Cara Mempercepat Loading WordPress dengan Mudah
Blog Tips Keren Cara Mempercepat Loading WordPress dengan Mudah

Cara Mempercepat Loading WordPress dengan Mudah

Loading WordPress

Kecepatan loading dalam sebuah blog atau website merupakan salah satu parameter yang dapat meningkatkan nilai SEO. Selain itu kecepatan loading juga akan membuat pengunjung nyaman jika ingin mengunjungi blog atau situs Anda.Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara mempercepat loading website atau blog yang menggunakan WordPress dengan mudah.

Cara-cara Mempercepat Loading WordPress

1. Menguji Kecepatan WordPress Anda

Sebelum memutuskan untuk mempercepat loading WordPress, Anda harus benar-benar mengetahui keadaan website Anda sendiri.. Ada banyak sekali tool berguna yang memampukan Anda untuk mengukur performa situs tersebut. Gunakan beberapa diantaranya untuk melihat apakah kecepatan loading Anda sudah di atas rata-rata atau justru melamban.

2. Gunakan Tema yang Ringan

Pilihlah tema WordPress yang cepat dengan desain kode yang baik. Jika Anda memilih tema yang memiliki banyak fitur tambahan, maka dapat berdampak negatif terhadap kinerja website. Tema bawaan dari WordPress biasanya sudah memiliki kode yang sangat baik, ringan, sangat cepat dan mudah untuk disesuaikan.

3. Install Plugin Caching

Cara untuk meningkatkan kecepatan loading yang berikutnya adalah dengan menginstal plugin caching Caching merupakan mekanisme yang sangat baik untuk offload beberapa beban di server web. Pada dasarnya caching engine menyimpan informasi yang sering kali digunakan di sistem client (browser, memori) sehingga browser tidak perlu mengambil informasi secara berulang-ulang dari server. Sebagian besar caching dapat meningkatkan performa situs.

4. Minify CSS, HTML, dan JavaScript

Minify adalah salah satu teknik yang berguna jika Anda hendak meningkatkan performa website. Teknik ini akan memperkecil ukuran file front-end dan script (HTML, CSS, JavaScript) dengan cara menghapus karakter yang tidak terkait, seperti space dan komentar dari file-file tersebut.

5. Optimalkan Gambar

Gambar merupakan salah satu elemen yang dapat memperlambat loading situs. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan gambar. Anda dapat memulainya dengan menentukan besaran dimensi gambar maksimum untuk ukuran thumbnail, medium, dan large.
Hal kedua yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi ukuran gambar yang diupload tanpa mengubah ukuran aslinya atau mengurangi kualitas gambar. Salah satu plugin yang dapat Anda gunakan untuk melakukan hal tersebut adalah Smush.it.

6. Membagi Konten Menjadi Beberapa Halaman

Pagination atau membagi konten mengacu pada teknik untuk menyederhanakan atau memperpendek konten yang lebih panjang. Bagian yang pendek ini kemudian akan ditampilkan satu per satu sebagai halaman terpisah.Umumnya pagination digunakan untuk menampung komentar dikarenakan meloading ribuan komentar secara serentak dapat mengakibatkan kemacetan pada bandwidth.
Di samping digunakan untuk kolom komentar, pagination juga dapat membantu Anda membagi post/halaman ke dalam beberapa halaman web secara terpisah. Teknik ini sangat berguna untuk post yang sangat panjang karena kecil kemungkinan pengguna akan merasa bingung saat pertama kali mengunjungi web Anda.

7. Memilih Web Hosting yang Tepat

Anda dapat memutuskan untuk mempercepat loading WordPress jika Anda sudah memastikan bahwa loading tersebut lambat bukan diakibatkan oleh penyedia web hosting yang Anda gunakan. Banyak sekali website yang dihosting pada penyedia yang tidak terpercaya dan ternyata website tersebut ditempatkan bersama ribuan situs klien di satu server bersama-sama. Akibatnya, server mereka sangat lambat.
Jangan khawatir, kini, Anda dapat menggunakan penyedia web hosting yang handal dan terpercaya di Indonesia yaitu Idwebhost. Idwebhost merupakan penyedia web hosting yang memiliki banyak keunggulan seperti harga paket yang terjangkau, server yang stabil dan aman, jaminan uptime hingga 99,99%, hingga dukungan pelanggan 24/7. Segera daftarkan website Anda menggunakan Idwebhost dan temukan berbagai paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda.