Cara Memulai Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri
Blog Tips Keren Cara Memulai Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri

Cara Memulai Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri

Bisnis fashion menjadi salah satu bisnis yang terus tumbuh. Pasar dari bisnis ini sangat luas,  dan terus berkembang dengan berbagai kebutuhan. Apakah Anda salah satu yang tertarik dengan bisnis ini? Anda sudah berada dalam artikel yang tepat,  karena  kita akan membahas bagaimana cara memulai bisnis fashion dengan brand sendiri.

Memiliki brand sendiri menjadi salah satu impian banyak pelaku usaha. Jika Anda saat ini masih menjalankan bisnis menggunakan atau menjadi penjual dari brand lain, tentu saja Anda memiliki cita-cita suatu saat bisa memiliki brand Anda sendiri. Hal ini karena terdapat berbagai keuntungan ketika Anda memiliki brand sendiri.

Seperti apa cara memulai bisnis dengan brand sendiri? Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas lima cara memulai bisnis fashion dengan brand sendiri. Apa saja yang perlu Anda lakukan, simak dalam poin-poin berikut ini:

  1. Cara Memulai Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri Dengan Riset ProdukCara Memulai Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri Dengan Riset Produk

Jika Anda akan memulai sebuah bisnis, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah riset. Nah, riset produk dalam bisnis fashion merupakan langkah awal untuk menentukan produk atau desain fashion seperti apa yang akan Anda jual atau produksi.

Dalam langkah riset ini, Anda tidak bisa asal memilih produk yang ingin dijual  sesuai selera Anda, karena Anda harus melihat pasar atau konsumen Anda. Sehingga jangan sampai memilih desain fashion hanya dengan asumsi atau perkiraan kesenangan pribadi saja.

Agar bisnis fashion Anda sukses, maka Anda membutuhkan data riset yang sesuai dengan kondisi pasar. Hal ini menjadi penting agar bisnis fashion Anda diterima oleh pasar. Anda bisa melakukan riset produk ini dengan menggunakan berbagai tools riset seperti berikut ini:

Melihat Trends Pasar di Google Trends

Anda bisa memanfaatkan Google Trends untuk melakukan riset pasar dari bisnis fashion yang akan Anda jalankan. Google trends adalah fitur dari Google yang selama ini telah digunakan pelaku usaha dalam menganalisis data pasar secara cepat dan tepat.

Salah satu instrumen yang bisa kita jadikan patokan adalah jumlah pencarian untuk kata kunci tertentu. Selain itu Anda juga bisa membandingkan beberapa jenis produk untuk melihat yang lebih banyak dicari, misalnya dari segi desain, segi warna, ukuran atau trends terbaru dari bisnis fashion yang sedang berkembang.

Cek Tren Pasar fashion di Media Sosial

Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk melihat trends fashion. Anda cukup ketik keyword produk fashion yang ingin Anda cari dengan hashtag (#) maka Anda akan melihat banyaknya postingan terkait fashion yang sedang trends di pasaran.

Lakukan Riset dan Survei ke Konsumen

Anda juga perlu untuk melakukan survei produk secara langsung ke konsumen. Anda bisa membuat survei Online sederhana terkait bisnis fashion yang akan Anda jalankan. Kemudian Anda sebarkan ke berbagai sumber untuk mendapatkan data yang beragam responden.

  1. Anda Harus Memahami Target Pasar Fashion Brand AndaAnda Harus Memahami Target Pasar Fashion Brand Anda

Cara memulai bisnis fashion dengan brand sendiri selanjutnya adalah dengan mengenali target pasar. Hal ini, menjadi saat penting ketika Anda memulai bisnis, apa pun bisnis Anda, terlebih yang berkaitan dengan fashion.

Ketika Anda telah mengetahui siapa yang menjadi target pasar, maka Anda bisa membuat produk yang benar-benar dibutuhkan dan disukai oleh pasar atau konsumen. Dengan mengetahui target pasar juga akan membantu Anda dalam membuat berbagai strategi pemasaran produk yang tepat dari brand fashion Anda sendiri.

Pertanyaan yang sering muncul mengenai target pasar adalah; bagaimana cara mengenali target pasar bisnis? Nah, untuk memudahkan Anda dalam mencari dan mengenali target pasar Anda, silakan untuk mengikuti cara-cara berikut ini:

Mengenali Target Pasar Dengan Asumsi Bisnis

Apakah asumsi bisa dijadikan penentuan dalam bisnis? Bisa! Anda hanya perlu berasumsi kira-kira siapa target pasar yang paling strategis, namun asumsi Anda ini nantinya harus dites terlebih dahulu, apakah benar atau hanya sekedar asumsi.

Mengenai dengan asumsi bisnis, artinya Anda perlu membuktikan dengan kondisi di lapangan atas asumsi yang Anda buat. Misalnya Anda menjual fashion wanita kekinian, maka kira-kira siapa yang akan membeli produk Anda? Remaja? Mahasiswa?

Melihat Target Pasar dari Kompetitor Anda

Kompetitor bisnis memiliki target pasar yang bisa jadi ada kemiripan dengan Anda. Maka lihat produk-produk kompetitor Anda, lalau lakukan analisis bisnis,  kira-kira siapa target pembeli produk tersebut. Nah, Anda juga  bisa mencari celah untuk menciptakan produk yang lebih baik dari kompetitor Anda.

Melihat Target Pasar Dengan Komunikasi Konsumen

Konsumen adalah target pasar Anda, maka melakukan komunikasi dengan konsumen dalam melihat target pasar adalah langkah yang tepat. Tanyakan kepada mereka, apa produk fashion yang mereka butuhkan dan sukai? Rentan harga, jenis bahan, dan lain sebagainya terkait bisnis fashion saat ini.

  1. Cara Memulai Bisnis Fashion Dengan Inovasi dan Paham KompetitorCara Memulai Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri; Inovasi dan Paham Kompetitor

Bisnis Fashion adalah salah satu bisnis yang begitu cepat berubah, utamanya dalam hal desain yang ditawarkan kepada pasar. Kebutuhan pasar pun berkembang seiring waktu. Maka pemain dalam bisnis fashion terus melakukan inovasi produk mereka.

Anda harus bersikap inovatif terhadap bisnis Anda. Hal ini menjadi kunci sukses cara memulai bisnis fashion dengan brand sendiri. Jika Anda tidak melakukan inovasi, yang ada Anda hanya akan muncul dan hilang tanpa dikenali atau diakses pasar.

Maka, Anda pun harus selalu melihat perkembangan kompetitor Anda. Anda perlu mempelajari kompetitor bisnis fashion Anda. Lihat apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan produk kompetitor, bagaimana cara pemasaran digital, hingga distribusi.

Berbagai informasi mengenai kompetitor, dan Anda yang terus berinovasi, akan menjadikan Anda tetap berada dalam pasar yang terus menantikan produk terbaru dan terbaik dari Anda. Ingat, Anda sedang memperjuangkan  brand Anda sendiri, maka kenalkan brand Anda kepada pasar seluas mungkin dengan berbagai inovasi desain fashion Anda.

  1. Buat Website Bisnis Untuk Toko Fashion Online AndaBuat Website Bisnis Untuk Toko Fashion Online Anda

Banyak bisnis fashion yang menuai sukses tanpa memiliki toko fisik. Mereka hanya bermodalkan website toko Online dan promosi secara online. Selain hemat karena tidak perlu sewa toko, juga efektif dalam menjangkau pasar yang luas.

Setidaknya 96% pengguna internet di Indonesia ternyata mencari produk atau layanan untuk dibeli secara online. kemudian menurut data, produk yang paling laris dibeli secara online adalah produk fashion. Maka, bisnis fashion memiliki peluang sukses yang besar ketika merambah dunia online.

Karenanya penting sekali bagi Anda untuk memiliki website toko online bisnis fashion Anda. Dengan website toko online fashion brand sendiri, maka Anda bisa melakukan berbagai hal dalam website bisnis Anda seperti:

  1. Menampilkan katalog produk Anda
    2. Melakukan Penjualan produk Anda
    3. Untuk Informasi launching produk terbaru
    4. Memaparkan profil bisnis Anda
    5. Memuat informasi kontak bisnis Anda

Untuk membuat website bisnis Anda bisa menggunakan jasa layanan pembuatan website bisnis dari IDwebhost. Selain itu Anda juga bisa memilih nama domain bisnis Anda melalui layanan domain murah yang ada di IDwebhost. Layanan lain seperti hosting murah juga bisa Anda dapatkan di IDwebhost. Layanan IDwebhost menjadi solusi bagi pelaku bisnis seperti Anda, pelaku bisnis yang sadar pentingnya pasar online.

Demikian pembasahan kita kali ini mengenai Cara Memulai Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda. Terima kasih, salam. Ari IDwebhost.