Cara Memilih Nama Domain Website yang Baik dan Benar
Blog Domain Cara Memilih Nama Domain Website yang Baik dan Benar

Cara Memilih Nama Domain Website yang Baik dan Benar

Apakah Anda ingin membuat sebuah website untuk keperluan bisnis Anda? Selain perlu menentukan layanan hosting terbaik Anda diharuskan menentukan nama domain untuk website tersebut. Dengan memilih nama domain website yang baik bisnis Anda akan memiliki peluang kesuksesan yang besar. Tujuan utama dari domain adalah agar alamat website atau situs Anda mudah di ingat dan mudah di akses. Jadi menentukan nama domain yang baik adalah hal yang perlu diperhatikan dalam membuat website nantinya, memilih nama domain yang tidak tepat akan menghilangkan tujuan dari domain website tersebut.

Dalam pembuatannya domain website yang baik memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pas sekali jika Anda ingin mengetahui pemilihan nama domain yang baik di artikel ini kami akan memberikan tips yang akan mempermudah Anda menentukan nama domain Anda. Untuk itu mari mengenal pengertian domain terlebih dahulu sebagai berikut.

Pengertian Apa Itu Domain?

Domain adalah nama alamat situs atau website untuk bisa diakses oleh pengunjung. Domain akan dapat ditemukan, diakses, dijangkau apabila bisa ditemukan di server penyedia web hosting. Sebelum kemunculan domain ini dahulu untuk mengakses sebuah website perlu ingat protocol address dari website tersebut dari server jaringan seperti 123.256.756.112 dan lain sebagainya. Dari deretan angka tersebut pasti sangat susah untuk di ingat oleh karena itu muncul yang namanya domain yang mewakili deretan angka tersebut.

Walaupun terkesan sederhana tinggal menentukan nama saja pada website, namun demikian tidaklah semudah yang kita bayangkan karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan di pertimbangkan dalam memilih nama domain yang baik dan benar yang pas sesuai tujuan bisnis Anda. Nah berikut cara memilih nama domain website yang baik untuk website kamu:

Pilih Domain Kreatif dan Brandable

1. Nama Domain yang Brandable

Nama yang Anda buat nantinya akan menjadi identitas dari website Anda untuk itu perlu menentukan nama yang sesuai dengan brand yang akan Anda kembangkan. Kedepannya dari nama domain yang Anda miliki akan diingat kemudian dicari di internet, dan bahkan banyak yang membagikan alamat domain Anda kepada pengunjung lain.

Pastikan Nama Domain Mudah Diketik

2. Domain Mudah untuk Diketik pada Browser

Anda harus kreatif untuk membuat nama domain yang memiliki kesan brandable dan mudah diketik pada browser. Coba perhatikan contoh nama domain berikut style-129.xyz dengan domain semacamitu pastinya akan sangat sulit dan membingungkan bagi pengunjung. Berbeda dengan misal IDwebhost.com pasti Anda akan mudah untuk mengingat dan menemukannya di pencarian. Selain itu ketika Anda mengetik kata kunci IDwebhost Anda akan menemukan bahwa website tersebut adalah penyedia hosting murah di Indonesia.

Gunakan Nama Domain Singkat

3. Menggunakan Nama Domain yang Pendek dan Singkat

Nama domain yang semakin pendek juga akan semakin mudah di ingat. Walaupun nama domain website yang pendek ada baiknya memiliki kata yang bisa di baca jangan sampai asal-asalan yang tidak memberikan dampak brand apapun misalnya (hstmr.com dxgcl.com dan lain sebagainya) pastinya akan sangat sulit untuk diingat. Atau nama domain yang terlalu panjang misalnya penyediahostingmurahindonesia.com yang seperti ini juga tidaklah bagus, menggunakan 1-2 kata saja adalah pilihan yang tepat. Nama domain website yang baik adalah memiliki keunikan dan relevan sesuai dengan website Anda.

Gunakan Kata Kunci Industri dalam Domain

4. Kombinasikan Kata Kunci Terkait Website Anda

Jika website Anda untuk menawarkan produk atau jasa seputar teknologi maka ada baiknya mengumpulkan kata kunci yang berkaitan dengan teknologi Anda bisa membuat alamat domain dengan nama yang sama misalnya komputer, handphone, cctv, camera dan lain sebagainya. Dari kata kunci yang didapat Anda bisa membuat alamat domain sesuai dengan tujuan website Anda. Selain itu menggunakan keyword pada domain akan menambah optimasi SEO website di hasil pencarian Google.

Pikirkan PotensiRisiko Jangka Panjang

5. Pertimbangkan Manfaat dan Kerugian Jangka Panjangnya

Saat membuat website tentu Anda ingin terus berkembang bahkan meningkat untuk mencapai kesuksesan dari bisnis Anda. Tentu saja website ini jika di buat dengan baik akan memiliki manfaat jangka panjang. Oleh karenanya jangan hanya memikirkan tren-tren saat ini yang sewaktu-waktu bisa menghilang dari pasaran. Google juga akan memberikan ranking pada website Anda semakin baik peringkat dan kualitas website Anda, maka dari hasil pencarian website Anda yang akan ditampilkan mesin pencari Google. Semakin berumur domain semakin kuat di mesin pencari.

Sesuaikan Ekstensi dengan Target Area

6. Memilih Ekstensi Domain yang Tertarget

Ekstensi domain sendiri ada banyak dan beragam dari .com, .id, .co.id, .net, .org dan lain sebagainya. Dari berbagai ekstensi tersebut tentukan mana yang akan Anda pilih yang paling umum digunakan dan populer hingga saat ini adalah ekstensi .com. Namun Anda bisa menggunakan ekstensi yang lain sesuai kebutuhan website Anda.

Kemudian berkaitan domain target disini adalah target website kalian misalnya adalah Indonesia maka Anda bisa menggunakan ekstensi domain .co.id atau .id. Atau target luar negri maka Anda bisa memilih ekstensi luar negri pula.

Pilih Jenis Ekstensi yang Tepat

7. Pilih Jenis Ekstensi yang Tepat

Manfaatkan Top Level Domain (TLD) yang saat ini sudah banyak pilihannya. Seperti yang disebutkan diatas ekstensi ini dibuat memiliki kegunaan atau fungsi masing-masing.

  • Ekstensi .com yang paling umum digunakan dan populer hingga saat ini dan sering digunakan untuk berbagai macam kebutuhan dari perusahaan, perorangan, komersil, maupun komunitas.
  • Ekstensi .org biasanya digunakan untuk website non-profit atau nirlaba ataupun website swadaya organisasi masyarakat atau kelompok.
  • Ekstensi .net biasanya digunakan untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi atau internet.

Masih ada banyak lagi pilihan yang bisa Anda gunakan tentunya tergantung dengan kebutuhan dan tujuan dari website yang Anda miliki.

Gunakan Identitas yang Sama di Media Sosial

8. Sesuaikan Dengan Nama Media Sosial

Untuk meningkatkan brand website yang profesional maka ada baiknya untuk memilih domain yang memiliki nama mirip dengan akun sosial media Anda atau sebaliknya. Anda bisa memberikan nama media sosial Anda yang mirip dengan nama domain website Anda sesuaikan dengan pilihan Anda. Dengan demikian website Anda akan semakin terkenal dan kredibel.

Hindari Penggunaan Angka dan Tanda Sambung

9. Hindari Angka dan Tanda Sambung yang Membingungkan

Seperti yang telah disebutkan pada poin-poin di atas menggunakan angka dan kata sambung sangat tidak efektif dalam memilih nama domain. Hal ini juga akan membingungkan dan merepotkan pengunjung untuk mengakses website atau situs Anda. Contohnya website terkenal sekalipun jika menggunakan angka atau tanda sambung (Insta-gram123, Face-book dll) pasti Anda pun juga akan merasa ada yang aneh.

Baca juga: 5 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membeli Domain

Lindungi Reputasi Website dan Domain

10. Lindungi Reputasi Website dan Domain

Jika Anda memiliki perusahaan bisnis besar tentu menginginkan nama domain yang aman dan juga ingin menghindari orang-orang tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan perusahaan Anda. Untuk itu membeli domain website dengan ekstensi berbeda dan mengarahkan ke domain utama adalah pilihan yang tepat.

Gunakan Domain yang Mudah Diingat

11. Gunakan Domain yang Mudah Diingat

Tahukah Anda di dunia ini telah ada jutaan nama domain yang sudah terdaftar pada layanan web hosting. Tentu dengan memiliki nama domain yang mudah diingat adalah suatu hal yang wajib digunakan. Jadi domain yang unik dan mudah diingat akan memberikan kesan yang baik pada pengunjung website Anda. Mereka akan mengingat dan kembali mengunjungi website Anda ketika telah merasakan manfaat dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Lakukan Riset Nama Domain

12. Melakukan Riset Nama Domain

Saat ingin membeli domain maka yang perlu dilakukan pembeli adalah mengecek ketersediaan nama domain tersebut. Perlu diingat sudah ada jutaan nama domain yang sudah terdaftar pada layanan domain dan hosting jadi harus bisa menemukan nama domain website yang sesuai dengan keinginan Anda. Untuk mengecek ketersediaan domain Anda tidak perlu repot cukup kunjungi IDwebhost.com dan masukkan nama domain yang Anda inginkan misalnya (mantrabisnis) kemudian klik tombol CARI.

Domain murah terbaik idwebhost

Jika telah muncul pesan Yes, Selamat Nama Domain Masih Tersedia! Itu artinya domain tersebut belum ada yang memiliki atau dibeli orang lain.

 

Domain dan hosting murah terbaik di Indonesia idwebhost

Kemudian Anda sudah siap memiliki domain tersebut dengan cara klik tombol Beli Sekarang dan lakukan proses pembayaran seperti biasa.

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara memilih domain website yang tepat, baik, dan benar. Dari artikel IDwebhost ini semoga memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda yang sedang ingin mengembangkan bisnisnya melalui website. Layanan domain dan hosting murah terbaik di Indonesia pastinya IDwebhost. Terimakasih salam sukses.