Cara Memulai Bisnis Web Hosting di Rumah

29 Agu 2017
Cara Memulai Bisnis Web Hosting di Rumah

Banyak orang ingin memulai bisnis web hosting pribadi dengan duduk di rumah. Sementara beberapa dari mereka merasa hal ini bukan ide yang sangat realistis apalagi jika berhasil menghasilkan ribuan dolar hanya dengan menjual kembali paket hosting dari perusahaan hosting papan atas seperti HostGator, FatCow, JustHost, dan sejenisnya.

Ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu pertama mempromosikan dan memasarkan bisnis pemula dan tentunya menarik lebih banyak pelanggan. Lalu yang kedua memilih jenis paket reseller hosting yang tepat sehingga mudah digunakan siapa saja untuk menyiapkan bisnis hosting baru tanpa hambatan secara teknis.

Pengetahuan tentang menjalankan server adalah topik yang luas dan tidak tercakup di sini.

Jika Sahabat IDwebhost bisa mendapatkan beberapa klien back-to-back maka menjalankan bisnis web hosting bisa sangat menggiurkan. Dengan kata lain, kamu akan segera menyadari bahwa pasar sangat kompetitif dan banyak pihak yang sudah memiliki pasar lebih besar sehingga semakin sulit bagi perusahaan kecil untuk membangun diri mereka atau bertahan untuk waktu yang lama. Menarik traffic secara alami dari mesin pencari kesulitan untuk dipecahkan. Alasannya karena membeli pengunjung melalui Google AdWords mungkin tidak memberimu perkiraan pengembalian investasi yang dibuat.

–          Jual dan Beli Website di e-Auctions

Ada banyak cara untuk melakukan, salah satunya dengan menjual dan membeli situs web di situs lelang yang berbeda. Gratis hosting selama satu bulan, 6 bulan atau 1 tahun bisa ditawarkan dengan setiap website yang kamu jual secara online.

Dengan cara ini,  cara menjual kamu akan menonjol, menarik tawaran yang lebih tinggi, dan menghasilkan lebih banyak keuntungan juga. Strategi pemasaran jenis ini juga akan menarik pelanggan yang berpikir untuk memperbarui rencana hosting setelah masa hosting gratis paket berakhir.

–          Memanfaatkan WordPress

WordPress adalah platform yang benar-benar gratis dan mudah digunakan untuk membuat situs web blog hosting sederhana dan gratis.

Kamu bisa menambahkan link pribadi ke blog gratisan yang dibuat oleh orang-orang. Hal ini  bisa membantumu dalam menghasilkan pendapatan dan mempromosikan layanan bersamaan dengan menjual paket yang ditingkatkan kepada pelanggan yang memiliki akun gratis. Kamu juga dapat mencoba membangun dan menciptakan hubungan baru dengan perancang web serta pengembang berbeda yang mengembangkan skrip CMS kecil.

–          Jadilah reseller

Jika kamu tidak tahu apa-apa tentang hosting, tidak perlu khawatir karena dengan bantuan program reseller hosting masih bisa memulai bisnis hosting. Dengan kata lain, kamu bisa membeli paket hosting dengan harga grosir dan memasarkannya dengan harga lebih tinggi, sama seperti dalam bisnis lain. Dengan cara ini, kamu dapat berfokus pada bagian pemasaran dan membiarkan aspek teknis kepada orang-orang yang tahu bagaimana menangani masalah teknis.

–          Kamu Tidak Perlu Menjadi Desainer Hebat

Bahkan jika tidak ahli dalam kemampuan mendesain web untuk membuat situs web sendiri dan menjual paket hosting, kamu masih dapat melakukannya dengan memanfaatkan program label pribadi. Alasannya karena kebanyakan dari mereka bebas menggunakannya. Mereka menawarkanmu dengan berbagai template dan panel kontrol khusus yang bisa membantumu dalam membangun situs web dalam hitungan beberapa menit saja.

–          Memilah Layanan Terbaik di Portofolio

Di sinilah kebanyakan pemula menjadi salah yaitu reseller hosting bukan berarti kamu harus menjual kembali paket shared hosting.

Jika kamu hanya menjual satu paket hosting, pelanggan akan curiga dan menyadari bahwa kamu hanyalah seorang reseller. Meski tidak ada salahnya, orang sering memilih untuk membeli paket hosting langsung dari perusahaan utama daripada melalui reseller atau affiliate karena mereka tahu bahwa kamu akan mendapatkan margin yang bagus sebagai orang ketiga.

Di sisi lain, jika kamu memperhatikan branding dengan baik dan menawarkan campuran layanan hosting yang sehat mulai dari paket anggaran hosting, paket hosting bisnis, beberapa domain dan hosting sampai ke VPS maka kamu tidak akan mengalami masalah seperti di atas. Sebagian besar pelanggan  tidak mengetahui kamu hanyalah seorang reseller hosting. Jadi, teruskan dan cobalah! Siapa tahu kamu bisa menghasilkan lebih banyak uang.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak soal hosting murah selengkapnya bisa lihat di sini ya!