Cara Mempercepat Loading WordPress dengan Mudah
Blog Tips Keren Cara Mempercepat Loading WordPress dengan Mudah

Cara Mempercepat Loading WordPress dengan Mudah

 

Kecepatan loading dalam sebuah blog atau website merupakan salah satu parameter yang dapat meningkatkan nilai SEO. Selain itu kecepatan loading juga akan membuat pengunjung nyaman jika ingin mengunjungi blog atau situs Anda.

Di dalam dunia website, tidak ada yang meragukan nama WordPress. Sebuah content management system (CMS) besutan Automattic. WordPress adalah platform  yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan: dari membuat blog, website bisnis dan banyak jenis website lainnya. Tetapi ada satu hal yang menjadi kelemahan WordPress dan itu terlihat sangat kentara. Yaitu, WordPress dapat dengan mudah menjadi lambat.

Tanpa mengambil tindakan pencegahan yang tepat, website Anda dapat menjadi lamban. Website yang lamban dapat mengakibatkan Anda kehilangan pengunjung dan pelanggan secara bersamaan.

Website dengan kecepatan loading yang bagus dapat meningkatkap pengalaman pengguna dan meningkatkan pageviews, tentu saja. Halaman yang cepat juga sangat membantu optimasi SEO website WordPress Anda.

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara mempercepat loading website atau blog yang menggunakan WordPress dengan mudah.

Cara-cara Mempercepat Loading WordPress

Mempercepat loading
Mempercepat loading

Ada bebeberapa teknik yang dapat  dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website WordPress Anda. WordPress, seperti yang ktia tahu memang sangat aktif mendapat proses pengembangan agar lebih cepat dan lebih cepat lagi. Hanya saja, kadang aktivitas penggunaan yang kita lakukan, secara tidak langsung memperlambat loading website. Dan banyak orang yang tidak menyadarinya. Untu itu, simak cara meningkatkan kecepatan loadig website WordPress di bawah ini, agar performa website Anda tetap terjaga.

1. Memilih Web Hosting yang Tepat

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar website cepat sejak awal adalah memilih penyedia hosting terbaik. Layanan hosting yang baik tentu akan memberikan kecepatan akses mumpuni meskipun website Anda diakses dari tempat manapun di seluruh dunia.

Anda dapat memutuskan untuk mempercepat loading WordPress jika Anda sudah memastikan bahwa loading tersebut lambat bukan diakibatkan oleh penyedia web hosting yang Anda gunakan. Banyak sekali website yang dihosting pada penyedia yang tidak terpercaya dan ternyata website tersebut ditempatkan bersama ribuan situs klien di satu server bersama-sama. Akibatnya, server mereka sangat lambat. Jangan khawatir, kini, Anda dapat menggunakan penyedia web hosting yang handal dan terpercaya di Indonesia yaitu IDwebhost.

2.  Menguji Kecepatan WordPress Anda

Sebelum memutuskan untuk mempercepat loading WordPress, Anda harus benar-benar mengetahui keadaan website Anda sendiri.. Ada banyak sekali tool berguna yang memampukan Anda untuk mengukur performa situs tersebut. Gunakan beberapa diantaranya untuk melihat apakah kecepatan loading Anda sudah di atas rata-rata atau justru melamban.

3. Gunakan Tema Website yang Ringan

Langkah selanjutnya agar website WordPress Anda semakin cepat adalah memilih tema WordPress yang ringan. Pilihlah tema WordPress yang ringan. Apakah itu tema berbayar maupun gratis. Carilah tema yang benar-benar ringan, responsif, dan pastinya SEO friendly.

Pilihlah tema WordPress yang cepat dengan desain kode yang baik. Jika Anda memilih tema yang memiliki banyak fitur tambahan, maka dapat berdampak negatif terhadap kinerja website. Tema bawaan dari WordPress biasanya sudah memiliki kode yang sangat baik, ringan, sangat cepat dan mudah untuk disesuaikan.

4. Install Plugin Caching

Mempercepat loading
Mempercepat loading

Cara untuk meningkatkan kecepatan loading yang berikutnya adalah dengan menginstal plugin caching Caching merupakan mekanisme yang sangat baik untuk offload beberapa beban di server web. Pada dasarnya caching engine menyimpan informasi yang sering kali digunakan di sistem client (browser, memori) sehingga browser tidak perlu mengambil informasi secara berulang-ulang dari server. Sebagian besar caching dapat meningkatkan performa situs.

Gunakan plugin untuk menyimpan cache dari website Anda. Untuk itu, Anda bisa memilih plugin-plugin cache terbaik yang ada di WordPress. Dua plugin paling populer untuk cache adalah W3 Total Cache dan WP Super Cache. Dengan menggunakan cache, website WordPress Anda secara otomatis dapat lebih cepat.

5. Minify CSS, HTML, dan JavaScript

Minify adalah salah satu teknik yang berguna jika Anda hendak meningkatkan performa website. Teknik ini akan memperkecil ukuran file front-end dan script (HTML, CSS, JavaScript) dengan cara menghapus karakter yang tidak terkait, seperti space dan komentar dari file-file tersebut.

6. Optimalkan Gambar

Gambar merupakan salah satu elemen yang dapat memperlambat loading situs. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan gambar. Anda dapat memulainya dengan menentukan besaran dimensi gambar maksimum untuk ukuran thumbnail, medium, dan large.
Hal kedua yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi ukuran gambar yang diupload tanpa mengubah ukuran aslinya atau mengurangi kualitas gambar. Salah satu plugin yang dapat Anda gunakan untuk melakukan hal tersebut adalah Smush.it.

7. Membagi Konten Menjadi Beberapa Halaman

Pagination atau membagi konten mengacu pada teknik untuk menyederhanakan atau memperpendek konten yang lebih panjang. Bagian yang pendek ini kemudian akan ditampilkan satu per satu sebagai halaman terpisah.Umumnya pagination digunakan untuk menampung komentar dikarenakan meloading ribuan komentar secara serentak dapat mengakibatkan kemacetan pada bandwidth.

8. Optimasi Database WordPress

Mengoptimasi database juga dapat dilakukan sebagai cara mempercepat loading website Anda. Dan untuk memudahkan pekerjaan ini, Anda bisa menggunakan plugin WP Optimize. Plugin ini memungkinkan Anda melakukan satu tugas sederhana: Mengoptimalkan database Anda. Misalnya spam, revisi posting, draft, tabel, dan lain-lain.

Di samping digunakan untuk kolom komentar, pagination juga dapat membantu Anda membagi post/halaman ke dalam beberapa halaman web secara terpisah. Teknik ini sangat berguna untuk post yang sangat panjang karena kecil kemungkinan pengguna akan merasa bingung saat pertama kali mengunjungi web Anda.

9. Optimasi Homepage

Mempercepat loading
Mempercepat loading

Homepage atau halaman utama adalah salah satu bagian paling penting dari sebuah website. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa homepage adalah bagian yang paling sering diakses oleh pengunjung. Berikut ini adalah hal yang harus Anda lakukan untuk mengoptimasi homepage:

  • Tampilkan kutipannya saja, bukan postingan secara penuh
  • Mengurangi jumlah postingan pada halaman utama. Kami merekomendasikan 5-7 post sudah cukup.
  • Hapus widget yang tidak perlu dari website Anda
  • Hapus plugin yang sudah tidak aktif
  • Buatlah minimalis, karena pengunjung datang ke website untuk membaca konten, bukan melihat widget.

10. Menggunakan Content Delivery Network

Pada dasarnya, CDN atau Content Delivery Network bekerja dengan mengambil semua file statis yang ada di website Anda. File statis tersebut antara lain CSS, Javascript, gambar, dan lain sebagainya. CDN memungkinkan pengunjung mengunduh file-file tersebut secepat mungkin dengan menyajikan file di server sedekat mungkin dengan lokasi pelanggan.

Salah satu layanan content delivery network populer dan memiliki banyak pengguna adalah CDN dari Cloudflare.

Penutup

Agar sebuah website mendapatkan peringkat yang tinggi di mesin pencari, sekaligus disukai pengunjung, juga harus memperhatikan kecepatan. Maka, mempercepat loading website menjadi perlu dilakukan. Terutama jika Anda adalah pengguna WordPress.

Mau punya website yang cepat, aman, dan Andal? Segera buat website Anda menggunakan IDwebhost dan temukan berbagai paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda.