Cara Memulai Bisnis Reseller Online Untuk Pemula
Blog Tips Keren Cara Memulai Bisnis Reseller Online Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Reseller Online Untuk Pemula

Bisnis reseller online. Siapa yang masih asing dengan istilah ini? Tentu kini bisnis reseller sudah sangat familiar di telinga Anda. Apalagi di era pemasaran digital sekarang, reseller menjadi salah satu model bisnis yang sangat populer. Semua orang bisa melakukannya dengan modal yang tidak besar. Tetapi ternyata di masyarakat masih banyak yang mempertanyakan, bagaimana cara memulai bisnis reseller online. Tak sedikit orang yang tidak tahu cara memulai bisnis reseller ini. Barang apa saja dijual, hingga keuntungan apa saja yang didapatkan dari bisnis ini. Artikel ini akan menjabarkan pada Anda, cara memulai bisnis reseller online, berikut tips, trik, dan tantangan yang kemungkinan Anda hadapi. Simak artikel ini sampai habis, ya, Sahabat IDwebhost.

Apa itu Reseller?

Sebelum melangkah terlalu jauh membahas cara memulai bisnis reseller online, mari kita cari tahu terlebih dahulu definisi reseller itu sendiri. Cambridge Dictionary mengartikan reseller sebagai perusahaan atau individu yang membeli produk dari pabrik dan menjulanya lagi kepada konsumen. Dalam sistemnya sendiri, reseller menyediakan stok barang terlebih dahulu untuk kemudian dijual kembali ke konsumen.

Cara Memulai Bisnis Reseller Online Untuk Pemula

Lalu bagaimana cara reseller online bekerja? Hal ini banyak ditanyakan oleh mereka yang ingin memulai bisnis online. Umumnya, reseller akan mengambil stok barang dari penjual yang lebih besar atau pabrik dan perusahaan, yang banyak juga disebut dengan distributor atau supplier. Kedua pihak stockist ini akan menyediakan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran. Nah disini lah kesempatan Anda sebagai reseller untuk mengambil keuntungan.

Mengapa Harus Menjadi Reseller?

Banyak orang yang memiliki keinginan untuk memulai bisnis online tapi tak tahu harus mulai darimana. Mereka tidak memiliki waktu untuk menciptakan produk sendiri. Karena itu, menjadi reseller adalah jalan terbaik untuk belajar berbisnis. Dengan menjadi reseller online, Anda akan dilatih untuk tahu cara memilih distributor yang tepat, ilmu bernegosiasi, hingga manajemen inventory. Sangat banyak manfaatnya secara non ekonomi.

Cara Memulai Reseller Bisnis Online

Lalu, bagaimana cara memulai bisnis reseller? Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis reseller online:

Pemilihan Produk

Mari memulai cara memulai bisnis reseller online dengan memilih produk yang akan Anda jual. Terdapat ratusan, bahkan ribuan jenis produk yang ada di pasar dan akan membingungkan Anda dalam memilih produk. Untuk memilih produk yang tepat, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Pilih Produk yang Sesuai Dengan Keahlian Anda

Dalam memilih produk, Anda bisa memulainya dengan produk yang menjadi keahlian Anda. Bingung? Mudahnya seperti ini, Anda bisa memulainya dengan produk yang sesuai kegemaran atau hobi. Hal ini ini bagus sebab Anda sudah memiliki pengetahuan memadai produk tersebut. Ini akan terlihat ketika Anda menawarkan produk tersebut ke orang lain.

Selain itu dengan menjual produk yang telah diketahui seluk beluknya akan membuat Anda lebih menikmati prosesnya. Contohnya, Anda memiliki passion di bidang IT, bisa menjadi reseller domain yang pastinya sesuai dengan keahlian Anda.

Spesifikasi Produk

Karena Anda baru memulai, ada baiknya untuk mengawalinya dengan produk yang spesifik. Mengapa demikian? Memilih kategori produk yang spesifik akan membantu Anda untuk focus. Anda bisa berkonsentrasi dalam hal pemasaran, memilih supplier, dan manajemen sumber daya.

Misalnya saja, Anda bisa focus berjualan kaos band dengan genre metal. Bukan hanya sekedar kaos band saja.

cara memulai bisnis reseller online

Membuat Brand Sendiri

Menjadi reseller banyak dipilih para pebisnis pemula karena mereka bisa merintis brand mereka sendiri tanpa harus pusing memikirkan produksinya. Anda bisa melakukan rebranding produk, dan dengan diimbangi pemasaran yang bagus akan membuat brand Anda dikenal orang.

Berikut yang bisa Anda lakukan terkait branding untuk produk Anda:

  • Memilih nama brand yang tepat
  • Berikan cirri khas yang tak dimiliki brand lain
  • Promosikan nama dan ciri brand Anda secara teratur lewat media social.

Selektif Memilih Produk

Ketika memulai bisnis reseller online, Anda tetap harus selektif memililih produk apa yang akan dijual. Anda harus menyeleksi, misalnya dari aspek apakah demand untuk produk tersebut tinggi, atau carilah produk yang stabil. Mengikuti tren memang bagus, namun ketika menjual produk yang sedang trend an musiman, Anda harus berhitung agar bisa bertahan lama.

Menentukan Target Pasar

Jika sudah memastikan produk apa yang akan dijual, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan target pasar. Dengan mementukan target pasar yang tepat, maka Anda bisa membuat penawaran yang lebih tepat sasaran.

Contohnya, bahasa penawaran untuk para orang dewasa tentu berbeda dengan penawaran untuk remaja. Penggunaan media social juga berpengaruh pada target market Anda. Anda akan kesulitan bersaing bila produk yang Anda jual di twitter ditujukan pada orang tua.

Cara Pemasaran

Tidak bisa tidak, marketing adalah kunci dari bisnis reseller online. Terdapat dua tujuan marketing yang harus Anda ketahui. Pertama untuk meningkatkan brand awareness. Artinya akan lebih banyak orang yang mengetahui keberadaan Anda sebagai reseller.

Tujuan marketing yang kedua adalah konversi. Konversi disini artinya adalah merubah pengunjung menjadi pembeli. Menjadi reseller bisnis online berarti Anda perlu mempelajari strategi marketing online. Antara lain website, social media, dan teknik SEO.

Anda bisa memulainya dengan membuat sebuah website dan mengisinya dengan konten yag berkualitas. Konten yang berkualitas berisikan deskripsi produk yang dijual, lengkap dengan gambarnya. Atau juga bisa berbagi info tips dan trik, dan lain sebagainya.

Memilih Supplier

Memilih supplier adalah kunci saat Anda memulai bisnis reseller online. Tugas utama Anda adalah memasarkan barang-barang yang merupakan tanggung jawab supplier. Kriteria yang bisa Anda tetapkan pada supplier antara lain kredibel, harga dan sistem komisi yang jelas, juga kualitas produknya.

Hal lainnya adalah ketersdiaan barang, pastikan produk tersebut bukanlah barang yang ghoib. Dan terakhir dalam memilih supplier adalah komunikatif.

Pelayanan Konsumen

Salah satu cara menjadi reseller sukses adalah memiliki pelayanan konsumen yang bagus. Pelanggan yang terkesan dengan pelayanan Anda akan memberitahukannya pada orang lain. Secara tidak langsung, Anda telah merekrut tenaga pemasaran. Kalau kata orang Jawa, disebut gethok tular. Pelayanan yang disukai konsumen antara lain:

cara memulai bisnis reseller online

  • Responsif
  • Tata bahasa yang sopan
  • Memiliki solusi atas masalah yang dihadapi pelanggan

Kesimpulan

Dengan bisnis reseller online, Anda tetap bisa mempertahankan identitas sendiri. Anda bisa menumbuhkan basis konsumen loyal. Website yang dibangun dan didesain secara bagus bisa membantu Anda menciptakan relasi yang kuat dengan konsumen. Promosi, penjualan, dan menentukan harga produk semua Anda yang melakukan.

Mulai bisnis online Anda dengan membuat website di IDwebhost sekarang juga!

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis