Cara Memilih Hosting Provider yang Terbaik
Blog Tips Keren Cara Memilih Hosting Provider yang Terbaik

Cara Memilih Hosting Provider yang Terbaik

Memilih Hosting Provider

Saat ini, sudah banyak sekali hosting provider yang tersedia di Indonesia. Semuanya tentu menunjukkan berbagai fitur menarik serta kelebihannya. Hal ini tentu cukup membingungkan untuk memilih satu hosting provider yang tepat. Bagi Anda yang ingin bergabung dengan sebuah hosting provider namun masih bingung memilih yang mana, maka Anda dapat mengikuti beberapa cara berikut untuk menemukan hosting provider yang terbaik.

1. Reputasi Perusahaan

Aspek pertama yang perlu Anda cermati adalah reputasi hosting provider. Karena perusahaan hosting sangat banyak jumlahnya, maka Anda perlu memilah-milah yang mana satu yang relevan untuk dipilih. Indikator layanan hosting berkualitas ditentukan oleh reputasi penyedia hosting, artinya Anda harus memilih provider yang sudah memiliki banyak pelanggan.

Salah satu hosting provider yang memiliki reputasi terbaik di Indonesia adalah Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.

2. Service Legal Agreement

Sebagus apapun fitur yang ditawarkan oleh hosting provider, belum menjadi jaminan untuk mendapatkan hasil yang baik. Segalanya akan kembali kepada komitmen service provider dalam melakukan tugasnya. Oleh karena itu perhatikan seperti apa service legal agreement yang ditawarkan, apa sesuai dengan yang diharapkan atau tidak.

3. Spesifikasi Hosting yang Dibutuhkan

Anda perlu memahami spek yang dibutuhkan sebelum memilih hosting provider. Ingat, apa tujuan Anda membuat website? Hanya untuk belajar, hanya sebagai blog personal saja atau memang lebih dari sekedar itu. Anda menginginkan blog profesional yang dapat menghasilkan income dalam jangka waktu panjang.

Jika tujuan Anda hanya untuk belajar, maka Anda tidak membutuhkan sebuah hosting yang mahal dengan kapasitas data yang besar. Anda bisa memilih hosting dengan paket termurah seperti shared hosting. kalaupun nanti di tengah jalan Anda berubah pikiran, maka hanya tinggal upgrade ke hosting yang lebih baik. Itu mudah sekali untuk dilakukan. Kenali dulu tujuan Anda membuat website, lalu sesuaikan dengan kebutuhan hosting Anda.

Spesifikasi Hosting

4. Penyimpanan Data dan Bandwidth

Sudah menjadi kewajiban pihak penyedia hosting untuk menyediakan data dan bandwidth yang cukup pada setiap paket yang di pilih. Sebaiknya pilih dengan fasilitas yang bisa di upgrade, hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu website atau blog Anda kebanjiran trafic, maka sistem masih bisa berjalan dengan optimal.

5. Layanan Backup Data

Jika dilihat, server hosting ada kemiripan dengan komputer pada umumnya. Yang membedakannya hanya internet yang selalu terkoneksi tanpa batas pada server hosting. Bukan tidak mungkin alat-alat pada server hosting mengalami kerusakan tiba-tiba, dan ini pernah terjadi pada beberapa web hosting.
Biasanya, kejadian seperti ini terjadi ketika terdapat aliran arus pendek atau konsleting yang menyebabkan data website menjadi crash atau corrupt. Untuk menghindari kejadian seperti ini sebaiknya dari awal Anda sudah memperhatikan masalah backup data secara berkala pada server. Pastikan layanan backup data secara berkala ini Anda dapatkan dari penyedia hosting yang dipilih tanpa tambahan biaya.

6. Keamanan

Melalui keamanan dan tingkat privasi yang tinggi maka kepercayaan konsumen terhadap penyedia jasa hosting akan tetap terjaga dan membuat pengguna terus menggunakan layanan dari penyedia jasa hosting tersebut.

Itulah beberapa cara untuk memilih hosting provider yang terbaik dan tepat bagi bisnis Anda. Semoga cara di atas dapat membantu Anda memilih satu hosting provider terbaik.