Cara Menambah Addon Domain di Plesk
Blog Tips Keren Cara Menambah Addon Domain di Plesk

Cara Menambah Addon Domain di Plesk

Mempunyai lebih dari satu domain di akun hosting tentu saja akan sangat menyenangkan. Terlebih jika Anda tahu cara menambah addon domain di Plesk. Domain yang di-addon dapat digunakan untuk membuat website baru, yang mungkin sama sekali berbeda dengan konten yang ada di domain utama Anda. Inilah yang dinamakan sebagai addon domain.

Pertanyaannya adalah, kenapa hal ini bisa terjadi? Hal ini mungkin terjadi karena domain addon memiliki root directory yang berbeda dengan domain utama. Sehingga memungkinkan Anda untuk membuat dua website atau lebih dalam satu akun hosting. Banyaknya addon domain sangat bergantung pada paket hosting yang Anda pilih, tentu saja. Di Plesk, panel kontrol yang sedang naik daun saat ini, Anda juga bisa menambahkan addon domain.

Pengertian addon domain

Cara menambah addon domain di Plesk

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara membuat addon domain di Plesk, alangkah baiknya jika Anda juga memahami pengertian addon domain. Addon domain adalah domain yang ditambahkan di hosting domain utama. Sebelum domain disetting di sebagai addon, tugas pertama Anda adalah menyamakan ns atau nameservernya dengan hosting domain utama.

Addon domain adalah fitur yang sangat familiar bagi pemilik domain. Domain ini ditambahkan setelah adanya domain utama.nantinya addon domain akan ditambahkan sendiri melalui folder khusus yang terdapat pada direktori website.

Anda bisa melakukan pengaturan sendiri di Plesk panel. Selain itu, yang banyak juga ditanyakan adalah, apakah addon domain sama dengan subdomain? Jawabannya adalah tidak. Mengena hal ini, akan dibahas di bagian lain tulisan ini.

Yang dibahas pertama kali, apalagi kalau bukan cara menambah addon domain di Plesk.

Artikel ini akan membahas tentang cara menambah Addon domain di Plesk.

Cara menambah Addon Domain di Plesk

Sebenarnya, cara addon domain di Plesk cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu beberapa langkah saja untuk dapat melakukannya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

Langkah pertama: Login ke akun Plesk Panel Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah login terlebih dahulu ke akun Plesk Anda. Silakan memasukkan username dan password yang Anda miliki. Jika Anda belum memiliki hosting Plesk, Anda bisa memesan hosting murah dengan Plesk panel IDwebhost.

Langkah kedua: Add Domain

Setelah berhasil login ke akun Plesk panel, pada menu Website & Domain silakan klik Add Domain. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi informasi yang tampil di layar monitor. Kolom yang harus Anda isi, seperti yang tertera di pada gambar dibawah adalah:

Cara menambah addon domain di Plesk

Cara menambah addon domain di Plesk

  • Domain name – Pada kolom ini, silakan isi dengan nama domain yang sesuai dengan keinginan Anda.
  • Location of the website’s files – untuk kolom ini, Anda bisa membiarkannya tetapi default. Umumnya, lokasi file website akan secara otomatis ditentukan oleh sistem Plesk.
  • Hosting type – pada kolom ini, Anda harus memasukkan website hosting yang Anda gunakan.
  • Activate the DNS service – agar addon domain yang Anda buat dapat digunakan, DNS service-nya harus sama dengan domain utama. Jadi Anda harus mencentang kolom ini.
  • Activate the Mail service – kolom ini juga harus di-centang.Karena jika tidak, bisa jadi Anda tak bisa menggunakan layanan email untuk addon domain Anda.
  • Document root – untuk kolom ini, Anda bisa membiarkannya supaya tetap default. Document root akan secara otomatis terisi nama domain Anda.
  • Preferred domain – kolom ini bisa Anda biarkan kosong. Pilih none

Setelah itu, silakan klik OK. Dan jika berhasil akan muncul pesan notifikasi yang berbunyi “Information: the domain domainbarusaya.com was successfully created”.

Contoh Penggunaan Addon Domain

Lalu bagaimana penggunaan addon domain? Berikut adalah contoh sederhana dari penggunaan addon domain. Misalnya Anda memiliki website namadomainsaya.com. Pada domain tersebut, direktori hosting akan tertuju pada folder public_html.

Kemudian, tiba-tiba Anda ingin menambahkan alamat website baru dengan nama webbarusaya.com. Di sini ada cara mudah dan ekonomis untuk membuat website tersebut. Yaitu menggunakan addon domain.

Lalu, kemanakah nama domain baru tersebut nantinya akan diarahkan? Nantinya, nama domain baru tersebut akan diarahkan menuju public_html. Kemudian, domain yang baru dibuat tersebut akan muncul di folder yang sama, yaitu public_html. Yang membedakannya adalah namanya saja, yaitu public_html/websitebaru.com.

Manfaat Menggunakan Addon Domain

Akan ada banyak manfaat yang Anda dapatkan jika berhasil mengoptimalkan addon domain. Adanya addon domain memungkinkan Anda untuk menciptakan domain kedua, ketiga, dan seterusnya. Anda bisa membuat sebanyak yang Anda mau. Tetapi yang harus jadi catatan tentang addon domain ini tergantung kebijakan dari penyedia hosting yang Anda gunakan.

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah, addon domain tersebut secara otomatis akan menciptakan FTP atau File Transfer Protocol. Lainnya, tentu saja Anda dapat menghemat biaya. Tak perlu membeli domain dan hosting lagi, Anda bisa memanfaatkannya menggunakan fitur ini.

Yang perlu Anda pahami adalah, jika menggunakan addon domain, maka resource yang Anda gunakan juga akan terbagi. Banyaknya pembagian tersebut juga bergantung dengan banyaknya domain baru yang Anda buat. Semakin banyak addon domain yang Anda buat, maka spesifikasi seperti bandwidth, disk space, dan lain sebagainya juga akan ikut terbagi. Hal ini bisa jadi akan mempengaruhi performa dari website utama Anda. Kemudian, yang harus Anda pahami lainnya adalah akses menuju Plesk hanya bisa dilakukan oleh domain utama. Anda tak bisa melakukannya menggunakan addon domain yang telah Anda tambahkan sebelumnya.

Perbedaan Addon Domain dengan Subdomain

Setelah membahas mengenai cara menambah addon domain di Plesk, untuk mengakhiri pembahasan di artikel ini, masih adakah diantara Sahabat yang masih bingung, tidak bisa membedakan addon domain dengan subdomain?

Seperti yang sudah disampaikan di awal artikel ini, addon domain memungkinkan Anda untuk membuat nama website baru yang berbeda dari website utama. Hal ini akan terlihat dari URL nya yang berbeda. Sedangkan jika Anda menggunakan subdomain, domain baru yang Anda buat adalah bagian tak terpisahkan dari domain utama.

Anda juga tak akan bisa membauat nama URL sendiri karena URL untuk subdomain mengandung unsur dari domain utama itu sendiri.

Kesimpulan

Addon domain adalah fitur yang dapat dimanfaatkan untuk menambahkan website lain, yang berbeda dari domain utama. Anda bisa menghemat biaya karena tak perlu membeli hosting lagi untuk menambah website baru. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda tak hanya paham cara menambahkan addon domain di Plesk, tapi juga mengerti manfaat penggunaan addon domain.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis