Cara Memilih Domain Murah Namun Berkualitas
Blog Tips Keren Cara Memilih Domain Murah Namun Berkualitas

Cara Memilih Domain Murah Namun Berkualitas

Bagaimana cara memilih domain murah namun berkualitas? Pertanyaan ini bisa jadi adalah pertanyaan kamu juga. Memang banyak sekali orang yang ingin memiliki domain berkualitas, namun khawatir dengan harga domain yang terus meningkat. Maka, banyak sekali orang mencari solusi untuk mendapatkan domain murah namun berkualitas, termasuk kamu.

Domain berkualitas merupakan sesuatu yang perlu kamu pertimbangkan ketika akan membangun sebuah website.  Ini juga berlaku untuk kamu yang baru terjun ke dunia website, buat kamu yang newbie dan terutama bagi kamu yang memang ingin serius menjadi seorang blogger atau pebisnis online.

Blogger pemula atau mereka yang baru saja terjun ke dunia website, biasanya akan membeli domain yang mempunyai harga yang murah. Alasannya beragam, dan tentu saja karena memang biaya yang diperuntukkan belum cukup besar. Maka, tidak ada salahnya jika kemudian berlomba mencari domain murah berkualitas di berbagai penyedia layanan domain.

Dengan mempunyai domain yang berkualitas, akan berpengaruh positif kepada performa website nantinya. Selain itu, domain juga berfungsi sebagai branding, sebagai label yang akan melekat ke calon pengunjung atau pelanggan dari website kamu. Sehingga jangan sampai salah dalam memilih dan menentukan nama domain.

Ada berbagai pertimbangan yang perlu kamu lakukan ketika akan menentukan nama domain untuk website kamu. Misalnya terkait kemudahan dalam ejaan, ketersediaan domain, kemudahan pengetikan, dan kesamaan dengan nama bisnis kamu. Selengkapnya kamu bisa membaca artikel berikut: Cara Memilih Nama Domain Bisnis

Dalam pemilihan nama domain memang  tidak boleh sembarangan. Tujuannya tentu saja agar kamu bisa memiliki domain yang berkualitas. Ada beberapa cara memilih domain yang harus kamu lakukan dan akan disesuaikan dengan nama bisnis yang kamu punya. Nah, bagaimana cara memilih domain murah namun berkualitas? Berikut caranya:

1. Riset Keyword atau Kata Kunci

Riset Keyword atau Kata Kunci

Sebagian dari kamu tentu sudah tidak asing dengan riset keyword atau riset kata kunci. Umumnya kamu akan melakukan ini ketika akan memulai menulis sebuah artikel atau membuat konten. Nah, kamu perlu menerapkan ini juga untuk kebutuhan nama domain kamu.

Memang sebagian orang beranggapan bahwa faktor kata kunci dalam sebuah domain tidak memberikan dampak signifikan atau 100%. Namun, pada praktiknya penggunaan domain yang sesuai dengan target kata kunci, akan memberikan banyak keuntungan. Selain pada urusan performa SEO.

Keuntungan pertama paling umum adalah mudah diingat. Misalnya nama ARI kemudian akan membuat website jualan online produk Sepatu. Maka bisa melakukan kombinasi menjadi ARI SEPATU dalam nama domain bisa menjadi arisepatu dot com. Ini adalah bagaimana kata kunci masuk menjadi bagian dari nama domain.

Maka cara memilih domain murah berkualitas yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan melakukan riset keyword atau riset kata kunci. Sehingga sebelum memutuskan untuk memilih nama domain, kamu harus tahu terlebih dahulu keyword atau kata kunci yang cocok dengan domain yang kamu pilih. Seperti pada contoh di atas.

Atau dalam contoh lain, kamu bisa menggunakan kata kunci berupa hobi, berupa tema, atau apa pun yang kamu mau. Misalnya kamu akan membuat website khusus game. Maka kamu bisa membuat nama domain yang mengandung kata game, misalnya adalah ARIGAME dot COM.

Dalam urusan bisnis, domain juga bisa kamu maksimalkan dengan langsung melakukan target pengunjung berdasarkan kewilayahan. Misalnya apa produk yang kamu akan jual kemudian wilayah mana kamu menjual. Contohnya, Sepatu + Murah + Nama Kota. Maka menjadi sepatumurahnamakota dot com. Dan lain sebagainya.

Bagaimana cara melakukan riset kata kunci untuk domain? Kamu bisa menggunakan berbagai fasilitas tools riset kata kunci seperti Ubersuggest. Namun perlu kamu ingat, pastikan bahwa kata kunci dan nama domain yang akan kamu pilih masih tersedia. Untuk memastikan itu kamu bisa Cek Domain Kamu Sekarang!

2. Memilih Top Level Domain (TLD)

Memilih Top Level Domain (TLD)

Masih banyak yang menggunakan domain berupa domain gratisan atau sub domain. Biasanya mereka yang baru memulai, kemudian merasa cukup untuk menggunakan domain gratisan. Misalnya memanfaatkan blogspot atau wordpress.

Ya memang tidak ada salahnya, tidak ada dosanya juga kamu memilih menggunakan domain gratisan. Namun patut kamu ingat, bahwa kamu sedang membangun sebuah brand, sebuah citra. Jadi sebaiknya kamu menggunakan nama domain berbayar atau domain  top level domain (TLD).

Mengapa TLD menjadi penting? Pertama kamu akan mendapatkan nama domain yang profesional tanpa terikat dengan domain lain alias sub domain. Kamu bisa menggunakan nama domain kamu sebagai branding kamu, selain itu nama domain kamu memiliki nilai dari sisi ekonomi dan bisnis.

Kamu bisa menggunakan nama domain dengan ekstensi domain sesuai pilihan kamu, misalnya memilih .com, .id, .xyz dan lain sebagainya. Nama domain dengan ekstensi ini memiliki rincian harga yang berbeda-beda. Nah, kamu bisa melihat terlebih dahulu harga yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Tapi khusus kamu pembaca artikel ini, jangan khawatir karena kamu bisa mendapatkan domain murah berkualitas, ya tentu saja hanya di IDWebhsot. Kamu bisa mendapatkan berbagai nama domain dengan ekstensi pilihan kamu. Jadi tunggu apa lagi, buruan beli domain murah kamu sekarang!

3. Menentukan Sasaran Website

Menentukan Sasaran Website

Apa yang menjadi sasaran dari website kamu? Ini bisa kamu persiapkan sejak awal, bahkan sejak dalam menentukan nama website atau memilih nama domain. Ini penting agar ketika kamu telah selesai membangun website, kamu tidak menyesal dengan pilihan domain yang kamu tentukan sebelumnya.

Cara memilih domain pada tahapan ini kamu perlu fokus kepada sasaran dari website kamu nantinya untuk apa. Sebagai contoh, jika kamu akan menjual sepatu untuk pria. Maka, fokus dari sasaran website yaitu pria dewasa, remaja, hingga anak laki-laki. Maka jelas, domain kamu harus yang dekat dengan sasaran website kamu.

Pada bagian sebelumnya misalnya dijelaskan nama domainnya adalah ARISEPATU dot COM. Selain itu kamu masih bisa menentukan sasaran lain, misalnya sasarannya adalah mereka yang menginginkan sepatu murah. Maka kamu juga bisa membeli domain dengan kata kunci murah yang menjadi sasaran website toko online kamu saat jualan.

4. Penyedia Layanan Domain Terpercaya

Penyedia Layanan Domain Terpercaya

Domain berkualitas namun harga murah, tentu saja butuh kejelasan dari penyedia layanan yang menawarkan. Banyak yang menawarkan domain murah, namun ternyata murahan, bahkan ternyata domain yang bermasalah atau memiliki penalti Google.

Jangan sampai hal ini terjadi sama kamu ya. Kamu harus bisa menentukan dan menilai terlebih dahulu sebelum membeli. Utamanya, menilai apakah penyedia layanan domain tempat kamu akan membeli ini terpercaya, sudah terdaftar, memiliki kantor yang jelas, apakah berbadan hukum? Semua harus kamu cari tahu sebelum membeli.

Maka untuk kamu yang ingin memilih domain murah namun berkualitas, jawaban tepatnya adalah membeli langsung di IDWebhost. Sudah jelas, menjadi penyedia layanan domain dan hosting murah nomor 1 di Indonesia. Sudah digunakan ratusan ribu pelaku bisnis dan personal.

Selain itu, IDWebhsot juga memiliki layanan hosting murah yang akan mendukung berbagai kebutuhan website kamu. Apakah untuk kebutuhan jualan online, atau untuk personal, hosting IDwebhost siap memberikan layanan yang terbaik untuk performa terbaik website kamu. Nah, khusus buat kamu, hari ini bdisa mendapatkan diskon domain dari IDWebhsot. Jadi tunggu apa lagi buruan beli sekarang!

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara memilih domain murah namun berkualitas. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menjadikan kamu yakin dalam memilih nama domain kamu. Untuk berbagai pembahasan menarik lainnya silakan kunjungi Blog IDWebhost. Terima kasih sudah membaca. Salam Ari IDWebhost.