Cara Memilih Lokasi Server Hosting Yang Tepat

Cara Memilih Lokasi Server Hosting Yang Tepat campaign-unlimited

Apa yang menjadi pertimbangan ketika membeli hosting? Apakah fasilitas yang ditawarkan, harga yang bersaing? Hosting kualitas terbaik? Tentu kamu menginginkan semua sesuai dengan kebutuhan. Nah yang tidak kalah penting  untuk menjadi pertimbangan adalah memilih lokasi server hosting! Pertanyaannya adalah Bagaimana Cara Memilih Lokasi Server Hosting?

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara memilih lokasi server hosting yang benar. Ini menjadi penting, karena ada berbagai keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan server hosting yang benar.

Memilih lokasi server hosting memang susah-susah gampang ya. Apa lagi bagi yang baru pertama kali membeli hosting, tentu akan mengalami sedikit kendala. Itu juga menjadi catatan, mengapa sebaiknya membeli hosting murah di IDwebhost. Karena kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu mengenai kebutuhan website bisnis.

Di mana Lokasi Server Hosting Terbaik?

Dimana Lokasi Server Hosting Terbaik

Pertanyaan paling umum adalah di negara mana lokasi server terbaik berada? Untuk menjawab pertanyaan ini tentu saja akan beragam opini yang keluar. Karena hampir di setiap negara memiliki server sendiri-sendiri.

Sebelum lanjut pada cara memilih lokasi server hosting yang tepat, ada baiknya kamu memahami server hosting terbaik yang selama ini digunakan di Indonesia. Berbicara pengguna Indonesia atau yang biasa kita sebut sebagai webmaster dari Indonesia umumnya akan memilih lokasi server dari tiga negara berikut ini;

1. Server East And West Coast

Server ini sering disebut sebagai Server US karena memang keberadaannya di Amerika Serikat. Amerika Serikat sendiri memang memang menjadi server pusat atau central server yang ada di dunia sampai saat ini.

Pemilihan Server US ini tentu bagi kamu yang memang membutuhkan akses lalu lintas trafik internasional. Maka ketika Audiens yang ditargetkan bersifat global, jelas Server US adalah pilihan yang tepat.

2. Server Singapore

Jika kamu memiliki target Audiens lokal Indonesia dan juga manca negara atau pengunjung global, maka bisa memilih server Singapore. Karena keunggulan yang ada yaitu kecepatan akses internasional yang tidak kalah dengan Server US.

Tidak heran jika server Singapore sering menjadi pilihan para webmaster Indonesia. Karena letak server yang masih dekat dengan Indonesia, sehingga pengunjung lokal pun masih bisa terlayani dengan kecepatan akses yang baik.

3. Server Indonesia

Benar, seperti telah kita bahas setiap negara memiliki server masing-masing termasuk Indonesia. Server Indonesia juga menjadi pilihan para web master Indonesia selama ini.

Server Hosting Indonesia berlokasi di Ibu Kota Jakarta, server ini memiliki keunggulan yang sangat responsif jika digunakan untuk kebutuhan lokal Indonesia.

Karenanya bagi yang memiliki target audiens lokal Indonesia sangat disarankan untuk menggunakan server Indonesia. Namun jika ada audiens global yang juga menjadi target, sebaiknya memilih server Singapore.

Cara Memilih Lokasi Server Hosting Yang Tepat

Memilih Server Hosting Yang Tepat

Pernahkah kamu bertanya di mana server Google? Jawabannya adalah di berbagai negara. Bisa jadi di setiap negara Google sudah memiliki server masing-masing, karena kebutuhan akses terhadap mesin pencari Google bersifat lokal dan internasional.

Jika demikian, apakah perusahaan besar lainnya juga melakukan hal yang sama? Bisa jadi demikian, karena urusan server ini sanggatlah penting. Nah, agar tidak bingung dalam menentukan lokasi server, silakan menyimak cara memilih lokasi server hosting yang tepat berikut ini;

1. Sesuaikan Dengan Target Audiens

Cara memilih lokasi server hosting yang pertama adalah dengan menentukan siapa yang akan menjadi target audiens, atau dalam pemasaran online menggunakan website bisnis pertanyaannya adalah siapa yang akan menjadi target market? Apakah lokal? Internasional? Atau keduanya?

Kamu bisa membuat daftar target audiens dari website, dari negara mana saja mereka berasal. Jika saat ini sudah menjalankan website, tentu tidak sulit, bagimu untuk melihat langsung dalam laporan demografi audiens website.

Namun bagi yang baru akan membuat website tentu belum memiliki data. Maka kembalikan kepada siapa yang akan menjadi target pasar.

2. Cara Memilih Lokasi Server Hosting Dengan Memahami Website Jenis Apa Yang dikelola

Setelah menemukan siapa target atau audiens, selanjutnya cara memilih lokasi server hosting yang tepat adalah dengan memahami website jenis apa yang dibuat? Apakah mengelola website untuk blog pribadi? Website untuk Company profile? Atau website untuk toko online bisnis?

Setiap jenis website memerlukan kebutuhan yang berbeda, maka kamu harus bisa melihat kebutuhan masing-masing dari jenis website yang dikelola. Jangan sampai kebutuhan server hosting tidak sesuai dengan jenis website.

Bagi yang baru akan membuat website, jangan khawatir,kamu bisa bertanya dan berkonsultasi langsung dengan para ahli dalam pembuatan website. Kamu bisa menggunakan layanan jasa pembuatan website terbaik yang ada di IDwebhost.

3. Pastikan Kecepatan Akses Yang Optimal

Kecepatan Akses Lokasi Server Hosting Optimal

Cara memilih lokasi server hosting yang tepat dengan mempertimbangkan kecepatan akses. Data Google menyebutkan bahwa orang akan menutup website ketika terlalu lama website menampilkan data yang mereka cari. Ini akan sangat merugikan bagi pengelola website.

Maka, perlu memastikan kecepatan akses server yang optimal. Jangan sampai bisnismu menjadi tidak mendapatkan audiens karena terlalu lambat akses menuju website bisnismu.

Kecepatan akses yang optimal ini juga akan mengurangi Bounce Rate pengunjung website, sehingga reputasi website akan semakin baik bagi mesin pencari Google.

4. Cara Memilih Lokasi Server Hosting Dengan Memperhatikan Posisi Internet Exchange

Masih berhubungan dengan kecepatan akses yang optimal, maka harus memperhatikan posisi internet exchange dari server hosting yang akan kamu gunakan.

Apa itu internet exchange? Internet exchange adalah tempat terhubungnya jaringan internet dari berbagai Internet Service Provider yang ada di Indonesia atau kita biasa menyebutnya lokasi ISP Indonesia.

Keberadaan internet exchange ini menjalankan tugas agar sambungan internet yang ada di Indonesia tidak perlu berputar keluar negeri terlebih dahulu baru balik lagi, tapi dapat langsung menuju akses yang ada di Indonesia.

Maka cara memilih lokasi server hosting yang tepat adalah dengan memperhatikan posisi internet exchange. Sederhananya, keberadaan konsep untuk menggabungkan Indonesia Internet Exchange menjadi terpusat bermanfaat dalam memberikan akses yang lebih cepat ke lokasi server.

5. Sesuaikan Dengan Anggaran

Apakah lokasi server berpengaruh dengan biaya yang akan dikeluarkan? Jawabannya benar demikian. Kamu akan mengeluarkan biaya sewa server yang berbeda, ini tentu menjadi pertimbangan yang patut disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai gambaran, sejauh ini harga sewa server Indonesia lebih mahal dibanding dengan server US atau server Eropa. Ya, selisih harga sewa sebenarnya tidak terlalu besar. Namun demikian, tentu cara memilih lokasi server hosting yang tepat harus juga dengan perencanaan anggaran yang sesuai.

Karenanya, kamu perlu benar-benar menghitung segala kebutuhan, dari siapa target audiens sampai dengan kecepatan, dan biaya sewa yang akan dikeluarkan. Jika memang target lokal, maka server Indonesia menjadi pilihan terbaik.

Kesimpulan Cara Memilih Lokasi Server Hosting

Membeli Server Hosting Terbaik

Seperti telah kita bahas di atas, memang mudah-mudah gampang dalam memilih server hosting untuk kebutuhan website. Namun pada dasarnya setiap lokasi server memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang mana harus menyesuaikan dengan kebutuhan website.

Jangan bingung dengan kebutuhan server hosting terbaik. Namun pastikan bahwa menggunakan hosting dari penyedia yang terpercaya, yang sudah terjamin dan terbukti memberikan performa terbaik untuk website.

Di mana kamu bisa mendapatkan hosting terbaik? Jawabannya adalah IDwebhost penyedia hosting terbaik dan domain berkualitas. Dapatkan fitur menarik yang ada di IDwebhost seperti server super cepat, dengan dukungan pelanggan penuh, memberikan jaminan uptime 99,9%, dan kemudahan dalam melakukan pembayaran.

Tunggu apa lagi, segera miliki website bisnis bersama IDwebhost. Jangan lupa nikmati promo domain murah setiap bulan hanya di IDwebhost.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019