melihat tampilan dashboard email dari teman Anda ternyata iklannya berbeda dengan yang ada di dashboard Anda. Hal itu berarti pihak penyedia email seperti google tahu apa yang menjadi isi dari email-email Anda. Sehingga biarpun dari segi keamanan sangat terjamin, tetapi dari segi privasi, email gratisan belum tentu aman. Hal ini berbeda jika Anda menggunakan email profesional karena keamanan dan privasi Anda terjami dan juga bebas dari iklan.

4.Memberikan akses yang jelas menuju website Anda

Email bisnis dapat berfungsi sebagai alat pemasaran untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas (traffic) ke website Anda. Jadi jika ada calon klien/pelanggan ingi tahu websitenya tinggal mengunjungi nama website setelah nama emailnya. 

Begitulah cara mudah menambahkan account email pada gmail yang harus Anda coba. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah namun tetap berkualitas.