Cara Memindahkan Website ke Hosting Baru
Blog Tips Keren Cara Memindahkan Website ke Hosting Baru

Cara Memindahkan Website ke Hosting Baru

pindah hosting baru

Sebagai seorang pebisnis online, Anda mungkin mengalami hal dimana Anda ingin memindahkan website ke hosting baru karena beberapa alasan. Biasanya karena alasan kecepatan hingga karena harga hosting yang berbeda. Sayangnya, proses memindahkan website dari hosting lama ke hosting baru dianggap rumit oleh sebagian orang.
Cara memindahkan website ke hosting baru secara garis besarnya adalah melakukan proses backup dari hosting lama kemudian memindahkannya ke hosting baru dengan cara upload atau restore.

Cara Memindahkan Website Tanpa Database

1. Mencari layanan hosting baru yang lebih baik dan membeli paket hosting yang sesuai.
2. Backup dan download website di hosting sebelumnya.
3. Upload data tersebut di hosting baru. Anda dapat memeriksa apakah upload dapat berjalan baik dengan mengetikkan IP hosting baru. (ketik alamat IP ke browser, bukan nama domain).
4. Login ke control panel domain Anda dan ganti nameservernya. Ini mengarah pada nameserver yang diberikan oleh hosting baru. Biasanya diberikan 2 nameserver seperti ns1.example.com dan ns2.example.com. Jika dulu Anda membeli domain dari perusahaan hosting sebelumnya, maka Anda dapat meminta mereka untuk melakukannya. Biasanya nameserver akan terupdate sampai 1×24 jam, setelah nameserver selesai terpropagasi maka secara otomatis website akan mengambil data dari hosting yang baru.
5. Menutup hosting lama setelah nameserver diperbarui. Untuk memastikan bahwa yang ditampilkan adalah dari hosting yang baru, Anda dapat menambahkan sedikit teks pada file index hosting lama dan pilih Save. Refresh website Anda, bila Anda tidak melihat teks itu maka berarti domain telah mengarah pada hosting baru dan Anda dapat membatalkan account lama.

website tanpa database

Cara Memindahkan Website dengan Database

Jika website memiliki database maka Anda perlu memastikan bahwa database mempertahankan integritas dan tidak ada data yang hilang saat transfer. Jika website memiliki database yang tidak diposting oleh banyak orang maka cara pemindahan dapat dilakukan seperti langkah di atas, ditambah dengan backup/export database. Berikut langkahnya:
1. Mencari layanan hosting baru yang lebih baik dan membeli paket hosting
2. Bila website Anda dipergunakan posting oleh banyak user seperti forum, diskusi, idealnya Anda harus menutup website sementara sampai update nameserver sehingga integritas database dapat dipertahankan. Gunakan halaman pemberitahuan sebagai index yang menyatakan permohonan maaf seperti “Mohon Maaf, Saat ini Kami Sedang dalam Pemeliharaan Situs. Kami akan segera kembali online.”
3. Backup dan download file-file website di hosting sebelumnya
4. Backup/export database.
5. Upload file-file website Anda di hosting baru.
6. Membuat database dengan nama yang sama dengan database lama dan Import database yang telah Anda backup dari hosting lama.
7. Login ke control panel domain Anda dan arahkan nameservernya seperti yang diberikan hosting baru. Biasanya 2 nameserver seperti ns1.example.com dan ns2.example.com. Jika dulu Anda membeli domain dari perusahaan hosting sebelumnya, maka Anda dapat meminta mereka untuk melakukannya. Biasanya nameserver akan terupdate sampai 1x24jam, setelah nameserver selesai terpropagasi maka secara otomatis website akan mengambil data dari hosting yang baru.
8. Menutup hosting lama setelah nameserver diperbarui. Untuk memastikan bahwa yang ditampilkan adalah dari hosting yang baru, Anda dapat menambahkan sedikit teks pada file index hosting lama dan pilih Save. Refresh website, bila Anda tidak melihat teks itu maka berarti domain Anda telah mengarah pada hosting baru dan Anda dapat membatalkan account lama.

Demikian beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk memindahkan website dari hosting lama ke hosting baru. Mencari hosting yang tepat untuk website Anda adalah hal penting untuk perkembangan website. Idwebhost adalah penyedia hosting yang handal dan terpercaya di Indonesia. Banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh Idwebhost seperti jaminan uptime 99,9%, dukungan pelanggan 24/7, server yang cepat dan stabil, hingga harga paket yang terjangkau. Tunggu apalagi? Segera daftarkan website Anda menggunakan hosting terbaik dari Idwebhost.