Cara Mempercepat Loading Website Terbaru 2022

18 Aug 2021
Cara Mempercepat Loading Website Terbaru 2022

Bagi pengguna internet, mengunjungi website dengan loading yang lama hanya membuang waktu saja. Alhasil, mereka akan enggan untuk berkunjung lagi ke website tersebut yang akhirnya akan berujung pada menurunnya traffic dan konversi. Hal ini juga mungkin akan terjadi kepada situs Anda jika tidak paham cara mempercepat loading website yang tepat.

Bukan hanya tidak menarik menurut audiens, Google pun akan menganggap website Anda tidak menarik untuk diletakkan di peringkat pertama SERP. Jadi, meski penerapan SEO dalam setiap konten sudah maksimal, tetap saja tidak akan naik ke peringkat pertama jika situs Anda masih lambat. Oleh karena itu, penting sekali untuk paham cara mempercepat loading website.

Penyebab Loading Website Lambat

Kecepatan loading sebuah website sangat penting untuk diperhatikan. Bukan hanya masalah user experience saja, loading website yang lambat hanya akan menurunkan traffic saja. Hal ini juga berkaitan dengan aturan dari Google yang mengharuskan website memiliki waktu loading yang cepat yaitu satu hingga tiga detik saja.

Website yang memiliki waktu loading lebih lama dari itu tidak akan diletakkan pada halaman pertama SERP oleh Google. Kecepatan website ini dapat Anda cek melalui tools seperti GTmetrix, WebPageTest dan lain-lain. Nah, ada 4 tingkatan loading website yang menentukan apakah situs Anda berkualitas atau tidak sebagai berikut:

  • A: kecepatan loading website di bawah 1 detik.
  • B: untuk loading website sekitar 1-3 detik.
  • C: website dengan kecepatan 3-7 detik.
  • D: untuk website dengan waktu loading lebih dari 7 detik.

Lalu, mengapa loading website lambat? Ada dua penyebab utama yang menyebabkan loading website lambat yaitu karena situs dan server yang bermasalah. Permasalahan situs ini bisa terjadi karena ukuran gambar yang terlalu besar, CMS WordPress yang belum di-update atau terlalu banyak plugin.

Server yang bermasalah terkadang juga menjadi penyebab dari lambatnya kecepatan situs. Mulai dari performa server yang buruk, lokasinya yang terlampau jauh, harddisk yang penuh hingga traffic situs yang sangat tinggi.

Cara Mempercepat Loading Website?

Agar website Anda tetap memiliki traffic yang tinggi, Anda harus paham bagaimana cara untuk mempercepat loading website. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan loading website. Akan tetapi, cara tersebut tergantung pada apa penyebab loading website Anda lambat.

Nah, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat loading website.

Menggunakan GZIP Compression

  1. Cara Mempercepat Loading Website dengan Optimasi Gambar

Salah satu penyebab dari loading yang lambat adalah karena ukuran gambar yang terlalu besar. Ukuran gambar yang terlampau besar dapat memberatkan pengunjung saat akan memuat gambar. Bukan hanya butuh waktu yang lama, gambar yang terlalu besar akan menghabiskan lebih banyak data untuk memuatnya.

Oleh karena itu, cara yang dapat Anda lakukan agar loading website semakin cepat adalah dengan mengoptimalkan gambar dari segi ukuran. Anda dapat mengkompres ukuran gambar menjadi lebih kecil atau mengubah formatnya dari JPG menjadi Webp. Dengan begitu, pengunjung tidak akan terlalu berat saat akan memuat gambar.

Mengoptimalkan Gambar

  1. Gunakan GZIP Compression

Selain mengoptimalkan gambar dari segi ukuran, cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat loading website adalah dengan melakukan kompres pada semua file di situs Anda. Untuk melakukan kompres ini, Anda dapat menggunakan GZIP Compression pada WordPress untuk mengkompres file seperti CSS, HTML, XML, dan JavaScript.

Sebetulnya, ada cara manual mengkompres file untuk mempercepat loading website Anda. Caranya adalah dengan mengubah serta menambahkan kode pada htaccess secara manual melalui cPanel.

Menggunakan Plugin Caching

  1. Mengurangi Penggunaan Plugin

Terkadang, memiliki terlalu banyak plugin di website dapat berdampak pada menurunnya kecepatan situs Anda. Hal ini bisa saja terjadi jika ada banyak plugin yang sudah tidak digunakan tetapi masih ter-install di website Anda. Alhasil, website harus bekerja keras saat loading karena ada banyak plugin yang aktif di waktu yang bersamaan.

Nah, satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat loading website adalah dengan mengurangi plugin yang sudah tidak digunakan lagi. Sebaiknya, Anda hanya menggunakan plugin yang esensial saja. Nah, untuk mengetahui plugin mana yang memberatkan, Anda dapat menggunakan plugin seperti Performance Profiler.

Mengoptimalkan code html, javascript, css

  1. Optimasi Kode Website

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat loading website adalah dengan mengoptimalkan kode-kode yang ada pada situs Anda. Terkadang, kode seperti HTML, CSS dan JavaScript yang belum optimal dapat menurunkan kecepatan situs.

Nah, Anda dapat mengoptimalkan kode dengan bantuan plugin seperti Autoptimize. Dengan bantuan plugin ini, Anda dapat memaksimalkan susunan struktur dari kode-kode tersebut. Sehingga, website Anda dapat berjalan lebih cepat lagi.

Selektif dalam memilih plugin

  1. Cara Mempercepat Loading Website dengan Gunakan Plugin Cache

Supaya website dapat berjalan lebih cepat, dibutuhkan sistem caching yang optimal. Jika sistem caching website Anda sudah optimal, sistem pun dapat menyimpan file-file HTML dengan baik. Dengan begitu, situs pun dapat berjalan lebih cepat. Nah, mengoptimalkan sistem caching ini adalah cara lain untuk mempercepat loading website.

Untuk melakukan cara yang satu ini, Anda dapat menggunakan plugin cache di WordPress. Beberapa plugin cache terbaik yang dapat Anda gunakan seperti LiteSpeed Cache, W3 Total Cache, WP Rocket, WP Super Cache,  Hyper Cache dan lainnya.

Memilih penyedia layanan web hosting terbaik

  1. Pilih Hosting yang Berkualitas

Memilih layanan hosting yang buruk hanya akan membuat situs Anda mengalami masalah, salah satunya adalah loading yang lambat. Layanan hosting yang buruk tidak dapat mengelola website Anda dengan baik. Mulai dari jaringan server hingga pada teknologi yang mereka gunakan kurang mumpuni.

Satu-satunya cara untuk mempercepat loading website Anda adalah memilih layanan hosting yang sudah pasti berkualitas. Pilihlah layanan hosting yang memang memiliki kemampuan dan teknologi yang mumpuni. Sehingga, situs Anda akan terhindar dari loading yang lambat.

Baca juga: Tools Untuk Cek Kecepatan Website

cara mempercepat loading website

  1. Update CMS

Seperti yang disampaikan di awal, salah satu penyebab loading situs lambat adalah karena CMS yang belum Anda upgrade. CMS yang masih dalam versi lama akan membuat situs Anda berjalan lambat karena dalam setiap upgrade pasti ada perbaikan yang dilakukan.

Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh ke performa situs Anda. Oleh karena itu, selalu upgrade CMS secara berkala adalah cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat loading website.

cara mempercepat loading website

Kesimpulan

Memperhatikan kecepatan loading website adalah hal penting untuk mempertahankan atau meningkatkan traffic dari situs Anda. Selain itu, Google juga akan melihat sebagai sebuah situs yang baik sehingga dapat muncul di halaman pertama SERP. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat loading website.

Tetapi, cara tersebut tergantung pada apa penyebab menurunnya kecepatan situs. Nah, jika penyebabnya adalah karena server yang buruk, Anda dapat menggunakan layanan web hosting dari IDwebhost. Meski harga hosting murah, kualitas layanan dari IDwebhost adalah yang terbaik dengan berbagai fitur yang tersedia.

Dengan penggunaan teknologi yang canggih dan selalu di-update, website Anda akan terkelola dengan aman dan tentunya cepat. Supaya makin hemat, ikuti berbagai promo menarik dari IDwebhost dengan klik gambar di bawah ini!

Promo IDwebhost

 

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022